Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Low MPV Menyajikan Berkendara Fun To Drive

23/07/2020| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 – Bila Sobat mencari sebuah mobil Low MPV, Grand Livina 2012 bisa menjadi pilihan. Dengan harga cukup terjangkau bisa mendapatkan sebuah mobil yang mempunyai tampilan cukup menarik dan akomodasi yang mumpuni. Bahkan salah satu daya tarik yang dimiliki mobil ini adalah kepraktisannya.

Mobil Nissan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006. Kemudian di tahun 2010 model terbarunya diluncurkan di China. Sementara untuk Indonesia, Grand Livina diluncurkan pada 10 Februari 2011 oleh pihak PT Nissan Motor Indonesia. Untuk perubahan yang dilakukan berfokus pada bagian minor seperti pelek dan bagian grille depan. Dilanjutkan di tahun 2012 tampilannya mendapatkan perubahan kembali sehingga tampilannya ada perbedaan untuk desain belakang dan depan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya pada review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012.

2. EKSTERIOR NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Lampu depan masih mengandalkan teknologi halogen

Melihat bagian depan akan mendapatkan sesuatu yang menarik. Hal tersebut tampak pada grill depan dan juga logo kebanggaan Nissan yang terbalut dengan aksen warna chrome. Sementara perubahan yang begitu tampak terasa dibandingkan dengan generasi pertamanya adalah pada bagian grille depannya. Sedangkan lampu depan masih di desain sama yakni mengandalkan teknologi halogen.

Pada Nissan Grand Livina 1.5 XV tahun 2011 facelift fog lamp yang digunakan bentuknya bulat. Kemudian untuk akhir 2012 dilakukan perubahan yang dibuat lebih besar dipadukan dengan bumper yang lebar sehingga udara yang masuk ke ruang pembakaran jadi lebih banyak.

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Tampak samping terlihat bodinya yang bongsor

Sementara pada bagian samping tampak polos dan mendapatkan tambahan moulding yang didesain tipis. Sedangkan di bagian pegangan pintu mendapatkan aksen chrome. Memang untuk bagian sampingnya ini tidak terdapat pernak-pernik tambahan sehingga terlihat polos. Pelek yang digunakan sudah menggunakan alloy, sementara untuk desain baru yang diberikan dilakukan pada tahun 2012 akhir yang sudah facelift.

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Tampilan belakang tampak polos dengan desain jendela belakang unik

Sedangkan di bagian buritan tidak terlalu banyak ubahan yang dilakukan dibanding saat diperkenalkan pertama kali. Tampilannya terlihat polos tapi desainnya cukup menarik di bagian jendela karena berbeda dengan yang lain. Bagian belakang tampak pongsor berkat penggunaan lampu belakang yang didesain cukup tebal.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambare ini menunjukkan dashboard mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Dashboard pakai bahan plastik keras dipadukan head unit 2DIN

Berlanjut ke bagian interior, yang mana dashboardnya memakai bahan material plastik yang keras. Pada head unit menggunakan 2DIN dan belum memakai layar sentuh. Untuk formatnya dapat digunakan untuk mengoperasikan CD/DVD. Sementara pada pengaturan AC mengandalkan knop putar yang masih terlihat jadul.

Menuju ke bagian kemudi Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012. Kenyamanan tetap dapat dirasakan karena handling yang dimiliki sangatlah memuaskan. Hanya saja pada kemudinya masih di desain pakai material plastik yang tampak polos dan belum ada tombol di bagian palang stir. Soal pengaturan hanya Tilt saja, jadi hanya bisa diatur ketinggiannya saja.

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Ruang kaki dan kepala terbilang cukup lega

Jok mobil yang digunakan mengandalkan bahan fabric, hanya saja kenyamanan tetap dapat dirasakan selama berkendara. Yang lebih menarik adalah ruang kaki dan kepalanya  terbilang lapang sehingga menambah kenyamanan penumpangnya dipadukan dengan dimensi yang ukurannya lebih panjang. Hanya saja di bagian jok baris ketiga tidak dibekali dengan headrest. Bahkan untuk penumpang dewasa pahanya tidak bisa tertopang dengan baik saat duduk di baris ketiga.

Untuk menuju baris ketiga mendapatkan akses masuk yang mudah. Jok kedua tinggal dilakukan pergeseran dengan menarik tuas yang ada pada jok kedua.

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Bagasi luas terutama saat jok belakang dilipat

Pada sektor bagasi Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 cukup lapang. Bahkan untuk menambah ruangnya bisa dilakukan lebih mudah dan sangat praktis. Sobat tinggal menarik tuas yang terdapat di bagian belakang jok ketiga sehingga proses menidurkan jok baris ketiga jadi mudah. Dari segi kompartemen terbilang banyak, seperti pada laci yang terletak di bagian bawah dashboard sampai bagian bawah lantai bagasi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Bila melihat dari segi fiturnya memang kurang lengkap. Hanya saja di tahun tersebut pihak Nissan termasuk salah satu yang murah hati karena telah membekali mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 dengan head unit 2 DIN yang bisa digunakan untuk mengoperasikan radio, USB, MP3 dan juga DVD.

