Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017 : Mobil Hatchback Mungil Untuk Perkotaan

29/03/2021| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

March merupakan salah satu mobil besutan Nissan yang masuk dalam segmen city car. Dimana mobil ini pertama kali dihadirkan di tahun 1982 untuk menggantikan mobil Nissan lainnya yakni Cherry. Kemudian pada awal tahun 1992 generasi keduanya dihadirkan untuk pasar Jepang dan pada kuartal keempat dihadirkan di Eropa.

Dilanjutkan kehadiran generasi ketiganya yang diluncurkan pada tahun 2002 untuk pasar Jepang, sedangkan di akhir tahun baru pengenalannya dilakukan ke Eropa. Barulah setelah berselang 8 tahun pihak Nissan menghadirkan generasi ke 4. Dimana kehadirannya dilakukan secara global sehingga Indonesia juga kebagian jatah pada mobil ini tepatnya pada tahun 2010 bulan November.

Pada segmen kali ini kami akan memberikan informasi mengenai spesifikasi dan juga fitur yang diberikan di dalamnya. Yang mana pembahasan tertuju pada varian AT 1.2 keluaran tahun 2017. Mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Sisi Depan Nissan March 1.2 AT 2017

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan March 1.2 AT 2017

Tampilan tajam memandang ke depan

Ketika dihadapkan dengan bagian depan akan tampak desain headlamp yang tampak lucu seperti melotot ke depan. Dimana pada bagian ini mengandalkan bohlam halogen dan menggunakan desain bulat. Sementara itu pada bagian grill ukurannya standar tidak terlalu besar yang mengandalkan desain sarang lebah. Sedikit aksen kemewahan ditunjukkan pada bagian ini yakni aksen krom V Shape dipadukan dengan logo Nissan pada sisi tengah grill.

Sementara di sisi bumper ada aksen segitiga pada sisi kanan dan kiri menggunakan warna hitam. Yang mana aksen tersebut berpadu dengan penggunaan lubang udara dengan kelir sama namun mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan dengan grill nya.

Sisi Samping Nissan march 1.2 AT 2017

Gambar ini menunjukkan sisi samping Nissan March 1.2 AT 2017

Desain kompak dan mungil mempunyai keuntungan tersendiri

Pada sisi samping tampak sebuah kendaraan dengan desain yang kompak. Tampilan terlihat minimalis berkat desain yang tampak membulat dan minim lekukan tajam. Di bagian handle pintu dan spion mobil dibuat sewarna dengan bodi, hanya saja pada spion ada aksen warna hitam di bagian bawahnya.

Dilanjutkan pada bagian kaki-kaki kendaraan. Pelek yang digunakan memakai ukuran 15 inci dipadukan penggunaan ban mobil ukuran 175/60 R15. Sementara itu, ukuran ground clearancenya adalah 147 mm.

Sisi Belakang Nissan March 1.2 AT 2017

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Nissan March 1.2 AT 2017

Sisi belakang tampak minimalis dan sporty dengan adanya spoiler

Menuju ke sektor belakang, dimana desainnya juga tampak membulat dengan kaca belakang sudah ada rear defogger dan rear wiper. Tampilan sporty juga ditampakkan di bagian ini yaitu dengan pemberian spoiler belakang dipadukan dengan adanya High Mount Stop Lamp di bagian tengahnya. Keunikan pada bagian lampu belakang yang didesain mengikuti bentuk bodi belakangnya dipadukan dengan lampu LED. Dengan begitu cahayanya menjadi lebih terang dan saat dilihat dari jauh terbilang mudah.

Desain pintu belakang menggunakan sewarna bodi dengan di atasnya logo Nissan aksen krom. Hal lainnya yang mendapatkan aksen krom adalah sisi kiri yakni emblem tulisan March dan sisi kanan 1.2. Sementara bumper belakang tampak polos dengan hanya dudukan plat nomor saja pada bagian tengahnya.

>>> Baca Juga Review Mobil Honda Lain:

3. INTERIOR NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Sisi Dashboard Dan Kemudi Mobil Nissan march 1.2 AT 2017

Gambar ini menunjukkan dashboard kemudi mobil Nissan March 1.2 AT 2017

Kabin mobil didesain dengan model bulat

Menuju ke area dashboard, dimana desain membulat juga tampak di bagian ini. Pada sisi kanan ada tombol electric mirror dengan di atasnya kisi-kisi AC mobil model bulat. Bahan material dashboardnya adalah plastik yang mengandalkan aksen warna hitam dan silver. Di bagian tengah terdapat head unit double DIN dengan ukuran 7 inci. Yang mana pada head unitnya bisa dipakai untuk mengoperasikan radio, MP3, CD, Bluetooth dan USB. Sementara pada sisi bawahnya terdapat 3 buah knop putar untuk mengatur AC mobil.

Pada bagian kemudi mobil tampak polos dengan perpaduan warna hitam dan silver. Belum ada tombol fitur di palang sebelah kanan atau kiri. Pengaturan kemudinya hanya telescopic saja.

