Teknologi Media Control Di Mobil, Memungkinkan Sistem Infotainment Menggunakan Smartphone

01/04/2021| Abdul

Mobil memiliki beragam fitur mumpuni di dalamnya. Seperti fitur hiburan untuk mendukung perjalanan, dimana pihak pabrikan memberikan head unit di bagian dashboard tengahnya. Ada yang menggunakan Single DIN, Double DIN sampai layar sentuh dengan fungsi yang mumpuni. Namun bagaimana jika sistem infotainment menggunakan smartphone?

Gambar ini menunjukkan pemasangan Smartphone untuk sistem infotainment pada kendaraan

Menggunakan smartphone untuk sistem infotainment pada kendaraan

>>> Baca Juga, Wuling Almaz RS 2021 Hadir Dengan Teknologi Canggih, Harga Masih Belum Diungkapkan

Jadi pada mobil Dacia dapat menggunakan smartphone sebagai fitur infotainment pada sisi tengah dashboard. Yang mana Dacia merupakan salah satu perusahaan otomotif yang berasal dari Rumania. Untuk saat ini perusahaan tersebut dipunyai oleh Renault. Pengembangan teknologi sedang dilakukan dan diberi nama media control.

Teknologi media control yang sedang dikembangkan diberikan pada kendaraan mini Dacia Sandero yang memungkinkan sistem infotainment menggunakan smartphone. Jadi smartphone dipasangkan pada bagian tengah dashboard kemudian akan menjadi sebuah head unit yang sangat menarik.

Adapun fitur yang diberikan pada media control terbilang beragam. Pada varian standar pemilik dapat melakukan pengunduhan aplikasi kemudian dapat meng customnya. Bahkan pemilik juga bisa membuat shortcut yang tertuju ke bagian fitur yang sering digunakan ataupun yang paling favorit. Ketika untuk menggunakan teknologi tersebut bisa dilakukan dengan menempatkan di slot universal dan juga disambungkan dengan mengandalkan bluetooth. Setelah itu smartphone sudah bisa menjadi head unit pada kendaraan.

>>> Lihat Juga, IIMS Virtual 2021, Manfaatkan Beli Mobil Toyota Dengan Cicilan Rp. 2 Jutaan

Gambar ini menunjukkan smartphone jadi sistem infotainment kendaraan

Sistem kerjanya mempunyai fitur lengkap

>>> Pengembangan Toyota GR Yaris Tidak Sembarangan, 126 Unit Jatah Indonesia

“Media Control adalah sistem multimedia yang lengkap. (Fungsinya) termasuk radio, dua speaker, port USB, konektivitas Bluetooth, kontrol roda kemudi dan, yang terpenting, stasiun dok smartphone yang terintegrasi ke dalam dasbor,” ungkap Nicolas Legros selaku Direktur Operasional Lintas Mobil Dacia.

Fitur infotainment standar dapat dioperasikan menggunakan smartphone. Hal tersebut karena teknologi tersebut menjadi pengganti sistem dari head unit kendaraan dari mulai radio, navigasi, panggilan telepon, musik sampai pengenalan suara juga dapat dilakukan dengan teknologi tersebut. Pada saat smartphone terdapat pesan teks maka akan dibacakan oleh sistem Android jadi tidak perlu khawatir.

Bahkan pengendalian melalui tombol yang berada di kemudi juga dapat dilakukan. Dengan begitu kemudahan dalam mengganti saluran radio, mengatur volume dan mengganti lagu dapat dilakukan serta menutup ataupun menjawab panggilan telepon jika ada. Tidak sampai disitu saja, agar pemilik mudah ketika melakukan parkir dibekali juga dengan peringatan forgotten phone dan juga fungsi goto my car.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan teknologi media control pada kendaraan yang bisa ditutup

Slot di dashboard dapat ditutup saat tidak dipakai

Bagian dashboardnya akan terasa simpel dan sangat praktis karena saat smartphone tidak diletakkan maka slot dapat ditutup. Kehadiran slot unit tersebut dapat memberikan kenyamanan dan juga kesan ergonomis di dalam kendaraan. Bahkan sistem infotainment menggunakan smartphone saja sudah menjadi salah satu keunikan tersendiri dan juga menawarkan kepraktisan.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

Berita sama topik

  • General Motors Luncurkan Baojun Valli di China

    22/06/2021| Fatchur Sag

    General Motors Luncurkan Baojun Valli di China

    General Motors mengumumkan telah meluncurkan Baojun Valli di China, mobil baru bergenre station wagon dengan mesin turbocharged 1.500 cc.

  • Teknologi Media Control Di Mobil, Memungkinkan Sistem Infotainment Menggunakan Smartphone

    01/04/2021| Abdul

    Teknologi Media Control Di Mobil, Memungkinkan Sistem Infotainment Menggunakan Smartphone

    Sistem infotainment menggunakan smartphone menjadi salah satu hal unik yang diberikan pada kendaraan. Kesan canggih dan modern juga terlihat karena kepraktisannya. Nah Adapun salah satu perusahaan yang mengenmbangkan hal tersebut adalah Dacia yang merupakan perusahaan otomotif berasal dari Jerman dan dimiliki oleh Renault.

  • Pengembangan Toyota GR Yaris Tidak Sembarangan, 126 Unit Jatah Indonesia

    25/03/2021| Abdul

    Pengembangan Toyota GR Yaris Tidak Sembarangan, 126 Unit Jatah Indonesia

    Toyota GR Yaris diproduksi hanya 25 ribu unit saja, itupun untuk seluruh negara di dunia. Untuk Indonesia mendapatkan jatah hanya 126 unit saja, hal tersebut berkat keaktifan Indonesia dalam ikut ambil bagian dalam kompetisi balap dalam skala nasional maupun internasional. Bagi yang berniat ingin memilikinya sebaiknya bersiap, pemesanan dilakukan tanggal 25 Maret 2021.