Mengenal Mobil Crossover, Dimensi Kompak Tapi Tampil Dengan Gagah

28/04/2021| Abdul

Jadi saat ini mobil Crossover sedang menjadi trend dan banyak digemari oleh masyarakat. Dimana mobil dalam segmen ini disebut juga dengan SUV Crossover atau CUV (Crossover Utility Vehicle). Untuk jenis mobil tersebut menggunakan konstruksi rangka unibody namun untuk jenisnya layaknya sebuah kendaraan off road.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota C-HR merah tampak depan

Sebuah Crossover mempunyai tampilan yang gagah

>>> Teknologi Media Control Di Mobil, Memungkinkan Sistem Infotainment Menggunakan Smartphone

Nah untuk Crossover juga kerap dilakukan produksi dengan platform yang diandalkan bersamaan dengan yang diberikan pada kendaraan penumpang. Jadi platformnya tidak memakai yang digunakan oleh mobil truck, pick up ataupun double cabin. Bahkan banyak orang juga menyebutkan bahwa mobil dalam segmen ini merupakan kendaraan SUV dengan basis mobil perkotaan.

Apabila perbandingan dilakukan dengan mobil yang menggunakan basis SUV. Tentunya dari segi kenyamanan mobil Crossover lebih baik diberikan di dalamnya. Biaya produksi mobil ini juga lebih rendah, BBM lebih efisien, pengendaraan yang nyaman namun kemampuan off road yang dimiliki lebih rendah.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak Crossover untuk mendukung mobilitas masyarakat di Indonesia. Umumnya untuk sistem penggerak tidak memakai penggerak 4 roda, sehingga mobil dalam segmen ini terbilang baik dalam maneuverability untuk jalanan di perkotaan. Bahkan ketika melihatnya secara langsung akan terlihat bahwa mobil merupakan jenis kendaraan Crossover. Umumnya dimensinya dibuat kompak dengan ukuran ban dan ground clearance yang dibuat lebih besar.

>>> Lihat Juga, Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

Gambar ini menunjukkan interior Toyota C-HR

Dimensi kompak dengan fitur dan teknologi cukup mumpuni

>>> Baca Juga, Melirik Sejarah Toyota Hilux, Perjalanan Panjang Dimulai Pada 1968

Pada mobil Toyota, kendaraan yang masuk dalam segmen Crossover adalah Toyota C-HR dan juga Toyota Corolla Cross. Keduanya dibekali dengan teknologi yang mumpuni dan mempunyai tampilan modern, tak heran jika tampilannya jadi begitu menarik. Bahkan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) sudah diberikan ke kedua mobil tersebut. Yang menarik lagi adalah pihak Toyota juga memberikan varian Hybrid yang tentunya ramah terhadap lingkungan.

Kehadiran mobil Crossover tersebut bisa memberikan jawaban terhadap masyarakat yang mengikuti trend global. Mobil siap dipakai dengan nyaman dan aman serta siap menerjang beragam permukaan jalan yang terdapat di perkotaan.

Jadi bisa disebutkan pula bahwa untuk mobil jenis Crossover merupakan hasil persilangan antara sebuah kendaraan Hatchback dan SUV. Alhasil mobil dalam segmen tersebut siap menemani pemiliknya di jalan yang mulus ataupun di jalan yang kurang rata.

>>> Baca Juga, Mengetahui Perbedaan PPnBM Dan PPN & Pengertiannya

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil seperti di depan rumah

Menjadi solusi pecinta SUV dengan lahan parkir atau garasi kecil

Keunggulan lain Crossover adalah penggunaan desain yang seperti jenis Hatchback. Sangat berbeda dengan mobil SUV yang bodinya dibuat besar dan bongsor. Dengan begitu mobil Crossover bisa menjadi salah satu pilihan bagi seseorang yang suka akan kendaraan SUV namun di rumahnya tidak memiliki cukup ruang untuk garasi atau lokasi parkir.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International