Spesifikasi KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021 : Rasakan Kenyamanan Dengan Tampilan Mumpuni

28/05/2021| Abdul

1. PENGANTAR KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

KIA Sonet tidak hanya dihadirkan dalam versi 5 penumpang saja, akan tetapi untuk 7 penumpang juga disediakan di dalamnya. Adapun hal tersebut berkat lantai pada bagasi dilakukan modifikasi dan menambah jok di bagian belakang serta memindahkan lokasi ban serep. Dibandingkan dengan jok 5 seater, ukuran jok baris kedua lebih tipis dan kecil. Meskipun begitu, mekanisme one touch tumble dan sliding tetap diberikan.

Mobil besutan KIA ini dihadirkan pada tanggal 8 April 2021 dengan melalui virtual. Kehadirannya menjadi bukti akan keseriusan dari pihak KIA dalam menggarap sebuah kendaraan SUV di pasar otomotif Indonesia. Dalam peluncurannya dari pihak Andrew Nasuri yang menjabat sebagai Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha menyebutkan, "Sebuah kebanggaan bagi kami mendapatkan kepercayaan untuk melakukan World Premiere KIA Sonet 7 Seater di Indonesia. Permintaan konsumen terhadap mobil keluarga tujuh penumpang di Indonesia yang besar, menjadikannya sangat tepat jika Compact SUV terbaru dari KIA ini melakukan debut dunianya di sini."

2. EKSTERIOR KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

Sisi Depan KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Gagah dan tangguh terlihat dari bagian depan

Bagian depannya ini tampak menarik dan juga terlihat gagah. Grill menggunakan desain tiger nose yang tampak khas dan menarik. Pada detail head lampnya, DRL bagian atas akan menyala saat mesin dinyalakan. Sementara itu, pada saat lampu kecil dinyalakan maka DRL akan meredup. Dilanjutkan pada lampu jauh yang sorotnya dari arah dalam. Lampu utama yang digunakan mengandalkan multi reflektor LED. Untuk fog lamp berada di bawah dengan framing krom yang mengandalkan proyektor halogen.

Pada sisi bumper juga terdapat lubang-lubang desain memanjang dipadukan dengan underguard warna silver. Sementara itu, di bagian atas dudukan plat nomor juga terdapat lubang yang memanjang dengan ukuran kecil.

Sisi Samping KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Panjang varian 5 seater dan 7 seater sama tidak ada penambahan

Menuju pada sektor samping, ketangguhan mobil SUV tampak di bagian ini yang terlihat kompak. Meskipun dibekali dengan 3 baris kursi tapi panjangnya tetap sama dengan 5 seater. Spion sudah auto folding sewarna bodi dan ada sein dipadukan dengan bagian atap terdapat roof rail. Window lane krom menunjukkan aura kemewahan yang berpadu penggunaan handle model tarik yang mengandalkan aksen warna krom dengan smart key model pencet.

Over fender memakai warna hitam doff yang dibuat memanjang dari bagian depan sampai belakang. Ada juga list warna silver di sisi bawah seakan berpadu dengan warna silver underguard sisi depan dan belakang. Sementara untuk pelek memakai ukuran 16 inci dan dibekali dengan aksen warna two tone polis yakni warna hitam dan silver.

Sisi Belakang KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan sisi belakang KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Tampilan gagah tapi tidak ada defogger pada kaca belakang

Membahas bagian belakang Sonet tipe Premiere. Rear defogger belum ada pada mobil ini, namun untuk bagian atas sudah terdapat antena model shark fin dan rear spoiler dan high mount stop lamp. Untuk bagian ini sudah terdapat rear wiper yang dipadukan dengan lampu belakang yang terlihat ramai dengan aksen warna merah.

LED bar pada lampu belakangnya ini senada dengan bagian depan. Lampu tersebut berpadu dengan lampu sein dan juga lampu rem. Ada logo KIA bagian tengah dengan sisi kiri ada emblem tulisan Sonet dengan warna krom. Sementara bagian bawah sendiri terdapat bagian warna hitam dipadukan dengan reflektor dan underguard warna silver. Nah sobat akan menemukan ban serep pada bagian bawah.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

Kabin Depan KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Tampilan dashboard terlihat dinamis dan fungsional

Menuju ke bagian kabin depan mobil KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021. Masuk kabin akan tampak aksen warna hitam yang dominan. Power window sudah auto untuk sisi driver, elektrik mirror yang sudah elektrik retract dan sudah auto folding. Pada sisi kanan dashboard terdapat tuas pembuka kap mesin dan sekring serta port OBD. Di bagian atasnya terdapat tombol start/stop button dan stability control.

Dashboard yang digunakan menggunakan hard plastik. Kisi-kisi AC menggunakan framing black glossy untuk bagian dashboardnya. Panel instrumen tampak menarik dengan pencahayaan yang diberikan dan dapat memberikan informasi yang lengkap. Head unit yang diberikan berukuran 10,25 inci yang ditempatkan pada sisi tengah. Di bawahnya terdapat pengaturan AC model digital dengan Auto Climate yang mempunyai arah semburan untuk kaki dan dan ke badan.

Di bagian sisi kiri dashboard terdapat tweeter. Laci penyimpanan tertutup dan juga airbag untuk penumpang depan. Sementara itu, untuk bagian atap terdapat hand gril retract dipadukan dengan sun visor untuk pengemudi dan penumpang depan. Pada bagian tengah ada 2 lampu baca dan tempat penyimpanan kacamata. Sedangkan untuk kemudi menggunakan model flat di bagian bawah. Di bagian palang kiri dan kanan terdapat beragam tombol meliputi audio steering switch, cruise control dan pengaturan layar MID. Pengaturan kemudi hanya tilt saja.

Jok Mobil KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Gambar ini menunjukkan jok KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Jok menggunakan bahan kulit sehingga lebih nyaman saat diduduki

Jika membahas bagian jok, tampilannya terlihat unik. Bahan yang digunakan adalah kulit dengan jahitan warna merah yang menggunakan model perforated. Pengaturan jok pengemudi dari tipe Premier ini lengkap dengan height adjuster. Mengingat ini tipe 7 seater jadi diberikan 3 baris. Untuk baris kedua mendapatkan kisi-kisi AC 2 buah dengan USB dan laci penyimpanan terbuka. Di bagian atas terdapat rear air circulator dengan 4 pengaturan speed fan.

Jok mobil semuanya menggunakan desain yang sama dan ada akses warna merah seperti pada jahitannya. Headrest terdapat 2 buah di bagian depan, dua di tengah dan 2 di belakang. Dengan penggunaan 3 baris maka mengorbankan bagian bagasi mobil. Namun jika bagian jok belakang sedang digunakan dapat dilakukan pelipatan dan difungsikan sebagai bagasi mobil.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

Gambar ini menunjukkan remote smart key KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Smart key memungkinkan menyalakan dan mematikan mesin mobil dengan remot

Menuju ke bagian fitur, hal pertama pada fitur yang perlu diketahui adalah penggunaan remote. Dimana mobil KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021 sudah menggunakan Smart Key yang bisa remote engine start. Remote tidak hanya untuk menyalakan saja, akan tetapi juga bisa untuk mematikan.

Menuju ke bagian layar MID yang sudah menggunakan Full TFT MId. Informasi yang diberikan di dalamnya seperti TPMS, data-data berkendara termasuk juga rata-rata konsumsi BBM, real time konsumsi BBM dan lainnya. Head unit menggunakan ukuran 10,25 inci dengan tampilan menu utama radio, jam dan kompas. Layar sentuh ini juga support Android Auto dan Apple CarPlay. Pengoperasian lainnya adalah media navigasi, Bluetooth dan pengaturan fitur lain yang ada di mobil.

Gambar ini menunjukkan head unit KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Head unit gunakan layar ukuran 10,25 inci

Berhubungan dengan fitur safety dan security, struktur bodi yang digunakan adalah Advanced High Strength Steel & Press Hot Stamping. Airbag yang diberikan ada 6 yang dapat memberikan rasa aman ke padang pengendara dan penumpang di dalamnya. Sementara itu, untuk sistem pengereman mengandalkan ABS dan EBD yang berpadu dengan Hill Start Assist serta Electronic Stability Control. Agar parkir lebih mudah pihak KIA memberikan Rear View Monitor with Switch.

>>> Ingin membeli mobil Kia? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

5. OPERASI KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021

Penggunaan mesin sama pada semua tipe

Pada bagian performa KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021, KIA memberikan mesin berkapasitas 1.497 cc dengan tipe Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 115 Ps dan torsi puncaknya mencapai 144 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan penggunaan transmisi Intelligent VT yang dapat mendukung pengendaraan bisa lebih maksimal. Kemudian di bagian suspensi yang digunakan mengandalkan MacPherson Strut pada bagian depan dan untuk belakangnya adalah Coupled Torsion Beam Axle.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil KIA Sonet Smart 7 Seater 2021 : Tampilan Menarik Dan Tetap Tangguh

6. SPESIFIKASI KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021:

DIMENSI

Panjang

4.120

Lebar

1.790

Tinggi

1.615

Wheelbase

2.500

Ground Clearance 205 mm

 

MESIN

Kapasitas

1.497 cc

Tipe

Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT

Sistem Transmisi

Manual 6 Speed dan Intelligent VT

Tenaga Maksimal

115 Ps/6.300 Rpm

Torsi Maksimal

144Nm/4.500 Rpm

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Pengaturan Kemudi

Tilt

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Head unit menggunakan layar 10,25 inci sangat fungsional

Bagasi terlalu sempit

Bisa digunakan untuk kendaraan keluarga dengan 7 seater

Meski kursi 3 baris panjang mobil tidak ada penambahan karena sama dengan 5 seater

Fitur keselamatan dan keamanan dapat diandalkan

Jok baris ketiga lebih cocok untuk anak-anak

8. DAFTAR HARGA KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

Berikut daftar harga KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021  yang dilansir dari laman resmi KIA:

TIPE

HARGA

Sonet Premiere 7 iVT

Rp. 296.000.000         

Sonet Dynamic 7 iVT

Rp. 272.000.000        

Sonet Smart 7 iVT

Rp. 258.500.000

Sonet Smart 7 MT

Rp. 245.500.000        

Sonet Standard 7 MT

Rp. 199.500.000

Keterangan :

  • Harga tidak mengikat, sewaktu - waktu dapat berubah
  • Harga OTR DKI Jakarta

9. VIDEO KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

10. KESIMPULAN KIA SONET PREMIERE 7 SEATER 2021 

KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021 menjadi salah satu pilihan dalam segmen SUV yang bisa dijadikan kendaraan keluarga. Dengan kapasitas 7 penumpang maka 1 keluarga bisa bepergian bersama untuk sejenak menenangkan pikiran setelah penat dalam bekerja. Berkat fitur mumpuni di dalamnya, kenyamanan dapat dirasakan dan rasa aman juga akan muncul. Hanya saja tidak ada penambahan panjang pada dimensinya sehingga ruang bagasi serasa dikorbankan untuk hal tersebut.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Spesifikasi KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021 : Rasakan Kenyamanan Dengan Tampilan Mumpuni

    28/05/2021| Abdul

    Spesifikasi KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021 : Rasakan Kenyamanan Dengan Tampilan Mumpuni

    KIA Sonet Premiere 7 Seater 2021 merupakan salah satu tipe dari KIA Sonet yang baru saja dihadirkan pada tahun 2021. Yang menarik adalah mobil ini dibekali dengan 3 baris kursi dan ditujukan untuk 7 penumpang di dalamnya termasuk pengemudi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasi tentang spesifikasi dan juga fitur yang diberikan di dalamnya.

  • Spesifikasi Mobil KIA Sonet Smart 7 Seater 2021 : Tampilan Menarik Dan Tetap Tangguh

    17/04/2021| Abdul

    Spesifikasi Mobil KIA Sonet Smart 7 Seater 2021 : Tampilan Menarik Dan Tetap Tangguh

    KIA menghadirkan mobil terbarunya KIA Sonet dengan diberikan 3 baris kursi. Dimana hal tersebut membuatnya bisa dipakai bepergian bersama keluarga karena kapasitas penumpangnya lebih banyak. Selain itu terdapat beberapa tipe yang dapat dipilih. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai spesifikasi KIA Sonet Smart 7 Seater 2021.

International