Bikin Suspensi Mobil Balap Jadi 'Ngeri', Yuk Kenalan Dengan Dyno Shock

29/04/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Pernahkah Anda melihat sebuah mobil balap atau mobil reli yang melintas kencang namun sangat stabil? Mungkin Anda berpikir, wah jago sekali yang setup suspensinya. Benar, setup suspensi memang susah dan mahal! So, yuk kita kenalan dengan apa yang dinamakan dyno shockbreaker.

Di dunia balap mobil, baik yang berkompetisi di trek aspal, trek tanah, atau apapun. Semua tak lepas dari kegigihan mekanik dan para tim supportnya. Namun, jangan salah, tidak hanya mesin saja yang menentukan mobil tersebut dapat menjadi juara atau tidak. Suspensi adalah salah satu bagian yang menjadi tolak ukur mobil kencang. Berbagai cara dilakukan untuk membuat suspensi mobil balap jadi oke punya. Yuk, kita kenalan dengan salah satunya, setup suspensi ini dinamakan dengan dyno shock.

>>> Ingin umur suspensi jadi lebih panjang? Ikuti tips berikut ini

Tampak sebuah proses dyno shockbreker

Proses dyno shockbreaker perlu dilakukan oleh SDM yang teliti dan berpengalaman

Dyno Shock atau dyno shockbraker sebernarnya bukanlah barang baru di dunia balap, terutama reli. Dyno shock biasanya dilakukan oleh produsen dari shockbreaker itu sendiri dengan order dari tim balap. Kegunaan utama dari proses dyno shock ini adalah untuk melihat kondisi sokbreker secara keseluruhan. Jadi shockbreaker akan dipasang pada alat pengukur, dan shockbreaker akan dites naik dan turun secara simultan. Jika sudah dilakukan, nanti akan dilihat kurvanya, lantas kurva tersebut akan menentukan setup suspensi yang akan diterapkan.

>>> Ini dia manfaat stabilizer pada sistem suspensi kendaraan

Alat dyno shock KW suspension

Alat dyno shockbreaker sendiri tidak mudah dan butuh SDM terampil yang dapat menggunakannya

Tingkah laku shockbreaker akan dapat terbaca dengan jelas ketika shockbreaker telah melewati masa dyno shock ini. Compress serta Rebound, juga Low Speed dan High Speed Rebound akan ketahuan. Ini akan memudahkan mekanik untuk melakukan setup suspensi yang dibutuhkan. Sayangnya di Indonesia masih belum banyak bengkel yang mampu melakukan proses dyno shock ini, hal itu lantaran untuk mengetahui shockbreaker secara mendetail , butuh proses belajar yang tidak mudah dan butuh sumber daya yang tidak murah pula.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tampak Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Setup suspensi yang tepat akan membantu mobil dalam bermanuver secara cepat

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca