Review Toyota New Yaris 1.5G A/T 2018

08/11/2018 Padli Nurdin Review Toyota

Dengan wajah baru, Toyota memperkenalkan Yaris di Indonesia pada awal tahun, tepatnya pada 20 Februari 2018. Dibandingkan TRD Sportivo yang paling menarik perhatian, apa saja pembaruan yang didapatkan oleh Toyota New Yaris 1.5G A/T kali ini?

1. PENGANTAR TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Membuka awal tahun 2018, PT Toyota Astra Motor menggoda konsumen Indonesia dengan tampilan baru Toyota Yaris. Dengan nama Toyota New Yaris, salah satu yang menarik perhatian adalah versi otomatis dari varian menengah Yaris dengan nama Toyota New Yaris 1.5G A/T. Dibandingkan dengan Toyota Yaris TRD Sportivo yang merupakan varian tertinggi Yaris saat ini, apa saja yang membedakan mereka?

Gambar yang menunjukan Toyota New Yaris 1.5G A/T 2018

Tampilan baru Toyota New Yaris 1.5G A/T 2018

Jika Anda masih ingin membandingkan apakah TRD Sportivo atau varian G yang ingin Anda pilih untuk tunggangan sehari-hari Anda, tim Mobilmo.com sudah memberikan review Toyota New Yaris 1.5G A/T yang bisa menjadi acuan untuk pilihan Anda.

2. EKSTERIOR TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Jika dibandingkan dengan TRD Sportivo, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan pada eksterior Toyota New Yaris 1.5G A/T. Masih terdapat beberapa fitur dan tampang sporty yang diberikan kepada Yaris dalam facelift pada generasi ketiga ini. Tetapi tentu saja, secara general, banyak pengurangan dibandingkan Sportivo, seperti bumper spoiler depan dan belakang, side skirt, emblem, radiator gril, serta daytime running light. Dilihat dari luar, Yaris tipe G terlihat lebih polos dibandingkan TRD Sportivo.

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Eksterior depan

Gambar yang menunjukan bagian depan Toyota New Yaris 1.5G A/T

Bagian depan terlihat lebih polos dibandingkan TRD Sportivo

Jika dilihat bagian muka, perbedaan yang paling kentara dari eksterior depan Toyota New Yaris 1.5G A/T dengan TRD Sportivo adalah tidak ada add on berwarna merah menjadikan bumper tipe G terlihat polos dengan desain hitam. Selain itu, masih menggunakan proyektor halogen dan LED lampu senja. Yang menjadi perbedaan adalah varian G tidak mendapatkan ring merah pada lampu proyektor halogen, meskipun Toyota masih memberikan foglamp halogen pada versi ini.

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Eksterior samping

Gambar yang menunjukan lampu spion Toyota New Yaris 1.5G A/T

Lampu sen masih terletak di fender, bukan spion

Gambar yang menunjukan velg Toyota New Yaris 1.5G A/T

Velg yang dipakai yaitu 16 inci, sama seperti TRD Sportivo

Sama dengan TRD Sportivo, eksterior samping Toyota New Yaris 1.5G A/T mendapatkan velg 16 inci dengan ban Bridgestone Turanza 195/50 R16. Lampu sen juga masih diletakkan di fender, bukan di bagian spion. Menariknya, New Yaris bisa saja disebut dengan All New Yaris dikarenakan garis bodi yang mendapatkan perubahan cukup signifikan, yaitu bagian belakang yang sedikit melengkung dibandingkan generasi sebelumnya yang lurus.

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Eksterior belakang

Gambar yang menunjukan lampu belakang Toyota New Yaris 1.5G A/TGambar yang menunjukan bagian belakang Toyota New Yaris 1.5G A/T

Bagian belakang Toyota New Yaris 1.5G A/T

Beralih ke eksterior belakang Toyota New Yaris 1.5G A/T dimana bumper belakang terlihat simpel dan polos dibandingkan TRD Sportivo. Dibekali reflektor sipit, diffuser beraksen krom, rear wiper serta rear defogger di jendela belakang ditambah antena sirip hiu pada bagian atas. Lampu rem yang menyala hanya bagian luar rear stop lamp yang ditanam di bodi samping. Ada logo G yang menjadi pembeda dengan varian lainnya serta dua titik sensor parkir.

