Test Drive KIA Grand Sedona Diesel 2018, Sensasi Big MPV Dengan Mesin Diesel Jagoan

24/07/2018 Arfian Alamsyah Review Kia

Apa yang terjadi apabila big MPV lansiran Korea menyematkan mesin diesel dengan kategori jagoan di kelasnya? Berikut ini adalah test drive KIA Grand Sedona Diesel 2018, sensasi big MPV dengan mesin diesel jagoan.

1. PENGANTAR

Kami dari Mobilmo.com tidak pernah bermain-main soal judul pada artikel kami. Bahwa KIA Grand Sedona Diesel 2018 adalah big MPV dengan mesin diesel jagoan. Apa yang membuatnya demikian?

Mesin atletis KIA Grand Sedona Diesel 2018 bertenaga 200 PS

Mesin atletis KIA Grand Sedona Diesel 2018

KIA Grand Sedona Diesel 2018 menggunakan mesin yang dapat dikategorikan jagoan, yakni unit berkode R 2.2 yang serupa dengan Hyundai Santa Fe mampu menghasilkan 200 Ps atau sekitar 197 Hp dan torsi raksasa 441 Nm. Seperti apakah sosok penerus fenomena Kia Carnival di Indonesia ini selengkapnya? Dan apa bedanya dengan versi bensin? Simak terus ulasan kami di Mobilmo.com.

2. EKSTERIOR

Oke sebelum memulai pembahasan ke titik yang paling krusial yaitu impresi berkendara, dan merasakan tenaga mesinnya baiknya kita coba lihat dulu eksterior mobil buatan Korea Selatan yang dibanderol seharga Rp 595 juta on the road Jakarta ini.

Tampilan depan KIA Grand Sedona Diesel 2018 warna coklat marsala yang maskulin nan mewah

Tampak depan KIA Grand Sedona Diesel 2018 maskulin dan mewah

  • Eksterior KIA Grand Sedona Diesel 2018, Tampilan depan maskulin nan mewah

Desain eksterior KIA Grand Sedona Diesel 2018 sangat elegan dengan perpaduan tampilan maskulin dan juga mewah. Apalagi dengan penggunaan desain grill terbaru yang lebih tegas dan semakin mengesankan konsep tiger nose ala KIA. Belum lagi ditambah dengan penyematan foglamp serta headlamp desain terbaru semakin membuat aura maskulin dan mewah KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini semakin menyatu.

Tampilan samping KIA Grand Sedona Diesel 2018 warna coklat Marsala sangat berselera Amerika

Tampilan samping KIA Grand Sedona 2018 berselera Amerika

  • Eksterior KIA Grand Sedona Diesel 2018, Tampilan samping sangat berselera Amerika

Jika Anda maniak mobil alias car enthusiast pasti rajin memperhatikan bahwa MPV yang dipasarkan di Amerika rata-rata berdesain tubuh boxy dan cenderung gemuk. Tidak terkecuali dengan KIA Grand Sedona Diesel 2018 yang kami tes lengkap ini. Melihat sosoknya dari samping, akan ada perasaan hate or love at the first sight. Kalau kami sih sangat menyukai desain bongsornya mobil ini karena kekar dan maskulin, namun bagaimana menurut pandangan Anda?

Tampilan belakang KIA Grand Sedona Diesel 2018 warna coklat Marsala sangat futuridtid dan menggoda

Tampak belakang KIA Grand Sedona Diesel 2018 futuristis dan menggoda

  • Eksterior KIA Grand Sedona Diesel 2018, Tampilan belakang futuristis nan menggoda

Kesan futuristis dan menggoda sangat terpancar dari KIA Grand Sedona Diesel 2018 terbaru yang sedang Anda lihat ini. Tampilan bagian belakangnya terasa pas dan enak dipandang mata. Namun satu hal yang patut disayangkan adalah, menurut kami desain stoplamp belakangnya agak kekecilan apabila dibandingkan dengan tubuhnya yang besar. Menurut kami akan lebih baik jika KIA mempertimbangkan desain lampu memanjang vertikal yang akan sedikit menutupi gemuknya mobil.

>>> Mungkin Anda tertarik:

3. INTERIOR

Tidak hanya bagian luar mobil ini yang kami perhatikan, tampilan interiornya juga demikian. Berikut ini ulasan kami mengenai interior KIA Grand Sedona Diesel 2018.

Interior KIA Grand Sedona Diesel 2018 dengan dual sunroof

Dual sunroof adalah fitur yang sangat menyenangkan 

  • Interior KIA Grand Sedona Diesel 2018, dual sunroof yang menyenangkan

Berjalan-jalan bersama anggota keluarga yang dicintai merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk di lakukan. Terlebih ketika Anda membawa serta anak-anak Anda. Biasanya anak-anak akan senang melihat langit, dan fitur dual sunroof yang ada pada KIA Grand Sedona Diesel 2018 membuat anak Anda ataupun anggota keluarga lainnya merasa lebih betah berada di dalam kabin mobil ini, terlebih saat melewati perjalanan panjang.

Kursi di KIA Grand Sedona Diesel 2018 yang fleksibel dalam hal pengaturan

KIA Grand Sedona Diesel 2018 adalah mobil kesebelasan

  • Interior KIA Grand Sedona Diesel 2018, fleksibilitas tempat duduk yang superior

Kalau Anda beranggapan mobil yang mampu menampung 7 orang penumpang itu sudah dikatakan sebagai mobil keluarga lalu bagaimana dengan KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini? Karena berkat fleksibilitas tempat duduk yang superior, KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini mampu menampung hingga 11 orang penumpang dengan membuka lipatan bangku baris ke-4. Namun kami sangat tidak menyarankan bangku paling belakang ini ditempati oleh orang dewasa, karena sangat pas-pasan. 

Kemewahan Kabin KIA Grand Sedona Diesel 2018 yang baik

Layout dasbor pada interior KIA Grand Sedona Diesel 2018 yang mewah

  • Interior KIA Grand Sedona Diesel 2018, kemewahan kabin yang baik

Dengan harga melampaui setengah miliar rupiah rasanya pantas jika Anda mendapatkan kemewahan kabin yang baik. Dan hal tersebut bisa Anda dapatkan pada KIA Grand Sedona Diesel 2018. Bahan-bahan pada interiornya berkualitas baik dan nyaman ketika dipegang. Membuat aura mewah dan nyaman mobil ini semakin meningkat drastis apalagi bila dibandingkan dengan pesaing terdekatnya yang masih mengandalkan desain konvensional dan kurang menarik.

>>> Jangan abaikan informasi jual beli mobil berguna di sini:

4. FITUR

Apa artinya mobil yang canggih namun tidak dilengkapi dengan fitur yang memukau. Ini adalah fitur-fitur keren di KIA Grand Sedona Diesel 2018 versi Mobilmo.com

Fitur keselamatan aktif dan pasif KIA Grand Sedona Diesel 2018

Takut cidera saat kecelakaan? Tenang KIA Grand Sedona Diesel 2018 adalah mobil yang aman

  • Fitur KIA Grand Sedona Diesel 2018, peranti keselamatan aktif dan pasif

Anda Tidak perlu meragukan unsur keselamatan Kia Grand Sedona 2018. Bodi telah mengadopsi struktur AHSS (Advance High Strength Steel) berteknologi Pressure Hot Stamped Steel (PHS) guna memberikan perlindungan maksimum saat terjadi hal tidak dinginkan. Juga struktur PHS yang setiap milimeter ketebalannya mampu menahan tekanan sebesar 135 kilogram. Tentu hal tersebut akan membuat penumpang kabin pun semakin terlindungi. Terlebih jika menilik kehadiran 6 airbag yang mampu melindungi seisi kabin mobil.

Head unit KIA Grand Sedona Diesel 2018 dengan beragam konektivitas

Dibandingkan versi bensin, KIA Grand Sedona Diesel 2018 punya fitur head unit ini

  • Fitur KIA Grand Sedona Diesel 2018, head unit 7 inchi dengan banyak konektivitas ​

Memang harus di akui kalau KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini kalah jumlah speaker apabila dibandingkan dengan varian bensinnya. Varian bermesin diesel ini hanya punya 6 speaker, sementara varian bensin ada 8 speaker. Namun bukan berarti fitur hiburannya kalah, karena untuk KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini dibekali dengan head unit monitor sebesar 7 inchi untuk memainkan berbagai konektivitas pada mobiil selama perjalanan. 

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru dan terlengkap yang diulas oleh Mobilmo.com

5. OPERASI

Ini merupakan bagian ter-favorit kami dari Mobilmo.com, yaitu melakukan pengetesan secara menyeluruh. Simak hasil tes kami di bawah ini.

KIA Grand Sedona Diesel 2018 sedang melaju kencang

Inilah satu-satunya big MPV dengan kesenangan berkendara yang maksimum

  • Operasi KIA Grand Sedona Diesel 2018, Impresi berkendara

Bisa dibilang inilah satu-satunya big MPV dengan kesenangan berkendara yang maksimum. Bagaimana tidak, begitu tester kami dari Mobilmo.com melompat ke balik kemudi ia langsung kegirangan merasakan hentakan torsi yang seolah tidak ada habisnya dari putaran bawah, menengah hingga atas. Benamkan kaki Anda ke pedal gas secara penuh, maka big MPV dengan berat kotor sekitar 2,5 ton ini melesat cepat sembari ban depan sprint kehilangan traksi dan langsung meninggalkan kepulan asap serta jejak roda dibelakangnya. Seolah Anda lupa sedang mengendarai sebuah big MPV. Respon transmisi 8 percepatannya juga lumayan sigap.

Bagaimana dengan duduk di baris kedua? Tester kami juga mencobanya dengan disetiri rekan kami merasakan kekedapan kabin KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini luar biasa hening untuk mesin diesel dan MPV sekelasnya. Rasanya kami enggak berlebihan jika bilang KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini merupakan salah satu pilihan terbaik Anda untuk mobil keluarga. Sayangnya yang perlu di notice, meski tenaga dan akselerasinya oke, namun mobil ini kurang satu fitur yaitu stability control. Untuk mobil dengan akselerasi galak dan memiliki potensi limbung seperti ini, rasanya fitur tersebut sudah wajib ada pada mobil ini.

6. SPESIFIKASI KIA GRAND SEDONA DIESEL 2018

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Kia Grand Sedona Diesel 2018 di Indonesia.

Spesifikasi KIA Grand Sedona Diesel 2018

Mesin

Tipe

4 silinder segaris CRDi 16v VGT

Kapasitas mesin

2.199 cc

Tenaga

197 dk (200 Ps) @ 3.800 rpm

Torsi

440 Nm @ 1.750 – 2.750 rpm

Jenis Bahan Bakar

Diesel

Rasio Kompresi

16,0 : 1

Transmisi

8-speed AT

Dimensi & Kapasitas

Kapasitas Tempat Duduk

8++ Kursi

Kapasitas Tangki Bahan Bakar (liter)

80 liter

Dimensi (PxLxT)

5,115 x 1.985 x 1.755 mm

Wheelbase

3.060 mm

Ground Clearance

170 mm

Kapasitas Bagasi

960 – 4.022 liter

Kaki-Kaki

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Velg Alloy

18 Inch

Ukuran Ban

235/60 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA GRAND SEDONA DIESEL 2018

Berikut kelebihan dan kekurangan Kia Grand Sedona 2018 seperti disarikan Mobilmo.com.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin diesel generasi terkini efisien dan sangat bertenaga

Dimensi bongsor mambutuhkan penguasaan dan pembiasaan lebih atas kendaraan

Harga kompetitif dan belum ada rival sekelas

Desain konvensional dan terlalu Amerika

Kabin lega dan mampu mengakomodasi 8++ penumpang

Belum dilengkapi dengan stability control

8. DAFTAR HARGA

Pada saat peluncurannya Juli 2018, Kia Mobil Indonesia menawarkan Kia Grand Sedona Diesel dengan harga Rp 595 juta on-the-road Jakarta. Lebih mahal Rp 34 juga dari Kia Grand Sedona Ultimate bensin. Untuk pilihan warna, tersedia 8 opsi meliputi Snow White Pearl, Clear White, Silky Silver, Black Berry, Deep Chrome Blue, Panthera Metal Aurora Black Pearl dan Marsala.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

9. VIDEO

KIA Grand Sedona juga akrab disebut KIA Carnival di berbagai belahan negara lain

10. KESIMPULAN

Kia Grand Sedona Diesel 2018 berwarna coklat marsala sedang melaju

KIA Grand Sedona Diesel 2018 merupakan mobil yang layak untuk keluarga Anda

Apakah KIA Grand Sedona Diesel 2018 ini pas buat Anda? Jawabannya adalah Ya. Karena hingga saat ini bisa dibilang hanya mobil ini yang bermain di segmen MPV besar bermesin diesel. Rasanya tepat jika Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 595.000.000 untuk menyenangkan keluarga Anda ketika diajak pelisir.

>>> Klik di sini untuk mengetahui beberapa informasi lengkap mengenai Mobil terbaru dan keluaran lama yang diulas oleh Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah
    Review Honda Metodius

    Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah

    16/08/2018

    Pasar otomotif di tanah air begitu menggiurkan bagi banyak produsen otomotif di dunia. Kini Honda pun tidak ingin ketinggalan dalam menjangkau pasar potensialnya di Indonesia. Honda memang memiliki beragam segmen, salah satunya SUV. Honda memiliki HR-V yang merupakan SUV dengan kapasitas 5 orang penumpang. HR-V pertama kali hadir di Tokyo Motor Show 2013, mobil ini pertama kali muncul dengan nama Honda Vezel.

  • Review Honda All New Brio RS 2018
    Review Honda Metodius Getan Plue

    Review Honda All New Brio RS 2018

    15/08/2018

    Honda selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Mobilmo.com akan membahas lebih jauh seputar Honda All New Brio 1.2L 2018. Di 2018 ini Honda All New Brio hadir dengan percaya diri, kepercayaan diri tersebut disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.

  • Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez
    Review Wuling Metodius

    Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez

    14/08/2018

    Siapa tak mengenal Wuling, pabrikan asal Tiongkok ini menggebrak dengan MPV murahnya. Wuling Cortez adalah model kedua yang diluncurkan oleh pabrikan negeri tirai bambu. Setelah Confero, seri Cortez hadir disegmen yang sama untuk mendongkrak nama Wuling di tanah air. Pada tahap awal, Wuling memang fokus ke segmen MPV, Wuling Cortez hadir sebagai MPV premium dari Wuling, seri Cortez ini hadir di Indonesia pada desember 2017.