Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Mobil SUV Hybrid Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

17/12/2019| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

 PT Nissan Motor Indonesia menggebrak pasar otomotif Tanah Air dalam kategori SUV dengan menghadirkan X-Trail yang merupakan generasi ketiga. Mobil tersebut mengandalkan bodi T32 dan menjadi sebuah angin segar untuk masyarakat Indonesia yang menyukai mobil segmen SUV medium. Pada saat itu X-Trail digempur habis-habisan oleh Honda CR-V yang dihadirkan sejak 2007 dan telah melakukan penggantian model hingga tampil sangat menarik. Akan tetapi dari pihak Nissan masih mengandalkan model bodi boxy yang dibanggakan.

Pada tahun 2014 akhirnya X-Trail bangkit dengan mengandalkan generasi ketiganya. Saat itu mobil besutan Nissan menjadi sorotan berbagai pihak meliputi masyarakat di Indonesia dan berbagai media otomotif di Indonesia. Seakan sudah berada di puncak, pihak Nissan tidak terlena dan kembali menghadirkan X-Trail yang mengandalkan mesin hybrid pada tahun 2015. Yang mana saat itu mobil tersebut menjadi yang paling canggih dalam segmen SUV di Tanah Air. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya mengenai review Nissan X-Trail Hybrid 2015.

2. EKSTERIOR NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Bagian depan terlihat tajam dengan desain headlamp yang diberikan

Seperti biasa kita mulai dari bagian depan, yang mana Nissan X-Trail Hybrid 2015 mempunyai headlamp dengan ukuran sedang. Sehingga menjadikannya terlihat tajam dan siap menerjang jalanan di depannya. Desain tersebut seakan menyambung ke bagian grille nya, ditambah lagi terdapat desain segitiga terbalik dengan menggunakan aksen krom dan di tengahnya ada logo Nissan. Dipadukan dengan underguard yang menggunakan aksen warna satin silver yang menghiasi bumper depannya. Ditambah lagi untuk foglamp menggunakan desain persegi, berbeda dengan X-Trail mesin normal yang dibuat dengan model bulat.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Nissan X-Trail Hybrid 2015

Dari samping terlihat bongsor dan menampakkan ketangguhannya

Jika Sobat melihat dari arah samping, salah satu pembeda antara X-Trail mesin normal dengan hybrid terletak pada bagian peleknya. Yang mana untuk pelek Nissan X-Trail Hybrid 2015 mengandalkan ukuran 17 inci. Sebagai pembeda lainnya berada di bagian emblem Pure Drive Hybrid yang ditempatkan pada masing-masing pintu depan. Beberapa lekukan yang diberikan pada bagian sampingnya ini membuat tampilannya lebih menarik.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Tampilan Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Nissan X-Trail Hybrid 2015

Tampilan belakang mirip Nissan X-Trail XTREAMER bermesin 2500 cc

Menuju ke bagian belakang Nissan X-Trail Hybrid 2015, yang mana bagian ini telah dilengkapi dengan rear spoiler. Dipadukan dengan wiper belakang menjadikannya tampil tangguh. Sementara di bagian lampu belakang didesain dengan ukuran cukup besar. Untuk bagian buritan ini juga telah dilengkapi dengan underguard yang seperti bagian depan menggunakan warna satin silver. Dengan begitu tampilannya menjadi semakin kokoh, meskipun begitu kesan sporty tetap melekat pada mobil besutan Nissan tersebut.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Dashboard mewah denga tampilan menarik

Kami mengambil referensi dashboard milik X-Trail varian mesin 2.500 cc. Hal tersebut dikarenakan dari segi fitur dan jug desainnya tidak mempunyai perbedaan yang signifikan. Untuk dashboardnya didesain menarik dengan tampilan yang cukup mewah. Untuk head unit didesain seperti rata dengan dashboard hanya dibedakan dengan warnanya. Terdapat beberapa tombol untuk mengatur beberapa fitur yang diberikan. Untuk yang membedakan varian hybrid dengan varian mesin 2.500 cc adalah tidak adanya fitur cruise control di bagian kemudi. Tampak keseluruhan desainnya tampak mewah dan terlihat begitu simpel.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Konfigurasi Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Jok nyaman untuk 5 penumpang dewasa

