Spesifikasi Mobil KIA Sonet Premiere 2020 : Harga Terjangkau Tapi Fitur Banyak

25/12/2020| Abdul

1. PENGANTAR KIA SONET PREMIERE 2020

Mobil SUV terbaru KIA baru saja dihadirkan, yang mana postur yang dimiliki lebih kecil dibandingkan Seltos. Mengandalkan mesin 1.500 cc mobil ini siap menemani aktivitas pemiliknya di jalanan perkotaan. Terdapat hal yang menarik pada mobil ini yakni pemberian fiturnya yang cukup banyak dengan harga yang ditawarkan. Seperti apakah kelebihan dan fitur yang diberikan? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR KIA SONET PREMIERE 2020

Spesifikasi Mobil KIA Sonet Premiere 2020 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan sisi depan mobil KIA Sonet Premiere 2020

Sisi depan menunjukkans ebuah mobil yang tangguh dan kokoh

Pembahasan dimulai dari bagian depan, yang mana akan tampak logo KIA yang berada di kap mesinnya. Kemudian di bawahnya terdapat grille yang khas dari KIA yakni desain Tiger Nose yang seakan menampakkan kegagahannya. DI sampingnya diapit headlamp yang seakan ujungnya tersambung dengan bagian grille. Untuk desainnya terlihat pipih dan sudah dibekali dengan Daytime Running Light (DRL).

Di bawah headlamp kanan dan kiri terdapat desain lekukan yang meruncing ke arah depan ke bagian bumper dari over fender nya yang berpadu sangat pas dengan model headlamp yang digunakan. Kemudian pada bagian bumpernya juga tampak gagah dengan penambahan pelindung bumper yang menggunakan warna abu-abu. DI sisi depannya ini telah dibekali dengan foglamp yang dapat membantu dalam pengendaraan.

Spesifikasi Mobil KIA Sonet Premiere 2020 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping KIA Sonet Premiere 2020

Tampak samping terlihat ketangguhannya

Di sisi sampingnya ini akan tampak sebuah aura SUV yang begitu kental. Hal tersebut ditujukan dengan desain over fender yang berpadu dengan ban tebal. Ada juga di bagian bawahnya ada panel untuk melindungi mobil yang tahan terhadap benturan sehingga akan lebih aman. Nuansa sporty juga tampak di bagian ini dengan pemberian spakbor yang tebal baik bagian depan dan belakang. Untuk pelek tampak menarik dengan desain yang diberikan yang mempunyai ukuran 16 inci.

Spesifikasi Mobil KIA Sonet Premiere 2020 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang KIA Sonet Premiere 2020

Bagian belakang tidak terlalu banyak aksen yang diberikan

Di bagian belakang tampak minimalis dan tidak terlalu diberikan banyak aksen. Ada spoiler di bagian atasnya yang diberikan dengan stop lamp dipadukan dengan penggunaan wiper pada kaca belakang. Desain lampu belakang dibuat menyambung yang tampak menarik ketika menyala di malam hari. Logo KIA tidak ketinggalan diberikan di tengah bawah lampu belakang. Di sisi ini juga terdapat 2 buah sensor yang dapat membantu pengemudi saat ingin melakukan parkir.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR KIA SONET PREMIERE 2020

Spesifikasi Mobil KIA Sonet Premiere 2020 : Bagian Dashboard Dan Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil KIA Sonet Premiere 2020

Banyak fitur dengan beragam tombol di dashboard

Ketika masuk interior depan maka akan dihadapkan dengan dashboardnya yang mempunyai tampilan modern. Untuk tombolnya mudah dijangkau oleh pengendara dan difokuskan di bagian tengah. Memang dari pandangan pengemudi bagian dashboardnya dipenuhi beragam tombol yang dapat mendukung keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Bahan material yang digunakan juga memiliki kualitas sangat baik sehingga kemewahan terpancar di dalamnya.

Sedangkan di bagian kemudi mobil menggunakan desain yang menarik dan nyaman digenggam. Sepenuhnya tidak dibuat bulat karena bagian bawah kemudi didesain agar mendatar yang dipadukan dengan 3 palang serta nyaman ketika digenggam. Ada beragam tombol untuk memudahkan pengemudi dalam mengatur beragam fitur menarik. Dari sisi pengaturan hanya dibekali dengan tilt saja dan belum ada telescopic, namun cukup lah untuk membuat pengemudi merasa nyaman.

Spesifikasi Mobil KIA Sonet Premiere 2020 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok belakang KIA Sonet Premiere 2020

Jok belakang masih kalah nyaman dibanding jok depan

Saat pertama kali melihat jok nya akan tampak terkesan menarik. Apalagi saat mendudukinya pengemudi ataupun penumpang akan merasakan kenyaman. Hal tersebut berkat penggunaan material bahannya yang mengandalkan kulit sintetis. DI balik jok terdapat ventilated seat yang dapat berguna untuk memanaskan ataupun mendinginkan punggung pengendara sehingga dapat berguna pada momen-momen tertentu.

Pengaturan jok yang diberikan adalah maju dan mundur serta ketinggian dan sudut sandaran jok pengemudi dapat dilakukan pengaturan sehingga bisa disesuaikan dengan postur pengemudi. Bagi penumpang depan dan pengemudi bisa merasakan kenyamanan yang lebih, hanya saja untuk jok penumpang memang tidak selega ruang bagian depan. Headrest dan seatbelt yang diberikan hanya tersedia 4 buah. Sementara untuk bagian tengah jok belakang tidak mendapatkan headrest sehingga dibandingkan dengan jok lainnya kenyamanan yang dimiliki kurang.

Spesifikasi Mobil KIA Sonet Premiere 2020 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil KIA Sonet Premiere 2020

Bagasi bisa luas saat jok belakang dilipat

Ketika melihat bagasi dari KIA Sonet Premiere 2020 memang tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit. Dengan membawa desain SUV yang kompak tentunya membuat bagian ini terasa kurang. Namun bila jok belakang tidak sedang digunakan bisa melakukan pelipatan sehingga membuat bagasi jadi lebih lega.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR KIA SONET PREMIERE 2020

Ini yang ditunggu-tunggu, fitur KIA Sonet Premiere 2020 terbilang cukup banyak. Bahkan terdapat beragam tombol di sisi head unitnya. Kenyamanan juga dapat dirasakan karena sound system yang diberikan mereknya kelas premium. Untuk totalnya, mobil KIA satu ini dibekali dengan 4 speaker, 1 subwoofer dan 2 tweeter yang mengandalkan merek BOSE. Dengan mengandalkan hal tersebut suara yang dihasilkan sangat baik karena didengar terasa nyaman baik dari suara voka dan juga bass nya. Head unit yang diberikan menggunakan layar sentuh dengan ukuran 8,8 inci, bahkan Android Auto dan Wireless Apple CarPlay juga sudah diberikan di dalamnya.

Gambar ini menunjukkan sunroof mobil KIA Sonet Premiere 2020

Sunroof buat kabin terkesan lapang

Mobil ini juga telah dibekali sunroof sehingga dapat memberikan nuansa kabin yang terasa lega. Apalagi fitur ini dulunya hanya dimiliki oleh kendaraan premium saja. Untuk pengecasan lebih mudah dan praktis, pihak KIA memberikan fitur wireless charging. Smartphone yang sudah mendukung pengecasan model ini tingga menempatkannya pada konsol wireless.

Berhubungan dengan keselamatan dan keamanan, mobil ini telah dibekali dengan 6 buah airbags yang dapat memberikan keselamatan saat terjadi kecelakaan. Rangkanya juga sangat kokoh karena telah diterapkan Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping. Selain itu, ada juga Keyless Entry yang digunakan untuk remote engine start sehingga untuk menghidupkan AC dan juga mesin mobil hanya dengan menekan tombol saja, sangat mudah bukan. Sistem pengereman yang diberikan telah menggunakan teknologi Hill Assist Control, Anti-lock Braking System dan Electronic Stability Control.

