Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

09/08/2020| Abdul

Mobil bekas juga terbukti lebih bandel dan kuat secara performa dibandingkan mobil baru yang ada di pasaran. Saat mengincar mobil bekas, kamu bisa mencari ke dealer atau penjualan perorangan. Baik online maupun offline. Karena memang semua orang yang menjual mobil mereka bukan karena kondisinya yang sudah tidak baik. Selain itu, tentunya mencari mobil bekas disertai dengan berbagai pertimbangan. Selain jeli dan cermat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil bekas yang ditata berjejer

Mobil bekas jadi alternatif bila mempunyai budget minim

Tips Beli Mobil Bekas Agar Supaya Lebih Murah

1.  Catatan Servis Yang Lengkap

Tips beli mobil seken murah yang pertama yaitu dengan melihat catatan servis mobil yang lengkap. Catatan tersebut penting untuk diketahui, apakah mobil yang sedang diincar dilakukan servis secara rutin dan bengkel mana yang memperbaiki mobil tersebut. Mobil yang diservis berkala mencerminkan karakter pemilik sebelumnya yang merawat dan menjaga kondisi mobil. Tentunya mobil yang baik memiliki performa dan kondisi yang lebih prima.

>>> Baca Juga, Harga Mobil Bekas Turun Saat Covid-19, Tapi Ada Yang Stabil Cenderung Naik

Gambar ini menunjukkan daftar catatan servis berkala mobil

Catatan servis bisa buat mengetahui kondisi kendaraan

>>> Lihat Juga, Mau Beli Mobil, Kenali Perbedaan DP dan TDP

2. Periksa Interior Dan Aksesoris

Saat pertama kali memeriksa mobil bekas, disarankan untuk mengecek pada bagian interior dan aksesoris mobil terlebih dahulu. AC, switch lampu, hingga sistem audio perlu dicek apakah semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman. Kemudian cobalah dudukan jok mobil apakah masih terasa nyaman atau sebaliknya. Setelahnya itu periksa  keadaan karpet, dashboard dan plafon. Jangan lupa juga untuk mencium bau kabin, jika dirasa kurang sedap atau bau apek, ada kemungkinan mobil tersebut bekas banjir.

3. Periksa Bodi Mobil

Setelah memeriksa bagian dalam mobil, kemudian cek bodi mobil. Pastikan komponen-komponen seperti kap dan pintu mobil masih original dan tidak pernah diganti. Hal yang harus dicermati adalah bagian struktur rangka utama mobil tersebut. Pastikan semuanya dalam keadaan prima.

4. Pastikan Kondisi Mesin

Tips beli mobil bekas selanjutnya adalah memeriksa bagian mesin. Setelah memeriksa bagian dalam dan luar mobil selanjutnya mengecek pada bagian mesin. Bagian ini menjadi paling krusial saat memeriksa mobil bekas. Mesin mobil yang masih baik biasanya ditandai dengan mobil yang mudah di-starter, memastikan suara mesin yang tidak kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin. Memeriksa mesin mobil lebih baik dengan langsung menggunakannya di jalan, mintalah kepada penjual untuk kamu gunakan sebagai test drive. Di momen ini juga kamu dapat memeriksa transmisi, rem dan kaki mobil apakah masih nyaman atau sebaliknya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memegang mesin mobil

Pengecekan dengan teliti meminimalisir masalah dikemudian hari

>>> Harga Bekasnya Paling Tinggi, Honda Jazz Raih Penghargaan Best Resale Value Car

5.  Kelengkapan Dokumen

Setelah memeriksa seluruh fungsi dan fisik mobil dan merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran mintalah kelengkapan dokumen mobil. Dokumen mobil pada umumnya yaitu BPKB, STNK dan Faktur. Jangan lupa untuk mencocokkan nomor dokumen tersebut dengan nomor yang tertera di mobil. Kamu perlu menghindari pembelian mobil yang dokumen-dokumennya tidak sesuai dengan data pemilik.

6. Waspada Harga Miring Yang Ditawarkan

Mobil bekas memang identik dengan harga murah, namun bukan berarti kamu bisa terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan. Berhati-hatilah saat membeli mobil yang dirasa sangat murah. Tak jarang mobil yang pernah rusak parah atau bekas banjir dijual dengan harga yang sangat miring. Selain itu, penjualan harga murah juga dapat disebut sebagai teknik penjual agar kamu ditawarkan mobil yang lain di Showroom.

7. Bawa Teman Otomotif Atau Mekanik Ahli

Sebenarnya ini hanya poin tambahan saja, kamu perlu membawa teman yang hobi otomotif atau mekanik ahli yang berpengalaman untuk mengecek mobil bekas. Bantuan bantuan teman yang yang hobi otomotif atau ahli mekanik menambah rasa aman saat membeli, terlebih jika ada kerusakan yang luput dari penglihatan kamu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang melihat mesin mobil

Ajak teman atau mekanik untuk mendapatkan mobil dengan kondisi prima

Saat ini sudah ada jasa berbayar pengecekan mobil yang bernama jasa inspeksi mobil bekas. Dengan bantuan profesional kamu merasa jadi mantap untuk membeli sebuah mobil bekas. Itulah artikel tips beli mobil bekas murah, saat membelinya harus disertai dengan kecermatan yang tinggi agar mobil bekas impian berada di genggaman kamu. Periksa interior, eksterior dan fungsi komponen, selain itu  yang paling penting mengecek mesin mobil dan dokumen-dokumen.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Kelebihan Honda City Hatchback RS Yang Buatnya Menarik

    15/09/2021| Abdul

    Kelebihan Honda City Hatchback RS Yang Buatnya Menarik

    Honda City hatchback RS dirilis pada Maret 2021 oleh PT HPM (Honda Prospect Motor). Mobil ini termasuk model baru karena baru mengaspal di Indonesia. Meskipun begitu, dengan adanya model ini dapat membuat segmen hatchback Honda diperkuat eksistensinya. Hal tersebut tidak lepas dari gaya hidup anak muda.

  • Ini Cara Blokir STNK Online Di Jakarta Agar Tidak Terkena Pajak Progresif

    14/12/2020| Abdul

    Ini Cara Blokir STNK Online Di Jakarta Agar Tidak Terkena Pajak Progresif

    Blokir STNK diperlukan untuk menghindari pajak progresif dan juga menghindari masalah di kemudian hari yang dialami oleh pemilik baru kendaraan yang sebelumnya kita miliki dan sudah dijual. Apalagi memiliki mobil 1 dan lebih dari satu dengan nama yang sama akan membuat pemilik perlu membayar pajak progresif.

  • Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

    07/11/2020| Abdul

    Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

    Sampai pada saat ini mobil Toyota Fortuner telah melewati beberapa generasi. Namun ada yang belum tahu mengenai fitur Toyota Fortuner generasi pertama. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya.

International