Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

05/12/2019| Abdul

1. PENGANTAR KIA TRAVELLO 2006

Sebelumnya, kakak dari Travello yakni Pregio pernah dilakukan perakitan lokal kemudian produksinya dihentikan. Setelah itu barulah KIA Travello menggantikannya dengan daya tampung sampai 16 orang bila melihat dari website resminya. Namun hal tersebut ternyata kurang benar, karena untuk jumlah kursi yang diberikan cocoknya hanya 12 orang sudah termasuk dengan sopir. Untuk hal tersebut kami memahaminya karena aspeknya hanya dalam pemasaran.

KIA Travello menjadi salah satu primadona oleh para pebisnis yang berhubungan dengan Travel ataupun rental mobil. kalau melihat dari kapasitasnya, saat Sobat ingin pergi bersama satu keluarga besar dengan jumlah 12 orang maka bisa mengandalkan mobil satu ini. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi KIA Travello 2006.

2. EKSTERIOR KIA TRAVELLO 2006

Pertama kita akan membahas bagian eksterior, yang mana dari segi dimensi mempunyai panjang 4.915 mm dan lebarnya mencapai 1.740 mm. Dengan dimensi tersebut membuatnya diincar oleh para pebisnis.

Review KIA Travello 2006: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan bagian kanan mobil KIA Travello 2006

Lampu depan besar dan desain keseluruhan terlihat elegan

Seperti yang telah diketahui bahwa umurnya tidak muda lagi, tetapi dari segi tampilan tetap terlihat modern dan mengikuti zaman. Hal tersebut berkat penggunaan lampu utama yang ukurannya cukup besar. Dengan begitu untuk pencahayaan yang dihasilkan akan lebih maksimal. Untuk lampu kabut belum disematkan pada mobil besutan KIA satu ini..

Review KIA Travello 2006: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping kanan dan depan KIA Travello 2006

Wheelbase yang dimiliki cukup panjang yang berpengaruh pada kapasitas penumpang

Tampak bagian samping terlihat tegas berkat penggunaan satu garis yang mempunyai warna hitam. Untuk KIA Pregio telah mendapatkan pintu geser, namun untuk KIA Travello 2006 masih mengandalkan pintu konvensional. Bagian pintunya tersebut menjadi salah satu pembeda yang cukup jelas diantara keduanya.

Review KIA Travello 2006: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil KIA Travello 2006

Kaca belakang lebar memberikan pandangan ke belakang lebih baik

Pada bagian belakang KIA Travello diberikan kaca yang ukurannya besar, dengan begitu visibilitas untuk melihat ke belakang akan lebih baik saat dalam perjalanan. Sementara untuk bagian Stop Lamp juga dibuat dengan ukuran besar, tujuannya adalah supaya kecelakaan yang terjadi dari arah belakang bisa diminimalisir. Mengingat bodinya ukurannya besar sehingga lampunya perlu yang besar juga agar tampak kecocokannya.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR KIA TRAVELLO 2006

Menuju ke bagian interior KIA Travello 2006, untuk wheelbase yang dimiliki adalah 2.415 mm. Hasilnya bagian kabin akan terasa lebih lega dan salah satu kelebihan yang dimiliki adalah bagian akomodasinya. Hanya saja menurut kami untuk fitur hiburan masih tergolong biasa saja.

Review KIA Travello 2006: Bagian Dashboard Dan Setir

Gambar ini menunjukkan dashboard  dan kemudi mobil KIA Travello 2006

Desain dashboard sederhana dan untuk fitur masih minim

Pada bagian dashboard mengandalkan warna hitam yang mendominasi. Selain itu bagian kabin juga dihiasi dengan Metal Grain pada berbagai sisi yang menandakan kecerdikan dari KIA sehingga tampak lebih elegan. Di bagian ini juga tersedia fitur hiburan yang disematkan berupa panel audio. Untuk varian standarnya mengandalkan 2 buah speaker, sementara untuk varian Optional 2 memakai 4 buah speaker.

