Spesifikasi Mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013 : SUV Gagah Bagasi Luas

29/04/2021| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Mobil ini menggunakan kode T31 dan memasuki segmen SUV. Kehadirannya dilakukan pada tahun 2008 dengan meneruskan Xtrail T30 yang sudah berada di Indonesia terlebih dulu dalam waktu 5 tahun. DIhadirkan dengan membawa 3 model yakni 2.0 MT, 2.5 St CVT dan 2.5 XT CVT. Barulah di tahun 2009 X-Trail CVT dihadirkan sehingga menjadi lengkap yang bisa membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan.

Nah untuk kali ini kami membahas mengenai Nissan X-Trail varian XT versi Facelift 2013. Dari segi tampilan masih menggunakan desain mengkotak dan tetap berada dalam keluarga SUV dari Nissan. Salah satu keunggulan nya adalah kenyamanan yang dimiliki dengan perawatan yang cukup mudah. Untuk lebih jelasnya mari kita simak info mengenai spesifikasinya dan keunggulan yang dimiliki.

2. EKSTERIOR NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Sisi Depan Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Gambar ini menunjukkan bagian depan Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Sisi depan tampak gagah dan perkasa

Pada tampilan depan tampak gagah sebagai kendaraan dalam segmen SUV. Di bagian lampu depan untuk bagian atas sendiri adalah lampu sein. Kemudian dibawahnya merupakan lampu senja dengan menggunakan bohlam. Untuk headlamp menggunakan proyektor HID. Sementara fog lamp berada di bagian bumper mengandalkan crystal multi reflector halogen. Pada bagian grill tampak gagah dengan aksen krom yang cukup tebal. Di bagian bumper bawah tampak menonjol dan terlihat kokoh seakan siap untuk menerjang apapun. Bagian bawah sendiri ada underguard menggunakan aksen warna silver.

Sisi Samping Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Gambar ini menunjukkan sisi samping Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Tampilan SUV gagah dengan tampilan yang menarik

Menuju ke sektor samping tampak desain mengkotak yang menjadi ciri khas mobil ini. Di sisi atas terdapat roof rail yang sudah dibekali lampu sorot pada bagian depan. Yang menarik lagi adalah terdapat sein 2 buah di sisi ini yakni di bagian spion dan fender. Spion dibuat sewarna bodi sementara handle pintu menggunakan aksen warna krom.

Menuju ke bagian bawah lagi, terdapat side body moulding sewarna bodi. Ciri khas dari sebuah SUV juga diberikan pada mobil ini yakni add on over fender. Velg mengandalkan ukuran 17 inci dipadukan dengan profil ban 225/65 R17.

Sisi Belakang Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Ada aksen krom dan desain cukup menarik di sisi belakang

Berlanjut ke sektor belakang, pada bagian stop lamp menggunakan LED dipadukan dengan lampu sein. Desainnya juga cukup menarik karena dibuat memanjang sampai ke bagian atas. Tampilan sporty juga ditunjukkan dengan pemberian rear spoiler dengan High Mount Stop lamp. Terdapat pula rear defogger pada kaca dan rear wiper. Di bawahnya lagi terdapat logo Nissan warna krom dan juga di atas dudukan plat nomor menggunakan aksen warna krom cukup lebar.

Emblem tulisan X-Trail di posisikan di sebelah kiri dan emblem tulisan 2.5 Xt di sebelah kanan. Bagian bumper terdapat reflector model bulat dipadukan dengan penggunaan under guard yang memakai aksen warna silver. Posisi muffler berada pada sisi kiri dan lampu mundur ada 2 buah lampu mundur.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Dashboard Dan Kemudi Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Tampilan dashboard minimalis untuk sebuah SUV yang sudah berumur 8 tahunan

Material bahan yang diberikan pada dashboard menggunakan soft touch. Di sisi kanan terdapat saklar untuk headlamp booster dan kisi-kisi AC serta cup holder yang bisa disembunyikan. Sementara untuk sisi tengahnya terdapat tempat penyimpanan tertutup di bagian atas. Di bawahnya ada tempat penyimpanan terbuka kemudian head unit dan tempat penyimpanan tertutup lagi. Pengaturan AC mobil terbilang lengkap untuk arah semburannya serta dilengkapi dengan heaters. Pada sisi kiri terdapat airbags untuk penumpang depan, cup holder bisa disembunyikan dan tempat penyimpanan tertutup di bagian bawah. Bagian kemudi mobil tampak menarik dengan menggunakan perpaduan warna hitam dan silver. Desain 3 palang dengan pengaturan tilt dan sudah dilapisi dengan kulit.

Jok Mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Bahan material jok menggunakan kulit sehingga nyaman ketika diduduki. Headrest dapat diatur ketinggian sehingga bisa disesuaikan dengan postur pengemudi. Pengaturan jok kemudi mobil menggunakan sistem elektrik sehingga menunjukkan kenyamanan untuk pengemudi. Bagian belakang mempunyai legroom dan headroom yang cukup. Kenyamanan dapat dirasakan berkat adanya seatbelt pocket pada sisi belakang jok pengemudi dan penumpang.

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Jok dilengkapi dengan head rest untuk semua penumpang

Kisi-kisi AC mobil juga diberikan untuk baris kedua dengan posisinya ada di antara jok pengemudi dan penumpang. Terdapat headrest pada jok dengan jumlah 3 buah adjustable yang dapat memberikan kenyamanan pada bagian kepala penumpang.

Bagasi Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Salah satu keunggulannya adalah bagasi yang cukup luas. Lantainya mudah untuk dicuci dan terdapat banyak ruang penyimpanan di bagian ini. Di sisi kanan dan kiri terdapat hook dan ada power outlet untuk yang sebelah kiri.

>>> Baca Juga:

4. FITUR NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Gambar ini menunjukkan head unit Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Meskipun terbilang kurang setidaknya fitur sudah mendukung kenyamanan berkendara

Berhubungan dengan fitur Nissan X-Trail XT Facelift 2013, mobil ini tergolong mumpuni terutama pada ruang penyimpanannya yang terbilang cukup banyak. AC yang diberikan juga dingin sehingga dapat memberikan kenyamanan saat mengemudi di siang hari dalam cuaca panas. Hanya saja kalau di malam hari harus menggunakan jaket. Kenyamanan juga sampai baris kedua berkat kisi-kisi AC yang dihembuskan untuk penumpang pada bagian belakang. Fitur lain yang dapat membuat kenyamanan pengemudi mobil adalah pengaturan jok yang sudah lengkap electrical adjustment seating dan juga manual.

Head unit menggunakan monitor belum layar sentuh yang dapat digunakan untuk input CD, radio AM/FM, TV dan SD Card. Pada sistem keselamatan mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Ditambah lagi untuk berjaga-jaga supaya tidak mengalami cedera parah ada 2 dual front SRS Airbag yang ditujukan untuk pengemudi dan penumpang depan.

>>> Lihat Juga, Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Low MPV Menyajikan Berkendara Fun To Drive

5. OPERASI NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Gambar ini menunjukkan mesin Nissan X-Trail XT Facelift 2013

Mesin dengat transmisi CVT mendukung perpindahan transmisi lebih halus

Di bagian sektor performa pihak Nissan memberikan mesin 4 silinder segaris 16 katup 2.500 cc. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mesin Nissan X-Trail XT Facelift 2013 adalah 170 Hp dan torsi puncaknya mencapai 244 Nm. Sistem transmisi menggunakan matic CVT dengan 6 speed. Dengan penggunaan transmisi tersebut mobil terasa lebih nyaman. Kalau soal bahan bakar tidak bisa dibilang irit. Mesinnya didukung dengan penggunaan suspensi yang empuk sehingga saat melintasi jalanan yang kurang baik akan mudah untuk dilewati.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017 : Mobil Hatchback Mungil Untuk Perkotaan

6. SPESIFIKASI NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013:

DIMENSI

Panjang

4.630 mm

Lebar

1.785 mm

Tinggi

1.685 mm

SUSPENSI & HANDLING

Suspensi Depan

McPherson strut

Suspensi Belakang

Multilink

Ukuran Velg & Ban

17 inci & 225/65 R17

MESIN

Tipe

QR25DE 2.5 liter 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas

2.500 cc

Tenaga Maksimal

170 HP /6.000 RPM

Torsi Maksimal

244 Nm /4.000 RPM

Transmisi

CVT 6 speed

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Bagasi lega siap untuk membawa banyak barang

Konsumsi bahan bakar tidak bisa dibilang irit

Suspensi empuk siap untuk digunakan melintasi jalanan kurang baik

Fitur kurang lengkap

Penggunaan transmisi CVT

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Mobil ini telah berumur 8 tahunan sehingga saat membelinya perlu dilakukan pengecekan dengan teliti. Pastikan eksterior mulus tanpa ada bekas tabrakan dan interior juga masih layak. Mesin jangan lupa diperhatikan karena menjadi sumber tenaga dalam melintasi segala medan jalanan. Harga Nissan X-Trail XT Facelift 2013 yang ditawarkan berada di angka Rp. 158 jutaan. Harga tersebut bisa saja lebih murah atau mahal tergantung kondisi mobil dan juga wilayah melakukan pembelian.

9. VIDEO NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

10. KESIMPULAN NISSAN X-TRAIL XT FACELIFT 2013

Bagasi yang besar membuat mobil ini siap menemani perjalanan dengan membawa banyak barang bawaan. Tampilan mobil yang gagah membuat pengendara terlihat macho. Hanya saja dari segi fitur kurang begitu mumpuni sehingga perlu tambahan dana untuk memberikan kenyamanan, salah satunya adalah mengganti head unit bawaan. Suspensi yang empuk dapat memberikan rasa pengendaraan seperti bebas melahap jalan, karena saat melintasi jalanan rusak mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013 bisa diandalkan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013 : SUV Gagah Bagasi Luas

    29/04/2021| Abdul

    Spesifikasi Mobil Nissan X-Trail XT Facelift 2013 : SUV Gagah Bagasi Luas

    Nissan X-Trail XT Facelift 2013 merupakan mobil SUV dari Nissan yang siap menemani pemiliknya untuk menempuh perjalanan yang diinginkan. Salah satu ciri khas yang dimiliki adalah desainnya yang mengkotak. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi mobil besutan Nissan satu ini? mari kita simak informasinya.

  • Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017 : Mobil Hatchback Mungil Untuk Perkotaan

    29/03/2021| Abdul

    Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017 : Mobil Hatchback Mungil Untuk Perkotaan

    Beragam segmen dimasuki oleh Nissan dan salah satunya adalah city car. Dimana dalam segmen ini kendaraan banyak digunakan untuk aktivitas perkotaan dibandingkan ke luar kota. Salah satu mobil Nissan dalam segmen ini adalah Nissan March 2017. Dalam kondisi bekas dijual dengan harga terjangkau dan bisa menjadi salah satu alternatif kendaraan pertama. Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya tentang Spesifikasi Nissan March 1.2 AT 2017.

International