Harga Bekasnya Paling Tinggi, Honda Jazz Raih Penghargaan Best Resale Value Car

23/12/2017| Mobilmo.com

Honda Jazz, salah satu andalan honda mobil di segmen hatchback/city car dan menjadi tulang punggung penjualan merek Honda di Indonesia sukses meraih penghargaan tertinggi di ajang OLX Otojurnal Award 2017. Honda Jazz meraih juara satu untuk kategori Best Resale Value Car berkat nilai jual kembali yang masih tinggi.

Terkait hal ini Honda memberikan komentar. Jonfish Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) menuturkan bahwa salah satu faktor penting dan cukup dipertimbangkan oleh konsumen saat hendak membeli mobil, selain faktor fungsionalnya adalah Resale Value atau nilai jual kembali, alias harga bekasnya. Honda mengklaim sudah memiliki semua itu, produk berkualitas serta layanan purna jual yang bereputasi. "Karena itu, kami selalu berusaha menghadirkan produk yang berkualitas dan didukung layanan purna jual yang baik serta reputasi dan citra produk Honda telah diakui," tutur Jonfis dalam keterangan resminya, Rabu (20/12/2017) lalu. Jonfish menambahkan, Honda Jazz merupakan pionir model Hatchback atau City Car yang kemudian menjadi trend bagi semua merek-merek mobil di Indonesia. Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2004 silam, Honda Jazz sukses mencatatkan penjualan mencapai 289.278 unit. Selain itu, prestasi yang diraih dalam kurun waktu tersebut juga sangat luar biasa, jumlahnya mencapai 97 penghargaan.

Sampai sekarang, meski harga jual mobil bekas Honda Jazz terbilang cukup tinggi, hal tersebut tidak lantas mengurangi volume penjualan unit yang baru di dealer. Justru hal itu lah yang menjadi salah satu faktor penting mengapa konsumen begitu yakin untuk membeli mobil baru. "Malah akan memperkuat keyakinan konsumen untuk membeli mobil baru," kata Jonfis. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Honda Jazz dari Januari hingga Oktober 2017 tercatat sebanyak 14.004 unit. Disusul oleh Toyota Yaris dengan angka penjualan yang terbilang cukup jauh, yaitu sebanyak 8.973 unit. Lalu ada Mazda2 yang terjual sebanyak 1.085 unit.

Pengamat pasar mobil bekas yang sekaligus Senior Manajer Bursa Mobil Bekas (Mobkas) WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengungkapkan kalau harga mobil bekas Honda Jazz di WTC Mangga Dua terbilang masih bagus dan cukup tinggi. Untuk Honda Jazz tipe RS keluaran tahun 2016 saja harganya masih mancapai Rp 210 jutaan hingga Rp 220 jutaan. "Kalau yang lainnya (selain tipe RS) agak beda sekitar 20 jutaan. Harga bekasnya tinggi, bagus itu. Sirkulasinya juga cepat," ujar Herjanto.

International