Di bagian kemudi menurut pendapat kami desainnya terkesan Old-Fashioned. Akan tetapi hal tersebut dapat ditutupi dengan pemberian fitur Power Steering, sehingga saat pengemudi mengajak mobil melakukan manuver dapat dilakukan dengan mudah, apalagi untuk bodinya dibuat dengan dimensi yang cukup besar.

Review KIA Travello 2006: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkam ilustrasi pada penataan desauan KIA Travello 2006

Ruang kaki cukup lega sehingga jok terasa lebih nyaman

Telah dijelaskan diatas bahwa untuk kapasitas penumpang mobil KIA Travello 2006 dapat membawa 16 penumpang berdasarkan brosur resminya. Meskipun jika dilihat berdasarkan peletakan kursi lebih tepat kalau digunakan untuk 12 orang penumpang saja. Ada hal yang menarik pada mobil ini, meskipun jumlah penumpang cukup banyak tapi ruang kakinya cukup lega dan telah dilengkapi dengan pegangan tangan yang ditempatkan di sisi atap kabin Travello.

>>> Baca Juga :

4. FITUR KIA TRAVELLO 2006

Gambar ini menunjukkan blower AC mobil pada KIA Travello 2006

Blower di tengah dapat menyebarkan suhu AC sampai ke belakang

Sebagai mobil yang cocok untuk kendaraan travel tentunya dari segi fitur tidak sama dengan kendaraan pribadi. Untuk memberikan hiburan kepada pengendara dan penumpang, pihak pabrikan memberikan panel audio, hanya saja untuk pengoperasian hanya untuk radio saja. Memang fitur KIA Travello terkesan minim, akan tetapi dari pada tidak ada fitur tersebut terbilang lumayan dapat menghibur penumpang di dalam kendaraan selama perjalanan ke tempat yang diinginkan.

Selanjutnya, untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya pihak KIA memberikan 3 buah AC Blower. Yang mana untuk posisinya 1 di bagian depan dan 2 buah di bagian kursi deretan tengahnya. Sehingga menjadikan salah satu keistimewaan yang dimiliki mobil ini karena kendaraan dapat lebih nyaman di dalam mobil terutama ketika menempuh perjalanan yang cukup jauh.

>>> Klik Di Sini Untuk Simak Review Mobil Kia Lainnya

5. OPERASI KIA TRAVELLO 2006

Gambar ini menunjukkan mesin mobil yang dimiliki KIA Travello 2006

Mesin diesel tangguh hemat bahan bakar

Untuk mesin KIA Travello 2006 memiliki spesifikasi yang serupa dengan milik Pregio. Meskipun begitu, kalau dilihat dari segi kenyamanan tentu lebih unggul milik Travello. Jadi dari segi rasio gigi akhir yang dimiliki oleh Travello adalah 4.444 sementara untuk Pregio hanya 4.222. Sedangkan untuk akselerasi yang dimiliki adalah 33,7 detik dalam melakukan akselerasi 0-100 km/jam. Untuk soal mesin, berdasarkan spesifikasi resminya menggunakan mesin diesel yang mempunyai kapasitas 2.665 cc yang dipadukan dengan penggunaan transmisi  manual 5 percepatan.

Dengan mengandalkan mesin tersebut, membuat mobil Travello dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 80 Ps/4.000 Rpm dan torsi maksimal yang bisa dihasilkan adalah 16,8 kg,m/2.400 Rpm. Menggunakan mesin tersebut, estimasi konsumsi bahan bakar 12,3 km/liter. Yang mana angka tersebut menunjukkan bahwa KIA Travello tergolong dalam kategori hemat konsumsi bahan bakar.

