Review Toyota Yaris Heykers 2016 : Berpetualang Penuh Gaya

01/10/2019 | Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Apa bedanya Yaris Heykers dengan versi yang sudah dirilis sebelumnya? Ternyata, kategori tersebut dikhususkan buat Sobat yang senang berpetualang dengan mobil yang tak terlalu ‘bongsor’. Nah sebagai bayangan, mari simak ulasan lengkap Toyota Yaris Heykers 2016.

Gambar ini menunjukkan bagian samping kanan Toyota Yaris Heykers 2016

Yaris Heykers mobil Toyota siap diajak berpetualang

Bukan tanpa alasan Toyota menyematkan Heykers pada lini adventure-nya, Sobat. Kata tersebut berasal dari “Hikers atau Hiking” yang berarti pendaki atau mendaki. Sesuai dengan karakteristik kegiatan ini yang sarat akan tantangan dan memacu adrenalin. Untuk mempertahankan kesan kekinian dari hatchback ini, Toyota pun mengubah Hi menjadi Hey untuk nama mobil tersebut.

2. EKSTERIOR TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Sobat yang sedang mencari kendaraan pasti akan menilai tampilan luar atau eksteriornya terlebih dulu. Toyota Yaris Heykers 2016 sendiri menyuguhkan kesan sporty nan maskulin lewat tarikan garis pada bodinya. Lekukan yang terlihat pada body kit, side skirt, hingga roof rail-nya pun kian menegaskan citra adventurous pada mobil tersebut.

Review Toyota Yaris Heykers 2016 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Yaris Heykers 2016

Tampilan bumper lebih ekslusif dengan alis yang tebal

Sekilas, eksterior depan Toyota Yaris Heykers 2016 tak berbeda jauh dengan versi konvensional. Akan tetapi saat dicermati, Sobat akan mendapati desain bumper lebih eksklusif dengan alis tebal bak kumis lele di bawah headlamp. Tak hanya itu, cover foglamp-nya pun terlihat mencolok. Daytime Running Light berwarna putih pun terlihat berpadu dengan bumper kit warna hitamnya.

Review Toyota Yaris Heykers 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Yaris Heykers 2016

Mobil menarik terlihat di bagian eksteriornya

Kesan tebal alias bold terus berlanjut hingga ke samping bodi Toyota Yaris Heykers 2016. Sobat bisa nilai sendiri dari desain side protection moulding-nya. Para desainer mobil ini rupanya terinspirasi dari bentuk batu yang digunakan dalam tradisi lompat batu di Nias. Motif roof rail-nya pun kian memperkuat kesan berpetualang pada mobil.

Review Toyota Yaris Heykers 2016 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Yaris Heykers 2016

Desain belakang terlihat menarik dengan beberapa lekukan yang diberikan

Seperti bagian depannya, eksterior belakang Toyota Yaris Heykers 2016 dipertegas dengan kehadiran bumper body kit dengan desain dua mata kucing pada masing-masing sisi. Roof spoiler yang mengalir sekaligus dinamis juga menguatkan kesan tangguh dan durable pada mobil tersebut.

>>>  Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Jika eksterior menentukan penilaian tampilan dan kekuatan, maka interior lebih fokus pada kenyamanan dan keselamatan. Pada Toyota Yaris Heykers 2016, Sobat akan menjumpai bagian dalam mobil yang akan memaksimalkan petualangan di medan berat tanpa mengganggu konsentrasi menyetir.

Review Toyota Yaris Heykers 2016 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan interior mobil Toyota Yaris Heykers 2016

Beberapa fitur pada head unit tergolong cukup lengkap

Sobat bakal langsung disambut head unit design di sektor dashboard. Pada bagian tersebut ada layar sentuh tujuh inci dengan miracast, internet, hingga Bluetooth yang merupakan konsep teranyar dari audio Yaris Heykers. Kemudi yang dipasang pada kendaraan ini juga dibentuk dari 3-spoke steering dengan fitur seperti switch control dan teknologi Rack and Pinion with Power Steering. Dengan begitu, Sobat dapat mudah mengendarai mobil lewat kontrol sistem panel audio.

