Pasang Extra Fan Pada Mobil Diperlukan Jika...

28/03/2019| Arfian Alamsyah

Salah satu pembaca setia Mobilmo.com yang juga orang tua dari penulis sempat bertanya kepada kami. "Apa benar mobil keluaran terbaru enggak perlu lagi dipasangkan extra fan tambahan?" Begitu kurang lebih tanyanya, pemilik All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini juga menambahkan bagaimana jika mobil sering digunakan pada kondisi jalan yang macet dan minim suplai udara segar ke mesin. Ternyata pasang extra fan pada mobil diperlukan jika...

>>> Engine runway sangat berbahaya bagi mesin diesel, ini alasannya

Tampak sebuah Extra Fan

Extra fan tambahan saat ini sudah jarang ditemukan pada mobil keluaran terbaru

Kalau ditilik lebih dalam, pabrikan mobil sudah memperhitungkan secara detail mengenai rancangan mesin yang dibuat. Dan kondisinya dianggap perlu, maka dari awalnya pabrikan sudah menambahkan extra fan tambahan pada mobil sebelum dijual. Apalagi saat ini rata-rata kipas pendingin mesin mobil sudah menggunakan visco fan yang mana selama mesin hidup maka kipas pendingin akan terus berputar mendinginkan mesin.

>>> Benarkah mengganti BBM dengan oktan tinggi akan menambah tenaga? Ini faktanya

pasang extra fan tambahan di mobil

Penempatan extra fan biasanya dibalik bumper atau grill

Oleh karena itu, kebanyakan pabrikan mobil saat ini sudah tidak menyematkan lagi extra fan tambahan. Namun, pasang extra fan pada mobil tetap diperlukan apabila Anda sudah melakukan modifikasi berat seperti memasang turbocharger pada mobil, serta mengganti banyak internal part mesin atau modifikasi yang membuat temperatur mesin meningkat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International