Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

10/12/2019| Abdul

1. PENGANTAR KIA PREGIO 2008

Mobil ini pertama kali dihadirkan pada pameran bergengsi Gaikindo Auto Expo 2001. Kehadiran mobil ini bertepatan dengan menjamurnya bisnis Travel sehingga menurut kami pabrikan KIA ini tergolong sangatlah cerdik. Mobil ini memang terlihat sangat menarik, hal tersebut berkat adanya bodi Limited Slip Differential (LSD) serta bodi Monocoque.

Hanya saja mobil tersebut diberhentikan produksinya pada 2006 dan digantikan oleh Travello. Namun entah ada apa pada tahun 2008 mobil KIA Pregio kembali dihadirkan namun tidak dirakit di Indonesia. Akan tetapi untuk mendapatkannya melalui impor dari negara Malaysia.

2. EKSTERIOR KIA PREGIO 2008

Mobil ini mempunyai desain yang mungil apabila dibandingkan dengan KIA Travello. Hal tersebut tergolong wajar, mengingat kapasitasnya hanya 8 penumpang. Berbeda dengan mobil KIA Travello yang diperuntukkan untuk 12 penumpang.

Review KIA Pregio 2008: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Pregio 2008

Kaca depan tampak bulat dapat mempermudah pengendara melihat jalanan

Di bagian depan ada hal yang menarik dan kami suka yaitu kacanya. Hal tersebut dikarenakan ukurannya yang dibuat besar sehingga pengendara akan lebih mudah dalam melihat jalanan di bagian depan. Selain itu, lampu utamanya juga dibuat dengan ukuran yang besar dipadukan dengan penggunaan grille di bagian tengah yang cukup minimalis. Jika dilihat secara menyeluruh maka akan tampak sebuah mobil Van yang tampilannya begitu modern.

Review KIA Pregio 2008: Bagian  Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil KIA Pregio 2008

Pintu geser sudah diberikan dan tergolong mumpuni di zamannya

Pada saat melihat bagian samping akan tampak salah satu hal yang ikonik yakni penggunaan pintu geser. Dengan adanya hal tersebut tentunya akan mempermudah akses keluar masuk bagi para penumpangnya. Kehadiran pintu geser dapat meningkatkan esensi kepraktisan ketika keluar masuk kabin mobil dan juga menunjang kesannya tampak sebagai kendaraan kelas premium. Model pintu tersebut menjadi salah satu pembedanya, karena untuk Travello masih memakai model konvensional.

Review KIA Pregio 2008: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil KIA Pregio 2008

Pintu belakang bisa dibuka ke atas menjadi nilai plus tersendiri

Pada sektor belakang terdapat hal yang begitu menarik, yang mana pintu KIA Pregio 2008 aksesnya bisa dibuka ke atas. Dengan adanya desain tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjadi atap saat beristirahat. Bahkan bisa juga untuk bisnis kuliner, penjualan di bagian belakang dan tidak perlu menggunakan atap tambahan lagi.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR KIA PREGIO 2008

Berlanjut ke bagian interior, yang mana soal kabin mempunyai luas yang mumpuni. Walaupun KIA Pregio 2008 dapat menampung 8 orang penumpang dengan ruang kaki yang cukup lega.

Review KIA Pregio 2008 : Bagian Dashboard  & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi KIA Pregio 2008

Fitur kenyamanan hanya panel audio standar dan AC Double Blower

Pada bagian dashboard KIA Pregio 2008 di desain sederhana dengan pemberian fitur yang terbilang minim. Menurut pendapat kami, hal tersebut memang disengaja agar harga jualnya tidak terlalu melambung tinggi. Sementara untuk memberikan hiburan hanya diberikan panel audio standar dan AC Double Blower.

Berlanjut ke bagian kemudi mobil, yang mana dari segi tampilan tergolong biasa saja yaitu menggunakan desain 3 palang. Hanya saja untuk balik kemudi telah diberikan panel informasi yang dapat menunjukkan sisa bahan bakar sampai kecepatan mobil saat melaju.

Review KIA Pregio 2008: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil KIA Pregio 2008

Ruang kaki cukup luas sehingga terasa nyaman saat duduk di kursi

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh KIA Pregio 2008 adalah pada bagian jok yang digunakan. Untuk kapasitas penumpang bisa membawa 8 sampai 9 orang dengan ruang kaki yang cukup lega. Ditambah lagi kursinya bisa diatur lurus sampai rata lantai sehingga dapat digunakan untuk tiduran oleh para penumpangnya selama menempuh perjalanan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR KIA PREGIO 2008

Berbicara soal fitur, sebagai kendaraan yang lebih ditujukan untuk Travel tentunya berbeda dengan mobil lain untuk pribadi atau mobil keluarga. Namun untuk fitur yang cukup menarik pada KIA Pregio 2008 adalah Power Steering sehingga memudahkan pengendara untuk melakukan maneuver. Memang fitur ini di kala itu sudah mumpuni, hanya beberapa saja yang sudah diberikan fitur tersebut.

