Review Toyota Vios 1.5 2003: Mobil Sedan Harga Terjangkau Dan Irit BBM

24/08/2020| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA VIOS 1.5 2003

Review Toyota Vios 1.5 2003 – Mobil ini pertama kali adalah sebuah kendaraan kompak yang diboyong Toyota sejak tahun 2002 untuk pasar Asia-Pasifik. Adapun generasi pertama yang dihadirkan di Indonesia adalah Vios 1.5 2003. Untuk nama dari Vios asalnya dari bahasa latin yaitu “Vio” yang mempunyai makna “melangkah ke depan”. Hingga saat ini di Indonesia telah masuk pada generasi ketiga.

Vios gen pertama masuk dalam segmen kendaraan sedan menengah yang mempunyai dimensi yang kompak. Alhasil mobil ini dapat digunakan untuk melintasi padatnya jalan perkotaan. Perlu diketahui, di Tanah Air mobil bekas Vios masih cukup banyak dilirik. Salah satu faktornya adalah sparepartnya yang mudah untuk didapatkan. Untuk Toyota Vios 2003 saat ini mempunyai harga yang terjangkau.

2. EKSTERIOR TOYOTA VIOS 1.5 2003

Review Toyota Vios 1.5 2003: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Vios 1.5 2003

Lampu kabut masih model panjang khas jaman dulu

Toyota memiliki desain dan tampilan yang segar dibandingkan pendahulunya yakni Soluna. Panjangnya adalah 4.4 meter yang mempunyai bonet yang terlihat panjang sehingga tampilannya lebih eksklusif. Di bagian grille depan menggunakan desain sederhana dan polos. Di bagian bumpernya telah diberikan lampu kabut untuk mendukung pengemudian di jalanan berkabut. Untuk tampilan lampu kabut terlihat kuno dan di tahun 2005 mendapatkan revisi saat facelift.

Review Toyota Vios 1.5 2003: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Vios 1.5 2003

krom ditempatkan pada gagang pintu untuk membuat kesan premium

Menuju ke bagian samping, ground clearance yang dimiliki adalah 143 mm. Untuk desainnya tampak polos dan tidak terdapat guratan yang tajam. Tidak dipungkiri, untuk desain yang ditawarkan adalah minimalis jadi untuk bagian ini hanya terdapat side moulding yang warnanya dibuat sama dengan bodi mobil bagian samping. Untuk memberikan kesan premium diberikan aksen chrome pada gagang pintu.

Review Toyota Vios 1.5 2003: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Vios 1.5 2003

Bagian lampu belakang tampak menarik dengan kombinasi warna merah dan putih

Menuju ke sektor belakang, pada lampu belakang didesain bening dipadukan dengan lampu rem yang memakai warna merah. Sementara desain polos juga masih terasa di bagian pintu bagasinya dari ducktail yang terbilang tipis. Terdapat pula emblem vios yang ditempatkan di bagian kanan dan untuk logo tipe ditempatkan pada sisi kiri. Emblem tersebut dipadukan dengan penggunaan gagang pintu yang berwarna chrome. Untuk bumper di desain polos dan tidak terlalu banyak lekukan karena hanya ada sedikit saja yang terdapat di atas knalpot mobil.

3. INTERIOR TOYOTA VIOS 1.5 2003

Review Toyota Vios 1.5 2003: Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Vios 1.5 2003

Tampak speedometer ditempatkan di bagian tengah dashboard

Di bagian dashboard tampak standar dengan mengandalkan bahan plastik keras. Sebagai mobil keluaran tahun 2000-an jangan terlalu berharap sudah memakai layar sentuh atau serba digital. Untuk yang digital hanya diberikan pada Vios tipe G saja. Sementera  head unit menggunakan 2DIN dengan aksen silver berpadu dengan ruang penyimpangan yang terdapat di bagian konsol tengahnya.

Meskipun begitu, terdapat keunikan di dalam mobil sedan Toyota ini, yakni penempatan speedometer di bagian tengah dashboard. Hal tersebut membuatnya tampak simetris, bahkan desain tersebut dipertahankan sampai Vios generasi kedua yang dihadirkan pada tahun 2008-2014.

Pada bagian kemudi mobil menggunakan palang 3 dan tampak polos. Belum diberikan balutan kulit ataupun tombol multi fungsi. Adapula ciri khas kendaraan yakni adanya logo Toyota di bagian tengah kemudinya dengan menggunakan aksen perak.

Review Toyota Vios 1.5 2003: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Vios 1.5 2003

Jok mobil nyaman meskipun belum ada tambahan fitur di bagian ini

Pada bagian kursi Toyota Vios 1.5 2003 belum diberikan fitur apapun. Meskipun begitu jok mobil tetap nyaman diduduki dipadukan dengan ruang kepala dan kaki yang lapang. Untuk kursi belakang dapat direbahkan sedikit sehingga saat menempuh perjalanan dalam waktu lama masih terasa nyaman.

Review Toyota Vios 1.5 2003: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Vios 1.5 2003

Bagasi cukup luas layaknya mobil sedan lain

Sebagai sebuah mobil sedan, bagasi yang dimiliki cukup praktis. Sama halnya dengan kendaraan sedan umumnya, lokasi bagasi mobil praktis karena tidak mengganggu penumpang di dalamnya. Bagasi mobil ini dapat diisi tas ukuran besar.

4. FITUR TOYOTA VIOS 1.5 2003

Menuju ke bagian fitur hiburan Toyota Vios 1.5 2003, mobil ini masuk dalam segmen menengah yang menjadikan fiturnya mempunyai daya tarik tersendiri. Di dalam mobil Toyota ini terdapat pengaturan yang masih mengandalkan tombol konvensional dan juga analog. Untuk bagian head unit diberikan 2DIN yang dapat dipakai untuk mengoperasikan radio AM/FM dan CD/DVD. Selain itu, diberikan pula pengaturan AC model analog dan untuk tipe G sudah menggunakan speedometer digital. Fitur lain yang diberikan adalah power window dan tachometer.

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Vios 1.5 2003

Fitur kurang lengkap jika dilihat secara menyeluruh

Dilanjutkan dengan fitur keselamatan, yang mana Toyota memberikannya cukup minim. Mobil sedan ini hanya diberikan sistem pengereman ABS yang bisa bermanfaat bagi pengemudi saat melaju di jalanan yang licin.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota Vios

5. OPERASI TOYOTA VIOS 1.5 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Vios 1.5 2003

Dengan sistem injeksi membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit

Menuju soal performa mesin Toyota Vios 1.5 2003 yang diberikan adalah 1NZ-FE 4 silinder dengan kapasitas 1.5 L berpadu 16 katup menggunakan teknologi DOHC. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 108 Ps dan torsi puncaknya adalah 142 Nm. Pada sistem transmisinya terdapat 2 varian diantara 2 varian yang dimiliki. Untuk Vios E menggunakan transmisi 5 speed manual dan Vios G terdapat pilihan manual 5 speed dan 4 speed otomatis. Mobil Vios 2003 memiliki keunggulan soal bahan bakar yakni keiritannya karena menggunakan sistem injeksi BBM.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

6. SPESIFIKASI TOYOTA VIOS 1.5 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Vios 2003:

DIMENSI

Panjang

4.285 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.450 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

Ground Clearance

143 mm

MESIN

Tipe Mesin

1NZ-FE 1.5L 4-silinder segaris DOHC 16 katup

Tenaga Maksimal

108 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

142 Nm @ 4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Transmisi

5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kapasitas Silinder

1.496 cc

KAKI-KAKI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Stabilizer

Suspensi Belakang

Rigid Axle ETA Beam with Stabilizer

Ban

175/65 R14

Velg

14 inci alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA VIOS 1.5 2003

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Vios 1.5 2003 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki durabilitas yang tinggi

Suspensi membutuhkan perhatian yang lebih karena ringkih

Mesin yang diberikan terbilang sangat responsif

Tenaga yang diberikan pada mobil sedan Toyota tidak terlalu besar

Berkat sistem injeksi bahan bakar membuat konsumsi bahan bakar jadi irit

Tampilan interior terlihat biasa saja

Mudah dalam mencari suku cadang saat akan melakukan penggantian

Fitur yang diberikan kurang lengkap

8. DAFTAR HARGA TOYOTA VIOS 1.5 2003

Mesin dan bodi yang dimiliki salah satu Sedan Toyota ini terbilang tangguh. Alhasil mobil ini masih banyak dicari oleh konsumen. Untuk harga Toyota Vios 1.5 2003 dalam kondisi bekas berkisar antara Rp. 50 juta sampai Rp. 55 jutaan. Kalau ingin yang lebih muda bisa memilih keluaran tahun 2005 yang harganya berkisar antara Rp. 80 juta sampai Rp. 85 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA VIOS 1.5 2003

10. KESIMPULAN TOYOTA VIOS 1.5 2003

Mobil Toyota Vios 1.5 2003 masih bisa menjadi pertimbangan bagi masyarakat yang ingin mobil sedan harga terjangkau dan hemat BBM. Handling yang dimiliki juga nyaman dan sampai saat ini mobil ini masuk cukup popular. Memang saat membeli mobil ini perlu menyiapkan budget tambahan untuk perawatan karena usianya sudah lebih 10 tahun. Meskipun begitu, dengan harga yang terjangkau membuatnya bisa dijadikan pilihan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International