Berlanjut ke bagian jok mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015, yang mana untuk konfigurasinya dibuat 2 baris dan dapat digunakan untuk memuat 5 penumpang. Selain itu, pengemudi ataupun penumpang yang duduk di kursinya akan merasakan kenyamanan. Sementara di bagian belakang terdapat baterai ukuran besar yang berfungsi untuk menyimpan tenaga yang nantinya disalurkan menuju ke bagian motor listrik.

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Bagasi luas karena baris ketiga tidak ada kursi

Di bagian bagasi mempunyai kapasitas angkut yang lebih banyak, hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya bangku yang ditempatkan pada baris ketiga. Yang menarik adalah di bagian pintu bagasi Nissan X-Trail Hybrid 2015, pihak Nissan memberikan mekanisme elektrik dengan nama touchless back door. Dengan mengandalkan pintu tersebut, saat akan memasukkan dan meletakkan barang bawaan bisa dilakukan dengan mudah.

>>> Baca juga:

4. FITUR NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Fitur Keamanan

Nissan X-Trail Hybrid 2015 didaulat sebagai mobil tercanggih yang dijual oleh pihak PT Nissan Motor Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan fitur terkini yang sangat mumpuni seperti active ride control yang berguna untuk mengatur sasis kendaraan dengan pintar oleh sistem, jadi kalau lewat jalanan yang kurang rata bagian kabin tetap tenang. Ada juga around view monitor yang bisa diandalkan untuk melihat area sekitar via kamera dengan pandangan 360 derajat.

Selain beberapa fitur tersebut, dibekali juga dengan hill start assist yang berguna untuk membuat mobil tidak berjalan mundur saat berada di tanjakan. Ditambah lagi, untuk manipulasi tenaga mesin supaya roda bisa mendapatkan cengkraman terdapat fitur active trace control. Untuk fitur membantu dalam menikung agar tidak terpelintir terdapat vehicle dynamic control.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur pada mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Ilustrasi fitur pada mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Keunggulan Sistem Hybrid

Ketika mobil melaju, sistem kerja hybrid dapat mengurangi kebisingan. Jadi pada saat mesin elektronik melakukan kinerjanya sendiri, maka untuk mesin bensinnya tidak mengeluarkan sama sekali. Hal tersebut membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, karena nilai dari Vibration, Noise dan Harshness bisa ditekan menjadi lebih rendah.

>>> Nissan Patrol Pecahkan Rekor Dunia untuk Kategori yang ‘Tidak Biasa’

5. OPERASI NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Gambar ini menunjukkan mesin Nissan X-Trail Hybrid 2015

Mesin menggunakan 2 jenis yakni konvensional dan motor listrik

Menuju ke bagian performa Nissan X-Trail Hybrid 2015, yang mana untuk mesin mengandalkan konvensional dan motor listrik. Mesin yang dipakai mengandalkan kode MR20DD yang mempunyai kapasitas 2.000 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 147 Hp dan torsi puncaknya adalah 206 Nm. Adapun sebagai pembeda dengan X-Trail Non Hybrid adalah adanya motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga  maksimal 41 Hp dan torsinya 160 Nm.

Untuk kinerjanya menggunakan sistem paralel, yakni mesin utama akan memberikan support tenaga. Selain itu, mobil Hybrid Nissan tersebut juga bisa bekerja menggunakan mode full elektrik. Apabila keduanya digabungkan, maka tenaga maksimal yang didapat adalah 188 Hp dan torsinya 366 Nm.

>>> Ingin membeli mobil Nissan Latio di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. SPESIFIKASI NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015.

