Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Facelift Generasi Pertama Harga Terjangkau

25/06/2020| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 – Mobil besutan Nissan satu ini adalah bagian dari generasi pertama dari X-Trail yang dihadirkan di Indonesia. Peluncurannya dilakukan di Paris Motor Show 2000 untuk pertama kalinya. Kemudian untuk di Jepang dijual mulai bulan November tahun 2000. Mobil besutan Nissan ini menjadi kendaraan crossover pertama dan perilisan yang dilakukan bersama dengan mobil lain dalam segmen yang sama seperti Toyota RAV4 san juga Ford Escape.

Adapun gen pertama dai X-Trail menggunakan kode T30 yang dibekali dengan platform Nissan FF-S. Di tahun 2001 diperkenalkan di Tanah Air dan dikenal dengan sebuah mobil SUV nyaman ketika dikemudikan. Pada mobil ini terdapat 2 pilihan mesin yakni QR25DE 2.500 cc dan QR20DE 2.0L. Barulah di akhir tahun 2007 pihak Nissan memperkenalkan X-Trail T31 dengan peningkatan fiturnya. Dari segi desain juga dibuat lebih ramping dan mendapatkan pilihan mesin yang lebih banyak. Kemudian di tahun 2013 barulah diperkenalkan mobil ini dengan membawa jok mobil sampai baris ketiga.

2. EKSTERIOR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Tampilan depan cukup unik dengan lampu kotak

Pembahasan dimulai dari bagian depan, yang mana grillenya didesain dengan motif sarang lebah. Bagian ini juga terdapat tambahan chrome untuk membuatnya lebih menarik. Pada tampilan dari facelift generasi pertamanya ini mengandalkan warna hitam yang dibuat sewarna dengan bodi. Sementara untuk lampunya di desain kotak dengan mengandalkan bohlam halogen. Menariknya adalah mobil ini sudah dibekali fog lamp pada bagian bumpernya.

Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Tampilan gagah dan gagang pintu pakai warna sama dengan bodi

Menuju ke bagian samping, bagian ini tidak begitu banyak aksen yang dimiliki. Yang mana pada list bodi samping dan gagang pintu menggunakan warna sama dengan bodinya. Sementara pelek mengandalkan ukuran 16 inci dengan bahan material alloy. Salah satu yang terbaik pada mobil ini adalah ground clearance yang dimiliki yakni tingginya adalah 200 mm. Sehingga saat digunakan untuk melewati segala medan jalan menjadi salah satu yang diunggulkan.

Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Skid plate telah diberikan untuk lindungi sisi belakang

Berlanjut ke sektor buritan, ukuran lampunya terbilang besar dengan posisi vertikal yang berada di bagian pilar D. Pintu bagasinya terbilang lebar dipadukan dengan penggunaan bumper belakang yang sudah diberi skid plate. Terdapat salah satu yang unik pada mobil Nissan ini pasca facelift, jadi tampak menggunakan reflektor yang mempunyai desain yang bulat dan plat nomor menggunakan aksen chrome.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashoard Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Panel instrumen diberikan di bagian tengah

Perbedaan  dengan model lain yang terlihat adalah posisi panel instrumennya yang ditempatkan pada bagian tengah dashboard. Dengan desain tersebut pengemudi mendapatkan visibilitas yang lebih baik ke jalan. Akan tetapi untuk beberapa pengguna akan merasakan sedikit keganjilan dan terasa kurang praktis saat ingin melihat informasinya.

Untuk panel instrument dibandingkan dengan model terbaru terlihat masih konvensional. Walaupun begitu, head unit yang diberikan menggunakan layar lebar yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio dan MP3. Pengaturan AC mobil menggunakan model knop putar.

Pada bagian pengemudi menggunakan 4 palang khas mobil Nissan yang nyaman digenggam. Untuk kemudinya hanya terdapat logo Nissan yang diberi warna chrome dan belum ada beragam tombol untuk mengoperasikan audio melalui setir.

Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Jok nyaman menggunakan bahan material kulit

Berlanjut ke bagian jok mobil, desainnya dibuat tinggi sehingga menghasilkan visibilitas yang baik. Untuk bahan material mengandalkan kulit sehingga sangat nyaman ketika diduduki dipadukan dengan penggunaan busa yang empuk. Di bagian jok baris kedua mempunyai sandaran yang dapat direbahkan dan untuk penumpang belakang sudah mendapat armrest yang dapat ditarik  menuju ke bagian tengah jok pada baris kedua.

Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Bagian bagasi luas apalagi saat jok belakang dilipat

Sementara  untuk bagasinya tergolong luas karena untuk konfigurasi joknya hanya untuk 5 tempat duduk saja. Lantainya dibuat rata dengan bagian bibir bagasi mobil sehingga lebih mudah saat memasukkan barang bawaan. Bahkan jika ingin ruang yang lebih besar bisa merebahkan jok baris kedua, walaupun dalam perebahannya belum rata dengan lantai.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Ada keluhan tentang AC mobil yang kurang dingin

Jika dibandingkan dengan mobil model saat ini tentunya ada perbedaan dalam fiturnya. Apalagi umurnya sudah tidak muda lagi. Mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 belum dibekali dengan kamera parkir atau sensor parkir dan climate control. Terdapat beberapa pengguna yang mengeluh dengan AC yang diberikan, jadi dibandingkan rivail dalam segmennya masih kurang dingin.

Agar perjalanan tetap nyaman pihak Nissan memberikan head unit yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM dan juga pemutar CD. Pada bagian kemudi telah dibekali dengan Power Steering sehingga pengendalian dapat dilakukan dengan lebih mudah, bahkan ada pula outlet 12V. Untuk fitur keselamatan telah diberikan airbag depan dan juga samping.

>>> Klik Di Sini Jika Berminat Untuk Membeli Mobil Nissan X-Trail

5. OPERASI NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007

Konsumsi BBM tidak terbilang hemat

Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 dibekali dengan mesin QR20DE 4 silinder 2.0L yang mempunyai tenaga yang lumayan besar. Dengan mengandalkan mesin tersebut, tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 142 Ps dan torsi puncaknya adalah 200 Nm. Tenaga dan torsi disalurkan menuju ke roda depan dengan mengandalkan transmisi manual 5 speed. Namun bila ingin tenaga lebih besar terdapat pilihan 2.5L 4 silinder pada varian di atasnya. Kalau soal efisien bahan bakar, varian 2.0L memang lebih unggul.

>>> Baca Juga, Teknologi Variable Compression Engine Nissan Inovasi Maksimum Motor Bakar Saat Ini

6. SPESIFIKASI NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Berikut tabel spesifikasi Nissan X-Trail 2.0 MT 2007:

DIMENSI

Panjang

4.511 mm

Lebar

1.765 mm

Tinggi

1.674 mm

Jarak Poros Roda

2.624 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0L QR20DE 4-silinder

Transmisi

Otomatis dan Manual 5-percepatan

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Tanaga Maksimal

142 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

200 Nm @ 4.000 rpm

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Link

Tipe Ban

235/60 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Umurnya telah lebih dari 10 tahun, namun dari segi tampilan masih terlihat sporty hingga saat ini

Fitur yang diberikan di dalam mobil SUV Nissan terbilang minim

Tenaga mesin yang dihasilkan sangatlah mumpuni siap untuk membawa pemilik berpetualang

Hanya tersedia 2 cup holder dan tidak mempunyai banyak penyimpanan

Dengan mengandalkan jok mobil 5 saja membuat kapasitas bagasi yang dimiliki jadi lebih besar

Bahan bakar yang konsumsi oleh mobil tidak bisa dibilang hemat

8. DAFTAR HARGA NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Mobil yang kita bahas kali ini sering didapati di pasar mobil bekas di Indonesia. Dengan mesin yang tangguh dan mempunyai kemampuan berkendara yang mumpuni untuk melintasi segala medan membuat mobil ini patut dipertimbangkan. Untuk harga Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 dalam kondisi bekas berkisar antara Rp. 70 juta sampai Rp. 90 jutaan.

9. VIDEO NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

10. KESIMPULAN NISSAN X-TRAIL 2.0 MT 2007

Mobil Nissan X-Trail 2.0 MT 2007 adalah versi facelift dari generasi pertamanya. Pada tampilan luar memang tampak sporty dan juga tampil kokoh dan gagah dari depan sampai ke belakang. Untuk tempat duduk hanya 5 saja sehingga membuat bagasinya mempunyai ruang yang lebih besar. Tapi kalau soal fitur masih kalah dengan X-Trail yang mempunyai umur lebih muda. Namun banyak pengguna mobil ini yang merasa bahwa AC nya kurang maksimal. Selain itu, ground clearance yang dimiliki cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk melintasi segala medan jalan.

>>> Ingin membeli mobil Nissan Serena di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Review mobil serupa

  • Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Low MPV Menyajikan Berkendara Fun To Drive

    23/07/2020| Abdul

    Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Low MPV Menyajikan Berkendara Fun To Drive

    Mencari mobil Low MPV dengan harga Rp. 100 jutaan? Terdapat banyak pilihan mobil bekas, salah satunya adalah Nissan Grand Livina keluaran tahun 2012. Mobil ini bisa digunakan untuk bepergian bersama keluarga tercinta karena interiornya terbilang lapang. Lantas bagaimana spek dan fitur yang ada di dalamnya? Mari kita simak ulasannya dalam review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012.

  • Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Facelift Generasi Pertama Harga Terjangkau

    25/06/2020| Abdul

    Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Facelift Generasi Pertama Harga Terjangkau

    Mobil SUV menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak digemari terutama para pecinta petualang. Hal tersebut dikarenakan kendaraan jenis ini dapat digunakan untuk melintasi jalanan segala medan. Umumnya mobil mempunyai mesin yang bertenaga dengan ground clearance tinggi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan tentang review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007.

International