Review Dan Test Drive Honda New Brio Satya 2018

18/08/2018 Metodius Getan Review Honda

City car menjadi salah satu segmen empuk bagi semua pabrikan, hampir semua pabrikan yang menjual produknya di Indonesia punya city car. Sebut saja seperti Mirage dari Mitsubishi, Spark dari Chevrolet dan salah satu yang merajai kelas ini adalah Honda Brio. Honda Brio mengawali karirnya dengan sangat baik, memasuki segmen LCGC membuat semua mata terbuka kalau mobil terjangkau dan ramah lingkungan juga bisa semenarik ini.

1. PENGANTAR

Tampak Logo All New Honda Brio Satya

Brio Satya merupakan volume maker PT Honda Prospect Motor

Review Honda New Brio Satya 2018 - Dalam event besar GIIAS 2018 PT Honda Prospect Motor kembali membuat sejarah baru dalam dunia otomotif. Bersamaan dengan World Premiere All New Honda Brio RS, HPM juga memperkenalkan Honda Brio Satya, guna mempertahankan prestasi dikelas city car ini. Kami melihat bahwa Brio Satya merupakan salah satu ujung tombak penjualan utama Honda di Indonesia. Diawali pada semester 1 2018 Honda Brio Satya berhasil mencatatkan penjualan  sebanyak 23.475 unit. Berhasilnya Brio Satya ini membuktikan bahwa produk ini mampu memberikan kontribusi sebesar 30% dari total penjualan mobil Honda baru di Indonesia, hasil ini diperoleh Mobilmo.com berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Tampak All New Honda Brio Satya 2018 yang tim Mobilmo tes

Ini dia All New Brio Satya yang tim Mobilmo.com tes jalan

Honda berhasil mendulang kesuksesan di kelas ini karena pabrikan asal Jepang ini mampu melihat peluang. Bagi orang berjiwa muda yang suka dengan penampilan sangat sporty dan ditunjang dengan fitur melimpah dapat memilih Honda Brio RS, tetapi bagi publik yang menginginkan mobil kaya fitur, harga terjangkau dan tetap keren, Honda pun memberikan rekomendasi terbaiknya yaitu Honda Brio Satya.  Spesisial untuk pembaca kami, simak review khas Mobilmo.com kali ini.

Tampak Banner All New Honda Brio Media Drive 2018

Kami terbang jauh-jauh dari kantor Mobilmo.com di Jakarta untuk mengikuti event ini

2. EKSTERIOR

Dari dulu, kami merasa Honda memang sudah mengerti akan kemauan konsumennya di dunia. Termasuk di Indonesia, Honda R&D Asia Pasific Co, Ltd (HRAP) telah melakukan beberpa riset untuk mengerti model dan bentuk seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarkat tanah air.

Review Honda Brio Satya 2018: Sisi Depan

Tampak sebuah All NEw Honda Brio Satya 2018 warna Kuning

All New Honda Brio Satya 1.2 2018

Pada pembaruannya kali ini, Honda memang seperti membuat Brionya lebih naik kelas. Semua itu terbukti dari apa yang kami lihat, penampilan sisi depan Brio Satya sekilas mirip sekali dengan saudaranya yang bertarung di segmen MPV yaitu Mobilio. For your information, desain Brio Satya dan Brio RS kali ini memang mengusung desain bagian depan yang begitu mirip dengan beberapa model Honda lainnya. Pada bagian grilnya dibalut dengan warna krom elegan, serta adanya Headlamp dengan LED Guide, tidak mau kalah dari varian tertingginya yaitu RS, Satya juga mendapat fog lamp dengan cover hitam senada dengan bentuknya, bukan hanya dari desain saja, tapi Anda perlu tahu, Satya pun memiliki Heat Rejecting Green Tinted Glass yang akan membuat kaca depan dapat meredam panas matahari dengan baik.

Review Honda Brio Satya 2018: Sisi Samping

Tampak samping All New Honda Brio 2018

Sisi Samping Brio RS 1.2 2018

Anda tidak merasa ada perbedaan dari sebelumnya? Ya, kami pun merasa seperti itu, desain bodi sisi ini memang masih mirip dengan generasi sebelumnya. Tapi, kami ingin beritahu kepada Anda, ada perubahan pada bagian sampingnya jika dilihat dengan detail, yaitu pilar B hinnga C itu mendapatkan perubahan total. Perubahan ini disebabkan Honda Brio Satya 2018 dirancang dengan wheelbase lebih panjang 60 mm, bisa saja kabinnya lebih luas karena penambahan ini. Sedikit ke bawah, kita melihat adanya pelek Alloy yang sangat stylish berukuran 14 inci.

Review Honda Brio Satya 2018: Sisi Belakang

Tampak belakang All New Honda Brio Satya 2018

Honda Brio Satya 1.2 2018

Perubahan yang terasa sekali ada pada bagian pintu bagasinya, jika Anda ingat Brio lama menggunakan kaca yang lebih rata, kini lebih mendapat lekungan yang menarik. Brio Satya 2018 sudah mengganti pintu bagasi kacanya dengan tailgate. Di bagian lampu belakangnya terdapat Body Spoiler dengan LED High Mount Stop Lamp (HMSL), hingga Rear Combi Lamp yang unik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR

Memasuki interiornya, kami merasa Brio Satya memang mendapat banyak perubahan. Beberapa hal yang akan Mobilmo.com bahas pada interiornya adalah bagian dashboard, kursi, serta bagasi, berikut ulasan lengkapnya.

Review Honda Brio Satya 2018: Interior dan kursi

Kursi All New Honda Brio Satya

Interior dan Kursi Honda Brio Satya 1.2

Sedikit berbeda dari saudaranya Brio RS, kini Brio Satya masih mendapatkan warna kabin atau interior dengan dua warna yang cantik. Paduan interior two tone color ini membuat Brio Satya 2018 lebih nyaman dan membuat penumpang betah ada didalamnya. Desain kursi baris pertama dengan Semi Bucket membuat punggung kami terasa pas ketika duduk, meskipun headrest pada baris pertama masih fix tetapi coba masuk ke baris keduanya. Kursi baris kedua dari Brio Satya 2018 ini memiliki sandaran kepala yang dapat diatur sehingga bukan hanya keluasan dari sisi legroom saja, namun kenyamanan makin terasa dengan kursi barunya.

Review Honda Brio Satya 2018: Dashboard

Tampak layout dasbor All New Honda Brio Satya

Dashboard Honda Brio Satya 1.2

Dashboard Honda Brio Satya 2018 kali ini memiliki desain dashboard yang lebih berkelas. Bagaiamana tidak, dashboard ini sama dengan Honda BR-V dan Mobilio, jadi ketika Anda membeli Brio Satya 2018 dan bertemu pengguna BR-V dan Mobilio ucapkan “salam satu dashboard”. Honda tidak ingin ada kesan buruk pada Brio Satyanya, maka Stylish Dashboard Design dengan Silver Lining pun ditampilkan. Selain itu ada AC digital yang membuat Brio Satya lebih mewah dalam hal ini, serta akan membuat kesejukan lebih maksimal keseluruh kabin.

Review Honda Brio Satya 2018: Bagasi

Honda Brio Satya 1.2 2018 Memiliki Bagasi Yang Lebih Luas Dari Sebelumnya

Bagasi Honda Brio Satya 1.2 

Kami harus beritakan hal penting ini, area bagasi Honda Brio Satya 2018 lebih luas dari generasi sebelumnya. Peningkatan kapasitasnya mencapai 258 liter, 84 liter lebih besar dari Honda Brio sebelumnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Review Honda Brio Satya 2018: Fitur Keselamatan

Fitur Safety Honda Brio Satya 1.2 2018 Bertambah

Honda Brio Satya 1.2

Honda Brio Satya 2018 dibekali banyak fitur keselamatan, dan fitur-fitur ini membuat Brio Satya semakin menonjol diantara rivalnya. Beberapa fitur tersebut adalah Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), struktur rangka G-CON + ACE, Side Body Impact, Dual SRS Airbag, Seatbelt pretentioner, seatbelt reminder, serta tidak lupa sistem keamanan Immobilizer, alarm, keyless entry dan wave key.

>>> Daftar Harga Honda BR-V 2018: Tawarkan Paket Berkala 3 Tahun dan 6 Tahun

5. OPERASI

Tampak All New Honda Brio Satya 2018 Slalom

Tester Mobilmo.com 'gatal' juga ingin slalom di lintasan yang sudah disiapkan

Jantung pacu mobil yang kami tes ini masih setia dengan mesin 1.2 liter 4-silinder i-VTEC yang sudah teruji menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive khas mobil Honda. Secara performa tidak ada perubahan, masih bertenaga 90 PS atau 88 dk di putaran mesin 6.000 rpm. Menariknya, dari segi torsi ternyata sedikit naik 1 Nm dari Brio Satya generasi sebelumnya keluaran awal (bukan yang terbaru). Kini mesin Honda Brio Satya 2018 bisa menghasilkan torsi maksimum 110 Nm di putaran mesin 4.800 rpm.