Sementara untuk mempermudah menyimpan barang dan membuat ruang akomodasi lebih luas, kemudahan diberikan seperti dalam melipat kursi baris ketiga hanya dengan menarik tuas saja. Hanya saja pada baris ketiga belum dibekali dengan headrest. Yang menarik adalah untuk memberikan kesan menyenangkan selama perjalanan, pihak Nissan membekali layar pada langit-langit yang dapat digunakan untuk memutar video.

Gambar ini menunjukkan head unit Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Fitur terbilang kurang lengkap

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Bagian Fitur Keselamatan Aktif

Berhubungan dengan sistem keselamatan, pihak Nissan memberikan Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 airbags. Hanya saja sabuk pengamannya baru dihadirkan pada mobil Grand Livina facelift yang diluncurkan pada akhir 2012. Agar keselamatan lebih terjamin, mobil ini dibekali dengan sistem pengereman yang sudah ABS dan juga brake assist.

>>> Baca Juga, Teknologi Variable Compression Engine Nissan Inovasi Maksimum Motor Bakar Saat Ini

5. OPERASI NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012

Putarannya bawahnya terasa instan memberikan bantuan saat stop and go

Menuju ke sektor performa, pihak Nissan memberikan mesin Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 berkapasitas 1.498 cc dengan 4 silinder. Yang mana dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 100 Ps dan torsi puncaknya adalah 134 Nm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed.

Tidak hanya itu saja, rasa berkendara yang dimiliki mobil besutan Nissan ini juga menyenangkan. Yang mana saat putaran bawahnya terasa instan sehingga sangat membantu saat memerlukan berkendara stop and go di jalanan yang kerap terjadi kemacetan.

>>> Klik Di Sini Jika Berminat Membeli Mobil Nissan Grand Livina

6. SPESIFIKASI NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 :

DIMENSI

Panjang

4.485 mm

Lebar

1.690 mm

Tinggi

1.590 mm

Jarak Poros Roda

2.600 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5L 4-silinder

Tenaga Maksimal

100 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

134 Nm @ 4.000 rpm

BAN

Ukuran Ban

195/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dengan interior yang lapang menjadikan kenyamanan dapat lebih dirasakan

Dibandingkan model barunya, fitur yang diberikan terbilang kurang lengkap

Berkendara menggunakan mobil yang kita bahas ini akan merasakan sensasi fun to drive

Road noise terasa apalagi saat melaju dalam kecepatan 60 km

Ruang akomodasi lebih baik begitupun pada kepraktisan yang dimiliki

Belum diberikan sabuk keselamatan dan juga headrest pada jok mobil baris ketiga

8. DAFTAR HARGA NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Kalau melihat mobil All New Nissan Livina, saat ini harganya adalah Rp. 208 jutaan. Sementara pada Nissan Livina VL AT yang merupakan varian tertinggi harganya adalah Rp. 272 jutaan. Akan tetapi bila budget tidak mencukupi maka ada solusi lain yakni membeli dalam kondisi bekas. Adapun harga Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 bekasnya mulai Rp. 95 juta sampai Rp. 110 jutaan. Sobat juga mempersiapkan dana tambahan untuk membuat tampilannya lebih menarik.

9. VIDEO NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

10. KESIMPULAN NISSAN GRAND LIVINA 1.5 XV 2012

Bila Sobat menginginkan sebuah kendaraan dengan kenyamanan dan akomodasi yang lebih, maka mobil Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 bisa dijadikan pilihan. Akses masuknya cukup mudah  dan menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan rivalnya dalam segmen sama. Bahkan selama berada di jalan rasa berkendaranya dapat memberikan kenyamanan. Memang kalau berbicara soal fitur masih kalah dengan model terbarunya, hanya saja bila menginginkan sebuah mobil keluarga yang nyaman dapat dipakai menampung banyak barang dan penumpang maka mobil ini bisa jadi pilihan.

>>> Ingin membeli mobil Nissan Serena di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Review mobil serupa

  • Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Low MPV Menyajikan Berkendara Fun To Drive

    23/07/2020| Abdul

    Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Low MPV Menyajikan Berkendara Fun To Drive

    Mencari mobil Low MPV dengan harga Rp. 100 jutaan? Terdapat banyak pilihan mobil bekas, salah satunya adalah Nissan Grand Livina keluaran tahun 2012. Mobil ini bisa digunakan untuk bepergian bersama keluarga tercinta karena interiornya terbilang lapang. Lantas bagaimana spek dan fitur yang ada di dalamnya? Mari kita simak ulasannya dalam review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012.

  • Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Facelift Generasi Pertama Harga Terjangkau

    25/06/2020| Abdul

    Review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007: Facelift Generasi Pertama Harga Terjangkau

    Mobil SUV menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak digemari terutama para pecinta petualang. Hal tersebut dikarenakan kendaraan jenis ini dapat digunakan untuk melintasi jalanan segala medan. Umumnya mobil mempunyai mesin yang bertenaga dengan ground clearance tinggi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan tentang review Nissan X-Trail 2.0 MT 2007.

International