Ini Keunggulan Mobil Warna Putih Dibanding Warna Yang Lain

22/03/2019 Fatchur Sag TOP mobil

Jadi salah satu warna paling populer di dunia dan selalu ada dalam setiap pilihan warna mobil, mobil warna putih memiliki banyak keunggulan dibanding yang lain. Barangkali keunggulan ini yang membuat Anda kepincut memilihnya saat membeli mobil.

Bukan rahasia jika produsen mobil berupaya menawarkan produk yang menarik buat konsumen. Selain menarik dari sisi kelengkapan fitur dan harga, tak kalah diperhatikan adalah berbagai macam warna yang ditawarkan. Hal ini wajar sebab warna mobil menjadi yang pertama yang langsung terlihat dipandang mata. Bila warna sudah menarik, bukan tak mungkin yang lain jadi ikut-ikutan tampak menarik.

Foto Mitsubishi XM Concept di GIIAS 2016

Warna menarik bikin konsumen tergoda

Sebagai contoh, lihat saja tampilan Mitsubishi XM Concept, cikal bakal Mitsubishi Xpander yang dipajang di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Desain uniknya sudah membuat pengunjung pameran tertegun. Namun yang membuat mereka berhenti mendekat adalah rasa penasaran melihat sosoknya yang mencolok. Dengan balutan warna kuning kehijauan Mitsubishi XM Concept benar-benar tampil beda.

Saat ini hampir seluruh mobil yang dipasarkan di Indonesia ditawarkan lebih dari satu macam warna. Namun yang hampir pasti tidak pernah tertinggal adalah warna putih, entah itu putih es, putih susu, putih kapas, putih tulang atau yang lain. Menurut PPG Industries, mobil warna putih menempati urutan pertama paling populer dan paling banyak diminati dengan persentase 28 persen, disusul warna hitam 18 persen dan silver 13 persen.

Keunggulan Mobil Warna Putih

Dilihat dari alasan para konsumen juga cukup masuk akal dan sangat bisa diterima. Mobil warna putih memiliki banyak keunggulan dibanding warna yang lain.

1. Lebih Eye Catching

Warna putih pada bodi mobil membuat semua ornamen yang melekat dan beda warna terlihat lebih jelas. Misalnya fender warna hitam, side body molding, aksen chrome hingga berbagai sticker dan emblem bawaan yang menempel. Mobil warna putih juga memperjelas sorot lampu-lampu mobil seperti lampu rem. Berbeda jika mobil berwarna merah ngejreng, lampu rem yang menyala di belakang tidak akan terlihat kontras.

>>> Tetap Berkilau, Berikut Tips Merawat Panel Mengilap

Foto mobil Rolls Royce warna putih tampak dari samping depan

Mobil warna putih terlihat bersih dan elegan

2. Lebih Mudah Terlihat

Mobil warna putih bersifat memantulkan cahaya sehingga lebih mudah terlihat oleh pengendara lain di malam hari, baik pengendara roda dua maupun roda empat. Hal ini bisa meningkatkan sisi keamanan sebab dari kejauhan pengendara lain sudah mengetahui keberadaannya. Dan memang benar, hasil salah satu penelitian menunjukkan mobil putih paling jarang terlibat kecelakaan di malam hari.

3. Menangkal Hawa Panas

Selain lebih terlihat di malam hari, sifat warna putih yang memantulkan cahaya juga bermanfaat di siang hari. Saat matahari sedang terik, mobil warna putih bisa menangkal hawa panas membuat kabin lebih adem. Ini akan sangat menguntungkan buat pemilik yang tinggal di daerah panas atau yang mobilitasnya lebih sering ke daerah panas seperti di kota-kota besar jalur Pantura Jawa.

>>> Alasan Suku Cadang, Mobil Ini Alami Depresiasi Harga Cukup Besar

4. Nilai Jual Kembali Tinggi

Dibanding warna lain, mobil warna putih memiliki nilai paling tinggi saat dijual kembali. Bahkan bagi pelaku bisnis jual beli mobil bekas, mobil dengan warna putih adalah favorit sebab lebih mudah terjual dan lebih cepat memberikan keuntungan.

Foto Mitsubishi Pajero Sport tampak dari samping belakang

Mobil warna putih punya nilai jual sangat tinggi

5. Terkesan Lebih Bersih

Jika dinilai dari sisi kebersihan, sebenarnya tidak berbeda antara mobil warna putih dengan mobil warna lain. Semua tergantung bagaimana si pemilik merawat dan membersihkan. Namun tidak dipungkiri saat sama-sama dicuci mobil warna putih lebih terlihat bersih dibanding warna lain. Hal ini karena perbedaan antara kotor dan bersih sangat kontras membuat si pemilik harus rajin-rajin membersihkan meski kotornya tidak seberapa.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Kekurangan Mobil Warna Putih

Sebanding dengan kelebihan yang dimiliki, mobil warna putih juga punya kekurangan. Bahkan kekurangan yang ada terlihat sangat signifikan jika pemilik tidak memberi perhatian khusus. Diantara kekurangannya yaitu mobil warna putih memerlukan perawatan ekstra. Beberapa jenis warna putih bisa berubah menguning saat warna tidak terlindungi. Bisa jadi karena terlalu sering kepanasan, kehujanan, atau terpapar embun di malam hari.

Mengatasi hal ini biasakan mobil selalu terlindungi dari sinar matahari langsung dan membersihkan saat habis kehujanan. Bisa juga menggunakan pelindung cat seperti Wax, Polymer atau Nano Ceramic. Anda bisa membawa ke bengkel khusus perawatan agar pemasangan lebih sempurna.

>>> Tips Merawat Mobil Warna Putih agar tidak mudah Kusam

Foto mobil warna putih kotor

Mobil warna putih lebih mudah terlihat kotor

Kekurangan mobil warna putih yang lain yaitu mudah terlihat kotor. Ini wajar sebab warna putih bakal kontras disandingkan dengan warna lain seperti warna kotoran jalanan, debu, hingga bintik-bintik bekas air hujan atau bekas mencuci yang tidak dilap.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca