Mengenal Platform DNGA, Punya Banyak Keunggulan Yang Dimiliki

14/09/2020| Abdul

Pabrikan otomotif saat ini melakukan pembangunan kendaraan dengan platform yang sama. Yang mana untuk satu platform dapat dipakai oleh banyak mobil, bahkan bisa juga digunakan beda merek. Sebut saja VW dan Porsche, Volkswagen dengan Audi dan untuk pabrikan Jepang ada Daihatsu dan Toyota. Untuk pembahasan kali ini adalah platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Adapun platform ini merupakan pengembangan dari pihak Daihatsu yang dilakukan pada tahun 2017. Untuk saat ini platform tersebut telah diimplementasikan di beberapa model kendaraan Daihatsu di negara Jepang.

Gambar ini menunjukkan informasi mengenai produk DNGA Daihatsu dari tahun 2017

Platform DNGA punya banyak kelebihan

>>> Lihat Juga, Mobile Game Brio Virtual Drift Challenge, Kerjasama Antara HPM & Gameloft

Platform khusus tersebut diperkenalkan oleh pihak Daihatsu menggunakan konsep 1-1-1-1, yang mana mempunya filosofi 1 milimeter, 1 gram, 1 detik dan 1 sen. Angka tersebut mempunyai makna pada setiap pengembangan yang dilakukan terhadap produk dengan basis DNGA. Aspek detilnya diperhitungkan seperti bobot, harga, ukuran serta waktunya supaya bisa menghasilkan sebuah mobil yang efisien.

Mobil besutan Daihatsu yang menggunakan platform DNGA dapat membuat pengendara merasakan pengalaman serta sensasi berkendara yang lebih nyaman, stabil, halus, performa maksimal, bahan bakar lebih efisien, harga terjangkau dan desain yang diberikan modern.

Platform ini secara teknis mempunyai banyak keunggulan. Sampai saat ini pihak Daihatsu telah melakukan perilisan 3 model kendaraan baru yang dimilikinya dengan menggunakan platform tersebut meliputi New Taft, Rocky dan New Tanto.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil New Tanto warna putih besutan Daihatsu

New Tanto memiliki kapasitas  660 cc tapi performanya setara 1.000 cc

>>> Baca Juga, Banyak Yang Sudah Diuji, Kendaraan Listrik Perlu Uji Kelaikan Jalan

1. New Tanto

Mobil pertama yang dalam pembahasan kali ini yang menggunakan platform tersebut adalah New Tanto. Sebuah kendaraan yang diluncurkan pada tahun 2019 di Jepang dengan mesin yang berkapasitas 660 cc dan sudah menggunakan teknologi Turbocharged. Hasilnya performa yang dimiliki setara dengan mesin yang menggunakan kapasitas 1.000 cc tapi tetap hemat BBM.

Mobil ini stabil dan solid saat melakukan manuver saat berada di jalan sempit ataupun perkotaan. Teknologi Smart Assist generasi terbaru telah diberikan yang dapat mendeteksi,  meminimalisir dan mencegah terjadinya benturan terhadap kendaraan lain atau para pejalan kaki. Pengereman darurat otomatis juga telah diberikan pada model ini.

2. Rocky

Mobil dengan platform DNGA selanjutnya adalah Compact SUV yang peluncurannya dilakukan di Jepang pada bulan November 2019 lalu. Setelah peluncuran, tidak butuh waktu lama mobil ini mendapat bintang 5 dalam uji keselamatan dari JNCAP. Yang mana penghargaan tersebut dikeluarkan pihak Kementerian Transportasi Jepang dan juga National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid (NASVA).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil New Taft dari Daihatsu menggunakan warna hijau

3 model Daihatsu di Jepang menggunakan platform DNGA

3. New TAFT

Mobil terakhir adalah New Taft yang mempunyai akronim “Tough & Almighty Fun Tool”. Mobil ini diluncurkan pada bulan Juni 2020 dengan desain mobil MINI crossover dengan style baru. New Taft telah dilengkapi dengan  glass roof yang bisa membuat visibilitas lebih luas untuk penumpang. Ditambah lagi ruang bagasinya juga luas dan fleksibel sehingga lebih memudahkan penggunanya dalam menempatkan barang bawaan. Mobil ini menjadi model ketiga yang menggunakan platform DNGA.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Mengenal Platform DNGA, Punya Banyak Keunggulan Yang Dimiliki

    14/09/2020| Abdul

    Mengenal Platform DNGA, Punya Banyak Keunggulan Yang Dimiliki

    Pada beberapa model mobil Daihatsu di Jepang telah mengimplementasikan platform DNGA. Yang mana satu platform dapat digunakan pada banyak kendaraan. Untuk info lebih jelasnya mengenai platform tersebut, kami akan sedikit mengulasnya untuk memperkenalkan pada Sobat.

  • Mobil Listrik Nissan Kicks ePower Hadir Di Indonesia, Tak Perlu Cas Baterai

    03/09/2020| Abdul

    Mobil Listrik Nissan Kicks ePower Hadir Di Indonesia, Tak Perlu Cas Baterai

    mobil listrik Nissan Kicks ePower adalah sebuah kendaraan yang menggunakan tenaga listrik. Untuk mesin bensinnya hanya digunakan untuk mengisi baterainya saja. Jadi pengendara tidak perlu melakukan charger eksternal sehingga menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan mobil ini.

  • Baru Saja Meluncur, Mobil Baru KIA Sudah Laris Manis Di India

    26/08/2020| Abdul

    Baru Saja Meluncur, Mobil Baru KIA Sudah Laris Manis Di India

    KIA merupakan salah satu produsen mobil yang baru saja menghadirkan model barunya di India. Model barunya tersebut diberi nama KIA Sonet yang dilahirkan dengan DNA SUV mempunyai bodi yang kompak. Hal tersebut mendukung mobil baru KIA tersebut untuk digunakan di dalam kota.

International