Review Nissan Latio 2005 : Mobil Harga Terjangkau Dengan Mesin Dan Fitur Mumpuni

29/11/2019 | Abdul

1. PENGANTAR NISSAN LATIO 2005

Kalau di negara asalnya, mobil besutan Nissan tersebut disediakan dalam 2 versi yaitu sedan dan Hatchback. Untuk kode dari bodi  memakai C 11 yang pemakaiannya dimulai sejak tahun 2011 sampai 2012. Yang mana pada saat itu pemasarannya hanya dilakukan di beberapa negara saja meliputi New Zealand, Australia , Thailand dan China.

Sementara untuk masyarakat di Indonesia yang menginginkan Nissan Latio mendapatkannya dengan mode CBU dari Thailand. Hanya saja untuk versi yang banyak dipilih adalah Hatchback, karena untuk versi sedan tergolong mahal pajaknya jadi tidak begitu diminati. Akan tetapi bukan berarti mobil besutan Nissan tersebut ketinggalan jaman, karena ada yang menyebutkan bahwa mobil tersebut merupakan penantang dari Toyota Yaris rakitan lokal. Bahkan dari segi fitur tergolong lengkap, penasaran? Mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi Nissan Latio 2005.

2. EKSTERIOR NISSAN LATIO 2005

Apabila melihat dari tampilan luarnya, desain yang digunakan memang bukan selera kebanyakan masyarakat di Indonesia. Hanya saja kalau menurut kamu desainnya terkesan sederhana dan aura kepraktisannya juga terlihat.

Review Nissan Latio 2005: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Nissan Latio 2005 tampak bagian depan dan samping kiri

Bagian depan tampak tegas dengan desain grille 2 buah

Untuk bagian depan Nissan Latio 2005 tampak berbeda dengan wajah mobil-mobil zaman sekarang. Memang mobil Nissan saat ini mengandalkan V-Motion Grille, sementara untuk mobil tersebut menggunakan model 2 buah grille yang ditengahnya ada logo kebanggaan Nissan. Bagian ini memang terlihat minimalis dengan aura kemewahan yang tampak berkat penggunaan krom yang mengkilap. Sementara untuk headlamp dibuat besar dengan desain meruncing ke dalam sehingga tampak terlihat tajam. Untuk lampunya ini telah didukung dengan sensor cahaya dan HID sehingga cahaya yang dihasilkan jadi lebih terang.

Review Nissan Latio 2005: Eksterior Samping

Gambar ini menunjukkan bagian depan Nissan Latio 2005 dan samping kanan

Tampak samping terlihat mungil dengan desain Pilar C yang seperti terpotong

Pada saat melihatnya dari samping maka akan tampak desain yang mungil. Menariknya lagi adalah pada Pilar C yang desainnya terlihat patah tidak mengikuti bentuk bodi seperti mobil-mobil pada umumnya. Tidak dipungkiri banyak orang yang terkesan pada saat melihatnya dari arah samping. Mengingat mobil  ini adalah jenis Hatchback yang siap dipakai untuk melintasi wilayah perkotaan. Untuk segi penggunaan warna dibuat senada dengan bodi, baik pada bagian spion ataupun handle pintunya.

Review Nissan Latio 2005: Eksterior Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping kanan Nissan Latio 2005

Desain lampu belakang tergolong unik dengan ujungnya yang lancip

Berlanjut ke bagian belakang Nissan Latio 2005, untuk lampunya didesain melancip keluar dan ke dalam sehingga nampak begitu unik. Tentunya saat seseorang melihat desain tersebut akan terasa berbeda dan cukup enak untuk dipandang. Ujung luarnya sampai ke bagian samping bodi mobil, sehingga saat melihat dari arah samping akan tampak sebagian dari lampu belakangnya tersebut. Tidak hanya itu saja, pada bagian rear spoiler telah diberikan Stoplamp sebagai pemanis. Dengan adanya hal tersebut dapat mendukung pencahayaan yang lebih baik di bagian belakang mobil besutan Nissan tersebut.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR NISSAN LATIO 2005

Review Nissan Latio 2005: Bagian Dashboard Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Nissan Latio 2005

Interior yang dimiliki sangat tren di zamannya

Berlanjut ke pembahasan interior, yang mana dashboard Nissan Latio 2005 sangat tren di zamannya. Hanya saja jangan dibandingkan dengan mobil zaman sekarang karena tentunya berbeda dan lebih menarik model saat ini. Di bagian panel dashboardnya menggunakan warna hitam dipadukan dengan beragam tombol untuk memudahkan pengendara dalam melakukan segala aktivitas dalam kendaraan. Memang saat terlihat sekilas, tombol yang dimiliki kurang ringkas bahkan terkesan rumit. Hanya saja saat telah biasa menggunakannya akan merasakan fungsionalitas sebenarnya.