>>> Dapatkan review Toyota lainnya di sini:

3. INTERIOR TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Jika dibandingkan dengan tipe lainnya, kecuali TRD Sportivo tentunya, interior Toyota New 1.5G A/T masih memberikan bagian dalam yang menawan dan dipenuhi dengan berbagai fitur menarik. Namun sayangnya, Toyota masih belum berbaik hati memberikan fitur yang sama dengan TRD Sportivo. Masih banyak fitur yang dihilangkan, tetapi tentu saja sedikit lebih banyak dibandingkan varian E yang menjadi varian terendah dari Yaris di Indonesia.

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Dasbor

Gambar yang menunjukan dasbor Toyota New Yaris 1.5G A/T

Dasbor menyimpan beberapa pembaruan

Dasbor masih hard plastic dengan finishing berwarna silver. Head Unit pada dasbor Toyota New Yaris 1.5G A/T berupa monitor yang sudah memiliki beberapa fitur infotainment, seperti radio, Bluetooth, hingga USB. Meskipun tidak ada fitur canggih seperti yang kita temukan pada TRD Sportivo.

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Kemudi

Gambar yang menunjukan kemudi Toyota New Yaris 1.5G A/T

Dasbor dan kemudi Toyota New Yaris 1.5G A/T

Salah satu perbedaan kemudi Toyota New Yaris 1.5G A/T dengan TRD Sportivo adalah tidak adanya paddle shift dan varian G yang masih menggunakan kunci manual. Jadi tidak ada start/stop engine. Selain itu, terlihat tidak ada yang membedakan keduanya. Kemudi masih polos tanpa ada tombol pengaturan pada sisi jempol kiri dan kanan tetapi SRS airbag pada bagian tengah kemudi. Speedometer terlihat berbeda tapi sayang sekali, MID varian G masih belum full color.

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Kursi

Gambar yang menunjukan kursi Toyota New Yaris 1.5G A/T

Tampilan kursi Toyota New Yaris 1.5G A/T dibuat lebih nyaman

Seperti yang ditampilkan pada varian lainnya, versi facelift dari kursi Toyota New Yaris 1.5G A/T dibuat lebih lega untuk kenyamanan berkendara penumpang di baris kedua. Namun belum ada akomodasi selain seatback pocket pada kursi penumpang depan ditambah masih belum ada armrest untuk baris kedua. Setidaknya, varian G masih menggunakan fitur ISOFIX untuk membawa kursi bayi demi keselamatan anak-anak Anda selama berkendara.

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Bagasi

Gambar yang menunjukan bagasi Toyota New Yaris 1.5G A/T

Bagasi Toyota New Yaris 1.5G A/T yang cukup luas

Bagasi masih cukup luas, dengan kapasitas total tercatat 441 liter. Itu pun sebelum kursi baris kedua dilipat. Untuk memudahkan Anda dalam mencari barang di malam hari, terdapat lampu pada bagasi Toyota New Yaris 1.5G A/T. Dan seperti kebanyakan city car lainnya, Toyota menyimpan ban serep untuk keadaan yang tak diinginkan di bawah bagasi New Yaris.

>>> Silahkan baca juga:

4. FITUR TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Dibalik semua kenyamanan interior, fitur Toyota New Yaris 1.5G A/T menggabungkan konsep city car dengan sport car dengan pengendaraan yang mumpuni. Dilengkapi dengan sistem pendingin auto double blower yang tidak dipasang pada varian dibawahnya, sistem akan memberikan kesejukan maksimal bagi penumpang di dalam kabin selama perjalanan.

Untuk sistem infotainment juga tak perlu diragukan. Toyota sudah memberikan hiburan multimedia dengan layar LCD pada dasbor dipadukan dengan sistem audio berkualitas Toyota. Khusus tipe G dan TRD Sportivo, sistem infotainment dilengkapi dengan iPod ready, miracast, weblink, konektivitas internet, serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone.

Gambar yang menunjukan sensor Toyota New Yaris 1.5G A/T

Toyota New Yaris 1.5G A/T dilengkapi dengan dua titik sensor parkir

Review Toyota New Yaris 1.5G A/T: Fitur Keselamatan Aktif

Tak berbeda dengan kendaraan baru lainnya, Toyota juga menanamkan beberapa tambahan fitur keselamatan aktif Toyota All New Yaris 1.5G A/T menjaga pengemudi dan penumpang dari cedera parah ketika terjadi kecelakaan. Sistem keselamatan Yaris 1.5G diantara lain dual airbag dengan total 7 airbag di sekeliling kabin, alarm mobil ditambah sensor parkir yang sudah diberikan pada beberapa kendaraan baru Toyota lainnya.

5. OPERASI TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Dengan harga yang lebih murah dari TRD Sportivo, sistem operasi Toyota All New Yaris 1.5G A/T telah menggunakan sistem transmisi automatic 7 percepatan yang lebih nyaman dioperasikan. Dengan mesin berkapasitas 1.497 cc 1.5L DOHC, New Yaris 1.5G mampu memberikan tenaga 107 daya kuda pada putaran 6000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 141 Nm di 4200 rpm.

6. SPESIFIKASI TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Dilansir dari laman resmi Toyota di Indonesia, berikut spesifikasi Toyota All New Yaris 1.5G A/T yang bisa Anda dapatkan.

Dimensi Toyota All New Yaris 1.5G A/T

Panjang x Lebar x Tinggi

4.145 mm x 1.700 mm x 1.475 mm

Jarak Sumbu Roda

2.550 mm

Berat

1.055 kg

Tempat Duduk

5 Kursi

Mesin Toyota All New Yaris 1.5G A/T

Tipe Mesin

2NR-FE 4 Silinder DOHC 1.5L Dual VVT-i

Kapasitas Mesin

1.497 cc

Tenaga Maksimal

107 dk @ 6000 rpm

Torsi Maksimal

141 Nm @ 4200 rpm

Transmisi

CVT 4 Kecepatan

Steering Gear

Rack & Pinion

Kaki-Kaki Toyota All New Yaris 1.5G A/T

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drums

Velg

Alloy 16 inci

Ban

195/50 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Dilihat dari kelebihan dan kekurangan Toyota New Yaris 1.5G A/T di bawah ini, bisa dibilang mobil ini masih tertinggal dibandingkan TRD Sportivo.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan lebih segar dibandingkan versi sebelum facelift

Semua fitur dan teknologi dibuat lebih rendah dibandingkan TRD Sportivo

Fitur dan teknologi lebih baik daripada varian terendah, varian E

Terlalu tanggung untuk membeli varian G dibandingkan TRD Sportivo yang hanya berbeda beberapa juta

Kabin yang lebih lapang

Akselerasi pada putaran tinggi kurang

8. DAFTAR HARGA TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Jika dibandingkan dengan varian lain dalam lini produk Yaris, harga Toyota All New Yaris 1.5G A/T merupakan yang tertinggi, tetapi masih dibawa varian TRD Sportivo. Dilansir dari situs resmi Toyota, untuk harga OTR Jabodetabek, Anda bisa mendapatkan mobil mungil ini dengan membayar Rp 245,8 jutaan per 1 Oktober. Hanya Rp 10 juta dibawah varian TRD Sportivo M/T.

9. VIDEO TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Dengan pembaruan yang dilakukan oleh Yaris 2018 ini, berikut video Toyota New Yaris 1.5G A/T yang diunggah oleh Toyota Indonesia dalam laman YouTube mereka.

10. KESIMPULAN TOYOTA NEW YARIS 1.5G AT 2018

Memang, jika dilihat dari luar, Toyota masih memberikan berbagai tampilan menawan nan sporty untuk eksterior luar Toyota New Yaris 1.5G A/T. Masalahnya, sebagai varian menengah, varian G terlihat masih polos jika dibandingkan dengan TRD Sportivo yang menjadi petinggi Yaris di Indonesia saat ini. Terlebih jika kita melihat pada fitur dan teknologi yang disematkan Toyota, perbedaan yang dirasakan cukup signifikan dengan beda harga dari TRD Sportivo hanya sekitar Rp 10 jutaan.

Gambar yang menunjukan warna baru Toyota New Yaris 1.5G A/T

Toyota New Yaris 1.5G mendapatkan berbagai warna pilihan

Namun pada akhirnya, Toyota New Yaris 1.5G A/T memang memberikan berbagai kemudahan dibandingkan varian terendah dari Yaris, tetapi dengan perbedaan harga yang tidak terlalu besar dibandingkan varian tertinggi, pilihan tergantung pada Anda.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.