Review Kia Carens LX 2013 : Medium MPV Ala Eropa Dengan Handling Lebih Baik

02/12/2019 | Abdul

1. PENGANTAR KIA CARENS LX 2013

Mobil ini dihadirkan di Indonesia pada tahun 2013 oleh pihak PT KIA Mobil Indonesia. Yang mana rancangannya seperti mobil-mobil Eropa tapi badge berasal dari Korea. Mobil ini memang memiliki dualism identitas, jadi untuk kewarganegaraan dari Korea sedangkan masalah selera lebih ikut Eropa. Dengan dualisme identitas menjadikan mobil besutan KIA ini terasa begitu unik.

Menariknya lagi, mobil besutan KIA tersebut masuk dalam segmen medium MPV. Yang mana pada segmen tersebut pemainnya mayoritas produsen asal Jepang. Dengan mengandalkan keunikannya dan berkapasitas 7 penumpang apakah dapat menarik hati masyarakat di Indonesia. Daripada penasaran, lebih baik kita simak informasi mengenai spesifikasi KIA Carens LX 2013 agar Sobat bisa memberikan penilaian sendiri.

2. EKSTERIOR KIA CARENS LX 2013

Seperti biasa, pertama kali kita akan membahas soal eksterior. Dari segi dimensi mobil ini mempunyai ukuran panjang 4.525 mm dengan lebar 1.805 mm dan tingginya adalah 1.610 mm. Masuk dalam segmen medium MPV mobil ini tampak begitu stylish dan juga modern. Hal tersebut bukan asal-asalan, pasalnya orang yang mendesainnya langsung adalah Peter Schreyer selaku Chief Designer Officer KIA. Yang mana desainer tersebut telah memiliki pengalaman yang banyak  dalam desain brand mobil asal Eropa. Jadi tidak heran bila mobil Carens mempunyai desain yang condong ke brand Eropa.

Review KIA Carens LX 2013 : Bagian Depan

Gambar ini  menunjukkan bagian depan mobil Kia Carens LX 2013

Desain tiger nose dibawa oleh mobil ini sebagai desain baru

Di bagian depannya sendiri akan tampak desain ala kendaraan Eropa mulai pada fascia nya yang didesain ramping atletis dan juga dinamis.  Memang mobil KIA generasi keempat ini menjadi awal dari perubahan wajah dan tampak berbeda dengan Carens generasi kedua dan ketiganya yang lebih ke utilitarian. Mobil KIA Carens LX 2013 identitasnya memang tergolong  baru yakni dengan desain tiger nose. Yang mana desain tersebut saat ini sudah jadi ciri khas kendaraan baru milik KIA.

Sementara itu, untuk bagian bawah grille mempunyai airdam yang ukurannya terbilang massif, desainnya sendiri sangat sesuai dengan bentuk dari foglamp yakni kotak. Sedangkan pada headlight yang dipakai memakai model projector  yang sudah dibekali dengan fitur Static Bending Light. Dengan adanya fitur tersebut membuat area blind spot berkurang dan saat melakukan manuver akan mendapatkan sudut pandang yang lebih luas. Jadi fitur tersebut mengikuti pergerakan dari setir mobil.

Review KIA Carens LX 2013 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Kia Carens LX 2013

Tampilan dinamis berkat penggunaan tarikan garis dari depan sampai belakang

Berlanjut ke bagian samping KIA Carens LX 2013, pada bagian ini desainnya tampak dinamis dengan penggunaan tarikan garis desain mulai dari headlight sampai ke bagian taillight. Selain itu, untuk kaca sampingnya juga dibuat besar sehingga saat penumpang melihat luar kendaraan jadi lebih luas. Mobil besutan KIA ini didukung dengan penggunaan pelek two-tone alloy yang ukurannya adalah 16 inci. Pelek tersebut terbalut ban ukuran 205/55 R16 serta mempunyai ground clearance yang tingginya adalah 151 mm dipadukan dengan wheelbase ukuran 2.750 mm.

Review KIA Carens LX 2013 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Kia Carens LX 2013

Tampilan modern berkat desain taillight yang dimiliki

Pada bagian belakang KIA Carens LX 2013 menggunakan desain yang terkesan modern berkat penggunaan taillight yang dibuat menyatu antara pintu bagasi dan pilar D. Ditambah lagi terdapat juga sensor parkir yang posisinya di bawah pintu bagasi dan ada juga under garnish yang menggunakan aksen kelir warna hitam. Di bagian buritannya ini juga telah dibekali dengan spoiler yang telah dilengkapi dengan high mount stop lamp. Ada juga wiper belakang dan juga defogger sehingga pengemudi akan mendapatkan visibilitas yang cukup baik di bagian belakang.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR KIA CARENS LX 2013

Menuju ke bagian interior KIA Carens LX 2013. Yang mana tampilan dalam mobil ini begitu sporty. Ditambah lagi kapasitasnya mencapai 7 orang penumpang dengan beberapa fitur mumpuni.

