Vietnam Akan Luncurkan Mobil Nasional, Apa Kabar Esemka?

10/09/2018| Arfian Alamsyah

Niatan negara Vietnam untuk memiliki merek mobil aseli dari mereka untuk mereka, nampaknya sebentar lagi terwujud. Hal ini tentunya kontras dengan negara kita Indonesia, yang berkali-kali ‘hampir’ punya mobil nasional namun selalu dijegal… Vietnam saja mau luncurkan mobil nasional macam Esemka, kita kapan? Ehh, stop dulu nyinyirnya, mari kita bahas VinFast, produsen mobil asal Vietnam ini. VinFast telah mengumbar foto-foto 2 model yang akan diluncurkan: SUV dan sedan.

Tampak mobil konsep SUV 2019

VinFast SUV akan menjadi model unggulan dan kebanggaan masyarakat Vietnam. (Foto : Vinfast)

Hebatnya kedua jenis mobil mereka yang akan muncul baik SUV maupun sedan Vinfast memiliki desain yang indah. Itu dikarenakan mereka menggandeng rumah desain terkenal asal Italia, Pininfarina, untuk mendesain dua model tersebut. Keduanya menampilkan emblem V krom di depan dan belakang. LED daytime running lights terpampang di bagian depan. “Desain yang kuat dan istimewa, diperkuat oleh garis-garis elegan dan detail sempurna, memberikan beberapa sorotan khusus pada mobil-mobil kami,” jelas David Lyon, Direktur Desain di VinFast.

>>> Masih suka parkir sembarangan? Awas diderek paksa petugas dan bisa dilaporkan dengan aplikasi ini

Mobil berjenis SUV bermerk Vinfast akan jadi andalan VinGroup

Vinfast menyuguhkan modeln yang keren nan ciamik (Foto : Vinfast)

“Pertama dan terutama, ini berasal dari logo V di grille yang merujuk pada negara Vietnam, serta Vingroup dan merek VinFast. Dalam hubungannya dengan Pininfarina, kami telah memahat setiap garis tubuh mobil untuk mengekspresikan keindahan alam Vietnam dan karakter hangat dan dinamis dari orang-orangnya melalui bahasa desain kelas dunia dan modern,” tambahnya.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Tampak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat masih menjabat walikota Solo dengan Esemka

Apa kabar Esemka? (Foto : Bombastis.com)

Sebelum desain dua mobil tersebut final, pabrikan VinFast menggelar voting ke masyarakat Vietnam untuk memilihnya. Dua puluh sketsa desain dari Zagato, Torino Design, ItalDesign dan Pininfarina dilempar ke masyarakat untuk dipilih. Mereka mencatat sekitar 62.000 orang terlibat dalam voting. Dua mobil Vinfast akan dipamerkan di Paris Motor Show 2018 (4-14 Oktober). Vinfast sendiri menawarkan filosofi ‘Vietnamese – Style – Safety – Creativity – Pioneering’. Rencananya, dua mobil ini akan diluncurkan di Vietnam mulai akhir 2018. Nah, Vietnam saja ingin luncurkan mobil nasional, Indonesia kapan melanjutkan kesuksesan Timor yang nber? Apa kabar Esemka? 

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International