Berlanjut ke bagian kemudi, yang mana desainnya memakai 3 palang dan dibelakangnya ada panel speedometer dengan desain lingkaran 3 buah. Panel ini dapat memberikan informasi seputar kendaraan. Memang jika dilihat dari segi tampilan tidak begitu modern namun untuk soal handling dan melakukan manuver cukup nyaman.

Review Nissan Latio 2005: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan interior Nissan Latio 2005

Karena didatangkan dengan mode CBU maka jok yang digunakan memakai kulit berkualitas

Sebagai model yang didatangkan secara CBU dari Thailand, Nissan Latio 2005 mempunyai fitur yang terbilang lengkap. Seperti pada bagian kursinya yang telah mengandalkan kulit dengan kualitas mumpuni. Dengan begitu banyak pengguna mobil ini merasakan joknya terasa mewah seperti milik Mercedes-Benz S-Class pada jamannya. Jadi ketika mengendarai mobil ini tanpa melihat sekitar akan lupa bahwa sedang mengemudikan mobil Nissan Latio.

Sementara di bagian kursi belakang telah didukung dengan Reclining Seat yang memungkinkan pengaturan joknya dapat dilakukan maju dan mundur. Hanya saja pada jamannya, fitur tersebut bisa ditemukan hanya pada mobil mewah. Yang menarik adalah di bagian kursi belakang yang mempunyai ruang yang sangat lega dan luas apabila perbandingan dilakukan dengan kendaraan Hatchback sekelasnya.

>>> Baca juga:

4. FITUR NISSAN LATIO 2005

Review Nissan Latio 2005: Fitur Keselamatan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwasanya untuk Nissan Latio 2005 harganya cukup terjangkau dan mempunyai fitur menarik. Hal tersebut ternyata benar, karena salah satu fitur mumpuni pada mobil tersebut adalah Intelligent Key. Dengan mengandalkan fitur tersebut maka pengemudi tidak perlu lagi mencolokkan kunci. Mungkin bagi yang belum biasa agak gimana gitu, namun setelah menggunakannya akan terbiasa untuk memakai fitur yang praktis tersebut.

Selain fitur tersebut, dari pihak Nissan juga memberikan fitur Dual Airbags yang ditempatkan pada bangku depan. Bahkan terdapat pula Electric Mirror yang dapat memberikan kemudahan bagi pengendara dalam melipat atau membuka kaca spion mobil secara otomatis.

Gambar ini menunjukkan intelligent key pada mobil Nissan Latio 2005

Fitur Intelligent Key mempermudah pengendara dalam mengoperasikan mobil

Review Nissan Latio 2005: Fitur Hiburan

Untuk mendukung perjalanan, Nissan Latio 2005 mendapatkan fitur hiburan yang tergolong biasa. Seperti misalnya adanya panel audio yang telah didukung dengan format radio AM/FM. Memang fitur tersebut tergolong biasa, namun saat itu termasuk cukup untuk menemani perjalanan sampai ke tempat tujuan. Untuk fitur lainnya akan ditemukan banyak tempat penyimpanan di dalam kabin Latio 2005 sehingga saat penumpang akan menyimpan barang bawaan jadi lebih mudah.

>>> Ingin membeli mobil Nissan Latio di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. OPERASI NISSAN LATIO 2005

Gambar ini menunjukkan mesin mobil yang dimiliki Nissan Latio 2005

Sebagai Hatchback mesin 1,8 liter sangat spesial

Selanjutnya soal dapur pacu, yang mana mesin Nissan Latio 2005  mengandalkan 1.8 Liter yang sama dengan milik Grand Livina. Jika dilihat dari segmennya yaitu Hatchback, pemberian mesin tersebut terbilang special. Jadi tidak hanya nyaman saja untuk dikendarai, namun bisa juga diajak untuk melaju dalam kecepatan yang tinggi. Bahkan mobil ini mencatatkan kecepatannya dapat mencapai 190 Km/Jam. Hanya saja untuk transmisinya masih menggunakan otomatis 4 percepatan dan belum memakai transmisi CVT.

Untuk mendukung kinerja dari mesin Nissan Latio 2005, pihak pabrikan memberikan suspensi yang handal dan juga cukup responsif. Akan tetapi benturan bisa terasa pada saat melewati polisi tidur dalam kecepatan yang sedang. Jadi sebaiknya saat menemui polisi tidur mengurangi kecepatan supaya lebih nyaman.