Review KIA Carens LX 2013 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Kia Carens LX 2013

Desain dashboard pakai two tone dan 2 pilihan warna

Di bagian dashboard KIA Carens LX 2013 memakai desain  two tone dan mempunyai 2 pilihan warna. Warna pertama adalah black-black dan yang kedua black-beige. Untuk bahan material yang dipakai begitu ramah dan ketika disentuh akan terasa nyaman. Selain itu, head unit memakai 2 Din yang merupakan produk aftermarket dan dipadukan dengan pengaturan AC otomatis. Bagian tengahnya tersebut juga mempunyai glove box dengan kompartemen yang baik. Ditambah lagi bagian belalang transmisi terdapat ruang penyimpanan yang dapat digunakan untuk menaruh 2 botol minuman dan pada centre armrest yang ruang penyimpanannya besar.

Sementara untuk bagian instrument cluster milik KIA Carens LX 2013 telah dibekali dengan MID yang cukup canggih dengan ukuran 4,3 inci. Nantinya layar MID tersebut akan memberikan informasi berhubungan dengan kondisi kendaraan seperti data trip sampai info tentang jadwal pemilik untuk melakukan servis secara berkala.

Review KIA Carens LX 2013 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan mobil Kia Carens LX 2013 dengan pntu terbuka

Jok baris kedua dan ketiga dapat dilipat untuk  menambah ruang untuk barang bawaan

Sebagai kendaraan segmen MPV tentunya ada yang harus diperhatikan yaitu kapasitas penumpangnya. Jadi KIA Carens dapat digunakan untuk membawa 7 penumpang dewasa dan memberikan kenyamanan selama perjalanan. Adapun joknya mempunyai konfigurasi 2+3+2 yang mulai jok bagian depan sampai ke bagian belakang dari Carens 2013. Sementara untuk kapasitas bagasi  KIA Carens adalah 100 liter dalam kondisi semuanya kursi terpakai. Apabila kursi paling belakang tidak digunakan bisa dilipat dan bagasinya bertambah jadi 492 liter. Sedangkan jika baris kedua dan ketiga tidak digunakan dan semuanya dilipat maka kapasitasnya mencapai 1.650 liter.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR KIA CARENS LX 2013

Menuju ke bagian fitur KIA Carens LX 2013, apabila dibandingkan dengan versi International sebenarnya telah mengalami banyak penyusutan. Meskipun begitu, beberapa fitur di dalamnya sudah terbilang cukup mumpuni.

Review KIA Carens LX 2013 : Fitur Berkendara

Jika dibandingkan dengan para rivalnya kala itu, mobil besutan KIA tersebut tergolong lebih baik. Hal tersebut berkat penggunaan fitur Eco Mode dan juga Flex Steer yang memungkinkan pengemudi memilih mode berkendara dengan 3 pilihan yakni Normal, Comfort dan yang terakhir adalah Sport. Dengan 3 mode berkendara bisa menyesuaikan gaya berkendara dengan kondisi dan kebutuhan di jalan yang sedang dilewati.

Gambar ini menunjukkan uji EURO NCAP KIA Carens

Jika melihat >>> Baca Juga, Ingin membeli mobil Kia Carens? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

5. OPERASI KIA CARENS LX 2013

10. KESIMPULAN KIA CARENS LX 2013

Mobil KIA Carens LX 2013 menjadi sebuah mobil dalam segmen MPV 7 seater. Dengan desain ala Eropa, mobil besutan pabrikan asal Korea tersebut sukses dalam menstandarkan desain dan juga kenyamanan serta rasa berkendara standar dari brand mobil asal Eropa. Meskipun begitu, menurut kami hal tersebut terasa nanggung karena dari segi fitur kurang mumpuni dan tidak ada khas Eropa di bagian tersebut.

Apabila Sobat ingin sebuah kendaraan yang mempunyai tampilan stylish dengan fitur yang terbilang biasa. Maka Sobat bisa mengandalkan mobil KIA Carens LX 2013 untuk menemani perjalanan Sobat bersama keluarga tercinta ke tempat yang akan dituju.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Review mobil serupa

  • 10/12/2019 | Abdul

    Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    Salah satu produsen mobil asal Korea Selatan yang menghadirkan sebuah Van adalah KIA. Yang mana produknya yaitu Pregio yang berkapasitas 8 penumpang. Mobil besutan KIA satu ini menjadi salah satu yang diincar oleh para pegiat bisnis untuk keperluan Travel. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, untuk lebih jelasnya mari kita simak review KIA Pregio 2008.

  • 05/12/2019 | Abdul

    Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

    Jika mendengar nama Travello tentu yang dipikirkan adalah sebuah mobil Travel. Jika begitu berarti satu pikiran dengan kami, namun tahukah Sobat bahwa nama Travello merupakan salah satu mobil besutan dari KIA. Mobil ini merupakan adik dari KIA Pregio yang memiliki dimensi lebih besar. Untuk kapasitasnya dapat digunakan untuk membawa 12 orang penumpang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak review KIA Travello 2006.

  • 30/11/2019 | Abdul

    Review KIA Sportage Diesel 2016 : Mobil SUV Sporty Tampilan Mewah

    Salah satu mobil besutan KIA yang cocok digunakan dalam perkotaan adalah KIA Sportage. Jadi pada tahun 2016 silam ada tampilan bari yang diberikan oleh KIA sehingga tampil lebih sporty. Mobil ini terdapat 2 pilihan konsumsi bahan bakar yakni diesel dan bensin. Untuk varian bensin telah dibahas sebelumnya. Nah untuk kali ini kami akan membahas review KIA Sportage Diesel 2016.