Tampak ban Dunlop Enasave pada All New Honda Brio 2018

Grip ban Dunlop Enasave bawaan mobil ini agak mengecewakan meski mobil terasa empuk dijalan

Oh ya, mesin ini menyalurkan tenaga ke roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5-percepatan dan CVT dengan teknologi Grade Logic Control yang mampu mendeteksi sudut elevasi jalan. Dan untuk menyempurnakan pengendalian dan tingkat kenyamanan kala berkendara, baik sistem kemudi EPS, suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam, serta pegas stabilizer yang lebih besar untuk kestabilan yang lebih baik. Namun kami harus akui untuk urusan kestabilan All New Honda Brio Satya 2018 ini tidak lebih baik bila dibandingkan dengan varian RS. 

Tampak seorang tester Mobilmo.com memindahkan shifter di All New Honda Brio Satya 2018

Jika melewati jalan menanjak, segera pindahkan tuas transmisi ke S dan kickdown

All New Honda Brio Satya 2018 mengandalkan pelek alloy berukuran 14 inchi, dibalut ban Dunlop Enasave berukuran lebar 165 mm, tebal 65 mm, ring 14 inchi yang sangat menunjang kenyamanan juga efisiensi mobil ini. Karakternya beda sekali apabila dibandingkan dengan Brio terbaru varian RS yang mengandalkan Ban Bridgestone Potenza RE030 berukuran lebar 185 mm, tebal 55 mm, ring 15 inchi. Untuk handling jelas lebih presisi  varian RS ketimbang Satya dikarenakan perbedaan 'sepatu' tadi. Untuk akselerasi, konsumsi bahan bakar varian Satya sedikit lebih baik dari RS. Sayangnya tangki 35 liternya terasa agak kurang.

Tampak sebuah mesin berkode L12 pada All New Honda Brio Satya 2018

Mesin L12 yang digendong All New Honda Brio Satya ini merupakan yang terbaik dikelasnya

>>> Langsung klik sini untuk simak review mobil Honda lainnya

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Honda Brio Satya 2018

Mesin

Tipe

1.2L SOHC silinder segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW

Isi Silinder

1.198 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Sistem Suplai Bahan Bakar

Fuel Injection

Tenaga Maksimal

90 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimal

110 NM / 4800 rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan / Automatic CVT

Standar Emisi

EURO 4

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3.815 mm x 1.680 mm x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.405 mm

Radius Putar

4,6 meter

Berat Kosong

N/A

Jumlah Penumpang

5

Tanki

35 liter

Chassis

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Pelek

Dunlop Enasave 165/65/R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan

Kekurangan

Desain mobil lebih menarik tidak mencerminkan LCGC

Masih minim fitur dan pemangkasan jauh dari varian RS

Mesin cukup baik dalam memberikan tenaga

 

Kenyamanan kabin menjadi lebih baik

 

>>> Anda sedang cari mobil namun bingung gak tahu pilih mobil apa? Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil-mobil di pasar Indonesia

8. DAFTAR HARGA

Berikut harga Honda Brio Satya 2018 beserta varian-varian lainnya.

Tipe mobil

Harga All New Honda Brio 2018

All New Honda Brio Satya M/T 2018

Rp 139.000.000

All New Honda Brio Satya E M/T 2018

Rp 147.500.000

All New Honda Brio E CVT 2018

Rp 162.500.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Tampak sebuah All New Honda Brio Satya sedang melintasi jalan desa

So, this is car for you? Anda keluarga muda layak memilikinya

Bagi masyarakat perkotaan yang menginginkan city car yang lincah, bertenaga serta tetap stylish Honda Brio Satya salah satu yang kami rekomendasikan. Terlebih dalam pembaruannya kali ini, terutama pada bagian eksterior dan juga beberapa pada interior membuat banyak pasang mata seolah tertarik oleh magnet kuatnya. Simak terus review menarik seputar mobil, dan juga berita terbaru hanya di Mobilmo.com.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.