Melirik Sejarah Toyota Hilux, Perjalanan Panjang Dimulai Pada 1968

12/04/2021| Abdul

Salah satu produk Toyota yang terbilang ikonil den mempunyai double cabin adalah Toyota Hilux. Mempunyau tampilan yang modern serta tangguh serta multi fungsi menjadi salah satu ciri khas tersendiri pada mobil tersebut. Namun tahukah Sobat, bahwasanya sejarah Toyota Hilux terbilang sangat panjang.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Hilux tampak belakang

Toyota Hilux saat ini tampil gagah dan sangat fungsional

>>> Tips Mengetahui Kualitas Bahan Bakar Diesel

Apabila melihat dari awal diluncurkan, usia mobil besutan Toyota ini telah mencapai 53 tahunan. Pihak Toyota memperkenalkan pertama kali Hilux adalah di tahun 1968 dan terus dilakukan pengembangan supaya bisa berlenggang di era modern saat ini. Berikut ini merupakan sedikit informasi mengenai sejarah panjang Toyota Hilux.

1. Generasi Pertama Pemasaran 1968 - 1972

Untuk pengenalan mobil ini pertama kali mengandalkan bonnet yang terintegrasi. Kehadirannya dilakukan pada bulan Maret 1968 dan terbilang suksen untuk menarik hati masyarakat kala itu. Pembuatan mobil ini dilakukan di Tokyo, Jepang dengan mengandalkan mesin 1.500 cc. Dimana transmisinya adalah 4 speed manual dengan tenaga maksimal sebesar 70 Ps. Untuk daya tampung penumpang hanya 3 orang saja, sedangkan untuk barang sampai 1.000 kg sehingga bisa menemani usaha dan kebutuhan angkut barang pemiliknya.

2. Generasi Kedua Pemasaran 1972 - 1978

Sementara generasi keduanya dihadirkan pada tahun 1972  dengan dibekali wheelbase pendek dan juga panjang. Peningkatan juga dilakukan pada sektor mesinnya karena diberikan mesin 2.000 cc dan juga 1.600 cc. Dengan begitu pada Toyota Hilux generasi ini saat digunakan pada jalanan aspal akan lebih nyaman untuk dikendarai.

>>> Apakah Aman Bahan Bakar Solar B20 Dikonsumsi Mesin Diesel Toyota? Ini Penjelasannya

3. Generasi Ketiga Pemasaran 1978 - 1972

Berbicara tentang sejarah Toyota Hilux,  peluncurannya dilakukan pada bulan September 1978. Dimana pada generasi ini kanyamanan lebih ditingkatkan dan spesifikasi serta perlengkapan layaknya sebuah mobil sedan. Bahkan pada generasi ini varian Super Deluxe juga dirilis oleh pihak Toyota yang menjadi flagshipnya. Ukuran kabin dibuat lebih panjang 90 mm dibandingkan standarnya. Dengan begitu maka interior menjadi lebih lega, hal tersebut dipadukan dengan mesin yang berkode 12R-J dari generasi sebelumnya dengan kapasitas 1.600 cc.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil Toyota Hilux Jaman dulu

Toyota Hilux punya sejarah yang panjang

>>> Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Mobil Yang Cocok Untuk Angkut Beban Berat

4. Generasi Keempat Pemasaran 1983 - 1988

Di generasi ini terjadi perubahan pada bagian bodi mobil untuk sistem penggerak roda empat. Untuk ciri khasnya adalah diberikannya blister fenders untuk sisi belakang dan juga depan.

5. Generasi Kelima Pemasatan 1988 - 1997

Kehadiran dilakukan pada bulan September 1988, yang mana di generasi ini menjadi 3 wakil konsep dasar darui kenyamanan, kekokohan dan kekuatan. Mesin yang diberikan ada 2 pilihan yakni 2.779 cc dan 1.998 cc. Untuk perbedaan utama antara Toyota Hilux 4WD dan RWD adalah pada bagian fender. Dimana untuk RWD fendernya tanpa ada flare namun untuk 4WD diberikan flare dan tampak kokoh.

6. Generasi Keenam Pemasaran 1997 - 2004

Generasi keenam dihadirkan di bulan Agustus 2004. Dimana pada tahun ini mobil Hilux ini lebih paham tentang gaya hidup yang dimiliki oleh para pelanggan. Jadi dengan adanya mobil ini gaya hidup bisa ditunjang ataupun untuk keperluan bisnis. Mesin yang diberikan di dalamnya adalah 1.998 cc dan juga 2.985 cc.

7. Generasi ketujuh 2004 - 2015

Terkait sejarah Toyota Hilux, untuk generasi ketujuh dihadirkan di bulan Agustus 2004. Yang mana pada generasi ini menjadi tanda akan kesuksesannya di penjuru dunia. Hal tersebut dikarenan untuk thun tersebut penjualannya di seluruh dunia telah lebih dari 140 negara.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

8. Generasi Kedelapan Pemasaran 2015 - Sampai Saat Ini

Nah untuk generasi kedelapan menjadi yang terakhir untuk saat ini. Dimana pihak Toyota semakin memberikan mobil ini dengan disesuaikan dengan harapan para pelanggannya. Bahkan segala tantangan dapat dilewati dan siap untuk digunakan berkendara ke tempat yang diinginkan. Selain itu, mobil Toyota Hilux generasi kedelapan dirancang supaya gaya berkendara di beragam jalan dan kondisi penggunaan dapat terpenuhi.

Demikianlah sedikit sejarah Toyota Hilux dari generasi pertama sampai saat ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi bagi Sobat semuanya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International