Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Mumpuni

17/07/2020| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 – Jika membicarakan soal kendaraan hybrid, pada tahun 1997 Toyota telah melakukan pengenalan teknologinya yang disematkan pada Toyota Prius. Sehingga Toyota menjadi pionir dari teknologi mesin hybrid. Alhasil jenis teknologi tersebut sampai saat ini masih diterima di pasaran otomotif dunia.

Perlu diketahui, bahwa Camry Hybrid telah diproduksi pada tahun 2012. Kemudian untuk kedatangannya di pasar Indonesia setahun setelahnya yakni 2013. Kehadiran mobil ini menggantikan Camry tipe Q yang dibekali dengan mesin V6 yang mempunyai kapasitas 3.500 cc. Untuk Camry Hybrid 2015 merupakan versi facelift.

2. EKSTERIOR TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Desain grille seperti mengikuti desain lampu

Bagian depan dibekali dengan grille yang didesain menyipit. Yang mana bentuknya mengikuti desain yang dimiliki headlampnya. Jadi tampilannya seakan terlihat menyatu  dengan adanya tarikan garis pada bagian grille. Memang tampak berbeda dengan model Camry Hybrid sebelumnya, untuk lampu sein juga ada perubahan yaitu penempatannya dipisah dengan lampu utama tepatnya di bagian bumper.

Headlamp yang digunakan mengandalkan bohlam jenis LED sehingga dapat emancarkan cahaya putih yang terang dan hemat daya. Hanya saja untuk fog lamp masih menggunakan halogen.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 putih

Dilihat secara umum tidak terlalu berbeda dengan model sebelumnya

Menuju ke sektor samping, tampilan hybrid tampak terasa dengan penggunaan pelek multi spoke. Selain itu, di bagian ini juga terdapat emblem Hybrid yang ditempatkan di bagian spakbor. Memang kedua hal tersebut menjadi pembeda dengan Camry Gasoline. Kalau dilihat secara umum, tampilannya masih sama dengan Toyota Camry Hybrid 2012.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Telah dibekali sensor parkir untuk memudahkan penggunanya

Untuk bagian buritan terdapat beberapa perubahan. Pihak Toyota melakukan penggantian corak pada stoplamp yang dimiliki sehingga lebih menyatu dengan bagian ornament krom pada bagasi. Bahkan terdapat garis penghubung antar lampu tersebut dengan kelir chrome sehingga membuatnya terkesan elegan. Mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 mendapatkan posisi top of the line Toyota Camry Indonesia sehingga fitur yang diberikan juga menarik seperti sensor parkir yang lengkap dengan kamera.

Jika membicarakan soal kendaraan hybrid, pada tahun 1997 Toyota telah melakukan pengenalan teknologinya yang disematkan pada Toyota Prius. Sehingga Toyota menjadi pionir dari teknologi mesin hybrid. Alhasil jenis teknologi tersebut sampai saat ini masih diterima di pasaran otomotif dunia.

Perlu diketahui, bahwa Camry Hybrid telah diproduksi pada tahun 2012. Kemudian untuk kedatangannya di pasar Indonesia setahun setelahnya yakni 2013. Kehadiran mobil ini menggantikan Camry tipe Q yang dibekali dengan mesin V6 yang mempunyai kapasitas 3.500 cc. Untuk Camry Hybrid 2015 merupakan versi facelift.

>>> Jangan Lupa Baca Artikel Lainnya Di Bawah Ini :

3. INTERIOR TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Tampilan mewah dengan desain yang diberikan

Menuju ke bagian interior yang memancarkan kemewahan di dalamnya. Pada bagian dashboard akan ditemukan berbagai material yang empuk. Tampilannya semakin menarik dengan penggunaan perpaduan 3 warna meliputi abu-abu, krem dan hitam. Bahkan untuk menambah kemewahan terdapat panel kayu pada bagian ini.

Sementara di bagian kemudi mempunyai desain yang menarik karena terlihat mewah juga. Kemudinya mempunyai panel kayu yang dipadukan dengan penggunaan kulit asli sehingga saat digenggam akan terasa kenyamanannya. Diameternya juga pas yang membuat pengemudi lebih betah dalam mengendalikan mobil sedan Toyota satu ini. Terdapat beberapa tombol untuk mengatur MID dan juga head unit sehingga tampak begitu fungsional.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Bagian Pengaturan Kursi Belakang

Gambar ini menunjukkan tombol untuk mengatur kursi belakang Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Penumpang akan dimanjakan bagai raja saat naik mobil ini

Mobil sedan Toyota Camry menawarkan kenyamanan dan kemewahan. Bahkan penumpang akan dimanjakan bak raja berkat adanya kursi pijat yang bisa diatur dengan melalui kombinasi tombol yang dijadikan satu dengan armrest, audio dan temperatur AC triple zone. Privasi juga terjaga karena adanya tray kaca belakang yang bisa dibuka ataupun ditutup dengan menggunakan sistem elektris, jadi hanya perlu menekan tombol saja.

>>> Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

4. FITUR TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Fitur Wireless Charging

Gambar ini menunjukkan Wireless tempat charging ponsel Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Pengecasan tanpa perlu menggunakan kabel

Fitur wireless charging sangat membantu karena bisa mengisi baterai smartphone selama perjalanan. Menariknya, pengecasannya dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel pada bagian arm rest. Untuk lokasi tepatnya adalah di bagian belakang tombol yang digunakan untuk mengatur kursi belakang.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Fitur In-Car Entertainment System

Fitur In-Car Entertainment System turut diberikan di dalam mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015. Yang mana fitur ini merupakan lansiran dari JBL Greenedge yang mempunyai kualitas baik. Suara yang dihasilkan sangat merdu dengan dioadukan penggunaan 10 buah speaker. Mobil ini mempunyai roof monitor, hanya saja dari kualitas kurang begitu baik jika melihat kemewahan di dalamnya. Sobat juga bisa melakukan stup yang optimum pada mobil ini karena staging yang dimiliki sangat baik.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Fitur AC Triple Zone

Gambar ini menunjukkan tombol pengaturan AC Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 dan tombol laon

AC dapat diatur sesuai keinginan masing-masing

Mobil sedan Toyota ini dapat memanjakan penumpangnya karena penggunaan pengaturan AC triple zone. Dengan mengandalkan pengaturan ini maka membuat penumpang depan, pengemudi dan penumpang belakang bisa mengatur suhunya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Untuk kontrol AC nya dengan mengandalkan sistem digital yang mempunyai tombol fisik dapat ditekan. Akan tetapi untuk arah sembutannya hanya terdapat opsi pengemudi dan penumpang depan saja.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

5. OPERASI TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015Gambar ini menunjukkan baterai mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Saat baterai bermasalah perbaikannya cukup mahal

Mesin Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 yang disematkan mempunyai kode 2AR-FXE dengan kapasitas 2.494 cc berkonfigurasi dengan 4 silinder. Untuk sistem kerja yang digunakan adalah Atkinson cycle, yang mana katup inletnya saat pembakaran akan terbuka lebih lama. Perpaduannya dilakukan dengan sistem Hybrid Synergy Drive yang merupakan andalan pabrikan mobil asal Jepang satu ini. Performa mesin juga mempunyai pengaturan katup variabel VVT-i. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mesin tersebut adalah 299 Hp dan torsi maksimalnya adalah 473 Nm. Tenaga mesinnya disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi CVT.

