Engine Runway Sangat Berbahaya Bagi Mesin Diesel, Ini Sebabnya...

15/03/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Pernahkah Anda mendengar istilah mesin diesel mengalami engine runway? Engine runway pada mesin diesel ini berbahaya sekali terhadap mesin diesel. Ini sebabnya...

Istilah ini memang sudah jarang ditemukan, namun sebaiknya Anda pengguna mobil mesin diesel paham akan istilah engine runway ini. Engine runway adalah sebuah peristiwa dimana mesin diesel terus menyala dan berputar serta tidak dapat dimatikan. Mesin diesel yang mengalami engine runway akan terus berputar di putaran tinggi dan tidak bisa mati meski Anda telah mencabut kunci mobilnya.

>>> Amankah mesin diesel meminum bahan bakar diesel B20? Ini jawaban Toyota

Tampak sebuah mesin diesel truk Volvo

Tidak hanya pada mobil, truk atau bus dengan mesin diesel pun dapat mengalami kejadian engine diesel runway

Engine runway sejatinya adalah kondisi dimana mesin diesel tidak terkendali hidupnya dan akan menghancurkan dirinya sendiri. Diesel engine runway sendiri penyebabnya biasanya adalah kegagalan mekanis, salah satunya adalah sistem supply bahan bakar. Atau bisa juga engine diesel runway terjadi akibat ada salah satu bagian yang nyantol pada posisi high rpm jadi putaran mesin diesel tertahan dan tidak dapat dimatikan.

>>> Ini pendapat kami mengenai big MPV dengan mesin diesel yang mengasyikkan diajak 'berlari'

Tampak Mesin Toyota BJ Diesel

Mesin diesel konvensional seperti ini rawan terjadi diesel engine runway

Engine runway memang sudah jarang terjadi pada mesin diesel kekinian alias modern. Namun, bukan berarti potensi diesel engine runway tidak bisa terjadi. Berikut ini Mobilmo kasih tips cara aman mengatasi mobil diesel yang mengalami engine runway. Paling aman pada mobil bertransmisi manual adalah memasukkan transmisi ke posisi gigi 4 atau 5 bahkan 6 (jika ada) dibarengi dengan kondisi rem parkir diaktifkan dan pedal rem diinjak penuh. Hal ini akan membuat mesin mati karena beban mesin terlalu berat.

>>> Mau mobil diesel Anda lebih awet dan irit bahan bakar, dirawat dong! Begini caranya

Ilustrasi mobil Pindahkan gigi mobil dengan halus

Untuk mobil bertransmisi manual, pindahkan posisi gigi ke 4 atau 5 sambil injak kuat-kuat pedal rem

Untuk mobil diesel bertransmisi otomatik yang mengalami engine runway, Anda dapat coba untuk menutup saluran udara dengan benda yang rata dan besar. Yang perlu dipastikan adalah benda untuk menutup harus besar agar tidak terhisap oleh mesin. Hal ini merujuk pada cara kerja mesin diesel yang wajib dipahami karena mesin diesel bekerja hanya memanfaatkan pasokan bahan bakar dan udara. Pembakaran terjadi akibat kompresi pada ruang mesin, berbeda dengan mesin bensin yang membutuhkan busi untuk menghasilkan api. Semoga engine diesel runway tidak terjadi pada Anda ya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca