Topan Hagibis Terjang Jepang, Subaru Tutup Pabrik Seminggu

21/10/2019 | Fatchur Sag

Topan Hagibis, salah satu topan paling berbahaya di dunia menerjang beberapa wilayah di Jepang pada 12 Oktober 2019 lalu mengakibatkan dampak yang sangat parah. Bukan hanya kerusakan infrastruktur dan menghentikan roda perekonomian, topan Hagibis juga menimbulkan banyak korban jiwa. Tercatat lebih dari 77 orang meninggal dunia dan lebih banyak lagi yang mengalami luka-luka.

Foto salah satu pemandangan kerusakan akibat Topan Hagibis

Topan Hagibis timbulkan kerusakan besar di Jepang

Salah satu yang turut terdampak topan Hagibis yaitu Subaru. Pabrik produksinya yang berlokasi di Gunma terpaksa diliburkan dari aktivitas produksi mulai shift terakhir hari Rabu, 16 Oktober hingga 25 Oktober 2019. Penghentian ini dilakukan mengantisipasi banjir dan badai yang mungkin kembali lagi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Mengutip pemberitaan AutoNews, (16/10/2019) dalam kondisi normal pabrik Subaru di Gunma bisa memproduksi hingga 2.500 unit mobil dalam sehari. Artinya selama libur pabrik kemungkinan besar kehilangan produksi 11.250 unit mobil (hari libur tidak dihitung).

Selain angka produksi yang berkurang, penghentian produksi juga bakal mempengaruhi angka suplai bahan baku dari pemasok sebab mereka tidak bisa mengirim bahan ke pabrik. Dalam rilisnya Subaru tidak menjelaskan siapa pemasok yang dimaksud.

>>> Review Subaru Sambar Truck 2019: Kembaran Daihatsu Hi-Max Yang Jauh Lebih Canggih

Foto menunjukkan Pabrik Subaru Jepang

Subaru terpaksa menghentikan produksi di pabrik Gunma

Berbeda dengan pabrik di Gunma Jepang yang terpaksa diliburkan, topan Hagibis tidak mempengaruhi produksi Subaru di pabrik Indiana Amerika Serikat. Namun untuk beberapa produk yang diimpor dari pabrik Jepang seperti BRZ, Crosstrek, WRX, dan Forester, Subaru harus melakukan pengetatan distribusi. Menurut Pusat Data Berita Otomotif setempat persediaan Subaru impor hanya sampai tanggal 19 Oktober 2019.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 16/02/2020 | Fatchur Sag

    Penjualan Honda Jazz Model Jepang Dimulai, Target 10.000 Unit Per Bulan

    Honda mengumumkan All New Honda FIT resmi dimulai pada 14 Februari 2020. Ditargetkan penjualan Honda Jazz model Jepang ini bisa menembus 10.000 unit per bulan.

  • 14/02/2020 | Fatchur Sag

    Hyundai Motor Group Gandeng Canoo Kembangkan Platform Mobil Listrik

    Hyundai Motor Group (Hyundai dan KIA) menyepakati kerjasama dengan perusahaan pengembang mobil listrik asal Amerika Serikat, Canoo, untuk mengembangkan platform mobil listrik masa depan.

  • 11/02/2020 | Abdul

    Kapan Pabrik Mobil Di China Beroperasi? Ini Jadwalnya

    Virus corona menjadi salah satu penyebab pasar otomotif dunia ikut terguncang. Virus tersebut menyerang Chida dan membuat banyak produsen mobil besar menutup sementara pabriknya. Padahal sebelumnya penjualan mobil mengalami penurunan dalam 2 tahun karena ekonomi yang melambat dan intensitas pajak mobil listrik dihapus. Lantas Kapan pabrik mobil di China beroperasi?