Preview Honda Freed 2017, Freed Generasi Kedua Yang Jauh Lebih Baik

11/07/2018 Handy Goeyana Review Honda

Untuk para peminat Freed di Tanah Air mungkin harus bersabar terlebih dahulu. Di negara asalnya, Honda Freed generasi kedua resmi diperkenalkan dengan menawarkan beberapa perubahan dan penambahan yang membuatnya terlihat jauh berbeda dari generasi pertama. Review Honda Freed 2017 bisa dilihat di bawah ini.

1. PENGANTAR

gambar honda freed 2017 dengan lampu depan dan drl yang menyala

Honda Freed 2017 yang saat ini hanya dipasarkan di negara asalnya

Review Honda Freed 2017 - Agak disayangkan bahwa di pasar Tanah Air, Honda Freed harus dihentikan sementara waktu setelah sempat diberi facelift yang membuatnya terlihat cukup segar. Bahkan PT. Honda Prospect Motor (HPM) masih membutuhkan waktu apakah mobil ini layak dihadirkan kembali di Indonesia mengingat sudah banyak mobil lain dengan segmen yang berbeda mampu menopang nilai penjualan perusahaan. Kali ini Mobilmo.com akan menjabarkan Honda Freed 2017 yang sudah diluncurkan terlebih dahulu di negara asalnya.

2. EKSTERIOR

Eksterior Honda Freed 2017 masih mempertahankan desainnya yang berbentuk boks namun memiliki sudut yang tidak kaku. Supaya terlihat berbeda, diberikan beberapa aksesori pemanis yang membuatnya terlihat lebih elegan.

  • Review Honda Freed 2017: Desain Bagian Depan

gambar bagian depan honda freed 2017 dengan gril terbaru dan head lamp terbaru

Bagian depan Honda Freed 2017 yang terlihat lebih elegan dan dinamis

Bagian depan Honda Freed 2017 memiliki lampu depan LED yang berbentuk sipit dan dikombinasikan dengan DRL serta dibuat sejajar dan menyatu dengan gril bar beraksen krom. Bahkan ditambahkan garnis lis beraksen krom yang dibuat bertingkat sehingga semakin menambah kesan mewah mobil ini. Bemper depan dibuat melikuk ke dalam dan diberikan lubang udara agar terlihat dinamis.

  • Review Honda Freed 2017: Desain Bagian Samping

gambar bagian samping honda freed 2017 dengan lekukan tegas di bagian pintu

Bagian samping Honda Freed 2017 dengan pintu geser sebagai ciri khasnya

Bagian samping Honda Freed 2017 terlihat sama seperti pendahulunya, menggunakan pintu geser layaknya mobil premium. Perbedaanya bisa terlihat dari lekukan bodi yang lebih terlihat dan penggunaan pelek alloy berukuran 15 inci dengan desain terbaru.

  • Review Honda Freed 2017: Desain Bagian Belakang

gambar bagian belakang honda freed 2017 dengan stop lamp terbaru

Bagian belakang Honda Freed 2017 yang terlihat lebih elegan dan sporty

Bagian belakang Honda Freed 2017 memiliki rear combination stop lamp yang didesain mengkurva mengikuti kaca pintu bagasi. Bagian belakang mobil ini juga sarat akan lekukan mulai dari bagian pintu hingga di bagian reflektor yang dibuat vertikal. Garnis beraksen korm dan roof spoiler memberikan nuansa elegan dan sporty pada bagian belakang mobil ini.

>>> Anda bisa lihat dulu:

3. INTERIOR

Interior Honda Freed 2017 kali ini mendapat penambahan aksesori-aksesori pemanis dan fitur-fitur penunjang yang membuatnya terlihat modern dan elegan.

  • Review Honda Freed 2017: Dashboard

gambar dashboard honda freed 2017 dengan desain bertingkat dan garnis beraksen kayu

Bagian dashboard Honda Freed 2017 yang kali ini terlihat elegan

Dashboard Honda Freed 2017 didesain menggunakan warna hitam dan garnis beraksen kayu sehingga terlihat lebih stylish dan elegan. Sama seperti pendahulunya, dashboard mobil ini dibuat bertingkat dimana bagian atas terdapat MID digital serta di bagian bawah terdapat 4 blower AC dan head unit layar sentuh berukuran 7,1 inci yang memiliki fitur seperti sistem navigasi, MP3/MP4 Player, CD/DVD Player dan USB Port. Di bawah head unit terdapat kontrol AC dan slot untuk menampung barang.

  • Review Honda Freed 2017: Setir

gambar setir honda freed 2017 dengan tombol audio steering switch dan cruise control

Setir Honda Freed 2017 yang terlihat lebih fungsional

Setir pada mobil ini didesain 3-spoke dan memiliki tombol-tombol fungsional seperti Audio Steering Switch yang memudahkan Anda untuk mengatur sistem audio tanpa harus melepas setir kemudi, dan Cruise Control yang menajgakecepatan konstan sesuai kemauan pengemudi tanpa menginjak pedal gas.

  • Review Honda Freed 2017: Kursi

gambar kursi 3 baris pada honda freed 2017 dimana kursi baris ketiga dilipat

Susunan kursi 3 baris pada Honda Freed 2017

Kursi Honda Freed 2017 didesain 3 baris dan mampu menampung penumpang hingga 7 orang. Kursi mobil ini menggunakan material berkualitas yang dilapisi dengan kulit sehingga kursi mobil ini begitu nyaman untuk diduduki. Khusus baris kedua didesain 'Captain Seat' sehingga posisinya dapat diatur sesuai keinginan.

  • Review Honda Freed 2017: Bagasi

gambar bagasi honda freed 2017 dengan salah satu kursi baris ketiga diangkat

Bagian bagasi Honda Freed 2017

Bagasi Honda Freed 2017 cukup lapang untuk menaruh beberapa barang berukuran besar. Ketika kursi baris ketiga dilipat maka ruang bagasi akan jauh lebih lapang.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Fitur keselamatan dan keamanan pada Honda Freed 2017 yang baru diketahui saat ini dimulai dari sistem pengereman yang menggunakan ABS dan EBD sehingga pengereman menjadi jauh lebih maksimal. Fitur penjaga kontrol mobil seperti Vehicle Stability Assist dan Traction Control System disematkan pada mobil ini. Fitur Honda Sensing disematkan seperti fitur Lane Maintenance Support System yang memberikan notifikasi audio dan mengarahkan Anda untuk kembali ke jalur yang benar ketika Anda keluar dari garis marka jalan.

>>> Klik di sini untuk melihat review mobil lainnya

5. OPERASI

gambar mesin honda freed 2017 berkapasitas 1.496 cc

Bagian mesin Honda Freed 2017

Honda Freed 2017 menggunakan mesin L15B 4 silinder segaris 16 katup DOHC i-VTEC + iDCD berkapasitas 1.496 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 131 Ps pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 155 Nm pada putaran 4.600 rpm. Tenaga yang dihasilkan akan disalurkan melalui transmisi otomatis CVT.

>>> Untuk tahu harga mobil-mobil lainnya, silahkan klik di sini

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Honda Freed 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Tipe Mesin

L15B 4 silinder segaris 16 katup DOHC i-VTEC + iDCD

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga Maksimum

131 Ps / 6.600 rpm

Torsi Maksimum

155 Nm / 4.600 rpm

P x L x T

4.250 x 1.695 x 1.710 mm

Wheelbase

2.740 mm

Tipe Transmisi

CVT

Sistem Kemudi

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Ban

185/65 R15

*Catatan: akan ditambahkan informasi lebih lanjut ketika mobil ini dirilis di Tanah Air.

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan mobil Honda Freed 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior dan interior yang jauh lebih elegan

Belum tahu kapan masuk ke Indonesia

Dapur pacu yang lebih mumpuni

 

Fitur penunjang yang lebih lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Karena mobil ini belum resmi masuk di pasar otomotif Tanah Air, maka harga Honda Freed 2017 berkisar mulai dari 242 juta Rupiah hingga 291 juta rupiah jika mengikuti kurs Yen Jepang saat ini.

9. VIDEO

Sebagai penutup silahkan menonton video tentang Honda Freed 2017 di bawah ini.

10. KESIMPULAN

Untuk generasi kedua mobil ini bisa dikatakan jauh sangat lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Fitur-fiturnya pun sudah hampir menyamain mobil MPV premium lainnya. Build quality-nya juga sangat baik sehingga mobil ini mampu memberikan kenyamanan lebih bagi 7 orang penumpangnya. Untuk di Indonesia sendiri belum bisa dipastikan apakah akan membawa mobil ini dengan spesifikasi lengkap atau bakal dirombak agar harganya lebih ramah di kantong. Semoga saja dalam waktu dekat Freed bisa hadir di Indonesia.

>>> Klik sini untuk hitung sendiri berapa dana yang harus siapkan saat membeli mobil

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah
    Review Honda Metodius

    Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah

    16/08/2018

    Pasar otomotif di tanah air begitu menggiurkan bagi banyak produsen otomotif di dunia. Kini Honda pun tidak ingin ketinggalan dalam menjangkau pasar potensialnya di Indonesia. Honda memang memiliki beragam segmen, salah satunya SUV. Honda memiliki HR-V yang merupakan SUV dengan kapasitas 5 orang penumpang. HR-V pertama kali hadir di Tokyo Motor Show 2013, mobil ini pertama kali muncul dengan nama Honda Vezel.

  • Review Honda All New Brio RS 2018
    Review Honda Metodius Getan Plue

    Review Honda All New Brio RS 2018

    15/08/2018

    Honda selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Mobilmo.com akan membahas lebih jauh seputar Honda All New Brio 1.2L 2018. Di 2018 ini Honda All New Brio hadir dengan percaya diri, kepercayaan diri tersebut disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.

  • Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez
    Review Wuling Metodius

    Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez

    14/08/2018

    Siapa tak mengenal Wuling, pabrikan asal Tiongkok ini menggebrak dengan MPV murahnya. Wuling Cortez adalah model kedua yang diluncurkan oleh pabrikan negeri tirai bambu. Setelah Confero, seri Cortez hadir disegmen yang sama untuk mendongkrak nama Wuling di tanah air. Pada tahap awal, Wuling memang fokus ke segmen MPV, Wuling Cortez hadir sebagai MPV premium dari Wuling, seri Cortez ini hadir di Indonesia pada desember 2017.