Baru Sebentar Insentif PPn BM, Penjualan Mobil Toyota Dan Daihatsu Mengalami Kenaikan

16/03/2021| Abdul

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa relaksasi PPn BM (Pajak Penjualan atas barang Mewah)telah dilakukan pihak Pemerintah. Untuk mulainya adalah pada Maret 2021 dan diberikan dalam 3 tahap. Hanya berselang beberapa hari saja penjualan mobil Toyota dan Daihatsu mengalami peningkatan.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil di diler mobil Toyota

Beberapa dealer mobil mengalami kenaikan karena adanya pajak PPn BM

>>> Lihat Juga, 2 Mobil Baru Mazda Dihadirkan Di Indonesia Dengan Beberapa Ubahan

Dari pihak Anton Jimmy selaku Marketing Director PT TAM (Toyota astra Motor) menyebutkan dalam keterangan tertulisnya, bahwasanya pada model tertentu kenaikannya yang dicapai sebesar 90%. Dengan begitu harapannya adalah ekonomi nasional bisa segera pulih dengan adanya relaksasi PPn BM. Bahkan pihaknya juga menambahkan, bahwasanya untuk mobil yang mendapatkan insentif kenaikannya mencapai 94- 155%.

"Dari data 1-8 Maret 2021, untuk Avanza, Sienta, Rush, dan Yaris total surat pembelian kendaraan (SPK)-nya naik sekitar 94-155 persen kalau dibandingkan dengan SPK Februari di tanggal sama," ungkap Anton Jimmy.

Pihaknya juga memberikan informasi, mobil toyota Vios yang berada dalam segmen sedan dan diskon yang didapatkan merupakan yang terbesar karena mencapai Rp. 65 juta mengalami kenaikan penjualan yang begitu signifikan. Mengingat permintaan tidak banyak sebelum adanya insentif pajak dari pihak pemerintah.

Kemudian dari pihak Anton juga menambahkan terkait stok kendaraan dan juga kondisi produksi, bahwasanya pihaknya melakukan monitor karena untuk menambah produknya dalam waktu yang singkat bukanlah perkara yang mudah.

>>> Baca Juga, Teknologi Baru Dan Honda Sensing Diberikan Pada All New Honda Legend Hybrid EX

Gambar ini menunjukkan beberapa model mobil Toyota

Baru beberapa hari mobil Toyota telah mengalami kenaikan penjualan

>>> Baca Juga, Jangan Sampai Kelewat, Ada Program Menarik Honda Di Maret 2021

Adapun beberapa mobil yang mendapatkan relaksasi PPn BM meliputi Toyota Rush, Avanza, Sienta, Vios dan Yaris. Berhubungan dengan penjualan mobil Toyota dan daihatsu, untuk produsen mobil Daihatsu ternyata juga mengalami peningkatan penjualan. Jadi pada Daihatsu ini pemesanannya mengalami kenaikan sebesar 60% dalam waktu sepekan.

"Untuk model yang mendapatkan insentif, seperti Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max, SPK-nya melonjak sekitar 40 hingga 60 persen," ungkap Hendrayadi selaku Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Pihaknya juga menambahkan, bahwasanya produk Daihatsu yang tidak terkena insentif PPn BM juga ikut mengalami kenaikan. Beberapa mobil diantaranya adalah Daihatsu Grand Max Blindvan, Gran Max PU, Sirion, Sigra dan Ayla yang naik 205 dalam hal penjualannya.

Hendrayanti juga menyebutkan bahwa pengontrolan tengah dilakukan pihak Daihatsu terkait kapasitas produksinya supaya bisa seimbang antara pabrik dan stok dealer.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa model Daihatsu Toyota

Selain mobil yang terkena PPn BM, model lain juga mengalami kenaikan penjualan

Terkait kenaikan penjualan mobil Toyota dan Daihatsu, tak lepas dengan adanya insentif PPn BM dari pemerintah. Adapun mobil yang mendapatkan insentif pajak adalah mobil sedan dan minibus dengan kapasitas mesin dibawah 1.500 cc.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

Berita sama topik

International