Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

22/05/2020| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Review Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 – Mobil bekas menjadi salah satu alternatif bagi seseorang yang ingin mempunyai sebuah kendaraan namun budget yang dimiliki pas-pasan. Nah baru-baru ini terdapat kendaraan bekas yang sedang ngehits dan merupakan bekas armada taksi yaitu Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013.

Mobil besutan Toyota satu ini masuk dalam segmen sedan kompak yang penjualannya dilakukan oleh perusahaan taksi Express. Mobil bekas ini ngetop dadakan di Indonesia, bahkan untuk membelinya serasa beli motor baru. Bagaimana tidak? harga mobil bekas eks-Taksi ini adalah Rp. 33 jutaan dengan kondisi mobil masih menggunakan plat kuning, stiker khas taksi dan juga masih terdapat mahkota dengan tulisan TAKSI.

Apabila melihat sejarah, mobil besutan Toyota satu ini dihadirkan oleh pihak PT Toyota Astra Motor yang dikhususkan untuk dipakai sebagai armada taksi. Terdapat hal yang kurang pada mobil Etios Liva ini, jadi banyak yang tidak minat dengan mobil ini karena kabin belakang tergolong sempit. Namun hal tersebut cukup maklum, karena memang mobil ini adalah sebuah sedang kompak yang mempunyai dimensi tidak lebih besar dari Toyota Vios tipe J (Limo).

2. EKSTERIOR TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Review Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Bagian Depan

gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 dan samping kiri

Tampilan depan terlihat polos dan minim lekukan tajam

Pembahasan diawali dari bagian depan, yang mana jika dilihat cukup mirip dengan model Hatchback nya. Perbedaannya terletak pada bagian foglamp yang memang belum disematkan. Sementara grille yang digunakan masih terlihat polos, hanya terdapat logo Toyota di bagian tengahnya. Pada bagian headlamp mempunyai ukuran yang cukup besar. Bagian depannya ini juga masih tampak polos dan minim lekukan yang tajam.

Review Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013

Perbedaan warna di bagian samping adalah pada handle pintu

Menuju ke bagian samping Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013. Di bagian ini akan terlihat jelas perbedaannya antara model sedan dengan hatchback.  Hal tersebut tampak dari segi dimensinya, panjang model sedan lebih 594 mm dibanding model Hatchback. Sementara pada wheelbase nya juga nambah 90 mm. Berkat hal tersebut bagasinya menjadi lebih lega, namun masih menggunakan model kaleng pada pelek yang digunakan.

Bahkan saat melihatnya dari samping juga tampak kemulusannya dengan pembeda handle pintu yang menggunakan warna berbeda. Terdapat garis yang menonjol di bagian bawah jendela mobil dari ujung pintu bagian depan hingga belakang. Ditambah lagi pada bagian bawah sedikit lekukan yang menjadikan mobil ini memiliki sedikit tampilan sporty.

Review Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013

Sisi belakang juga tampak polos

Saat melihat bagian belakang maka akan nampak buntut bagasi yang cukup mendominasi. Hal tersebut wajar mengingat mobil ini masuk dalam segmen sedan. Untuk kapasitas bagasinya adalah 592 liter yang terdapat perbedaan dengan model Hatchback sebesar 341 liter. Kalau bentuk stoplampnya nampak seperti segitiga dengan ujung yang tidak lancip. Hanya saja untuk membuka bagasi belakang perlu mengandalkan anak kunci dan pemilik juga perlu mengangkatnya sedikit ke atas agar dapat terbuka.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Review Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Menuju ke bagian dashboard Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013. Dari segi tampilan memang sama dengan dashboard yang diberikan pada model Hatchbacknya,  dengan penggunaan 4 buah kisi-kisi AC mobil pada bagian depan yang siap memberikan kenyamanan ke seluruh bagian kabin mobil. Untuk kondisi standar, mobil ini belum dibekali perangkat audio ataupun speakernya, karena memang mobil ini ditujukan untuk kebutuhan fleet.

Gambar ini menunjukkan dashboard Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013

Tampilan dashboard sama dengan versi Hatchbacknya

Pada bagian kemudi desainnya sama dengan model Hatchback yaitu dengan mengandalkan palang 3 dengan model yang kecil sehingga menjadikan tampilannya tampak sporty. Untuk bahan yang digunakan adalah campuran plastik dan polyurethane yang membuatnya tidak licin pada saat digenggam. Belum ada tombol seperti cruise control ataupun pengatur audio pada kemudinya.

Review Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Bagian Kursi

Sebagai sebuah mobil sedan dapat digunakan untuk membawa 5 penumpang. Akan tetapi untuk ruang kabinnya dibandingkan Limo lebih sempit, bahkan pada baris belakang kurang begitu lega. Ditambah lagi pada bagian jok belakang posisinya kurang fleksibel, hal tersebut disebabkan tidak dapat diatur sudut kerebahan sandarannya. Begitupun pada headrest yang ketinggiannya tidak dapat diatur.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Gambar ini menunjukkan panel instrumen Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013

Tampilan pada panel instrumen cukup lengkap

Sebagai mobil untuk armada taksi, Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 terbilang minim akan fitur. Hal tersebut tampak pada dashboard yang belum ada fitur audio yang diberikan. Adapun fitur yang terdapat pada mobil besutan Toyota ini adalah panel instrumen yang ditempatkan di dashboard bagian tengah. Bagian ini mempunyai tampilan yang terbilang lengkap dan mudah dipantau seperti speedometer, tachometer, odometer dan fuel meter.

Untuk memberikan kenyamanan di dalam mobil pihak Toyota memberikan AC dengan pengaturan yang terbilang lengkap. Hal tersebut tampak dengan angin yang disemburkan ke bagian badan, kaki dan kedua bagian tersebut.

