Review Kia Morning 1.0 2014: Mobil City Car Untuk Anak Muda Dengan Harga Terjangkau

28/11/2019 | Abdul

1. PENGANTAR KIA MORNING 1.0 2014

Pada saat terdapat program dari pemerintah berhubungan dengan LCGC (Low Cost Green Car) membuat pasar otomotif jadi bertambah panas. Hal tersebut dikarenakan banyak kendaraan jenis city car bermunculan, ditambah lagi untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Salah satu brand asal Korea yakni KIA ikut ambil bagian dalam mengikuti tren tersebut dengan menghadirkan KIA Morning. Dari segi harga memang terjangkau dan menjadi city car yang cukup menarik perhatian. Namun yang menjadi perhatian adalah mobil tersebut tidak memasuki skema dari mobil LCGC. Lantas bagaimana mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi anak muda? Mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi KIA Morning 1.0 2014.

2. EKSTERIOR KIA MORNING 1.0 2014

Apabila melihat bagian eksterior dari KIA Morning 1.0 2014 memang tampak mirip dengan Picanto. Hal tersebut tidaklah salah, mengingat mobil ini merupakan paket hemat dari Picanto. Untuk pilihan warna yang diberikan juga terdapat 9 pilihan warna meliputi Cherry Pink, Alice Blue, Lemon Grass, Honey Bee, Clear White, Bright Silver, Titanium Silver, Galaxy Black dan Signal Red.

Review KIA Morning 1.0 2014 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Morning 1.0 2014

Desain sama dengan KIA Picanto hanya tidak diberi fog lamp

Pembahasan pertama kita mulai dari bagian depan. Jika dibandingkan dengan KIA Picanto memang terlihat sama, yakni menggunakan grille dengan ikonik KIA saat ini yaitu tiger nose. Meskipun begitu, tentunya ada perbedaan mengingat mobil ini merupakan versi ekonomis dari Picanto. Hal tersebut tampak pada bagian headlamp yang memakai model mika kristal dan juga pada bagian bumpernya yang terdapat grille bawah dengan menggunakan warna hitam. Disampingnya ada panel warna hitam yang sejatinya menjadi tempat fog lamp tapi hanya dibuat polos saja.

Review KIA Morning 1.0 2014 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil KIA Morning 1.0 2014 warna kuning

Lakukan penggantian pelek jika ingin tampilan lebih keren

Berlanjut ke bagian samping, yang mana pihak KIA mendesainnya dengan sedemikian rupa sehingga tampak berkesan kompak. Selain itu, kesan modis juga terpancar berkat penggunaan garis desain yang dimulai dari fender bagian depan menuju ke bagian lampu tail light. Untuk dimensinya menggunakan panjang 3.595 mm dengan lebar 1.477 mm dan tingginya adalah 1.595 mm.

Sementara pada bagian pelek masih menggunakan model kaleng dengan ukuran 13 inci. Namun hal tersebut tidaklah masalah, karena saat Sobat merasa kurang puas bisa menggantinya dengan pelek yang lebih keren. Untuk PCD pelek KIA Morning 1.0 2014 adalah PCD 4x100.

Review KIA Morning 1.0 2014 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil KIA Morning 1.0 2014

Lekukan diberikan pada pintu bagasi memiliki daya tarik tesendiri

Menuju ke sektor belakang KIA Morning 1.0 2014. Pada bagian pintu bagasi dan juga bumper terlihat menarik berkat adanya lekukan yang indah. Kalau soal fitur, di bagian belakang ini telah dibekali dengan wiper dan untuk lampu tail light dibuat terpisah antara lampu sein, rem dan juga lampu mundur. Sebagai pembeda, pada bagian belakangnya ini diberikan logo tulisan “MORNING”.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR KIA MORNING 1.0 2014

Pada bagian interior KIA Morning 1.0 2014 lebih mengutamakan fungsionalitas. Meskipun untuk esensi estetika dari desain kabin tetap diberikan sehingga kabin tampak modern. Walaupun begitu, terdapat beberapa fitur untuk kenyamanan tidak diberikan sehingga terasa ada yang kurang saat masuk ke dalam mobil city car besutan KIA satu ini.

Hanya sebagai tambahan informasi, bahwasanya untuk beberapa fitur yang menurut kami cukup penting tidak diberikan meliputi power window (ada tapi hanya untuk pengemudi dan penumpang depan), central door lock. Bahkan untuk airbag yang berhubungan dengan safety juga absen.

Review KIA Morning 1.0 2014 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan mobil KIA Morning 1.0 2014 dengan pintu depan dibuka

Interior modern cocok untuk anak muda

Dashboard yang dimiliki oleh KIA Morning 1.0 2014 mempunyai tampilan yang modern dengan mengandalkan  two-tone. Untuk bagian kemudi menggunakan desain 2 palang dan ketika digenggam akan terasa nyaman. Apalagi pada bagian ini telah dibekali dengan fitur tilt steering yang memungkinkan pengemudi mengatur kemudi mobil dinaikan atau diturunkan.

Menuju ke bagian tengah dashboard mobil, yang mana terdapat head unit single din yang telah diberikan fitur USB dan juga Aux Connector. Sementara di bagian pengaturan AC mobil masih menggunakan sistem manual dengan memutar knop. Di bagian ini terdapat ruang penyimpanan cukup banyak seperti pada konsol tengah dan juga area glove box.

Review KIA Morning 1.0 2014 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan mobil KIA Morning 1.0 2014 tampak jok belakang

Jok nyaman karena cukup tebal sehingga terasa empuk

Sementara untuk bagian kursi, bahan material yang digunakan adalah fabric dan merupakan standar untuk kelasnya. Bahkan untuk kontur dari kursinya sendiri didesain sedemikian rupa supaya dapat memberi rasa nyaman yang baik untuk 5 orang dewasa yang sedang berkendara menggunakan KIA Morning 1.0 2014.

Di bagian penumpang depan terdapat pengaturan jok dalam hal kemiringannya. Sementara untuk jok penumpang depan terdapat sebuah tempat rahasia yang lokasinya di kolong jok. Untuk jok belakang tidak dapat diatur tapi untuk ketebalannya tergolong baik sehingga saat ada penumpang yang duduk akan merasakan kenyamanan yang lebih.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR KIA MORNING 1.0 2014

Untuk pembahasan fitur KIA Morning 1.0 2014, pada bagian safety sebenarnya tergolong kurang lengkap. Bahkan untuk Airbag juga tidak disematkan pada mobil tersebut. Berbeda dengan fitur untuk memudahkan pengendara dan memberikan kenyamanan, salah satunya adalah fitur Eco Technology. Dengan mengandalkan fitur tersebut maka konsumsi bahan bakar dapat diatur sehingga lebih hemat. Dalam pemakaiannya juga tergolong mudah karena tinggal mengaktifkan mode Eco On dengan cara menekan tombol MID.

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi serta head unit KIA Morning 1.0 2014

Hanya fitur kenyamanan, untuk keselamatan terbilang kurang

Tidak hanya fitur tersebut saja yang diberikan, namun pihak KIA juga ikut memberikan teknologi yang mumpuni pada kemudi mobil berupa Motor Driven Power Steering (MDPS). Yang mana dengan menggunakan fitur tersebut maka kemudi akan jadi lebih berat saat mobil dalam kecepatan yang tinggi, sedangkan di kecepatan rendah kemudi akan ringan.

>>> Klik Di Sini Untuk Simak Review Mobil Kia Lainnya

5. OPERASI KIA MORNING 1.0 2014

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Morning 1.0 2014

Mesin yang diberikan memiliki teknologi mumpuni

Berlanjut ke bagian dapur pacu, mesin KIA Morning 1.0 2014 yang digunakan adalah mesin Kappa 1.0L yang berkonfigurasi dengan 3 silinder. Menariknya lagi, mesin tersebut telah menggunakan Dual CVVT DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 68 Hp dan torsi maksimal yang dihasilkan adalah 90 Nm. Sementara itu, untuk menyalurkan tenaga menuju ke bagian roda mengandalkan transmisi manual 5 percepatan dengan pengendalian yang mudah. Kopling juga terbilang ringan mengingat mobil ini dalam segmen city car.

Disematkan pula 3 engine mounting, yang mana 2 menggunakan bahan karet dan satunya menggunakan sistem hidrolis dengan mengandalkan gas. Dengan begitu getaran yang dihasilkan dari mesin dapat dihilangkan dan mobil menjadi lebih tenang apabila dibandingkan dengan kendaraan city car lain yang sama-sama memakai mesin 3 silinder.

