Review KIA Big Up 2020: Kendaraan Niaga Dapat Memanjakan Pengemudi

31/08/2020| Abdul

1. PENGANTAR KIA BIG UP 2020

Review KIA Big Up 2020 – Mobil besutan KIA ini masuk dalam segmen kendaraan niaga yang merupakan rival dari Isuzu Traga, Hyundai H-100 dan Mitsubishi L300. Sebenarnya KIA sudah bermain dalam kendaraan niaga cukup lama, namun karena pergantian manajemen maka PT Kreta Indo Artha perlu mengeluarkan mobil andalannya. Apakah mobil niaga KIA ini bisa menarik hati masyarakat dan dapat membuat pengemudi merasa nyaman? Simak penjelasannya dalam review kali ini.

2. EKSTERIOR KIA BIG UP 2020

Review KIA Big Up 2020: Bagian Depan

Gambar menunjukkan bagian depan KIA Big Up 2020

Bentuk yang dimiliki tampak bulat di bagian depan

Di bagian depan terdapat ornament grille yang menggunakan warna hitam. Tentunya terdapat perbedaan dibandingkan sisi depan sebelum era PT Kreta Indo Artha di Indonesia. Sebelumnya, mobil tersebut mengandalkan logo oval yang hanya diberikan tulisan KIA. Pada mobil Big Up 2020 kali ini, di bagian bumper menggunakan cat berbeda dengan bodi mobil supaya saat ada masalah reparasi yang dilakukan lebih cepat.

Review KIA Big Up 2020: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan sisi depan dan samping KIA Big Up 2020

Sisi samping tergolong sama dengan kendaraan pick up lainnya

Menuju ke sektor samping, bila dibandingkan dengan model sebelumnya memang tampak tidak ada perbedaan. Di sisi kanan akan ditemukan tangki BBM dan di sisi kirinya ada aki dengan daya 100 ampere serta kotak sekering. Ada yang tampak menarik di bagian ini yaitu penggunaan kaca spion yang dibagi menjadi 2 bilah. Untuk bilah pertama yakni yang atas mempunyai fungsi untuk mengawasi kendaraan di belakangnya, kemudian bilah kedua yakni di bagian bawah berguna memberikan bantuan ketika melakukan parkir mobil.

Review KIA Big Up 2020: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang KIA Big Up 2020

Mekanisme penguncian kalah dengan rivalnya

Berlanjut pada sektor buritan KIA Big Up 2020, terdapat salah satu kelebihan di bagian ini dibandingkan rivalnya. Kelebihan tersebut berupa penggunaan lampu belakang yang mengandalkan multi reflektor yang memakai mika transparan. Mika tersebut bisa membuat pencahayaan jadi lebih terang membuat pengendara di belakang jadi lebih baik, alhasil resiko ditabrak dari belakang dapat diminimalisir. Hanya saja mekanisme penguncian masih kalah dengan rivalnya meskipun bak belakang tampak begitu kokoh.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR KIA BIG UP 2020

Review KIA Big Up 2020: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil KIA Big Up 2020

Bagian kemudi tampil lebih menarik

Ketika masuk ke interior akan disuguhkan dengan dashboard yang driver oriented. Hal tersebut karena posisi dashboard yang dihadapkan ke arah pengemudi mobil terutama bagian pengaturan blower AC dan head unit. Tampilan dinamis juga terpancar berkat penggunaan lekukan di dashboard. Hanya saja untuk laci hanya disediakan satu buah penyimpanan tertutup dan satu penyimpanan terbuka. Padahal untuk rivalnya mempunyai banyak ruang penyimpanan.

Menuju ke sektor kemudi mobil, bentuknya tidak monoton dengan penggunaan ban belakang ganda. Bahkan tombol pengatur audio telah diberikan pada bagian setir dari sananya. Setir mobil tebal sehingga saat digenggam akan terasa nyaman dan desainnya juga manis.

Review KIA Big Up 2020: Bagian Kursi & Kompartemen

Gambar ini menunjukkan kompartemen dan jok mobil KIA Big Up 2020

Terdapat cup holder di bagian tengah dan jok nyaman diduduki

Jok mobil nyaman ketika diduduki karena empuk. Selain itu, pihak KIA memberikan headrest yang dapat dilakukan pengaturan untuk ketinggiannya dan terdapat sandaran tangan yang mempunyai cup holder 2 buah. Jadi bagi pengemudi dan penumpang mobil ini akan serasa dimanjakan, mengingat mobil ini merupakan sebuah kendaraan komersial.

>>> Baca Juga :

4. FITUR KIA BIG UP 2020

Review KIA Big Up 2020: Fitur In-Car Entertainment System

Gambar ini menunjukkan head unit KIA Big Up 2020

Fitur hiburan cukup mumpuni di kelasnya

Bagian sistem audio menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki mobil ini. Head unitnya telah touchscreen, meskipun aftermarket dan terasa lag saat dioperasikan. Soal suara yang dihasilkan tergolong biasa saja. Namun dengan adanya in-car entertainment system tersebut menjadikan mobil niaga KIA ini menjadi satu-satunya yang sudah dibekali dengan head unit layar sentuh.

Review KIA Big Up 2020: Fitur Blower AC

Gambar ini menunjukkan blower AC mobil KIA Big Up 2020

AC masih menggunakan blower saja

Untuk menambah kenyamanan, mobil KIA Big Up 2020 diberikan blower AC. Jadi jangan berharap mendapatkan pendingin udara kabin di dalamnya. Tapi bila berniat menambah AC mobil maka Sobat tinggal memasangkan evaporator dan kompresor serta instalasi selang. Hal tersebut disebabkan mobil ini telah dibekali dengan 4 tingkat kecepatan kipas dan pengatur arah semburan.

Review KIA Big Up 2020: Bagian Panel Instrument

Gambar ini menunjukkan panel instrument KIA Big Up 2020

Panel instrument hasil perpaduan antara model digital dan jarum

Di bagian panel instrument merupakan hasil kombinasi antara digital dan analog. Untuk yang menggunakan jarum analog adalah tachometer, speedometer dan indikator suhu. Sementara yang memakai digital adalah odometer serta trip meter A dan B. Yang menarik lagi di bagian ini adalah warna panel instrumen yang menyala saat malam hari.

Review KIA Big Up 2020: Bagian Konstruksi Sasis

Gambar ini menunjukkan rangka KIA Big Up 2020

Rangka menggunakan sasis double kanal

Untuk sebuah kendaraan niaga, bagian sasis merupakan suatu hal yang penting. Mobil KIA satu ini telah menggunakan kontruksi sasis double  kanal yang bentuknya menyerupai huruf C. Adapun ketebalan dari plat besi kanal C tersebut yaitu 3,25 mm dan jika ditotal ketika 2 plat besi disambung menggunakan las jadi 6,50 mm. Dengan konstruksi sasis tersebut membuat meyakinkan saat menopang beban yang berat.

>>> Klik Di Sini Untuk Simak Review Mobil Kia Lainnya

5. OPERASI KIA BIG UP 2020

Saatnya membahas soal performa, mesin KIA Big Up 2020 mengandalkan J2 berkonfigurasi 4 silinder. Mesin ini sama dengan pendahulunya, untuk kapasitas adalah 2.700 cc. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 80 Ps dan torsi puncaknya adalah 165 Nm. Torsi dan tenaga mesin yang didapat disalurkan ke bagian roda belakang dengan memanfaatkan transmisi manual 5 speed. Sebagai mesin diesel, tenaga dan torsi yang dihasilkan terbilang kecil, mengingat kapasitasnya cukup besar. Hal tersebut karena mesin ini tidak dibekali dengan turbocharger serta katup yang dimiliki hanya 8 buah SOHC.

Gambar ini menunjukkan mesin KIA Big Up 2020

Mesin diesel yang diberikan masih konvensional

Yang terbilang unik adalah penggunaan tuas choke pada mobil ini. Fungsinya adalah untuk membuat debit BBM bertambah ke bagian bospom ketika  mobil akan dinyalakan pada saat cuaca sedang dingin. Dengan  begitu mesin akan berputar stasioner dengan mudah karena campuran BBM yang dimiliki lebih kaya.

>>> Ingin membeli mobil Kia? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

6. SPESIFIKASI KIA BIG UP 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil KIA Big Up 2020 :

DIMENSI

Panjang

4.820 mm

Lebar

1.740 mm

Tinggi

2.070 mm

Panjang Bak

2.900 mm

Lebar Bak

1.740 mm

Tinggi Bak

400 mm

Jumlah Tempat Duduk

3

Kapasitas Tangki

60 Liter

Jarak Sumbu Roda

2.415 mm

Berat Kotor (GVW)

2.950 Kilogram

MESIN

 Seri mesin

J2 Diesel Engine, Diesel, SOHC

 Tenaga Maksimum

78,5 Hp (80 Ps) @ 4.000 rpm

 Torsi Maksimum

165 Nm @ 2.400 rpm

 Bore X Stroke

 94,5 mm X 95,0 mm

 Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang

Jumlah Katup

8 Katup (1 Katup Inlet dan 1 Katup Outlet Per Silinder)

Kapasitas Silinder

2,556 cc

Pasokan Bahan Bakar

Indirect Fuel Injection

HANDLING & SUSPENSI

Teknologi Sistem Pengereman

Load Sensing Proportional Valve (LSPV)

Teknologi Safety Sasis

By KIA

Struktur Sasis

Ladder Frame, Commercial Segment

Suspensi Depan & Belakang

 Torsion Bar + Stabilizer & Multi Leaf Spring

Sistem Kemudi

 Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Disc & Drum + LSPV

Pelek

Steel, 14 Inch

Jenis Ban

Bias, 195R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA BIG UP 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Big Up 2020 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Jok mobil yang dimiliki mempunyai headrest yang dapat diatur ketinggiannya

Mesin yang diberikan adalah mesin diesel konvensional

Di kelasnya memiliki audio yang terbaik

Tidak diberikan kompresor AC hanya terdapat blower saja

Panel instrument yang diberikan KIA tergolong lengkap

KIA belum memiliki jaringan servis yang banyak seperti rivalnya

8. DAFTAR HARGA KIA BIG UP 2020

Mobil KIA Big Up mempunyai beberapa macam opsi yang dapat dipilih seperti bak, boks atau karoseri. Untuk harga KIA Big Up 2020 mulai Rp. 193 jutaan, bila ingin kejelasan lebih bisa menghubungi diler representative KIA paling dekat dengan tempat tinggal Sobat.

9. VIDEO KIA BIG UP 2020

10. KESIMPULAN KIA BIG UP 2020

Mobil KIA Big Up 2020 adalah kendaraan komersial yang bisa dijadikan pilihan bagi Sobat yang ingin mengembangkan usahanya. Pengemudi akan dimanjakan saat berada di dalamnya sehingga pekerjaan terasa lebih mudah. Ketika usaha yang membutuhkan mobil ini dekat dengan purna jual KIA maka mobil besutan KIA ini dapat dijadikan pilihan karena bisa merawatnya dengan mudah. Namun jika tidak bisa mencari yang layanan purna jual dan tempat perawatan yang yang luas.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review KIA Big Up 2020: Kendaraan Niaga Dapat Memanjakan Pengemudi

    31/08/2020| Abdul

    Review KIA Big Up 2020: Kendaraan Niaga Dapat Memanjakan Pengemudi

    KIA Big Up 2020 merupakan kendaraan komersial yang masuk dalam segmen kendaraan niaga. Yang mana perkenalannya dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020. Dengan kehadiran mobil tersebut PT Kreta Indo Artha ‘comeback’ dalam kelas kendaraan komersial.

  • Review KIA All New Rio EX AT 2019: Mobil Hatchback Dengan Sunroof

    24/03/2020| Abdul

    Review KIA All New Rio EX AT 2019: Mobil Hatchback Dengan Sunroof

    Sebuah Hatchback yang akan menantang rivalnya asal Jepang yakni KIA Rio. Mobil ini sudah lama berkiprah di pasar otomotif Indonesia. Pada segmen kali ini pembahasan akan dilakukan pada varian EX. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya mengenai review KIA All New Rio EX AT 2019.

International