Gambar ini menunjukkan sasis monokok Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013

Rangka monokok menjadi salah satu penunjang keselamatan

Sedangkan untuk menunjang keselamatan, pihak Toyota dibekali dengan fitur side impact beam  yang bisa menahan benturan yang berasal dari arah samping. Ditambah lagi penggunaan rangka monokok, alhasil saat terjadi kecelakaan maka energi benturan akan diserap.

>>> Pasar Otomotif Menurun, Ini Strategi Toyota Dongkrak Penjualan

5. OPERASI TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013

Mesin yang diberikan terkenal bandel dan hemat BBM

Menuju ke sektor performa, mesin Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 yang digunakan berkodekan 2NR-FE. Mesin tersebut sama dengan milik Avanza, Sienta, Yaris dan Vios. Hanya saja, untuk unit kali ini menggunakan mesin 2NR dengan kapasitas 1.500 cc dengan 4 silinder yang merupakan era pengembangan awal. Yang mana pada katup variabel yang digunakan sudah Dual VVT-i. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 85,6 Hp/ 5.600 Rpm dan torsi puncak yang didapatkan adalah 132 Nm/ 4.000 Rpm. Tenaga mesin disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan sistem transmisi manual 5-speed.

Dari segi bobot dibandingkan Limo, Etios sedan lebih ringan. Sehingga akselerasi yang dihasilkan lebih menyenangkan, ditambah lagi dengan kombinasi irit bahan bakar. Menjadikan mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 bisa dijadikan salah satu pilihan terutama saat ingin digunakan di dalam kota.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

6. SPESIFIKASI TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013:

DIMENSI

Panjang

4.369 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.510 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 4 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 45 Liter

 Jarak Sumbu Roda

 2.550 mm

MESIN

Tipe

2NR-FE, 4 Silinder Segaris, non VVT-i

Tenaga Maksimum

 88,5 Hp (90 Ps) @ 5.600 Rpm

 Torsi Maksimum

 132 Nm (18,7 Kgm) @ 4.000 rpm

Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)

 Kapasitas Silinder

 1,496 cc

 Bore X Stroke

 72,5 mm X 90,6 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Tingkat Percepatan, Penggerak Roda Depan

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Torsion Beam

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, A Segment

Sistem Kemudi

 Electronic Power Steering

Pelek

 Alloy, 14 Inch

Jenis Ban

 Radial, 175/70R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin besutan Toyota yang digunakan sudah terbukti akan ketangguhannya

Populasi mobil Toyota Liva ini terbilang langka

Mempunyai konsumsi bahan bakar yang hemat

Mempunyai kabin yang sempit terutama di bagian penumpang belakang

Harga yang diberikan lebih murah, apalagi dalam kondisi bahan

Belum diberikan fitur ABS dan EBD yang merupakan sistem keselamatan aktif

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Dari segi harga memang terbilang murah karena harga mobil besutan Toyota satu ini seharga sepeda motor. Dengan dana Rp. 33 juta sudah mendapatkan mobil Toyota Etios Liva namun dalam kondisi bahan. Dalam hal ini maksud dari kondisi bahan yaitu plat nomor masih kuning serta belum dilengkapi dengan pelepasan aset dan kondisi masih apa adanya. Kalau soal jarak tempuh bervariasi, dari 30 km sampai 100 km.

Namun perlu diketahui bahwa mobil Toyota Etios Liva 2013 yang masih dalam kondisi bahan telah terjual semua. Dari pihak Pool Taksi Express yang melakukan kerjasama dengan pedagang mobkas stoknya telah habi. Akan tetapi Sobat masih bisa mendapatkan mobil Etios jenis sedan yang sudah dilakukan peremajaan. Alhasil harga Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 mulai Rp. 45 juta sampai Rp. 55 jutaan. Dengan peremajaan yang dilakukan mobil sudah siap digunakan.

9. VIDEO TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

10. KESIMPULAN TOYOTA ETIOS LIVA EX-TAKSI 2013

Bagi Sobat yang mempunyai budget di bawah Rp. 60 jutaan, tidak ada salahnya memasukkan mobil ini sebagai calon teman perjalanan. Mungkin bisa beli baru dengan mengandalkan sistem kredit, namun jika tidak ingin terbebani setoran bulanan bisa memilih Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013. Mobil bekas Etios dalam kondisi sudah jadi memang harganya berbeda dengan masih bahan, namun pikiran bisa lebih lega karena masalah pada mobil bekas taksi sebagian besar telah diperbaiki dan sudah siap digunakan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Mumpuni

    17/07/2020| Abdul

    Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Mumpuni

    Mobil sedan menjadi salah satu segmen kendaraan yang cukup diminati oleh kalangan anak muda. Bahkan untuk kendaraan pribadi biasanya memilih segmen ini. Meskipun kapasitas penumpangnya terbilang sedikit namun tetap nyaman saat digunakan beraktifitas. Pada momen kali ini kami akan memberikan informasi mengenai review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015.

  • Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

    30/06/2020| Abdul

    Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

    Mobil besutan Toyota yang kita bahas ini adalah keluaran 2010 dan masuk dalam segmen SUV. Mobil tangguh ini siap digunakan untuk menerjang segala medan serta dibekali dengan teknologi canggih saat diluncurkan. Berikut kali ini kami berikan review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010.

  • Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    22/05/2020| Abdul

    Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    Sebuah mobil sedan dengan harga terjangkau dan dapat digunakan di perkotaan ataupun luar kota. Disamping itu, mobil yang akan kita bahas kali ini besutan Toyota yang merupakan sebuah produsen mobil ternama terutama di Indonesia. Berikut ulasan spesifikasi Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013.

International