Review Subaru Sambar Truck 2019: Kembaran Daihatsu Hi-Max Yang Jauh Lebih Canggih...

08/10/2019 | Arfian Alamsyah

1. PENGANTAR SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Gambar menunjukkan Daihatsu Hi-Max Indonesia

Di Indonesia Subaru Sambar dijual oleh Daihatsu dengan nama Hi-Max 

Kei car truck atau juga dikenal dengan pick-up mini memang tidak terlalu harum penjualannya di Indonesia saat ini. Dahulu, mungkin publik Indonesia  masih mengenal Daihatsu Hijet, Mitsubishi Jetstar, hingga Suzuki ST20 Trungtung. Namun, pick up ringan dengan kapasitas angkut dibawah 1 ton kini minim pemain di Indonesia. Karena pasar sudah mulai bergeser ke pick up dengan kapasitas angkut 1 ton seperti Carry dan GranMax.

Gambar menunjukkan Subaru Sambar Truck 2019

Beginilah penampakan trim paling terondol dari Subaru Sambar Truck 2019

Namun, lain Indonesia, lain pula Jepang. Di Jepang sana, bisa dibilang kei car truck adalah LCGC-nya Jepang. Seperti yang kita tahu, di Indonesia mobil yang masuk ke kelas Low Cost Green Car sangat digemari. Begitu pula dengan mobil kelas Kei Car di Jepang. Di sana Kei Car banyak mendapat keringanan pajak, dan insentif. Bahkan mobil Kei Car mendapatkan pelat nomor khusus dengan kelir kuning.

Gambar menunjukkan Subaru Sambar Truck Panel Van High Roof 2019

Versi top of the line adalah Subaru Sambar Truck Grand Cab yang tampilannya lebih ciamik

Salah satunya adalah mobil yang akan kita bahas ini. Sebuah Subaru sambar Truck yang masuk ke kelas Kei Car alias kendaraan ringan. Mobil ini Sambar Truck memang tidak dijual di Indonesia, namun mobil ini masuk ke Indonesia sebagai Daihatsu Hi-Max di 2016. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Inilah review Subaru Sambar Truck 2019, kembaran Daihatsu Hi-Max yang jauh lebih canggih.

2. EKSTERIOR SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Review Subaru Sambar Truck 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Subaru Sambar Truck 2019

Tampilan depannya imut, lucu dan menggemaskan, layaknya Daihatsu Hi-Max

Jika dilihat dari tampilan depan, Subaru Sambar Truck 2019 ini tampangnya sangat imut, lucu dan menggemaskan. Sama seperti Daihatsu Hi-Max yang menjadi basisnya. Untuk tipe basic ini ia tidak mendapatkan lampu depan LED, dan foglamp. Tapi, grill sudah dicat sewarna bodi yang tak akan Anda temukan di Hi-Max.

Review Subaru Sambar Truck 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Subaru Sambar Truck 2019

Tampilan samping mobil Subaru Sambar ini juga tak ubahnya dengan Hi-Max

Lanjut ke bagian samping mobil Daihatsu Sambar Truck 2019 ini, langsung terlihat mobil ini benar-benar tak ubahnya seperti Daihatsu Hi-Max, desainnya. Pada model termurah ini spionya juga masih harus diatur manual, plus belum diberi kelir sewarna dengan bodi. Pelek 13 inch juga tak terlihat kekecilan di mobil ini.

Review Subaru Sambar Truck 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Subaru Sambar Truck 2019

Bagian buritan Subaru Sambar Truck 2019 ini juga sama dengan Hi-Max tetapi...

Lanjut ke buritan Subaru Sambar Truck 2019 ini, sekilas memang masih sama saja dengan Daihatsu Hi-Max, tetapi terdapat cukup banyak perbedaan detail antara mobil JDM (Japanese Domestic Market) ini dengan Hi-Max rakitan Indonesia. Antara lain mata kucing dekat engsel bak, penahan bak, plus fitur emergency brake signal

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Review Subaru Sambar Truck 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Subaru Sambar Truck 2019

Untuk Subaru Sambar Truck 2019 tipe terendah ini masih audioless

Karena merupakan produk satu basis dengan Daihatsu Hijet alias Hi-Max untuk pasar Indonesia. Layout dasbor di Subaru Sambar Truck 2019 ini juga tak ubahnya dengan saudaranya itu. Hanya saja, untuk Sambar varian termurah ini tidak dilengkapi dengan audio meski tetap ada AC dan heaternya.

Review Subaru Sambar Truck 2019 : Egronomika Kabin

Gambar menunjukkan Egronomika Kabin Subaru Sambar Truck 2019

Meski didaulat untuk mobil pekerja, namun kenyamanan pengemudi dan penumpang tetap diperhatikan

Produsen mobil asal Jepang memang seakan sudah ahli sekali menciptakan mobil kecil namun dengan interior lega nan praktis. Ambil contoh mobil yang sedang tim Mobilmo.com ulas ini. Kenyamanan pengemudi dan penumpang depan tetap diperhatikan, dengan jok tetap dilengkapi dengan headrest yang tak akan Anda temukan di Hi-Max Indonesia. Plus lebar total kabin yang mencapai 1.340 mm membuat kesan lega dan menyenangkan.

