Harga KIA Optima 2017 : Mobil Sedan Mewah Dengan Fitur Canggih

31/12/2019 | Abdul

1. PENGANTAR KIA OPTIMA 2017

KIA merupakan salah satu pabrikan mobil asal Korea Selatan yang lebih dikenal dengan produk City Car nya yang dinamis dan juga compact. Akan tetapi ternyata KIA juga mempunyai mobil dalam segmen sedan, hanya saja pada segmen ini terlebih dahulu disesaki dengan mobil Jepang dan Eropa.

KIA Optima didesain ulang diharapkan agar dapat melakukan persaingan di pasar mobil sedan. Apabila dilihat dari bagian luar memang tidak seperti besutan Perusahaan asal Korea. Tampilannya terbilang besar dengan gaya yang tidak main-main, bahkan dari segi dimensi ukuran panjangnya adalah 4.845 mm dengan lebar 1.830 mm dan tingginya mencapai 1.455 mm.

Lantas bagaimana bentuk dan model dari Optima, mari kita simak ulasannya dalam spesifikasi KIA Optima 2017.

2. EKSTERIOR KIA OPTIMA 2017

Review KIA Optima 2017 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Optima 2017

Bagian depan tampil gagah dengan headlamp didesain runcing

Kita mulai desain KIA Optima 2017, yang mana untuk bagian grille menggunakan desain Tiger Nose. Selain itu untuk bagian headlamp didesain stylish dengan desainnya yang melancip ke arah samping. Ditambah lagi bagian ini juga dibuat seperti menyatu dengan grille yang berpadu dengan penggunaan fog lamp yang dibuat futuristik. Jika kita melihat bagian depannya maka akan tampak ketangguhannya.

Review KIA Optima 2017 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping KIA Optima 2017

Tampak samping terlihat mewah dengan penggunaan list krom

Jika melihat dari arah samping maka akan tampak desainnya yang aerodinamis, tampak mulai dari bagian depan menuju ke pilar A sampai ke pilar C dan ke bagian belakang. Kesan sporty juga tampak berkat bagian atapnya yang dibuat dengan gaya coupe yang melandai. Selain itu ada andalan baru yang dimiliki oleh KIA yaitu Paniramic Roof. Tidak ada tambahan garis pada bagian ini, hanya saja untuk handle pintu telah menggunakan aksen krom yang membuatnya lebih menarik.

Review KIA Optima 2017 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang KIA Optima 2017

Sisi belakang tampak gagah dengan desain yang diberikan

Pada bagian belakang Optima menggunakan panel pintu yang terdapat balutan chrome sehingga tampil lebih mewah. Ditambah lagi terdapat antenna shark fin yang membuat tampilan yang lebih sporty. Untuk desain lampunya tampak kecilk namun memanjang sampai ke bagian samping. Sama dengan bagian samping di belakngnya ini minim leklukan yang ekstrim, hanya terdapat sedikit saja.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR KIA OPTIMA 2017

Review KIA Optima 2017 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil KIA Optima 2017

Head Unit tampil mewah berpadu dengan kemudi yang banyak tombol

Menuju ke bagian interior, yang mana dashboard yang dimiliki tampak mewah dengan desain yang diberikan. Selain itu beragam fitur diberikan untuk mendukung kenyamanan berkendara seperti speedometer yang mempunyai model mewah. Sementara dibagian Head Unit menggunakan sistem in-dah yang terbilang canggih  yang membuat pengemudi terasa dimanjakan.

Berlanjut ke bagian kemudi mobil, yang mana teknologi Tilt dan Telescopic Steering telah diberikan agar pengemudi lebih mudah dalam mengatur posisi kemudi yang nyaman. Untuk modelnya menggunakan 3 palang yang terlihat besar dengan disertai beberapa tombol untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada pengendara. Ditambah lagi terdapat mode mengemudi mudah dengan mengandalkan sistem driving mode yang terdapat pada kemudi mobil.

Review KIA Optima 2017 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil KIA Optima 2017

Jok nyaman dan dapat diatur sesuai selera

Di bagian jok mobil KIA Optima 2017 pengemudi dapat melakukan pengaturan berhubungan dengan kenyamanan selama berkendara. Hal tersebut berkat adanya fitur Electronic Vhair Adjustment yang memungkinkan pengaturan jok agar terasa nyaman sesuai selera pengemudi. Ada salah satu fitur yang dijadikan Highlight pada Optima yakni adanya Panoramic Roof. Bahkan saat dalam keadaan mengemudi fitur ini dapat dibuka dengan mudah yakni hjanya menekan tombolnya saja dengan ringan. Dengan begitu pengemudi bisa menikmati pemandangan langit saat berkendara berdua bersama pasangan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR KIA OPTIMA 2017

Review KIA Optima 2017 : Fitur Kenyamanan

Untuk mendukung kenyamanan berkendara, pihak KIA memberikan Head Unit yang dapat digunakan untuk memainkan audio mobil. Format yang didukung meliputi Bluetooth, CD dan USB yang bisa membuat pengemudi terasa lebih nyaman saat berada di dalam KIA Optima 2017. Tidak luput pula AC juga diberikan dengan mengandalkan pengaturan digital. Bahkan pada bagian panel tengah kendaraan juga dibekali dengan AC untuk penumpang belakang.

Selain itu, kenyamanan lain juga bisa didapatkan pada kemudi mobil yang telah dibekali dengan fitur Drive Mode. Yang mana ada 3 pilihan mode berkendara yang dapat dipilih meliputi Eco, Normal dan Sport. Dengan adanya mode tersebut pengemudi dapat memilih sesuai selera karena berhubungan dengan bobot kemudi ketika dioperasikan. Begitupun saat parkiratau berjalan mundur, pengemudi akan lebih mudah melakukannya dengan adanya Rear View Camera.

Gambar ini menunjukkan fitur child lock pada KIA Optima 2017

Anak-anak lebih aman dengan fitur Child Lock

Review KIA Optima 2017 : Fitur Keselamatan

Berhubungan dengan keselamatan, pihak KIA memberikan fitur Electronic Stability Control (ESC). Dengan adanya fitur tersebut memungkinkan pengemudi dapat menhgatur mobilk saat melakukan pengereman secara mendadak, sehingga keselamatan akan lebih meningkat. Fitur lainnya yang diberikan adalah Disc Brake dan ABS yang membuat pengereman jadi lebih presisi. Pada setiap penumpangnya juga telah dibekali dengan safety airbag , baik untuk pengemudi maupun penumpangnya.

Untuk memberikan keselamatan kepada sang buah hati saat mengajak anak kecil, pihak KIA memberikan fitur Child Lock. Fitur lain yang diberikan meliputi alarm dan juga anti thef yang membuat mobil KIA Optima 2017 mempunyai fitur yang cukup lengkap baik dari segi kanyamanan dan keselamatan.

>>> Ingin membeli mobil Kia? Klik sini untuk dapat beberapa pilihan lainnya

5. OPERASI KIA OPTIMA 2017

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Optima 2017

Mesin mumpuni irit bahan bakar

Berlanjut ke bagian performa, yang mana mesin KIA Optima 2017 telah dibekali dengan tipe Theta II 2.4 Liter MPI. Yang mana dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 180 Ps /6.000 Rpm dan torsi puncaknya mencapai 23,6 kg.m/4.300 Rpm. Untuk kapasitas mesin yang dimiliki adalah 2.359 cc dan tenaganya disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan sistem Auto Transmission 6 percepatan.

Jika dilihat dari mesinnya memang terbilang mumpuni di kelasnya. Bahkan tidak hanya bertenaga saja, akan tetapi juga hemat konsumsi bahan bakar untuk sebuah mobil sedan. Sementara di bagian kaki-kaki, untuk suspensi depan mengandalkan MacPherson struts, coil springs, stabilizer bar dan di bagian belakang memakai Independent, multi-link, coil springs, stabilizer bar.

>>> Klik Di Sini Untuk Simak Review Mobil Kia Lainnya

6. SPESIFIKASI KIA OPTIMA 2017

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi KIA Optima 2017.

DIMENSI

Panjang

4.845 mm

Lebar

1.830 mm

Tinggi

1.455 mm

Ground Clearance

134 mm

Wheelbase

2.795 mm

MESIN

Tipe

Theta Ⅱ 2.4 MPI Engine

Kapasitas

2,359 cc

Tenaga Maksimal

180 PS/6,000 rpm

Torsi Maksimal

23.6 Kg.m/4,000 rpm

Sistem Transmisi

M/T dan A/T

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

12.0 in. ventilated disc

Rem Belakang

11.2 in. solid disc

Suspensi Depan

Independent, MacPherson strut, coil springs, anti-roll bar

Suspensi Belakang

Independent, Multi-link, coil springs, anti-roll bar

Sistem Kemudi

Rack and pinion, Electric Motor

Ukuran Ban

6.5J x 16 alloy wheels / 7.0J x 17 alloy wheels

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA OPTIMA 2017

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil KIA Optima 2017:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain yang dimiliki terbilang mewah dan menarik perhatian banyak orang

Untuk pasar Indonesia dilakukan penyesuaian fitur yang terbilang banyak

Mesin yang diberikan terbilang mumpuni dan konsumsi bahan bakarnya juga irit

Harga yang dibanderol terbilang cukup mahal

Fitur yang dimiliki terbilang lengkap untuk menemani perjalanan bersama pasangan

 

8. DAFTAR HARGA KIA OPTIMA 2017

Berikut ini merupakan daftar harga KIA Optima 2017.

TIPE

HARGA

KIA Optima A/T

Rp 512.000.000

KIA Optima M/T

Rp 500.000.000

Nb. Harga bisa saja mengalami perubahan tergantung dengan kendaraan yang ada

9. VIDEO KIA OPTIMA 2017

10. KESIMPULAN KIA OPTIMA 2017

Mobil KIA Optima 2017 merupakan sebuah sedan yang diberikan fitur canggih di dalamnya. Dengan hal tersebut pengemudi di jalanan perkotaan menjadi lebih mudah. Masih dalam kelas big sedan mobil ini mempunyai tampilan eksterior dan interior yang mewah sehingga bisa dijadikan salah satu pilihan. Dengan banderol Rp. 500 jutaan terbilang sesuai dengan fitur yang diberikan dan desain mewah yang ditawarkan.

Dengan hadirnya KIA Optima menjadi bukti bahwa produsen asal Korea tersebut tidak  hanya bisa membuat sebuah City Car saja. Akan tetapi juga dapat bersaing dengan produsen asal Jepang yang memberikan kecanggihan dan kemewahan  dalam segmen sedan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 24/03/2020 | Abdul

    Review KIA All New Rio EX AT 2019: Mobil Hatchback Dengan Sunroof

    Sebuah Hatchback yang akan menantang rivalnya asal Jepang yakni KIA Rio. Mobil ini sudah lama berkiprah di pasar otomotif Indonesia. Pada segmen kali ini pembahasan akan dilakukan pada varian EX. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya mengenai review KIA All New Rio EX AT 2019.

  • 10/12/2019 | Abdul

    Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    Salah satu produsen mobil asal Korea Selatan yang menghadirkan sebuah Van adalah KIA. Yang mana produknya yaitu Pregio yang berkapasitas 8 penumpang. Mobil besutan KIA satu ini menjadi salah satu yang diincar oleh para pegiat bisnis untuk keperluan Travel. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, untuk lebih jelasnya mari kita simak review KIA Pregio 2008.

  • 05/12/2019 | Abdul

    Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

    Jika mendengar nama Travello tentu yang dipikirkan adalah sebuah mobil Travel. Jika begitu berarti satu pikiran dengan kami, namun tahukah Sobat bahwa nama Travello merupakan salah satu mobil besutan dari KIA. Mobil ini merupakan adik dari KIA Pregio yang memiliki dimensi lebih besar. Untuk kapasitasnya dapat digunakan untuk membawa 12 orang penumpang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak review KIA Travello 2006.