Review Nissan Serena 2012 : Mobil MPV Boxy Interior Luas

21/12/2019| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN SERENA 2012

Mobil satu ini berada dalam segmen MPV yang dapat menampung penumpang sampai 7 orang. Untuk Serena 2012 ini menjadi varian terakhir pada generasi keduanya sebelum dilakukan pembaruan. Selain itu, mobil ini dikenal juga dengan tipe C24 dengan mesin yang bertenaga dan dimensinya yang terbilang besar.

Apabila dilihat dari kenyamanan, mobil besutan Nissan ini banyak dipuji akan suspensinya yang empuk dan mesinnya yang mumpuni. Hanya saja dari segi konsumsi bahan bakar terbilang boros, begitu juga pada bagian body roll yang mana saat berkendara akan terasa.

2. EKSTERIOR NISSAN SERENA 2012

Review Nissan Serena 2012: Bagian Depan

Gambar in menunjukkan mobil Nissan Serena 2012 tampak bagian depan

Grille ukuran sedang dipadukan dengan headlamp ukuran besar

Kita mulai dari bagian depan Nissan Serena 2012. Di bagian ini terdapat headlamp yang mempunyai ukuran besar dengan didesain bulat. Meskipun begitu, untuk grille tampak tidak terlalu besar. Sementara itu, untuk bagian bawah headlamp terdapat lubang kecil yang didesain memanjang. Bumpernya pun tampak besar dengan adanya garis yang menuju ke bagian samping.

Review Nissan Serena 2012: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Nissan Serena 2012

Desain boxy tampak dari samping dengan sedikit lekukan

Melirik ke bagian samping Nissan Serena 2012. Dari segi desain memang tampak boxy dan untuk segi warna, mulai dari handle pintu sampai rumah spion dibuat sewarna dengan bodi. Menurut kami ada kesan sporty jika dilihat dari arah samping meskipun hanya sedikit yakni adanya spoiler belakang. Terdapat pula garis lekukan di bagian  tengah dari mulai lampu depan sampai belakang. Tampilan samping berpadu dengan penggunaan pelek alloy 15 inci dengan banyak palang yang membuatnya lebih keren.

Review Nissan Serena 2012: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Nissan Serena 2012

Sisi belakang tampak mengkotak dengan pintu yang lebar

Di bagian belakang diberikan rear spoiler untuk memberikan kesan sporty pada mobil besutan Nissan ini. Sementara untuk rear lamp didesain memanjang pada bagian samping yang menampakkan aura kemewahan. Bagian kaca belakang telah didukung dengan wiper yang bisa meningkatkan visibilitas pengendara saat melihat belakang. Di bagian tengah tepatnya di bawah wiper ada logo Nissan dan di bawahnya lagi terdapat handle pintu sewarna dengan bodi. Sedangkan untuk bumper belakang tergolong kecil karena sudah habis oleh pintu belakang yang besar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR NISSAN SERENA 2012

Di bagian interior Nissan Serena 2012 akan didapati ruang kabin yang luas. Di dalamnya berpadu penggunaan bahan material plastik dan fabric yang membuatnya tampak lebih mewah. Jika dilihat secara menyeluruh, maka mobil ini akan memberikan kenyamanan dan kemewahan serta siap diajak untuk perjalanan dekat maupun jauh.

Review Nissan Serena 2012 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Nissan Serena 2012

Interior desain sederhana tapi tampak mewah

Kalau dilihat di bagian dashboard, sebenarnya tidak begitu canggih sih, bahkan bisa dibilang sederhana. Namun berkat penggunaan wood panel membuat bagian ini tampak lebih mewah.

Sementara di bagian kemudi mobil menggunakan desain polos. Jadi belum ada fitur audio steering switch. Untuk desainnya menggunakan 4 palang dengan bagian tengah ada logo Nissan aksen chrome.

Review Nissan Serena 2012: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkn konfigurasi jok mobil Nissan Serena 2012

Jok baris kedua dapat diputar ke belakang

Pada Nissan Serena 2012 varian Highway Star telah dibekali dengan kursi yang menggunakan kulit sehingga saat diduduki akan terasa nyaman. Sementara itu, di bagian ruang kepala dan kaki memang sangat lapang dengan penggunaan captain seat. Untuk kursi baris kedua jok nya dapat diputar hingga menghadap ke belakang.

Review Nissan Serena 2012: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil yang dimiliki Nissan Serena 2012

Bagasi luas terutama saat jok belakang dilipat

Dari segi bagasi sebenarnya tidak terlalu besar, hanya saja untuk mendapatkannya lebih luas bisa melipat kursi dengan mudah. Hasilnya ruang bagasi jadi lebih luas dan bisa dipakai membawa banyak barang bawaan.

>>> Baca Juga :

4. FITUR NISSAN SERENA 2012

Review Nissan Serena 2012 : Fitur Keselamatan

Untuk mendukung keselamatan berkendara, pihak Nissan telah memberikan beberapa fitur mumpuni. Seperti Airbag untuk melindungi dari benturan dan ABS+EBD serta Brake Assist. Selain itu ada juga seat belt dan parkir sensor yang dapat mendukung keselamatan.