Gambar menunjukkan Jarak Pedal Subaru Sambar Truck 2019

Lantai luas membuat ruang kaki leluasa, dan tidak merasa kesempitan

Begitu pula dengan lantai di mobil. Kaki Anda tidak akan merasa kesempitan saat di dalam kabin Subaru Sambar Truck ini. Karena pihak insinyur Subaru sudah bekerja sama dengan Daihatsu untuk mendesain kabin yang tetap terasa lega meski dimensi mobil sebenarnya tidak besar. Jarak antar pedal yang dibuat tidak terlalu dekat membuat kontrol mobil lebih mudah, apalagi yang punya kaki gambot.

Review Subaru Sambar Truck 2019 : Ruang Penyimpanan

Gambar menunjukkan Ruang penyimpanan Subaru Sambar Truck 2019

Laci-laci dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai macam barang

Keahlian pabrikan Jepang dalam mendesain interior di mobil berdimensi kecil memang sudah tidak diragukan lagi. Tentunya itu bukan pengecualian untuk Subaru Sambar Truck 2019 ini. Bahkan untuk varian terendah yang sedang kami ulas ini terdapat banyak laci tempat penyimpanan, tentu saja ini sangat menyenangkan bagi pengguna Subaru Sambar Truck 2019 ini.

Gambar menunjukkan Tempat penyimpanan Subaru Sambar Truck 2019

Kepraktisan kabin tetap baik meski dimensi mobil keseluruhan tidak besar

Berbagai laci terbuka dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai barang, misalnya uang logam, sarung tangan, bahkan kalkulator. Asyiknya, ketika Anda meletakkan barang-barang di konsol penyimpanan terbuka itu, tidak akan mudah terjatuh sebab para insinyur perakit mobil ini sudah menyematkan pembatas yang akan melindungi barang dari tergelincir. Kami suka hal ini.

>>> Baca juga:

4. FITUR SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Review Subaru Sambar Truck 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Fitur Keselamatan Subaru Sambar Truck 2019

Bahkan di Subaru Sambar Truck tipe terendah saja, sudah dilengkapi dengan radar keselamatan

Subaru Sambar Truck 2019 ini dilengkapi dengan radar yang diberi nama Smart Assist. Radar ini dapat membaca setiap situasi di depan mobil. Dan memberikan peringatan ke pengemudi apabila terjadi bahaya yang dianggap oleh sistem Smart Assist III. 

Gambar menunjukkan Line Keep Assist Subaru Sambar Truck 2019

Radar keselamatan pintar ini mampu mendeteksi adanya rambu dan marka jalan

Bahkan tidak sampai disitu saja, radar ini juga memiliki kemampuan untuk mengintervensi pedal rem jika dirasa sudah sangat membahayakan pengemudi mobil. Kehandalan radar Smart Assist generasi ketiga ini juga mampu membaca marka jalan dan juga rambu-rambu lalu lintas.

Gambar menunjukkan Smart Radar Subaru Sambar Truck 2019

Bukan hanya melihat, sensor pada radar juga dapat memerintahkan untuk mengintervensi pedal rem

Bukan hanya benda mati saja yang dapat ditangkap oleh radar Smart Assist III ini, namun pedestrian alias pejalan kaki juga mampu dilihat. Tapi, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bumper dan grill depan sudah didesain untuk aman ketika menambrak pejalan kaki. Juga sistem airbag akan mengembang dan melindungi pengemudi.

Gambar menunjukkan Pedestrian Safety Subaru Sambar Truck 2019

Bumper dan grill depan ini juga didesain untuk tetap aman bagi pejalan kaki

Untuk itu, penting bagi pemilik maupun pengguna Subaru Sambar Truck 2019 ini untuk merawat radar Smart Assist generasi ketiga yang terpasang di kaca depan bagian atas tersebut. Ambil contoh, bagian depan radar harus selalu dalam kondisi bersih, agar pembacaan situasi di depan mobil tidak terganggu.

Gambar menunjukkan Radar Subaru Sambar Truck 2019

Inilah radar pintar Smart Assist generasi ketiga yang kami maksud

>>> Ini Fungsi Tersembunyi Dari Logo Hijau Di Takometer Truk

5. OPERASI SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Gambar menunjukkan Radius putar Daihatsu Sambar Truck 2019

Berkat penggerak roda belakang, diameter ban kecil, maka radius putarnya luar biasa

Mesin Subaru Sambar Truck 2019 ini menggunakan basis yangs serupa dengan saudaranya asal Jepang, yakni Daihatsu Hijet. Berkapasitas 660 cc, 3 silinder tanpa dilengkapi dengan sistem induksi udara paksa alias turbo. Mesin ini punya karakter alami overbore, yang mana lebih tahan digeber pada putaran mesin tinggi.

