Tetap Berkilau, Berikut Tips Merawat Panel Mengilap

06/03/2019| Mahmudi Restyanto

Demi mempercantik mobil, pabrikan sering memberi sentuhan dengan hiasan ornamen tertentu, seperti efek mengilap pada komponen. Misalnya, pada gril, hendel pintu, emblem, lis jendela atau bodi di eksterior. Sedangkan pada interior umumnya terdapat pada panel pintu, dasbor dan konsol tengah. Agar tidak cepat kusam, ada tips merawat panel mengilap yang bisa Anda lakukan.

1. Krom

Biasa terlihat pada lis pintu, gril dan emblem. Umumnya bahan dasar dari panel adalah plastik yang mudah dibentuk dan tidak korosif. Baru kemudian diberi lapisan kron untuk menciptakan efek mengilap. Saat mencuci adalah waktu paling krusial untuk perawatannya. Usahakan agar tidak ada noda air tertinggal karena akan menimbulkan water spot.

>>> Baca juga: Tips Detailing Eksterior Mobil dengan mudah

Kelir krom banyak dijumpai pada bagian gril

Bagian grill paling mudah terlihat kotor maka harus rutin dibersihkan

Sangat dianjurkan untuk memakai kain mikrofiber saat pengeringan karena mampu menyerap air dengan baik. Untuk merawat panel mengilap ini, gunakan cairan metal polish namun tidak boleh ditekan terlalu kuat lantaran bisa mengikis lapisan krom. Bahan pemoles ini juga harus berbahan cair, bukan pasta.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

2. Stainless Steel

Material ini umum dipakai pada sisi yang mendapat perlakuan ekstrem. Seperti ujung knalpot yang menyalurkan udara kotor sisa pembakaran mesin. Biasanya ujung knalpot akan menguning karena panas atau hitam akibat kerak sisa pembakaran yang menempel. Jangan khawatir, merawat panel mengilap ini cukup poles dengan metal polish dan ujung knalpot akan kembali berkilau.

Knalpot termasuk bagian mengilap dengan bahan stainless steel

Sisa pembuangan kotoran terkadang menumpuk pada ujung knalpot dan membuatnya terlihat kusam

3. Aluminium

Biasanya bahan ini digunakan untuk scuff plate atau footstep. Karena berhubungan dengan kaki, masalah yang hadir adalah kotor atau tergores. Bila kotor, cukup dibersihkan dengan air lalu dikeringkan. Lain halnya jika tergores. Untuk goresan yang tergolong tipis, atasi merawat panel mengilap ini dengan metal polish. Namun goresan yang terlalu dalam sulit dihilangkan. Mengatasinya harus dengan aluminium polish, tapi cairan ini punya efek samping mengikis permukaan. Sebaiknya bagian ini dipoles secara teratur, paling tidak sebulan sekali.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Scuff plate pada bagian pintu umumnya menggunakna baham aluminium

Bahan aluminium pada scuff plate juga perlu perawatan

4. Alloy

Logam campuran ini kerap digunakan pada pelek. Masalah yang umum terjadi adalah menempelnya sisa aspal pada permukaannya. Jangan khawatir, merawat panel mengilap ini cukup poles pelek dengan tar removal. Aspal pun dapat diangkat dengan mudah.

Bahan alloy juga perlu perawatan khusus agar terlihat apik

Ibarat sepatu, pelek berbahan alloy harus rajin dibersihkan dan dirawat agar tetap mengilap

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International