DIMENSI

Panjang

4.640 mm

Lebar

1.820 mm

Tinggi

1.720 mm

Jarak Terendah

210 mm

Jarak Sumbu roda

2.705 mm

MESIN

Tipe Mesin

MR20DD 2.0 Liter DOHC 16 Valve, Dual Continuous Valve Timing Control System (Dual CVTCS) with 2 Clutch and 1 Motor

Kapasitas Silinder

1.997 cc

Tenaga Maksimum

147 Hp @ 6.000 rpm + 41 Hp (Motor Listrik) = 188 Hp

Torsi Maksimum

206 Nm @ 4.400 rpm + 160 Nm (Motor Listrik) = 366 Nm

Transmisi

XTRONIC CVT, Front Wheel Drive

Suplay Bahan Bakar

Direct Injection

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Independent Multi-Link with Stabilizer Bar

Ukuran Ban

225/65 R17

Kapasitas Tangki

60 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail Hybrid 2015 menurut pendapat kami.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Penggunaan teknologi mutakhir yang membuat mobil ini nyaman dikendarai dan lebih modern

Harga yang ditawarkan tergolong mahal

Konsumsi bahan bakar terbilang irit dan tenaga yang dihasilkan besar

Pajak yang perlu dibayarkan oleh pemilik terbilang tinggi

Fun To Drive

Terdapat isu mengenai baterainya tidak bertahan sampai 10 tahun

8. DAFTAR HARGA NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Sebagai kendaraan dalam segmen Hybrid, tentunya kenyamanan dan keunggulan lebih mumpuni. Hasilnya dari segi harga juga lebih tinggi dibandingkan dengan mobil mesin konvensional. Masuk dalam segmen SUV, harga Nissan X-Trail Hybrid 2015 adalah Rp. 668.100.000 dalam kondisi baru.

9. VIDEO NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

10. KESIMPULAN NISSAN X-TRAIL HYBRID 2015

Mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015 masuk dalam segmen SUV dengan ketangguhan yang unggul. Beberapa fitur unggulan dihadirkan, begitu juga teknologinya yang terbilang mumpuni. Tentunya mobil satu ini menjadi salah satu produk yang dilirik, karena saat ini mobil dengan model hybrid sudah mulai digemari oleh masyarakat di Indonesia.

>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Nissan Serena 2012 : Mobil MPV Boxy Interior Luas

    21/12/2019| Abdul

    Review Nissan Serena 2012 : Mobil MPV Boxy Interior Luas

    Serena 2012 merupakan salah satu produk Nissan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Apalagi untuk varian Highway Star, lantas apa sebenarnya yang menjadikannya diminati?. Mari kita simak ulasannya dalam review Nissan Serena 2012.

  • Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Mobil SUV Hybrid Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

    17/12/2019| Abdul

    Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Mobil SUV Hybrid Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

    Nissan X-Trail merupakan sebuah SUV tangguh yang dapat diajak untuk berpetualang. Akan tetapi pembahasan kali ini tidak sembarang X-Trail, hal tersebut dikarenakan telah memakai sistem yang canggih dan kekinian. Untuk lebih jelasnya mari kita simak review Nissan X-Trail Hybrid 2015.

  • Review Nissan Latio 2005 : Mobil Harga Terjangkau Dengan Mesin Dan Fitur Mumpuni

    29/11/2019| Abdul

    Review Nissan Latio 2005 : Mobil Harga Terjangkau Dengan Mesin Dan Fitur Mumpuni

    Salah satu mobil produksi dari Nissan adalah Latio, hanya saja untuk penjualannya tidak melalui diler resmi Nissan. Jadi banyak orang yang mendapatkan mobil ini dengan cara CBU (Completely Built Up) dari Thailand. Jadi tidak heran jika banyak yang tidak mengetahui mobil model Hatchback satu ini. Lantas seperti apa mobil tersebut? Mari kita simak review Nissan Latio 2005.

International