Gambar ini menunjukkan jok mobil yang semuanya dilipat pada KIA Pregio 2008

Saat kursi dibuat hampir rata bisa untuk tiduran santai

Fitur selanjutnya untuk mendukung kenyamanan selama berkendara adalah AC Double Blower yang bisa memberikan pengendara dan penumpang kesejukan selama perjalanan. Fitur selanjutnya adalah panel audio yang terbilang standar, hal tersebut karena untuk pengoperasiannya hanya radio sampai CD saja. Kalau fitur USB, Bluetooth belum diberikan pada KIA Pregio 2008.

>>> Ingin membeli mobil Kia Pregio? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

5. OPERASI KIA PREGIO 2008

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Pregio 2008

Mesin mumpuni untuk menerjang jalanan ke lokasi wisata

Berlanjut ke bagian performa KIA Pregio 2008, karena tujuannya adalah sebagai kendaraan Travel tentu mesinnya terbilang mumpuni. Hal tersebut terbukti dengan penggunaan mesin diesel yang mempunyai kapasitas 2.665 cc yang dapat digunakan untuk melibas berbagai medan jalan baik perbukitan maupun perkotaan.

Dengan mengandalkan mesin tersebut, Pregio 2008 dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 80 Ps/4.000 Rpm. Tenaga dari mesin akan disalurkan menuju ke roda mobil dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan.

>>> Klik Di Sini Untuk Simak Review Mobil Kia Lainnya

6. SPESIFIKASI KIA PREGIO 2008

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi KIA Pregio 2008:

DIMENSI

Panjang

4.900 mm

Lebar

1.810 mm

Tinggi

1.970 mm

Wheelbase

2.580 mm

Ground Clearance

180 mm

MESIN

Tipe

Diesel J2

Kapasitas Silinder

2.665 cc

Tenaga Maksimal

80 PS / 4.000 Rpm

Torsi Maksimal

16,8 Kg.m / 2.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Dual Servo Drum dengan Automatic Adjustment

Suspensi Depan

Double Wishbone dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

5-Link Coil Spring dengan Stabilizer

Kapasitas Tangki BBM

85 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA PREGIO 2008

Setiap kendaraan tentu akan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menurut pendapat kami, berikut kelebihan dan kekurangan KIA Pregio 2008:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kapasitas penumpang terbilang banyak yaitu 8 sampai 9 orang dengan ruang kaki yang lega

Untuk mendapatkan sparepartnya tergolong sulit, mengingat KIA adalah perusahaan asal Korea Selatan

Kursi dapat dilakukan pengaturan sampai hampir rata dengan lantai sehingga bisa digunakan untuk beristirahat dengan nyaman

Fitur yang diberikan baik untuk keselamatan ataupun hiburan terbilang biasa, belum ada fitur modern seperti saat ini

Mesin diesel sangat mumpuni dipadukan dengan penggunaan transmisi manual

Perawatan cukup memakan biaya karena sulitnya cari sparepart kecuali sudah tahu penjualnya

8. DAFTAR HARGA KIA PREGIO 2008

Dalam kondisi baru mobil ini tidak dijual lagi, apabila ingin memilikinya bisa membeli dalam kondisi bekas untuk harga bekas KIA Pregio M/T 2008 berkisar mulai Rp. 40 jutaan sampai Rp. 110 jutaan. Harga tersebut bisa saja berbeda dengan daerah Sobat karena berpengaruh dengan kondisi dan juga wilayah penjualan.

9. VIDEO KIA PREGIO 2008

10. KESIMPULAN KIA PREGIO 2008

Mobil KIA Pregio 2008 merupakan sebuah kendaraan Van yang sangat cocok untuk digunakan sebagai mobil Travel. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah jok mobil yang bisa dibuat rata, sehingga saat ingin beristirahat bisa dilakukan di dalam mobil. Bahkan dari segi performa juga mumpuni dengan memakai mesin diesel dapat digunakan untuk melintasi medan menanjak ataupun perkotaan dengan mudah. Bahkan untuk konsumsi bahan bakarnya juga tergolong hemat.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Harga KIA Optima 2017 : Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Canggih

    31/12/2019| Abdul

    Harga KIA Optima 2017 : Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Canggih

    Salah satu mobil big sedan dari KIA yang telah dibekali dengan fitur canggih adalah Optima. Mobil ini mempunyai tampilan mewah ala mobil Eropa dengan harga yang mencapai setengah miliaran rupiah. Lantas apa saja kelebihan dan spesifikasi yang diberikan? Mari kita simak ulasannya dalam review KIA Optima 2017.

  • Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    10/12/2019| Abdul

    Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    Salah satu produsen mobil asal Korea Selatan yang menghadirkan sebuah Van adalah KIA. Yang mana produknya yaitu Pregio yang berkapasitas 8 penumpang. Mobil besutan KIA satu ini menjadi salah satu yang diincar oleh para pegiat bisnis untuk keperluan Travel. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, untuk lebih jelasnya mari kita simak review KIA Pregio 2008.

  • Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

    05/12/2019| Abdul

    Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

    Jika mendengar nama Travello tentu yang dipikirkan adalah sebuah mobil Travel. Jika begitu berarti satu pikiran dengan kami, namun tahukah Sobat bahwa nama Travello merupakan salah satu mobil besutan dari KIA. Mobil ini merupakan adik dari KIA Pregio yang memiliki dimensi lebih besar. Untuk kapasitasnya dapat digunakan untuk membawa 12 orang penumpang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak review KIA Travello 2006.

International