Spesifikasi Mobil Toyota Yaris E CVT 2018 : Irit BBM Dengan Desain Menarik

03/12/2020| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA YARIS E CVT 2018

Toyota menjadi mobil salah satu merek mobil ternama yang memberikan keunggulan pada mobil-mobilnya. Untuk pembahasan kali ini adalah kendaraan Hatchback yang dapat dipakai untuk melintasi jalanan perkotaan dengan nyaman. Dari segi tipe untuk model facelift Yaris ada E dan F. Namun untuk saat ini tipe E telah dihilangkan dan digantikan tipe G. Meskipun begitu, saat ingin membeli mobil Yaris E bisa dilakukan dengan membelinya dalam kondisi bekas.

Pada momen kali ini kami akan membahas mengenai spesifikasi mobil Toyota Yaris E CVT 2018. Umurnya yang baru 2 tahun tentunya kondisinya masih sangat baik. Penasaran bukan? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA YARIS E CVT 2018

Spesifikasi Mobil Toyota Yaris E CVT 2018 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Yaris E CVT 2018

Tampilan depan terlihat sporty dan begitu menarik perhatian seseorang yang melihatnya

Bagian depan mobil Yaris E CVT memiliki tampilan yang sangat sporty. Diawali dengan kap mesin yang terdapat sedikit sentuhan sehingga membuatnya cukup menarik karena seperti membentuk runcingan tengah ke arah depan menuju ke logo Toyota. Untuk headlamp dibuat memanjang dari samping ke depan dengan ujung runcing seakan menunjuk sisi tengahnya yakni pada sisi grille. Sedangkan grille nya dibuat kecil dengan logo Toyota aksen krom di sisi tengahnya. Terdapat lekukan-lekukan yang membuat tampilannya menarik di bagian depannya ini. Hal tersebut dipadukan dengan desain tempat masuk udara yang dibuat besar. Meskipun belum diberikan fog lamp namun lampu utamanya mempunyai sinar yang terang dan dapat diatur secara manual ketinggian sorot lampunya.

Spesifikasi Mobil Toyota Yaris E CVT 2018 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Toyota Yaris E CVT 2018

Bagian samping menunjukkan sebuah Hatchback modern

Untuk desain bagian samping Yaris E CVT juga tampil sporty dan modern meskipun harganya cukup terjangkau. Terdapat lekukan bodi di bagian atas dan bawah yang tampak di bagian pintu depan dan belakang. Mobil ini telah diberikan door visor membuatnya terasa aman saat berkendara di musim hujan. Untuk handle pintu dan spion dibuat sewarna dengan bodi. Detail menarik juga tampak menarik pada bagian fender depannya yang ada lampu sein. Kemudian untuk pelek menggunakan ukuran 15 inci.

Spesifikasi Mobil Toyota Yaris E CVT 2018 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Yaris E CVT 2018

Bagian belakang tampak polos dan tidak terlalu banyak aksen

Di bagian belakang mobil ini juga tampak menarik dengan desain yang diberikan. Mobil ini telah dibekali dengan wiper belakang sehingga visibilitas ke arah belakang tetap baik. Di bawah wiper ada logo Toyota aksen krom. Lampu belakang didesain dari arah samping ke belakang dengan ujung yang runcing. Terdapat emblem YARIS dan E menghiasi bagian ini dipadukan dengan 2 buah sensor parkir yang memberikan kemudahan karena jika ada objek di belakang mobil bisa dideteksi. Di bagian bawah sendiri ada 2 mata kucing yang membuat mobil ini terlihat manis.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA YARIS E CVT 2018

Spesifikasi Mobil Toyota Yaris E CVT 2018 : Bagian Dashboard

gambar ini  menunjukkan interior depan  mobil Toyota Yaris E CVT 2018

Dashboard tampak rapi dengan tampilan menarik

Menuju ke sisi interior, desain dashboardnya dibuat modern dengan memadukan warna silver dan hitam. Di bagian ini mobil dibekali dengan cukup ruang penyimpanan seperti di bagian dashboard depan jok penumpang ada ruang penyimpanan tertutup. Kemudian ada lagi konsol terbuka yang ditempatkan di depan tuas transmisi dan sebelah kanan setir diberikan laci kecil yang tertutup. Pada dashboardnya terdapat head unit yang diapit dengan warna silver. Yang menarik adalah tatanannya, yang mana bagian atas ada layar dan di bawahnya adalah kisi-kisi AC dan pengatur AC mobil dan beberapa tombol lain.

Menuju ke sektor kemudi mobil, menggunakan 3 palang belum diberikan tombol pengatur. Setirnya ini menggunakan 2 warna yakni hitam dan silver dan warna krom pada logo Toyota. Diameter yang dimiliki nyaman dan juga pas pada saat digenggam. Pengaturan kemudinya hanya diberikan tilt atau naik turun saja.

Spesifikasi Mobil Toyota Yaris E CVT 2018 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok belakang mobil Toyota Yaris E CVT 2018

Jok lega dan hanya dapat menampung 5 penumpang saja

Mobil besutan Toyota ini dapat menampung 5 orang penumpang yang dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Hal tersebut berkat penggunaan headrest dan seatbelt sebagai fitur keselamatan. Di bagian jok belakang sudah terdapat ISOFIX dan joknya juga empuk.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA YARIS E CVT 2018

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Yaris E CVT 2018

Fitur cukup lengkap mengingat umurnya masih muda

Fitur mobil menjadi salah satu pendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Bahkan semakin banyak fitur di dalam mobil maka harganya juga lebih mahal. Untuk fitur Toyota Yaris E CVT 2018 dibekali dengan MID (Multi Information Display) yang dapat memberikan informasi terkait kendaraan. Beberapa yang diinfokan adalah jam, suhu luar kendaraan, sisa jarak yang dapat ditempuh, konsumsi BBM aktual dan rata-rata serta lain-lain.

 Untuk memberikan kenyamanan di dalam kabin mobil, pihak Toyota memberikan AC dengan pengaturan yang terbilang lengkap. Jadi sudah terdapat pengatur kecepatan blower AC, suhu dan arah semburannya. AC yang dimiliki mempunyai kompresor yang tidak membebani mesin dan dapat membuat udara di dalam kabin mobil cepat dingin. Untuk fitur keselamatan yang diberikan adalah airbag 7 buah dan sistem pengereman telah diberikan ABS, EBD dan BA. Beberapa fitur lainnya yang diberikan adalah Vehicle Stability Control dan Traction Control.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

5. OPERASI TOYOTA YARIS E CVT 2018

gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Yaris E CVT 2018

Irit BBM dan Mesin Bertenaga

Berlanjut ke sisi performa, mesin Toyota Yaris E CVT 2018 yang diberikan menggunakan kode 2NR-FE yang mempunyai kapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut dipadukan dengan 4 silinder  Dual VVT-i yang dapat memuntahkan torsi maksimal sebesar 140,24 Nm dan tenaga maksimalnya adalah 107 Ps. Torsi serta tenaganya tersebut dihubungkan ke bagian roda dengan mengandalkan roda depan dengan menggunakan sistem transmisi otomatis CVT 7 speed. Dengan mesin yang diberikan, pengendara dapat bepergian kemanapun yang diinginkan dengan nyaman.

>>> Baca Juga, Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

6. SPESIFIKASI TOYOTA YARIS E CVT 2018

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Toyota Yaris E CVT 2018 :

DIMENSI

Panjang

4.145 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Radius Putar

 5,7 Meter

Kapasitas Tangki BBM

 45 Liter

Jarak Sumbu Roda

 2.550 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5 seat

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc 14 inch & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA + VSC

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut with coil spring

 Belakang: Torsion Beam with coil spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Pelek

 Alloy, 15 inci

Jenis Ban

 Dunlop SP Sport 2030, 185/60 R15

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, B-Segment

MESIN

Seri Mesin

 2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Jumlah Katup

 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Kapasitas Silinder

 1.496 cc

Bore X Stroke

 72,5 mm X 90,6 mm

Tenaga Maksimum

 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 140,24 Nm (14,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT with 7 Speed Sequential Mode, FWD

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA YARIS E CVT 2018

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris E CVT 2018:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai mesin yang bertenaga dan konsumsi bahan bakar cukup hemat

Kemudi mobil hanya diberikan fitur tilt saja sehingga untuk pengaturan beberapa orang dengan postur tertentu masih kurang

Sudah menggunakan sistem pengereman Anti Locking Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Brake Assist

Belum diberikan fitur smart key untuk memberikan kemudahan dalam berkendara dan mengoperasikan kendaraan

Untuk fitur keselamatan telah diberikan VSC dan juga airbag 7 buah yang dapat memberikan pengendara jadi lebih tenang selama perjalanan

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA YARIS E CVT 2018

Setiap ingin membeli mobil masyarakat akan mencari kisaran harganya. Hal tersebut wajar karena untuk menyesuaikan budget yang dimiliki sehingga bisa mendapatkan mobil yang sesuai. Untuk harga mobil Toyota Yaris E CVT 2018 berada di kisaran Rp. 180 juta sampai Rp. 200 jutaan dalam kondisi bekas.

9. VIDEO TOYOTA YARIS E CVT 2018

10. KESIMPULAN TOYOTA YARIS E CVT 2018

Bagi sobat yang ingin mobil yang dipakai untuk melintasi jalanan perkotaan dengan kapasitas 5 penumpang maka mobil Toyota E CVT 2018 bisa dijadikan salah satu pilihan. Desainnya sangat menarik dan kenyamanan di dalamnya tergolong sangat mumpuni. Tidak hanya itu saja, nama Toyota sudah terkenal di Indonesia sehingga untuk perawatan jadi mudah karena bengkelnya sudah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International