Review Toyota Yaris Heykers 2016 : Bagian Jok Mobil

Jika dashboard dan kemudi mendapatkan sejumlah fitur canggih, maka jok mobil Toyota Yaris Heykers 2016 tak mendapatkan banyak perubahan selain motif baru berupa garis vertikal pada jok. Kapasitas kabinnya pun hanya sekitar lima orang. Meski begitu, sentuhan modern yang diberikan pada kursi ini dapat mengimbangi eksteriornya yang stylish.

Review Toyota Yaris Heykers 2016 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Yaris Heykers 2016

Bagasi tampak kecil namun saat jok belakang dilipat akan lebih luas

Sobat bakal mendapati bagasi yang relatif kecil mengingat Toyota Yaris Heykers 2016 masih memakai konsep hatchback. Untuk memperluasnya, Sobat bisa melipat dua jok di barisan belakang dan menaruh barang-barang yang hendak dibawa. Perhatikan juga beratnya, jangan sampai bawaan tersebut malah membebani kendaraan.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Toyota Yaris Heykers 2016 menghadirkan Ventilated Disc berdiameter 15 inci pada sistem pengereman depan dan 14 inci di belakang, sehingga Sobat dapat mengendalikan kecepatan dengan mudah. Ada pun fitur standar seperti ABS dan Front Impact Beam yang akan memperkuatnya. Dual SRS Airbags yang berada di bagian depan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Sementara untuk membantu Sobat saat parkir, disediakan sensor khusus di bagian belakang mobil. Ada Engine Immobilizer yang bisa Sobat aktifkan sebelum meninggalkan mobil.

Gambar ini menunjukkan fitur airbags Toyota Yaris Heykers 2016

Fitur cukup mumpuni sebagai pendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara

Menyoal fitur hiburan, Toyota Yaris Heykers 2016 menghadirkan tombol audio pada kemudi untuk mengatur volume, memindahkan source radio, hingga memutar musik. Sobat juga bisa mengendalikan udara yang dikeluarkan lewat AC dengan fitur digital seperti cluster climate control.

Ingin memutar film atau drama Korea favorit? Sobat manfaatkan saja fitur hiburan yang disediakan Toyota Yaris Heykers seperti pemutar DVD dengan konektivitas HDMI. Kalau Sobat mau menyimpan minuman tanpa takut tumpah, ada cup holder yang disediakan pada masing-masing pintu dan satu laci luas dengan penutup di bagian depan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

5. OPERASI TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Pada Toyota Yaris Heykers 2016, Toyota membenamkan mesin 2NR-FE dengan kapasitas 1.466 cc empat silinder berteknologi Dual VVT-i. Jenis mesin ini diketahui sanggup menghasilkan tenaga maksimal sampai 107 Ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 140 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Yaris Heykers 2016

Tersedia mode Triptonik yang dapat diaktifkan dalam kondisi tertentu

Pada kondisi tertentu, Sobat harus menginjak gas lebih keras akibat pengurangan kecepatan drastis. Dalam hal ini Sobat bisa mengaktifkan mode Triptonik pada Toyota Yaris Heykers 2016. Caranya adalah dengan menggeser ke kiri sampai rpm naik ke angka 2.900 dan torsi tak terasa kurang lagi.

Meski demikian, Toyota Yaris Heykers 2016 termasuk mobil hemat bahan bakar untuk ukuran kendaraan petualang. Ketika berada di kota dan menempuh perjalanan dengan rata-rata kecepatan 18 km/jam saja bahan bakar yang diperlukan hanya 13,3 km/liter. Sementara kalau Sobat masuk ke jalan tol dan melaju dengan rata-rata kecepatan 73 km/jam, konsumsi bahan bakarnya hanya 19,2 km/liter. Dengan kata lain pengeluaran buat mengisi bahan bakar bisa Sobat tekan.

Bagaimana dengan suspensi dan kaki-kaki pada Toyota Yaris Heykers 2016? Kendaraan ini mempunyai ground clearance 184 mm yang cocok untuk kebutuhan bertualang. Bahkan ukurannya 4 mm lebih tinggi apabila dibandingkan dengan generasi Toyota Avanza sebelum All New. Suspensi pada mobil ini juga terasa pas saat dibawa untuk perjalanan biasa maupun melewati jalanan yang kurang rata.

>>> Review Toyota Fortuner 2014 : Mobil SUV Tangguh Dengan Tampilan Gahar

6. SPESIFIKASI TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Tentunya kurang lengkap jika tidak disertai dengan tabel yang menunjukkan spek lengkapnya. Berikut tabel spesifikasi Toyota Yaris Heykers 2016:

DIMENSI

Panjang

4.115 mm

Lebar

1.700 mm

Tinggi

1.510 mm

Berat

1.500 kg

Jarak poros roda

2.550 mm

MESIN

Tipe

2NR-VE 4 silinder segaris  16-valve DOHC with VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

Daya Maksimal

107 Ps @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

14,3 Kgm @ 4.200 rpm

Diameter x Langkah

72,5 x 90,6 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Disc

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Ukuran Ban

195/55 R16

Transmisi

CVT

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Setiap mobil mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, bahkan pada mobil terbaru keluaran tahun ini. Apalagi untuk mobil yang sudah berselang beberapa tahun, tentunya ada juga keunggulan dan juga kelemahannya. Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan Toyota Yaris Heykers 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Ground Clearance tinggi siap diajak berpetualang

Radius putar kecil

Suspensi tangguh sehingga menambah kenyamanan

Torsi kadang kurang

Kabin luas meskipun kapasitas terbatas

Triple Turn Signal dan Footrest absen

8. DAFTAR HARGA TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Pada awal tahun 2016 dari pihak PT Toyota Astra Motor menghargai mobil Toyota Yaris Heykers CVT Rp. 277.300.000. Untuk harga Toyota Yaris Heykers 2016 bekas saat ini berkisar Rp. 190 juta sampai Rp.215 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

10. KESIMPULAN TOYOTA YARIS HEYKERS 2016

Bagi Sobat yang mempunyai keluarga kecil bisa memilih mobil ini. Hal tersebut dikarenakan mobil Toyota Yaris Heykers 2016 bisa diandalkan untuk melakukan perjalanan berpetualang sesekali, pergi ke kantor ataupun mengantar anak sekolah. Dengan kenyamanan yang ditawarkan tentunya Sobat sekeluarga bisa bepergian dengan lebih tenang.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 08/11/2018 | Padli Nurdin

    Review Toyota New Yaris 1.5G A/T 2018

    Dengan wajah baru, Toyota memperkenalkan Yaris di Indonesia pada awal tahun, tepatnya pada 20 Februari 2018. Dibandingkan TRD Sportivo yang paling menarik perhatian, apa saja pembaruan yang didapatkan oleh Toyota New Yaris 1.5G A/T kali ini?

  • 26/10/2018 | Arfian Alamsyah

    Review Toyota Yaris WRC 2018

    Bisa dibilang Toyota adalah kuda hitam yang dapat menumbangkan dominasi Volkswagen (VW) dan juga Hyundai di ajang World Rally Championship 2018. Hal ini merupakan benang merah bagi kami untuk mengulas kesaktian Toyota Yaris WRC 2018. Di tangan Ott Tanak & Martin Jarveoja mobil ini telah menyumbangkan 4 kemenangan bagi Toyota di ajang reli paling bergengsi di dunia ini.

  • 29/09/2018 | Handy Goeyana

    Review Toyota Yaris E M/T 2018, Yaris Tipe Terendah Bertransmisi Manual

    Respon masyarakat Indonesia terhadap desain terbaru yang diterapkan pada Toyota Yaris cukup baik sehingga kali ini Toyota berani memperkenalkan versi facelift dengan basis dari varian terdahulunya untuk terus memikat pecinta hatchback.