Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

30/06/2020| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 – Mobil ini merupakan sebuah SUV masuk Indonesia dengan melalui impor dari negara Jepang secara langsung. Memang di Tanah Air penjualannya tidak dilakukan secara resmi, akan tetapi untuk mesinnya mempunyai tenaga yang mumpuni dan di masanya fitur yang diberikan tergolong canggih. Yang menarik adalah, sampai saat ini fiturnya mesin tidak kalah.

Perlu diketahui, bahwa mobil besutan Toyota ini pemasarannya dilakukan sejak tahun 2009. Bahkan di pasaran mobil bekas, harganya masih terbilang tinggi. Rasa berkendara di medan offroad juga mengesankan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya di bawah ini :

2. EKSTERIOR TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Ketangguhan tampak dari bagian depan kendaraan

Di bagian depan menggunakan grille ukuran besar berlapis krom sehingga tampak maskulin. Selain itu untuk lampu yang dipakai telah menggunakan teknologi proyektor pada bagian low beam dan pada high beam masih menggunakan halogen. Tampilan depan juga masih mempunyai spion tanduk  yang dapat digunakan untuk melihat sekitar saat melaju di jalan yang cukup sempit.

Berlanjut ke bagian bawah, pada bumpernya masih sedikit aksen yang diberikan. Namun telah diberikan fog lamp yang dapat digunakan untuk melintasi jalanan yang berkabut. Untuk mempermudah melewati medan kasar, mobil ini telah dibekali dengan skid plate yang mempunyai warna sama dengan bodi mobil.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Tampak samping nampak bongsor dengan ground clearance cukup tinggi

Menuju ke bagian samping, ketangguhan terpancar pada sektor ini. Hal tersebut berkat penggunaan ground clearance yang tinggi yakni 220 cm dipadukan dengan dimensi mobil yang bongsor. Sementara untuk atapnya telah diberikan roof rail yang bisa menjadikan tampilannya lebih sporty. Menariknya adalah di kala itu pihak Toyota sudah memberikan spion dengan dibekali lampu sein dan lekukan diagonal pada bagian jendela belakang.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Sasis belakang masih tampak biasa saja

Menuju ke sektor belakang, masih terkesan biasa dan tidak terlalu banyak ubahan. Untuk lampu mundur pakai bohlam, sedangkan di bagian lampu rem lebih baik karena sudah menggunakan teknologi LED. Kemudian untuk bagian tengah terdapat emblem Land Cruiser Prado dan juga ada aksen chrome.

Jendela belakang dapat dibuka sehingga lebih praktis ketika akan memasukkan atau mengambil barang bawaan di bagasi mobil seperti tas dan lainnya. Hanya saja bukaan pintu belum menggunakan pengaturan otomatis.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Dashboard sudah sangat menarik di zamannya

Dashboard yang dimiliki mempunyai panel soft touch yang cukup banyak. Penggunaan bahan material keras tergolong sedikit. Sementara bagi pemilik yang melakukan impor dari Jepang maka akan mendapatkan head unit yang pengoperasiannya menggunakan bahasa Jepang. Sehingga untuk mengakalinya bisa menggantinya dengan produk aftermarket.

Di bagian dashboardnya terdapat pengaturan AC digital dipadukan dengan kompartemen yang besar. Untuk tambahan penyimpanan di baris pertama ini, pada bagian konsol tengah diberikan armrest dan cup holder dan ada juga soket 12 volt.

Untuk kemudi masih di desain polos dengan menggunakan 4 palang dan terdapat aksen warna silver. Di bagian depannya dibekali dengan kluster infotainment yang bisa memberikan informasi kepada pengendara berupa konsumsi rata-rata, konsumsi bahan bakar real time, speedometer sampai tachometer.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok baris kedua mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Jok mobil baris kedua cukup nyaman

Menuju ke bagian kursi, untuk baris kedua mempunyai kelegaan pada ruang kaki dan kepala yang terbilang kurang. Tidak hanya itu saja, adanya pengaturan sunroof menjadikannya kurang begitu maksimal dan atapnya tampak lebih gendut. Meskipun begitu soal kenyamanan tetap terasa. Bahkan di bagian tengah diberikan armrest dan juga cup holder.

Untuk menuju baris ketiga mobil ini mempunyai one touch tumble, yang mana kursi dapat dilipat untuk baris ketiga. Kenyamanan baris ketiga masih kurang bila diduduki oleh orang dewasa, apalagi saat jok baris kedua dimundurkan sampai mentok. Namun bila diduduki oleh anak-anak yang berumur di bawah 10 tahun terbilang masih nyaman.

Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Bagasi luas bila jok belakang dilipat

Bagasi mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 sebenarnya tidak cukup besar karena hanya dapat digunakan untuk memasukkan tas ukuran kecil. Namun biasa menambahnya dengan melakukan perebahan pada kursi baris ketiga yang sudah bisa dilakukan dengan sistem elektris. Untuk bukaan pintu masih menggunakan model menyamping dan di pintu bagasinya ada tempat untuk menempatkan toolkit.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Fitur Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 pada varian menengah memang ada yang dikurangi seperti kamera depan. Untuk varian tertinggi memang dapat ditemukan fitur tersebut. Hanya saja agar tetap memberikan kenyamanan di dalam kabin diberikan sunroof yang dapat dibuka.

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Head unit bawaan menggunakan bahasa Jepang

Sedangkan head unitnya dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM dan music. Sedangkan fitur lain yang diberikan adalah AC Dual Zone dan socket 12 volt untuk penumpang yang duduk di baris kedua. Sementara untuk melipat kursi baris ketiga sudah menggunakan sistem elektris.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota Land Cruiser

5. OPERASI TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Pada bagian mesin menggunakan 1.7 L 2TR FE 4 silinder segaris. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 161 dk dengan torsinya mencapai 350 Nm. Tenaga dan torsi disalurkan menuki semua roda dengan mengandalkan transmisi otomatis 4 speed. Memang performanya terbilang sangat mumpuni, hanya saja soal bahan bakar cukup boros.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010

Mesin bertenaga tapi boros bahan bakar

Mengandalkan sistem penggerak semua roda atau all wheel drive, mobil ini siap digunakan untuk melewati segala medan dan juga jalanan off road. Di bagian dashboardnya terdapat sistem penggerak yang dapat dipilih dengan mengandalkan transfer case mekanik yang bisa disesuaikan dengan medan jalan dan juga kebutuhan.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

6. SPESIFIKASI TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 :

DIMENSI

Panjang

4.760 mm

Lebar

1.885 mm

Tinggi

1.845 mm

Ground Clearance

220 mm

Jarak Poros Roda

2.790 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.7L 2TR-FE 4-silinder segaris

Transmisi

Otomatis 4-percepatan

Sistem Penggerak

All-wheel drive

Kapasitas Silinder

2.693 cc

Tenaga Maksimal

163 PS @ 5.200 rpm

Torsi Maksimal

350 Nm @ 3.800 rpm

KAKI-KAKI

Ukuran Ban

265/65 R17

Suspensi Depan

Rigid with Coil Spring

Suspensi Belakang

Rigid Axle with Coil Spring

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai performa yang mumpuni siap untuk digunakan di segala medan

Head unit bawaan menggunakan bahasa asalnya yakni Jepang

Ground clearance tinggi sehingga akan lebih aman dan nyaman saat melewati jalanan yang kurang baik

Konsumsi bahan bakarnya boros meskipun tenaga yang dihasilkan sangat mumpuni

Untuk eksteriornya long lasting

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Mobil SUV Toyota satu ini memang cukup tangguh dan juga gagah. Untuk harga barunya dulu adalah Rp. 2,1 miliar sehingga masuk dalam kelas kendaraan premium. Untuk harga Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 dalam kondisi bekas ternyata sudah turun drastis karena sekitar Rp. 460 juta sampai Rp, 470 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

10. KESIMPULAN TOYOTA LAND CRUISER PRADO J150 2010

Mobil Toyota Land Cruiser Prado J150 2010 mempunyai mesin bertenaga. Namun bila melihat harga hampir Rp. 500 jutaan sebenarnya masih banyak pilihan lain, bahkan bisa untuk membeli mobil dalam kondisi baru. Namun mobil SUV Toyota satu ini mempunyai pesona tersendiri sehingga bisa dijadikan salah satu pertimbangan. Apalagi saat digunakan di jalanan yang tidak rata atau bergelombang, mobil SUV satu ini bisa diandalkan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International