Gambar menunjukkan Transmisi otomatis 4-speed Subaru Sambar Truck 2019

Terdapat pilihan bertransmisi otomatis 4 percepatan dengan torque converter

Di Jepang yang mempunyai empat musim, hampir seluruh varian mobil yang dijual di sana memiliki model dengan opsi pilihan 4x4. Tak terkecuali dengan Subaru Sambar Truck 2019 ini. Juga, jika Anda tidak ingin capek memindahkan posisi gigi secara manual, Sambar pun punya pilihan transmisi 4 percepatan otomatis.

Gambar menunjukkan Sistem 4WD Subaru Sambar Truck 2019

Aktifkan sistem 4WD saat jalanan licin maupun butuh grip ekstra

Yang kami suka dari aspek teknik Subaru Sambar Truck 2019 ini adalah, karena ia menggunakan format penggerak roda belakang, plus ukuran diameter ban kecil, maka radius putarnya menjadi sangat luar biasa. Bahkan, di Indonesia lebih mudah memutar balik Daihatsu Hi-Max bila dibandingkan motor 3 roda.

>>> Review Nissan Navara Dakar 2019 : Modifikasi Untuk Medan Ekstrim

6. SPESIFIKASI SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

DIMENSI SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Panjang

3.395 mm

Lebar

1.475 mm

Tinggi

1.770 mm

Wheelbase

1.900 mm

Ground Clearance

160 mm

Berat Total Kendaraan

1.730 kg

BAK (BAGIAN DALAM) SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Panjang

1.935 mm

Lebar

1.395 mm

Tinggi

285 mm

MESIN SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Jenis

EF-Series Bensin, 3 Silinder Segaris, DOHC, VVT

Isi silinder

659 cc

Daya maksimum

5MT: 44,5 Hp (46 PS) @ 5.700 rpm
4AT:  51,5 Hp (53 PS) @ 7.200rpm

Torsi maksimum

60 Nm (6.1 Kgm) @ 4.000 rpm

Bore X Stroke

68,0 mm X 60,5 mm

Sistem Pasokan BBM

Electronic Fuel Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

38 liter

Transmisi

Manual, 5-kecepatan Maju & Otomatis 4-Kecepatan, Penggerak Roda Belakang

SASIS DAN KAKI-KAKI SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Sistem kemudi

Electronic Power Steering, Rack & Pinion

Suspensi depan

MacPherson Strut, dengan per keong

Suspensi belakang

Rigid-axle dengan per daun

Rem depan

Disc (cakram berventilasi) dengan booster

Rem belakang

Drum, Leading & Trailing

Ukuran ban

Bias, 145R13-8PR

>>> Begini Cara Kerja Engine Control Pada Truk Volvo

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Subaru Sambar Truck 2019 dihadirkan dengan tujuan positif, menyediakan sarana transportasi untuk membantu para pengusaha kecil memperlancar usahanya. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan mengingat harga mobil ini juga tidak begitu besar.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur Keselamatan Lengkap

Tidak Dijual Di Indonesia

Varian Tertinggi Pakai Headlamp LED

Harga Mahal

Radius Putar Sangat Baik

Kapasitas Penumpang Hanya 2 Orang

Varian Lengkap

Beban Angkut Tidak Sampai 1 Ton

8. DAFTAR HARGA SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Jelas saja Subaru Sambar Truck 2019 tidak dijual di Indonesia. Namun, bagi Anda yang menyukai bentuknya serta ingin memiliki mobil imut ini, Anda bisa melirik mobil Daihatsu Hi-Max 2019. Tapi, bagi Anda yang penasaran dengan harga Subaru Sambar Truck 2019 seperti yang kami ulas ini, kami akan menyajikannya melalui tabel dibawah ini:

TIPE

HARGA

Subaru Sambar Truck TB

847,000 Yen - 1,111,000 Yen (Sekitar Rp 112,295,260 hingga Rp 147,296,380) 

Subaru Sambar Truck TB Smart Assist

902,000 Yen - 1,166,000 Yen (Sekitar Rp 119,587,160 hingga Rp 154,588,280)

Harga tersebut di atas adalah harga di Jepang yang tertera di situs resmi Subaru Jepang pada awal Oktober 2019. Jika Anda berminat, Anda bisa sambangi importir umum terdekat dan yang Anda percaya untuk mengetahui lebih detail seputar harga Subaru Sambar Truck 2019.

>>> Anda mau membeli mobil truck? Klik sini untuk update harga dan promo terkaitnya

9. VIDEO SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

10. KESIMPULAN SUBARU SAMBAR TRUCK 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Subaru Sambar Truck 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Bagaimana kesimpulan kami terhadap ulasan mobil ini?

Dibandingkan dengan membeli sebuah motor 3 roda untuk keperluan niaga, kami lebih menyarankan Anda untuk membeli mobil ini. Sayangnya ia tidak masuk Indonesia.

>>> Mari lanjut membaca review lainnya di sini