>>> Ingin membeli mobil Kia? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

Gambar ini menunjukkan smart key pada mobil KIA Sonet Premiere 2020

Dekan menekan tombol remote bisa menyalakan mesin dan AC mobil

5. OPERASI KIA SONET PREMIERE 2020

Menuju ke sektor mesin KIA Sonet Premiere 2020. Performa mobilnya didukung dengan mesin yang memiliki seri Smartstream, Gamma II, Dual CVVT DOHC. Untuk kapasitas mesinnya adalah 1.497 cc  yang berpadu dengan 16 katup dan Electronic Fuel Injection with Dual Fuel Injector untuk sistem bahan bakar yang dimiliki. Transmisi yang digunakan adalah CVT yang sudah dibekali dengan Intelligent Variable Transmission Technology. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mesin tersebut adalah 113,5 Hp pada putaran 6.300 Rpm dan torsi maksimal yang bisa didapatkan adalah 144 NM pada putaran 4.500 Rpm.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Sonet Premiere 2020

Mesin baru jadi yang pertama di Asia Tenggara

Tidak hanya itu saja, berhubungan dengan driving mode pihak KIA memberikan 6 pilihan yang dapat dipilih meliputi SNOW, MUD, SAND, NORMAL, SPORT dan ECO. Mesin yang diberikan tersebut di Asia Tenggara menjadi yang pertama kali. Salah satu kelebihan yang dimiliki adalah proses pengabutan bahan bakar lebih sempurna serta bisa dilakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih efisien. Ditambah lagi dengan penggunaan CVT menjadikan rasio chain pulley diklaim lebih besar dibandingkan kompetitornya. Alhasi akselerasi yang didapatkan pada putaran rendah nisa lebih spontan dan ketika di putaran tinggi tetap efisien.

>>> Baca Juga, Review KIA Big Up 2020: Kendaraan Niaga Dapat Memanjakan Pengemudi

6. SPESIFIKASI KIA SONET PREMIERE 2020

Berikut ini  merupakan spesifikasi mobil KIA Soner Premiere 2020 :

DIMENSI

Panjang

4.120 mm

Lebar

1.790 mm

Tinggi

1.615 mm

Kapasitas Tangki

 45 Liter

Radius Putar

 5,3 Meter

Jarak Sumbu Roda

 2.500 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Coupled Torsion Beam Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)

Pelek

 Alloy, 16 inch

Jenis Ban

 Radial, 215/60 R16 

Teknologi Safety Sasis

 Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping

Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

MESIN

Seri mesin

 Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT

Bore X Stroke

 75.6 mm X 83.4 mm

Tipe Transmisi

 CVT with Intelligent Variable Transmission Technology (FWD)

Kapasitas Silinder

 1,497 cc

Torsi Maksimum

 144 NM @ 4.500 rpm

Tenaga Maksimum

 113,5 HP (115 PS) @ 6.300 rpm

Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection with Dual Fuel Injector

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SONET PREMIERE 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil KIA Sonet Premiere 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur yang diberikan cukup banyak

Pada jok penumpang belakang tidak terlalu luas namun cukup untuk memberikan kenyamanan

Dengan beragam fitur dan desain yang diberikan harganya cukup terjangkau

Kemudi mobil hanya terdapat pengaturan tilt saja

Menggunakan mesin yang telah dikembangkan dan menjadi pertama di Asia Tenggara yang menggunakannya

 

8. DAFTAR HARGA KIA SONET PREMIERE 2020

Harga KIA Sonet Premiere 2020 terbilang cukup terjangkau. On the road Jakarta mobil ini dibanderol dengan harga Rp. 289 jutaan. Dengan harga cukup terjangkau tapi konsumen sudah mendapatkan fitur menarik dengan teknologi canggih dan tampilannya juga modern.

9. VIDEO KIA SONET PREMIERE 2020

10. KESIMPULAN KIA SONET PREMIERE 2020

Kehadiran mobil KIA Sonet Premiere 2020 menjadi  tambahan pilihan mobil dari KIA untuk para konsumennya. Dengan fitur yang banyak membuat mobil ini patut untuk menemani perjalanan keseharian dalam menjalankan aktivitasnya. Meskipun fiturnya sangat mumpuni, namun harganya terbilang cukup terjangkau karena berada di bawah Rp. 300 jutaan. Dari segi kualitas juga tergolong cukup baik, hanya saja dari segi after sales pelayanannya masih kurang di Indonesia. Hal tersebut disebabkan jika dibandingkan merek lain dilernya masih sedikit.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International