>>> Review Nissan Qashqai 2019: Fitur Mumpuni Di Kelasnya

6. SPESIFIKASI NISSAN LATIO 2005

DIMENSI

Panjang

4.250 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.510 mm

Jarak Poros Roda

2.600 mm

Berat Kosong

1.200 kg

MESIN

Tipe

1.8 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup CVTC

Kapasitas Silinder

1.798 cc

Tenaga Maksimal

125 HP / 5.200 Rpm

Torsi Maksimal

174 Nm / 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis

Tipe Bahan Bakar

Bensin

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Kapasitas Tangki BBM

52 Liter

Ukuran Ban

205/45 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN LATIO 2005

Tentunya untuk sebuah mobil ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga untuk keunggulan dan kelemahan Nissan Latio 2005, berikut beberapa rangkumannya yang bisa saja ada perbedaan dengan pandangan para pembaca.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sebagai sebuah mobil Hatchback, mesin 1,8 Liter terbilang spesial dan juga sangat handal

Pada saat kehadirannya mobil tersebut dihargai dengan nominal yang tergolong mahal di masa itu

Pada bagian kursi sangat nyaman dan mewah karena menggunakan kulit yang tentunya berkualitas

Ketika menemui polisi tidur dan melaju pada kecepatan sedang maka suspensi akan terasa keras sehingga mengganggu kenyamanan

Agar dapat merasakan sensasi premium, pihak pabrikan memberikan fitur Intelligent Key

Mobil terbilang langka sehingga saat ada masalah untuk mendapatkan sparepartnya tergolong sulit, jadi pastikan tahu dimana harus mendapatkannya

8. DAFTAR HARGA NISSAN LATIO 2005

Seperti yang telah diketahui, bahwa untuk model ini sekarang sudah tidak ada barunya. Sehingga untuk memilikinya perlu membeli dalam kondisi bekas. Untuk harga bekas Nissan Latio 2005 terbilang terjangkau yakni Rp. 49 jutaan untuk Nissan Latio M/T tahun 2011 dan untuk Nissan Latio A/T 2008 harganya adalah Rp. 69 jutaan.

9. VIDEO NISSAN LATIO 2005

10. KESIMPULAN NISSAN LATIO 2005

Mobil Nissan Latio 2005 jarang diketahui oleh masyarakat umum. Hal tersebut wajar karena didatangkan ke Indonesia dengan mode CBU dari Thailand. Untuk harganya terbilang terjangkau dan sangat cocok untuk digunakan di perkotaan karena masuk dalam segmen mobil Hatchback. Memang terdapat pertimbangan soal sparepart dalam membeli mobil ini, namun jika sudah tahu dimana tempat membeli, maka tidak ada salahnya memilih mobil Nissan Latio. Karena dari segi harga cukup terjangkau dengan mesin mumpuni dan teknologi yang canggih.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 05/11/2019 | Abdul

    Review Nissan Navara 2015 : Mobil Pick Up Dengan Fitur Dan Kenyamanan Mumpuni

    Peluncuran Nissan Navara dilakukan secara resmi pada tahun 2015 yang bertempat di Gandaria City, Jakarta. Kendaraan satu ini merupakan jenis Pick Up Truck yang dapat digunakan untuk melewati jalanan Off-Road. Untuk soal kenyamanan bisa dibilang seperti kendaraan jenis sedan. Penasaran, berikut review Nissan Navara 2015.

  • 06/10/2019 | Franky Pratama

    Review Nissan IMk Concept 2019: Perkenalan Teknologi Canggih Nissan

    “Ultimate Urban Commuter” menjadi nama sandingan dari Nissan IMk Concept 2019. Review kali ini sepertinya akan sangat mengasyikkan, yang mana kita semua akan melihat bagaimana teknologi terbaru ciptaan Nissan. Dari kabar resminya, mobil listrik satu ini sudah dipersenjatai teknologi inovatif. Berikut kita simak review Nissan IMk Concept 2019.

  • 24/08/2019 | Abdul

    Review Nissan Navara Dakar 2019 : Modifikasi Untuk Medan Ekstrim

    Ajang Rally Dakar 2019 rupanya membuat Nissan mengembangkan modifikasi truk di kelas 4x4 ini. Nissan Navara 2019 memang sudah dirilis sejak hampir 1 tahun yang lalu. Perubahan besar di ajang balapan gurun tahunan terbesar di dunia itu tentu akan diusung kedalam versi on the road nya. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review Nissan Navara Dakar 2019.