Gambar ini menunjukkan headunit pada mobil Nissan Serena 2012

Fitur mumpuni di masanya serta mendukung kenyamanan berkendara

Review Nissan Serena 2012 : Fitur Hiburan

Kalau soal hiburan, mobil Nissan Serena 2012 dibekali dengan headunit 2 din yang telah support untuk mengoperasikan video. Bahkan untuk penumpang yang berada di baris kedua dapat mendapatkan hiburan berupa Radio, CD, DVD, koneksi Bluetooth dan juga MP3.

>>> Baca Juga, Teknologi Variable Compression Engine Nissan Inovasi Maksimum Motor Bakar Saat Ini

5. OPERASI NISSAN SERENA 2012

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Serena 2012

Mesin bertenaga tapi boros bahan bakar

Nissan Serena 2012 dibekali dengan mesin QR20DE yang mempunyai kapasitas 2.000 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 147 Ps dan torsi puncaknya mencapai 20.2 kg-m. Mesin yang diberikan saat RPM rendah akan terasa nyaman saat ditunggangi. Hanya saja dari segi bahan bakar tergolong boros.

Sementara di bagian suspensi menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan dan Multi Link di bagian belakang. Kalau soal suspensi tergolong lembut dan sangat nyaman, hanya saja perlu perawatan yang ekstra karena masalah bisa dialami.

>>> Ingin membeli mobil Nissan Serena di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. SPESIFIKASI NISSAN SERENA 2012

Berikut table spesifikasi Nissan Serena 2012.

DIMENSI

Panjang

4.590 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.825 mm

Jarak Sumbu Roda

2.695 mm

Curb Weight

1.580 kg

Ground Clearence

160 mm

MESIN

Tipe

QR2ODE  Front Engine, Front Wheel Drive, 4 Cyl. In-line,DOHC with CVTC

Kapasitas Silinder

1998 cc

Tenaga Maksimal

147 PS / 6000 Rpm

Torsi Maksimal

20.2 kg.m / 4000 Rpm

Fuel System

ECCS

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Leading & Trailing

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi Link

Ukuran Ban/Velg

Alloy 15” 5.5 JJ/ 195 / 65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN SERENA 2012

Berikut kelebihan dan kekurangan Nissan Serena 2012.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau

Harga sparepart terbilang mahal jadi saat mengganti perlu biaya lebih

Mempunyai interior yang lega dan juga nyaman selama berkendara

Konsumsi bahan bakar cukup boros

Suspensi nyaman dipadukan dengan mesin yang cukup mumpuni

Bagian kaki-kaki sering mengalami masalah dan perawatannya cukup rumit

8. DAFTAR HARGA NISSAN SERENA 2012

Sebagai mobil yang sudah berumur 7 tahunan tentunya untuk mendapatkannya dalam kondisi baru tergolong sulit. Jika ingin memilikinya bisa membeli dalam kondisi second. Adapun harga bekas Nissan Serena 2012 mulai Rp. 110 juta sampai Rp. 140 jutaan. Harga tersebut OTR Jakarta dan harganya juga bisa mengalami perubahan tergantung kondisi mobil.

9. VIDEO NISSAN SERENA 2012

10. KESIMPULAN NISSAN SERENA 2012

Bagi sobat yang ingin memiliki sebuah mobil keluarga dengan tenaga mumpuni dan dimensi besar, maka tidak ada salahnya memilih Nissan Serena 2012. Jika dilihat secara menyeluruh, mobil besutan Nissan ini tergolong nyaman. Namun untuk perawatan perlu biaya lebih karena cukup ekstra. Adapun kekurangan yang dimiliki adalah usianya yang sudah lama sehingga kadang ada beberapa komponen yang perlu dilakukan perbaikan.

>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Nissan Serena 2012 : Mobil MPV Boxy Interior Luas

    21/12/2019| Abdul

    Review Nissan Serena 2012 : Mobil MPV Boxy Interior Luas

    Serena 2012 merupakan salah satu produk Nissan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Apalagi untuk varian Highway Star, lantas apa sebenarnya yang menjadikannya diminati?. Mari kita simak ulasannya dalam review Nissan Serena 2012.

  • Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Mobil SUV Hybrid Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

    17/12/2019| Abdul

    Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Mobil SUV Hybrid Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

    Nissan X-Trail merupakan sebuah SUV tangguh yang dapat diajak untuk berpetualang. Akan tetapi pembahasan kali ini tidak sembarang X-Trail, hal tersebut dikarenakan telah memakai sistem yang canggih dan kekinian. Untuk lebih jelasnya mari kita simak review Nissan X-Trail Hybrid 2015.

  • Review Nissan Latio 2005 : Mobil Harga Terjangkau Dengan Mesin Dan Fitur Mumpuni

    29/11/2019| Abdul

    Review Nissan Latio 2005 : Mobil Harga Terjangkau Dengan Mesin Dan Fitur Mumpuni

    Salah satu mobil produksi dari Nissan adalah Latio, hanya saja untuk penjualannya tidak melalui diler resmi Nissan. Jadi banyak orang yang mendapatkan mobil ini dengan cara CBU (Completely Built Up) dari Thailand. Jadi tidak heran jika banyak yang tidak mengetahui mobil model Hatchback satu ini. Lantas seperti apa mobil tersebut? Mari kita simak review Nissan Latio 2005.

International