Mau Beli Mobil, Kenali Perbedaan DP dan TDP

10/03/2020| Fatchur Sag

Mobil sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Selain memberi kemudahan mobilitas sehari-hari, mobil bisa jadi sarana penting dalam membantu kegiatan ekonomi. Saat ini beragam merek dan model bermunculan. Pabrikan juga berlomba agar mobil buatannya menjadi pilihan utama masyarakat melalui beragam promo menarik. Ada bonus, hadiah langsung, hingga cashback untuk pembelian secara tunai, serta ditambah penawaran uang muka rendah dan angsuran ringan untuk pembelian secara kredit.

>>> Mau Kredit Mobil, Jangan Asal Pilih Leasing. Perhatikan Tiga Hal Berikut

Foto menunjukkan Pramuniaga Mtisubishi

Sales terus berupaya memikat konsumen

Nah, terkait dengan uang muka atau DP (Down Payment) sebaiknya istilah ini Anda pahami agar tidak terjadi salah persepsi di belakang. Meski sama-sama uang muka DP berbeda dengan TDP (Total Down Payment), kalau tidak dipahami bisa-bisa Anda merasa ditipu oleh sales, padahal sebenarnya tidak.

Perbedaan DP dan TDP

  • DP (Down Payment). DP adalah uang muka murni dari leasing atau lembaga pembiayaan seperti 20% atau 30%. Besaran nominalnya tidak memasukkan biaya-biaya yang lain semacam angsuran, administrasi, dan asuransi.
  • TDP (Total Down Payment). TDP adalah uang muka murni dari leasing ditambah biaya-biaya yang lain semacam angsuran, administrasi, dan asuransi.

Dengan perbedaan tersebut nominal TDP sudah pasti lebih besar dari DP. Sayang, kebanyakan pembeli hanya mengetahui istilah DP sehingga saat disuguhkan harga fix-nya yang TDP dia merasa dikibuli.

>>> Resiko Over Kredit Diam-Diam, Jangan Sampai Melakukannya Ya!

Gambar brosur Paket Promo Suzuki XL7

Konsumen dipermudah memahami angsuran melalui brosur

Saat ini kebanyakan diler langsung memberikan perhitungan harga TDP pada brosur cicilan yang disediakan. Dengan begitu sales tidak perlu menjabarkan DP, angsuran, asuransi dan yang lain secara terpisah-pisah. Konsumen juga langsung tahu berapa cicilan yang jadi tanggunannya dan harus dibayarkan setiap bulan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Waspada, Ini Perbedaan Toyota Limo Dan Vios Yang Perlu Diketahui

    18/06/2020| Abdul

    Waspada, Ini Perbedaan Toyota Limo Dan Vios Yang Perlu Diketahui

    Mobil bekas menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia karena harganya yang lebih terjangkau. Salah satunya adalah Toyota Vios dan Limo, namun terdapat perbedaan diantara keduanya. Bagi pembeli, mengetahui perbedaan Toyota Limo dan Vios itu perlu, tujuannya agar tidak tertipu oleh para penjual mobkas yang curang.

  • Pilihan Mobil Wuling Di Indonesia, Total Ada 14 Tipe Lho

    15/06/2020| Abdul

    Pilihan Mobil Wuling Di Indonesia, Total Ada 14 Tipe Lho

    Wuling merupakan salah satu pabrikan mobil asal China yang masih tergolong baru berkiprah di Indonesia. Bahkan baru-baru ini telah dilakukan perayaan 1000 tahun Wuling berada di Indonesia. Untuk kali ini kamiu memberikan informasi mengenai pilihan mobil wuling dan harga yang ditawarkan.

  • Biar Cepat Laku Menjual Mobil Saat Ini, Perhatikan Hal Berikut!

    13/05/2020| Fatchur Sag

    Biar Cepat Laku Menjual Mobil Saat Ini, Perhatikan Hal Berikut!

    Kebutuhan terkadang memaksa orang menjual mobil untuk segera mendapatkan uang. So, buat kamu yang mau jual mobil saat ini, perhatikan hal berikut agar cepat laku dengan harga tinggi!

International