Masih Efektifkah Mencampur Kapur Barus Ke Tangki Bensin Untuk Naikkan Oktan?

02/06/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Dahulu kala, kapur barus cukup populer dicampur dengan BBM untuk menaikkan angka oktan. Lantas, kini masih efektifkah mencampur kapur barus ke tangki bensin untuk naikkan angka oktan BBM?

Dahulu kala, ketika BBM alias Bahan Bakar Minyak susah untuk didapat, menambahkan kapur barus ke tangki BBM dengan harapan menaikkan angka oktan jamak untuk dilakukan. Lantas, setelah puluhan tahun berlalu, masih efektifkah mencampur kapur barus ke tangki bensin untuk naikkan oktan?

>>> Benarkah menggunakan BBM dengan oktan tinggi akan langsung menambah tenaga?

Tampak tutup tangki mobil Toyota Avanza

Apakah mencampur kapur barus masih dibutuhkan pada mobil kekinian?

Kapur barus itu mengandung kandungan nafta. Mesin yang tadinya ngelitik ketika menggunakan BBM tertentu, menjadi tidak ngelitik setelah mencampurkan kapur barus ke dalam tangki bensin. Ini karena, nafta atau bahasa kerennya naphtelene adalah salah satu komponen untuk menaikkan oktan bahan bakar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Kapur barus akan menaiikkan oktan BBM

Mencampur kapur barus tentu memiliki dampak negatif, pada mobil berkarburator ini dampaknya

Lantas pertanyaannya, untuk mesin generasi kekinian apakah cara ini masih efektif? Jawabannya adalah tidak. Karena mesin dengan teknologi injeki saat ini pompa bensinnya terletak didalam tangki. Dikhawatirkan efek leburan dari kapur barus ini akan membuat pompa bensin menjadi mampet dan gagal mensuplai BBM ke mesin.

>>> 5 hal ini akan membuat mobil Anda boros BBM, jangan lakukan hal ini pada mobil Anda

Mesin 2NR-VE Di Toyota Avanza

Mesin modern saat ini sudah canggih dan telah dilengkapi dengan knock sensor

So, untuk mesin mobil kekinian, menambahkan kapur barus ke tangki bensin dengan tujuan menaikkan oktan sangat tidak disarankan. Sebaiknya, gunakanlah BBM yang sesuai dengan peruntukannya, apalagi kini BBM dengan oktan tinggi bukan lagi menjadi barang yang sukar didapat.

>>> Tak ingin ketinggalan tips dan trik seputar teknik mobil? Simak terus Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca