Review KIA Sportage Diesel 2016 : Mobil SUV Sporty Tampilan Mewah

30/11/2019 | Abdul

1. PENGANTAR KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Desain lebih aerodinamis diberikan pada Sportage keluaran tahun 2016. Pada desain terbarunya ini juga akan terlihat kesan crossover di dalamnya. Jika dibandingkan dengan varian bensin, memang dari segi penjualan varian diesel lebih rendah di Indonesia. Padahal kalau dari segi fungsionalitas tidak memiliki perbedaan yang jauh. Namun semuanya dikembalikan kepada pembeli mau pilih yang mana.

2. EKSTERIOR KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Review KIA Sportage Diesel 2016: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Sportage Diesel 2016

Kegagahan sangat terasa dengan perpaduan grille dan headlamp

Di bagian wajah KIA Sportage Diesel 2016 akan tampak perubahan yang cukup besar. Yang mana pada headlampnya  didesain lebih kecil dipadukan dengan grille yang lebih besar seperti terdapat banyak lubang. Untuk perubahan lainnya pada mobil ini adalah adanya foglamp baru yang unik ditempatkan di bagian bumper. Di bagian tengah grille terdapat logo KIA yang terlihat menyatu pada grille nya.

Review KIA Sportage Diesel 2016: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil mobil KIA Sportage Diesel 2016

Terlihat bagian atas dari arah samping desainnya sangat keren

Kalau melihat bagian depan ada yang bilang aneh, namun untuk bagian samping kangan khawatir karena tidak ada masalah. Dari bagian depan sampai ke belakang mobil ini tampak sporty terlihat dari bentuk bodinya sehingga tampilannya begitu menarik. Meskipun begitu, menurut kami untuk desain jendela samping cukup mungil dengan bentuk yang lebih kecil dibandingkan bodi bawahnya.

Review KIA Sportage Diesel 2016: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil mobil KIA Sportage Diesel 2016

Lekukan bodi belakang sedikit mengecil ke atas dan bagian bawah tampak menggelembung ke samping

Sementara untuk bagian belakang terlihat berbeda dengan bagian depan dan juga samping. Yang mana desainnya dibuat sangat sporty dengan adanya rear lamp yang dibuat begitu dinamis dan juga light reflector yang terdapat pada bumper belakang serta ada pula skid plate. Di bagian tengahnya terdapat logo KIA sebagai penunjuk merek mobil. Sementara di bagian samping kiri terdapat emblem bertuliskan Sportage dan kanan CRDi yang sama-sama menggunakan aksen krom.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Review KIA Sportage Diesel 2016 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil KIA Sportage Diesel 2016

Desain dahboard sederhana dengan dilapisi menggunakan soft touch

Berlanjut ke bagian dashboard KIA Sportage Diesel 2016, yang mana untuk bahannya memakai lapisan soft touch yang didesain sederhana. Sementara untuk bagian tengah dashboard terdapat layar headunit 2 din. Selain itu ada juga pengaturan AC yang pengoperasiannya bisa dilakukan dengan mudah.

Sementara untuk setirnya menggunakan lapisan kulit sehingga saat memegangnya akan terasa lebih nyaman. Pengaturannya juga mudah karena telah menggunakan teknologi tilt dan telescopic. Bahkan sistem audio steering switch juga dipasangkan pada mobil besutan KIA tersebut.

Review KIA Sportage Diesel 2016 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil pada mobil KIA Sportage Diesel 2016

Tampilan mewah dan jok mobil mempunyai ruang kaki dan kepala yang cukup

Untuk bagian kursi KIA Sportage dengan mesin diesel ini tergolong nyaman. Hal tersebut dikarenakan ruang kaki serta kepala yang cukup sehingga penumpang akan merasa lebih lega. Terdapat pula headrest yang bisa digunakan untuk menyandarkan kepala. Bahkan dilihat dari bentuknya desain yang digunakan tampak mewah.

Review KIA Sportage Diesel 2016 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil KIA Sportage Diesel 2016

Dengan desain datar bagasi mobil dapat masuk lebih banyak barang

Pada bagian bagasi bisa dipakai untuk membawa barang bawaan yang cukup banyak. Desainya dibuat datar sehingga akan mempermudah dalam menata barang bawaan dan juga tentu lebih banyak yang dapat dibawa. Apabila ternyata masih kurang dan jok belakang tidak ada yang menduduki, maka Sobat bisa melipat baris kedua sehingga barang bawaan bisa muat lebih banyak.

>>> Baca juga:

4. FITUR KIA SPORTAGE DIESEL 2016

KIA Sportage Diesel 2016 merupakan sebuah kendaraan yang masuk dalam segmen SUV dengan beragam fitur untuk penumpang agar tetap nyaman dan aman. Bagian kabinnya juga terkesan mewah dengan perpaduan warna yang tepat serta komponen yang diberikan.

Review KIA Sportage Diesel 2016: Fitur Keselamatan

Kalau berbicara soal keselamatan tentunya merupakan hal yang diutamakan. Nah pada mobil besutan KIA ini telah menggunakan safety airbag pada bagian pengemudi dan juga 3 point seatbelt yang dijadikan sebagai fitur standar untuk keselamatan. Agar mobil tetap stabil selama perjalanan, pihak KIA memberikan fitur cruise control dan juga sistem pengereman ABS dan EBD. Tidak lupa pula fitur VSC dan HSA juga ikut diberikan.

Gambar ini menunjukkan head unit pada dahsboard mobil KIA Sportage Diesel 2016

Fitur hiburan mendukung kenyamanan berkendara

Review KIA Sportage Diesel 2016: Fitur Hiburan

Untuk memberikan hiburan, mobil KIA Sportage Diesel 2016 telah dibekali dengan touchscreen head unit 2 din. Yang mana fitur tersebut telah memakai DAB Audio yang disambungkan ke 6 buah speaker di dalam kendaraan.

>>> Klik sini untuk simak review mobil KIA lainnya

5. OPERASI KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil mobil KIA Sportage Diesel 2016

Mesin mumpuni dengan desain bodi mobil yang tidak terlalu besar

Berlanjut ke bagian dapur pacu, mesin KIA Sportage Diesel 2016 adalah DRCI dengan kapasitas 2.000 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 134 Hp dan torsi puncaknya adalah 373 Nm. Dipasangkan pada kendaraan compact SUV yang mempunyai dimensi tidak begitu besar, mesin yang digunakan tersebut tergolong mumpuni.

Sementara untuk bagian kaki-kaki seperti suspensi mengandalkan MacPherson Strut di bagian suspensi  depan dan belakang mengandalkan Multilink. Sedangkan untuk peleknya memakai ring dengan ukuran 18 inci yang membuat tampilannya menjadi lebih gagah.

>>> Klik Di Sini Jika Ingin Membeli Mobil Besutan KIA

6. SPESIFIKASI KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Berikut tabel spesifikasi KIA Sportage Diesel 2016:

DIMENSI

Panjang

4.480 mm

Lebar

1.855 mm

Tinggi

1.655 mm

Ground Clearance

172 mm

MESIN

Jenis

2.0 CRDi

Kapasitas

1,995 cc

Tenaga Maksimal

134 hp / 2,750 - 4,000

Torsi Maksimal

373 Nm / 1,500 - 2,500

Transmisi

Manual/Matic

Kapastas tanki

62 liter

SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Multi-Link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Kendaraan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga pada mobil besutan KIA satu ini. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Sportage Diesel 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil compact SUV tergolong kendaraan yang sangat praktis

Ada yang bilang mobil tersebut sebagai entry level dari Lamborghini

Untuk kegiatan sehari-hari dalam melakukan segala aktivitas terbilang masih nyaman

Penjualan di Indonesia juga tidak seperti lainnya karena memang dijual terbatas

Sektor mesin memakai V10 yang sangat mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Setelah melihat spesifikasinya tentu penasaran dengan harga yang ditawarkan. Untuk harga mobil KIA Sportage Diesel 2016 dimulai dari Rp. 425 jutaan. Sementara model sebelum facelift ditawarkan dengan harga mulai Rp. 180 jutaan. Tidak dipungkiri untuk versi diesel memang sulit untuk didapatkan. Hal tersebut dikarenakan untuk model terbarunya penjualannya terbatas.

9. VIDEO KIA SPORTAGE DIESEL 2016

10. KESIMPULAN KIA SPORTAGE DIESEL 2016

Mobil KIA Sportage Diesel 2016 adalah kendaraan dalam segmen sub compact SUV yang mempunyai kenyamanan lebih untuk para penggunanya. Beragam fitur dan juga kemewahan disematkan di bagian interior. Begitupun soal harganya ditawarkan dalam angka yang lumayan. Dari segi desain memang dekat dengan kelas crossover. Mobil besutan KIA dalam segmen SUV ini cukup mumpuni untuk melintasi segala medan jalan. Kalau soal mesin, tenaga diesel lebih baik dibandingkan mesin bensinnya. Hanya saja untuk varian dieselnya ini sulit untuk didapatkan karena di Indonesia banyak Sportage varian bensinnya.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 03/12/2018 | Arfian Alamsyah

    Review KIA Sportage 2018

    KIA Sportage dengan desain tiger nose hadir di 2016, lalu terakhir tahun 2018 ini mendapatkan beberapa penyegaran. Bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini?

  • 26/06/2018 | Handy Goeyana

    Review Kia Sportage 2016, Harga Dan Spesifikasi Lengkap

    Setelah generasi ketiga Kia Sportage diperkenalkan pada tahun 2011 silam dan dipercantik 3 tahun setelahnya. Kini Kia Sportage sudah memasuki generasi keempat ketika diperkenalkan pada ajang GIIAS tahun 2016 silam. Review Kia Sportage 2016 selengkapnya di bawah ini.

  • 10/12/2019 | Abdul

    Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    Salah satu produsen mobil asal Korea Selatan yang menghadirkan sebuah Van adalah KIA. Yang mana produknya yaitu Pregio yang berkapasitas 8 penumpang. Mobil besutan KIA satu ini menjadi salah satu yang diincar oleh para pegiat bisnis untuk keperluan Travel. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, untuk lebih jelasnya mari kita simak review KIA Pregio 2008.