Untuk mode full EV bisa dilakukan pengaktifan pada saat daya yang dimiliki oleh baterai melebihi setengahnya. Dengan hanya mengandalkan baterai, mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 dapat melaju dengan kecepatan 50 km/jam. Namun pada saat lampu LED menyala dan AC digunakan dalam kondisi merayap di kemacetan  bisa membuat baterai cepat habis.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota Camry

6. SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Camry Hybrid 2015:

DIMENSI

Panjang

4.850 mm

Lebar

1.825 mm

Tinggi

1.470 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

63 Liter

Jarak Sumbu Roda

2,775 mm

 Ground Clearance

160 mm

MESIN

Seri mesin

2AR-FXE, 4 Siinder Segaris, Hybrid Synergy Drive, VVT-i

Sistem Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Tenaga Maksimum

 Mesin + Motor Listrik: 156 Hp + 143 Hp = 299 Hp

Torsi Maksimum

Mesin + Motor Listrik: 105 Nm + 268 Nm = 473 Nm

Bore X Stroke

 90,0 mm X 98,0 mm

 Tipe Transmisi

 CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

Kapasitas Silinder

 2,494 cc

SUSPENSI DAN KAKI-KAKI

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Pelek

 Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

 Radial, 215/55R17

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Teknologi Safety Sasis

 by Toyota

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan C Segment

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut & Dual Link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki performa yang cukup memukau

Dibandingkan dengan rivalnya handling yang dimiliki masih kalah

Kabin nyaman dan juga memiliki kemewahan yang mumpuni

Harga yang ditawarkan tergolong masih mahal

Fitur yang diberikan tergolong lengkap sehingga dapat mendukung kenyamanan dan keamanan selama berkendara

Saat baterai mengalami masalah maka untuk perbaikannya terbilang mahal

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Dari segi harga memang lebih mahal dibandingkan mobil MPV milik Toyota dalam kondisi baru seperti Avanza. Namun bila bicara soal selera dan kepuasan tentu berbeda lagi. Adapun harga bekas Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 berada pada kisaran Rp. 480 juta sampai Rp. 501 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi kendaraan dan bila berniat membeli sebaiknya melakukan pengecekan dengan teliti terutama baterainya. Karena menggantai 1 baterai membutuhkan biaya kurang lebih Rp. 50 jutaan belum dengan ongkos pemasangan.

9. VIDEO TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

10. KESIMPULAN TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID 2015

Jika Sobat mempunyai dana sekitar Rp. 500 jutaan dan memiliki keinginan untuk membeli mobil sedan dengan kenyamanan dan kemewahan, Sobat bisa memilih mobil Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015. Tapi mengingat kondisinya yang sudah tidak lagi baru, maka pengecekan perlu dilakukan dengan seksama. Bila pemilik sebelumnya merawat mobil Hybridnya dengan baik dan benar maka Sobat tidak perlu merasa khawatir. Karena untuk umur dari baterai mencapai 10 tahun lebih.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Mumpuni

    17/07/2020| Abdul

    Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Mumpuni

    Mobil sedan menjadi salah satu segmen kendaraan yang cukup diminati oleh kalangan anak muda. Bahkan untuk kendaraan pribadi biasanya memilih segmen ini. Meskipun kapasitas penumpangnya terbilang sedikit namun tetap nyaman saat digunakan beraktifitas. Pada momen kali ini kami akan memberikan informasi mengenai review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015.

  • Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

    30/06/2020| Abdul

    Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

    Mobil besutan Toyota yang kita bahas ini adalah keluaran 2010 dan masuk dalam segmen SUV. Mobil tangguh ini siap digunakan untuk menerjang segala medan serta dibekali dengan teknologi canggih saat diluncurkan. Berikut kali ini kami berikan review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010.

  • Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    22/05/2020| Abdul

    Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    Sebuah mobil sedan dengan harga terjangkau dan dapat digunakan di perkotaan ataupun luar kota. Disamping itu, mobil yang akan kita bahas kali ini besutan Toyota yang merupakan sebuah produsen mobil ternama terutama di Indonesia. Berikut ulasan spesifikasi Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013.

International