>>> Ingin membeli mobil Kia Travello? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

6. SPESIFIKASI KIA TRAVELLO 2006

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa melihat spesifikasi KIA Travello 2006 berikut ini:

DIMENSI

Panjang

4.915 mm

Lebar

1.740 mm

Tinggi

2.030 mm

Wheelbase

2.415 mm

MESIN

Tipe

2.7 Liter 4 Silinder Segaris 8 Katup OHV

Kapasitas Silinder

2.665 cc

Tenaga Maksimal

80 PS / 4.000 Rpm

Torsi Maksimal

16,8 Kg.m / 2.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Torsion Bar dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Per Daun (Soft Suspension)

Sistem Pendukung Rem

Load Sensing Proportion Valve (LSPV)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA TRAVELLO 2006

Setelah membahas spesifikasi tentunya kurang lengkap jika tidak membahas kelebihan dan kekurangannya. Namun dalam hal ini menurut pandangan kami, jadi bisa saja terdapat perbedaan dengan pandangan para pembaca sekalian. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Travello 2006.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai kapasitas penumpang yang cukup banyak yakni mencapai 12 orang dengan ruang kaki yang lega

Sparepart untuk  melakukan penggantian saat ada masalah sulit dicari, jadi sebaiknya bisa mencari informasi mengenai lokasi penjualan sparepart sebelum membeli

Mesin diesel yang digunakan sangat mumpuni untuk pergi ke tempat wisata yang dituju dengan beragam kondisi jalan

Fitur keselamatan yang disematkan pada mobil besutan KIA ini masih tergolong minim

Telah diberikannya AC Blower dengan penempatan yang tepat sehingga penumpang yang berada di dalam mobil bisa merasakan kesejukan AC Blower dari KIA Travello

Interiornya mempunyai tampilan yang tergolong biasa saja, begitupun soal fitur yang dimiliki terbilang masih minim

8. DAFTAR HARGA KIA TRAVELLO 2006

Sebagai mobil keluaran lama maka untuk kondisi barunya sudah tidak dijual lagi. Jika mempunyai minat pada mobil Travello maka perlu membelinya dalam kondisi bekas, dari segi harga juga tergolong terjangkau. Untuk harga bekas KIA Travello 2.7 L M/T 2006 dibanderol sekitar Rp. 45 juta sampai Rp. 110 jutaan. Namun harga tersebut tergantung kondisi dan juga wilayah dimana menjualnya.

9. VIDEO KIA TRAVELLO 2006

10. KESIMPULAN KIA TRAVELLO 2006

Untuk kegiatan Travel mobil KIA Travello 2006 terbilang sangat tepat dan mumpuni. Dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak dan didukung dengan mesin diesel mumpuni maka dapat membuat mobil menjalankan fungsinya dengan maksimal. Hasilnya, dimanapun tempat wisata yang akan dituju bisa didatangi dengan mudah tanpa hambatan. Dengan kondisi bekas maka harganya akan lebih terjangkau. Bagi para pebisnis sewa mobil atau travel tidak ada salahnya menyediakan mobil ini 1 atau 2 unit.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Harga KIA Optima 2017 : Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Canggih

    31/12/2019| Abdul

    Harga KIA Optima 2017 : Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Canggih

    Salah satu mobil big sedan dari KIA yang telah dibekali dengan fitur canggih adalah Optima. Mobil ini mempunyai tampilan mewah ala mobil Eropa dengan harga yang mencapai setengah miliaran rupiah. Lantas apa saja kelebihan dan spesifikasi yang diberikan? Mari kita simak ulasannya dalam review KIA Optima 2017.

  • Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    10/12/2019| Abdul

    Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    Salah satu produsen mobil asal Korea Selatan yang menghadirkan sebuah Van adalah KIA. Yang mana produknya yaitu Pregio yang berkapasitas 8 penumpang. Mobil besutan KIA satu ini menjadi salah satu yang diincar oleh para pegiat bisnis untuk keperluan Travel. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, untuk lebih jelasnya mari kita simak review KIA Pregio 2008.

  • Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

    05/12/2019| Abdul

    Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

    Jika mendengar nama Travello tentu yang dipikirkan adalah sebuah mobil Travel. Jika begitu berarti satu pikiran dengan kami, namun tahukah Sobat bahwa nama Travello merupakan salah satu mobil besutan dari KIA. Mobil ini merupakan adik dari KIA Pregio yang memiliki dimensi lebih besar. Untuk kapasitasnya dapat digunakan untuk membawa 12 orang penumpang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak review KIA Travello 2006.

International