>>> New Kia Picanto Dirilis Tahun Depan Dengan Segala Kelebihannya

6. SPESIFIKASI KIA MORNING 1.0 2014

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi KIA Morning 1.0 2014:

DIMENSI

Panjang

3.595 mm

Lebar

1.595 mm

Tinggi

1.477 mm

Jarak Poros Roda

2.385 mm

MESIN

Tipe

Kappa 1.0 3-silinder Dual CVVT DOHC

Kapasitas Silinder

998 cc

Tenaga Maksimal

69 Hp / 6.200 Rpm

Torsi Maksimal

90 Nm / 3.500 Rpm

Sistem Transmisi

Manual 5 Percepatan

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Ukuran Ban

155/70 R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA MORNING 1.0 2014

Berikut tabel kelebihan dan kekurangan KIA Morning 1.0 2014:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dari segi desain mirip saudaranya yakni KIA Picanto

Mobil besutan KIA ini hanya menggunakan transmisi manual, jadi untuk pecinta transmisi otomatis tentu tidak memilihnya

Mesin yang disematkan di dalamnya mempunyai tenaga yang sangat mumpuni

Fitur yang diberikan kurang begitu lengkap terutama dalam hal fitur keselamatan

Untuk kawasan urban kabin mobil akan terasa begitu nyaman

Jika ingin membuat mobil ini tampil menarik maka perlu dilakukan modifikasi

Terdapat fitur yang terbilang mumpuni yakni Eco Technology sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat

 

8. DAFTAR HARGA KIA MORNING 1.0 2014

KIA Morning 1.0 2014 pertama kali dihadirkan di Indonesia dihargai Rp. 128 jutaan OTR Jakarta. Namun untuk produksinya telah dihentikan oleh  PT KIA Mobil Indonesia, sehingga bila ingin memilikinya maka perlu membelinya dalam kondisi bekas. Untuk membawanya ke garasi rumah perlu mempersiapkan dananya terlebih dahulu. Kalau soal banderolnya wilayah dan kondisi mobil juga berpengaruh, namun untuk harga KIA Morning 1.0 2014 dalam kondisi bekas di pasaran berkisar mulai Rp. 50 juta sampai Rp. 100 jutaan.

9. VIDEO KIA MORNING 1.0 2014

10. KESIMPULAN KIA MORNING 1.0 2014

KIA Morning 1.0 2014 dihadirkan di pasar otomotif untuk memenuhi kebutuhan berkendara kaum muda dan juga pemilik sepeda motor yang ingin menaikkan levelnya. Ditambah lagi untuk desainnya begitu mungil yang dapat memanjakan penggunanya saat ingin menuju ke suatu tempat yang disuka. Namun yang perlu diperhatikan adalah mobil besutan KIA hanya disediakan dengan transmisi manual 5 percepatan saja.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 10/12/2019 | Abdul

    Review KIA Pregio 2008: Mobil Travel Performa Mumpuni

    Salah satu produsen mobil asal Korea Selatan yang menghadirkan sebuah Van adalah KIA. Yang mana produknya yaitu Pregio yang berkapasitas 8 penumpang. Mobil besutan KIA satu ini menjadi salah satu yang diincar oleh para pegiat bisnis untuk keperluan Travel. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, untuk lebih jelasnya mari kita simak review KIA Pregio 2008.

  • 05/12/2019 | Abdul

    Review KIA Travello 2006: Muat Banyak Penumpang Cocok Untuk Travel

    Jika mendengar nama Travello tentu yang dipikirkan adalah sebuah mobil Travel. Jika begitu berarti satu pikiran dengan kami, namun tahukah Sobat bahwa nama Travello merupakan salah satu mobil besutan dari KIA. Mobil ini merupakan adik dari KIA Pregio yang memiliki dimensi lebih besar. Untuk kapasitasnya dapat digunakan untuk membawa 12 orang penumpang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak review KIA Travello 2006.

  • 02/12/2019 | Abdul

    Review Kia Carens LX 2013 : Medium MPV Ala Eropa Dengan Handling Lebih Baik

    Di Indonesia sudah lama mobil segmen medium MPV begitu diminati oleh masyarakat. Hal tersebut berkat kenyamanan yang ditawarkan dan juga daya tampung penumpang yang begitu pas. Melihat hal tersebut, salah satu Brand mobil asal Korea Selatan yaitu KIA ikut ambil bagian dalam segmen tersebut dengan menghadirkan KIA Carens. Apa keistimewaannya, mari kita simak informasinya di review KIA Carens LX 2013.