Sisi Jok Nissan March 1.2 AT 2017

Gambar ini menunjukkan jok belakang mobil Nissan March 1.2 AT 2017

Kabin belakang terbilang lapang sehingga nyaman untuk berada di dalamnya

Menuju ke bagian kursinya,mengandalkan bahan fabrik membuatnya nyaman ketika diduduki. Dengan kapasitas 4-5 orang siap mendukung aktivitas keseharian pemilik bersama keluarganya. Untuk pengaturan jok pengemudi terbilang lengkap karena ada sliding, reclining dan juga height adjuster. Sedangkan kabin belakang atau baris kedua mempunyai ruang yang tergolong lapang seperti di bagian head room dan leg roomnya. Bahkan pada jok belakangnya ini dibekali dengan 2 buah headrest.

Sementara itu, bagasi yang dimiliki terbilang lapang jika dibandingkan dengan kendaraan dalam segmen LCGC. Bagasi yang dimiliki bisa membawa 1 koper dengan ukuran besar dan masih dapat ditambahkan dengan 1 koper kabin size. Tentunya hal tersebut mendukung pengendaraan bersama keluarga tercinta.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Nissan March 1.2 AT 2017

Fitur hiburan cukup mumpuni untuk mendukung kenayamanan

Seperti yang telah disebutkan di atas, head unit double DIN menjadi salah satu fitur untuk memberikan hiburan selama perjalanan. Mengandalkan fitur tersebut memungkinkan pemilik untuk mendengarkan radio, MP3, CD bahkan dapat terkoneksi dengan bluetooth dan USB. Agar kenyamanan lebih dirasakan di dalam kabin, pihak Nissan memberikan AC mobil.

Berhubungan dengan keselamatan, Nissan March 1.2 AT 2017 dibekali dengan fitur dual Airbag untuk bagian depan. Dimana Airbag tersebut melindungi pengemudi dan penumpang yang berada di depan. Fitur lain yang diberikan adalah sistem pengereman ABS, EBD dan BA serta pemberian seat belt 3-Point ELR.

>>> Lihat Juga, Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Facelift Generasi Pertama Harga Terjangkau

5. OPERASI NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan March 1.2 AT 2017

Mesin 3 silinder mempunyai keunggulan tersendiri

Performa mobil Nissan March 1.2 AT 2017  mempunyai responsivitas yang sangat baik dan diunggulkan. Hanya saja kekurangan mesinnya adalah adanya getaran pada mesinnya. Untuk mesin yang diberikan mengandalkan kode HR12DE dengan 3 silinder. Kapasitas yang dimiliki oleh mesin adalah 1.198 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 76 Dk dan torsi puncaknya mencapai 104 Nm. Torsi dan tenaganya disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan sistem transmisi 4 speed otomatis. Seperti yang telah diketahui, mesin 3 silinder mempunyai bobot lebih ringan dan konsumsi bahan bakarnya terkenal hemat.

>>> Baca Juga, Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Low MPV Menyajikan Berkendara Fun To Drive

6. SPESIFIKASI NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017:

DIMENSI

Panjang

3.780 mm

Lebar

1.665 mm

Tinggi

1.525 mm

Wheelbase

2.440 mm

RODA

Ukuran ban

175/60 R15

MESIN

Mesin

1.2  3-silinder

Kapasitas

1.198 cc

Transmisi

FWD otomatis CVT

Tenaga

76 PS/6.000 RPM

Torsi

104 Nm/4.000 RPM

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Nissan March 1.2 AT 2017:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kabin mobil mempunyai leg room dan head room yang lega

Saat mobil melaju terasa getaran pada mesinnya

Mempunyai tempat penyimpanan yang cukup banyak

Belum dibekali dengan DRL dan juga fog lamp

Mesin 3 silinder memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Ketika membeli mobil bekas diharapkan melakukan pemeriksaan dengan teliti. Tujuannya adalah mendapatkan kendaraan dengan kondisi yang baik. Selain itu harapannya biaya yang dikeluarkan hanya untuk membeli mobil saja tanpa biaya tambahan untuk melakukan perbaikan. Untuk harga mobil Nissan March 1.2 AT 2017 dibanderol di angka Rp. 90 juta sampai Rp. 150 jutaan dalam kondisi bekas. Harga tersebut tergantung dari kondisi mobil dan juga wilayah pembelian.

9. VIDEO NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

10. KESIMPULAN NISSAN MARCH 1.2 AT 2017

Nissan March 1.2 AT 2017 merupakan sebuah mobil dalam segmen Hatchback yang mempunyai desain kompak. Di perkotaan mobil ini bisa bergerak cukup lincah berkat desain dan kemungilannya, begitupun saat ingin mencari tempat parkir. Memang dari segi bodi kendaraan terbilang ramping, hanya saja soal kapasitas dan kelegaan kabin mobil tidak bisa dianggap remeh. Berkat hal tersebut kenyamanan bisa dirasakan saat digunakan untuk melintasi jalanan perkotaan guna menemani aktivitas pemiliknya.

>>> Ingin membeli mobil Nissan Serena di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017 : Mobil Hatchback Mungil Untuk Perkotaan

    29/03/2021| Abdul

    Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017 : Mobil Hatchback Mungil Untuk Perkotaan

    Beragam segmen dimasuki oleh Nissan dan salah satunya adalah city car. Dimana dalam segmen ini kendaraan banyak digunakan untuk aktivitas perkotaan dibandingkan ke luar kota. Salah satu mobil Nissan dalam segmen ini adalah Nissan March 2017. Dalam kondisi bekas dijual dengan harga terjangkau dan bisa menjadi salah satu alternatif kendaraan pertama. Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya tentang Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017.

International