Ingin Umur Suspensi Mobil Lebih Panjang, Perhatikan Hal Berikut Ini

26/06/2018| Abdul

Suspensi pada kendaraan mempunyai peranan yang sangat penting saat dalam perjalanan, terutama dalam hal kenyamanan. Jadi pada saat melewati jalanan yang tidak rata ataupun kurang bagus, maka akan diserap oleh komponen yang satu ini. Namun bagaimana jadinya jika suspensi tidak ada perawatan, pastinya perjalanan menjadi kurang nyaman setelah lama digunakan. Oleh sebab itu perlu dilakukan beberapa hal supaya umur suspensi Mobil lebih panjang.

Adapun hal pertama yang perlu dilakukan dengan tujuan suspensi tetap dalam kondisi maksimal adalah dengan melakukan pemeriksaan pada tekanan ban Mobil. Pada umumnya untuk menambah angin atau mengisi ulang angin yang terdapat pada ban adalah setelah melakukan kilometer mencapai 40.000 km.

Gambar ini menunjukkan 4 buah suspensi yang 2 biasa dan duanya lagi suspensi udara

Suspensi Mobil dapat meredam getaran yang terjadi saat melewati jalanan yang kurang baik

Sebenarnya apa sih hubungannya antara suspensi dengan ban Mobil? perlu diketahui, bahwa saat ban kekurangan udara maka suspensi akan melakukan pekerjaannya menjadi lebih keras. Dengan begitu usia daripada suspensi menjadi lebih pendek.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Selain hal tersebut, untuk membuat umur suspensi Mobil lebih panjang adalah dengan memeriksa kondisi dari suspensinya sendiri. Selain itu pemeriksaan pada bagian hidrolis dan oli nya juga diperlukan. Perlu diingat, jangan sampai terjadi kebocoran dan juga terjadi korosi pada per karena akibatnya adalah strukturnya yang menjadi lemah.

Pada Mobil yang menggunakan suspensi udara juga membutuhkan perawatan agar kondisinya tetap prima. Adapun suspensi udara atau yang kerap disebut dengan air suspension adalah part yang kerap dipakai untuk menggantikan bagian suspensi standar yang berada pada kendaraan. Adapun kelebihan yang dimiliki adalah mudahnya pengaturan yang bisa dilakukan pada ground clearance.

>>> Baca juga, Memahami Suspensi pada Mobil Anda yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Akan tetapi yang menjadi perhatian adalah soal perawatan. Yang mana untuk suspensi udara membutuhkan perawatan terbilang lebih intens apabila dibandingkan dengan yang biasa.

Gambar ini menunjukkan bagian suspensi Mobil yang terdapat di bagian bawah kendaraan dekat roda

Suspensi yang sudah bermasalah dapat membuat kenyamanan berkendara berkurang

Untuk membuat umur suspensi Mobil lebih panjang pada model udara terdapat cara tersendiri. Menurut Yosef Bee yang merupakan punggawa dari H2O Bodyworks menyatakan, bahwasanya dalam hal ini harus lebih menekankan pada bagian jalur udaranya. Untuk beberapa komponen yang diperlukan pemeriksaan seperti jalur kelistrikan, naple, selang, kompresor, valve. Airbag dan juga tabung udaranya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Sebaiknya pada suspensi udara diharapkan dilakukan secara berkala dalam melakukan pengosongan pada tabung udaranya. Untuk fungsinya sendiri adalah untuk mengindari adanya embun yang mengendap di dalam tangki. Dalam tahapan pengurasan biasanya terdapat baut yang memang dikhususkan untuk jalur pada saat dilakukan pengurasan.

"Hal yang mendasar itu saja. Karena apabila ada pengembunan di dalam tangki, udara akan bercampur air. Dan ini akan menyebar ke seluruh part yang dialiri oleh udara tersebut. Pemeriksaan 1 bulan sekali cukup," jelas Yosef kepada salah satu media ternama.

Memang membuat umur suspensi Mobil lebih panjang patut dilakukan. Tahapan selanjutnya adalah dengan memastikan selang mempunyai jalur yang tidak terkena dengan benda bergerak sehingga lebih aman. Karena jika terkena benda bergerak bisa beresiko selang mengalami kebocoran atau terjepit oleh komponen lain.

>>> Mungkin tertarik, Inilah Penyebab Suspensi Mobil Keras yang Perlu Diperhatikan

"Periksa naple dan pastikan tidak ada kebocoran di bagian tersebut. Caranya bisa dengan menyemprotkan air sabun menggunakan semprotan air," jelas Yosef.

Gambar ini menunjukkan ban mobil dan rangka serta suspensi udara pada kendaraan

Suspensi idara membutuhkan perawatan lebih intens dibandingkan dengan yang biasa

Begitu juga dengan bagian airbag dan valve. Memastikan kondisinya tetap optimal juga diperlukan, selain itu pastikan juga bahwa bagian tersebut tidak mengalami kebocoran. Untuk tahapan terakhir adalah pada bagian kelistrikan, yang mana bisa dicek pada bagian sekringnya.

"Tabung saja yang sebulan sekali. Untuk check yang lainnya bisa agak jauh temponya, 3 bulan sekali," tutup Yosef.

Demikianlah informasi mengenai tips membuat umur suspensi Mobil lebih panjang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Mau beli Mobil? Tapi bingung cari dimana? kunjungi aja situs jual beli terpercaya Cintamobil.com

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International