Review Nissan Navara 2015 : Mobil Pick Up Dengan Fitur Dan Kenyamanan Mumpuni

05/11/2019| Abdul

1. PENGANTAR NISSAN NAVARA 2015

Sebelumnya pada tahun 2014 Nissan Navara telah terlebih dahulu dikenalkan di Thailand. Beberapa perubahan dilakukan dan hingga saat ini mobil Pick Up besutan Nissan tersebut telah mencapai generasi ke 12. Perubahan yang dilakukan memang mengikuti zaman dan trend serta kebutuhan saat ini. Namun perlu diketahui, bahwasanya Navara lebih identik sebagai kendaraan penumpang.

Untuk pasar Indonesia, Navara dihadirkan dalam 2 pilihan varian yaitu SL dan VL. Apabila melihat secara global dan mengaca pada negara lain seperti Oceania dan Asia, Navara menjadi salah satu kendaraan komersial yang banyak dicari. Lantas bagaimana spesifikasi dari Nissan Navara 2015, mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR NISSAN NAVARA 2015

Review Nissan Navara 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Nissan Navara 2015

Bagian depan tampak ekslusif dan juga tangguh

Tampak bagian depan akan menemukan wajah yang berkesan eksklusif. Hal tersebut terpancar dengan penggunaan Front  Grille yang menggunakan 3 palang dibuat sejajar dan mempunyai ukuran yang lebar. Selain itu pada bagian sayap dari Grille terdapat lubang ventilasi yang didesain minimalis, sehingga membuat esensi yang ikonik.

Pada bagian depannya ini juga telah didukung dengan penggunaan lampu LED Projector yang pengaturannya dilakukan secara otomatis. Yang menarik adalah pada bagian lampu utama yang telah hadir fitur DRL (Daytime Running Light) yang dapat menghasilkan pencahayaan yang mumpuni dengan tampilan yang garang. Bahkan pada Fog Lights akan ditemui esensi yang mewah pada kedua sisi bawah. Begitupun pada Fog Lamp yang dibuat istimewa sehingga dapat menembus jalanan berkabut dengan lebih baik.

Review Nissan Navara 2015: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Nissan Navara 2015

Mobil Nissan Navar 2015 tampak gagah dilihat dari samping

Berlanjut ke bagian samping yang mempunyai esensi maskulin dan tampak kuat. Fender yang digunakan ukurannya besar dipadukan dengan ban  ukuran 255/60 R18. Tidak hanya itu, aksen krom juga turut diberikan pada beberapa bagian seperti pelipit kaca samping, Door Handle dan juga Side Step. Menyandang kendaraan Pick Up Truck tampilannya begitu menarik dengan ukuran bak yang cukup besar serta adanya Roof Rail, sehingga pemilik memungkinkan untuk membawa barang tambahan pada mobilnya.

Review Nissan Navara 2015: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan belakang mobil Nissan Navara 2015

Kapasitas bak tampak luas dilihat dari belakang

Sementara untuk bagian belakangnya terdapat rear Combination Lamps yang dibuat dengan desain vertikal seakan menonjolkan kapasitas bak yang dimiliki tampak luas. Nissan Navara 2015 juga dibekali dengan aksesoris yang memperkuat kesan sportynya yaitu Rear Spoiler. Terdapat pula logo kebanggaan Nissan dan juga emblem Navara yang mempertegas sosok mobil ini.

3. INTERIOR NISSAN NAVARA 2015

Review Nissan Navara 2015: Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukikan bagian dashboard dan kemudi mobil Nissan Navara 2015

Desain interior depan cukup minimalis dan tampak menarik

Di bagian dashboard Nissan Navara 2015 dibalut dengan penggunaan warna hitam yang mendominasi. Untuk tampilannya sendiri berkesan lega dan juga begitu minimalis. Untuk hiburan pihak Nissan memberikan head unit dengan layar sentuh berukuran 7 inci. Apabila dibandingkan dengan pesaingnya maka bagian ini menurut kami lebih unggul.

Sementara untuk bagian kemudi, desainnya tiga palang yang digunakan tampil modern. Lingkar emudi nyaman digenggam berkat balutan kulit dengan didukung oleh tombol yang multifungsi pada sisi kanan dan kiri. Pada bagian ini terdapat tombol-tombol yang dapat digunakan untuk mengatur sistem audio di sebelah kiri dan Cruise Control di sebelah kanan. Masih ada juga tombol untuk mengakses konektivitas telepon yang dapat dihubungkan pada ponsel Anda melalui Bluetooth.

Review Nissan Navara 2015: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Nissan Navara 2015

Ruang penumpang luas sehingga akan nyaman saat berada di dalamnya

Menuju ke bagian jok mobil Nissan Navara 2015. Yang mana pada bagian ini akan memberikan kenyamanan bagi pengendara yang lebih maksimal dengan adanya 8 mode pengaturan Power Drive. Dengan adanya fitur tersebut maka pengendara dapat mengatur joknya sesuai selera dan mendapatkan posisi yang lebih nyaman menyesuaikan dengan postur tubuhnya. Untuk keseluruhan jok mobil menggunakan bahan kulit mewah yang dibuat seragam.

Review Nissan Navara 2015: Kapasitas Bak

Untuk bak mobil Nissan Navara 2015 mempunyai dimensi dengan ukuran panjang 1.503 mm dan lebarnya adalah 1.560 mm. bila dibandingkan dengan Toyota Hilux memang ukuran bak Navara 2015 lebih kecil.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR NISSAN NAVARA 2015

Review Nissan Navara 2015: Fitur Keselamatan

Pada fitur keselamatan pihak Nissan memberkan Navara sistem pengereman unggulan seperti ABS, EBD dan BA. Dengan menggunakan teknologi pengereman tersebut maka pengereman dapat lebih handal dan presisi. Bahkan saat melintasi jalanan yang licin pengendara lebih tenang, hal tersebut berkat adanya teknologi TSC (Traction Control System) dan VDC (Vehicle Dynamic Control). Untuk melewati daerah pegunungan dan juga perbukitan, Nissan Navara 2015 terjamin dengan kehadiran fitur Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC).

Gambar ini menunjukkan fitur hiburan pada Nissan Navara 2015

Fitur lengkap buat perjalanan lebih nyaman

Review Nissan Navara 2015: Fitur Hiburan

Sedangkan di bagian hiburan, Nissan Navara 2015 mempunyai head unit dengan ukuran 7 inci. Head unit  tersebut dapat memutar berbagai format mulai radio, MP3, DVD, termasuk konektivitas Bluetooth dan AUX. Pada panel instrumen terdapat layar MID dengan TFT Display yang berpadu serasi dengan berbagai panel penunjuk.

5. OPERASI NISSAN NAVARA 2015

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Nissan Navara 2015

Performa mesin mumpui siap untuk melintasi segala medan jalan

Pada bagian mesin Nissan Navara 2015 menggunakan mesin diesel 4-silinder segaris berkode YD25DDTi yang berkapasitas 2.488 cc. Jantung pacu tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 190 Hp pada 3.600 Rpm dan torsi puncak 450 Nm pada putaran 2.000 Rpm. Hal tersebut menjadikan mobil besutan Nissan ini siap melintasi berbagai medan jalanan baik on road maupun off road.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. SPESIFIKASI NISSAN NAVARA 2015

DIMENSI

Panjang

5.255 mm

Lebar

1.850 mm

Tinggi

1.820 mm

Jarak Pijak Depan

1.570 mm

Jarak Pijak Belakang

1.570 mm

MESIN

Tipe

YD25DDTi 2.5 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VGS Turbo Intercooler

Kapasitas

2.488 cc

Tenaga Maksimal

190 HP / 3.600 Rpm

Torsi Maksimal

450 NM / 2.000 Rpm

DIMENSI BAK

Panjang

1.503 mm

Lebar

1.560 mm

Tinggi

474 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Independent Double-Wishbone dengan Front Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

5-Link Coil Spring dengan Shock Absorber

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN NAVARA 2015

Setelah mengetahui spesifikasinya, berikut ini kami berikan juga beberapa kelebihan dan kekurangan Nissan Navara 2015 menurut Mobilmo.com.

Review Nissan Navara 2015: Kelebihan

Soal kelebihan menurut kami, yang pertama pada bagian mesinnya yang telah dibekali dengan VGS Turbo Intercooler. Selain itu pada bagian suspensi juga sangat mumpuni dan juga terasa empuk ketika diduduki dengan mengandalkan 5-Link Coil Spring. Begitu juga pada fitur keselamatan Nissan Navara 2015 yang terbilang cukup lengkap.

Review Nissan Navara 2015: Kekurangan

Sementara untuk kekurangannya adalah pada bagian bak, yang mana saat dibandingkan dengan competitor ukurannya masih kalah. Tidak hanya itu, suara bising dari mesin dan juga dari luar kendaraan tidak bisa diredam dengan maksimal. Ditambah lagi pada varian SL mempunyai fitur yang terbilang sangat minim.

8. DAFTAR HARGA NISSAN NAVARA 2015

Berikut ini merupakan daftar harga Nissan Navara 2015:

TIPE

HARGA

Nissan Navara 2.5 SL M/T

Rp. 413.400.000

Nissan Navara 2.5 VL M/T

Rp. 458.500.000

Nissan Navara 2.5 VL A/T

Rp. 474.400.000

9. VIDEO NISSAN NAVARA 2015

10. KESIMPULAN NISSAN NAVARA 2015

Sebagai sebuah pick up kabin ganda Nissan Navara 2015 layak diacungi jempol dalam hal desainnya yang gagah. Hal ini menjadikan Navara rasanya cocok dijadikan sebagai mobil sehari-hari bersama keluarga meskipun layaknya digunakan sebagai kuda pekerja. Keunggulan soal performa dan akomodasi kabinnya yang nyaman juga menjadi hal yang layak dipertimbangkan. Sayangnya Navara justru tidak memberikan keunggulan soal daya angkut karena baknya yang relatif kecil dibandingkan kompetitor. Namun mengingat citra mobil yang baik, rasanya tak perlu ragu meminang mobil ini sebagai salah satu mobil sekunder.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Nissan Serena 2012 : Mobil MPV Boxy Interior Luas

    21/12/2019| Abdul

    Review Nissan Serena 2012 : Mobil MPV Boxy Interior Luas

    Serena 2012 merupakan salah satu produk Nissan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Apalagi untuk varian Highway Star, lantas apa sebenarnya yang menjadikannya diminati?. Mari kita simak ulasannya dalam review Nissan Serena 2012.

  • Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Mobil SUV Hybrid Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

    17/12/2019| Abdul

    Review Nissan X-Trail Hybrid 2015 : Mobil SUV Hybrid Dengan Fitur Dan Teknologi Canggih

    Nissan X-Trail merupakan sebuah SUV tangguh yang dapat diajak untuk berpetualang. Akan tetapi pembahasan kali ini tidak sembarang X-Trail, hal tersebut dikarenakan telah memakai sistem yang canggih dan kekinian. Untuk lebih jelasnya mari kita simak review Nissan X-Trail Hybrid 2015.

  • Review Nissan Latio 2005 : Mobil Harga Terjangkau Dengan Mesin Dan Fitur Mumpuni

    29/11/2019| Abdul

    Review Nissan Latio 2005 : Mobil Harga Terjangkau Dengan Mesin Dan Fitur Mumpuni

    Salah satu mobil produksi dari Nissan adalah Latio, hanya saja untuk penjualannya tidak melalui diler resmi Nissan. Jadi banyak orang yang mendapatkan mobil ini dengan cara CBU (Completely Built Up) dari Thailand. Jadi tidak heran jika banyak yang tidak mengetahui mobil model Hatchback satu ini. Lantas seperti apa mobil tersebut? Mari kita simak review Nissan Latio 2005.

International