Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

31/01/2020| Abdul

1. PENGANTAR DATSUN GO LIVE 2018

Mobil besutan Nissan ini diperkenalkan pada bulan Agustus 2018 dalam acara GIIAS. Yang mana kala itu dari pihak Kei Kyu selaku Excutove Design Director Nissan Motor Co menyebutkan, bahwasanya desain dari GO Live menggunakan konsep live yang tampak sporty karena dipadukan dengan penggunaan warna kuning. Memang konsep tersebut terbilang sesuai dengan karakter dari masyarakat Indonesia terutama untuk kalangan anak muda.

2. EKSTERIOR DATSUN GO LIVE 2018

Review Datsun GO Live 2018 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Datsun GO Live 2018

Tampak grille menggunakan desain sarang lebah

Seperti biasa kita mulai pembahasan dari sisi depan. Yang mana tampilan depannya ini mengandalkan basis milik Datsun GO varian T yang merupakan varian tertinggi. Jika dilihat dari bagian depan memang akan tampak perbedaannya dengan varian standar. Untuk bagian yang terlihat adalah bumper bagian bawah yang menggunakan warna kuning yang terang. Hanya saja jika menggunakan warna cerah tersebut mudah kotor jadi perlu perawatan lebih.

Selain itu, yang membedakan lainnya adalah pada bagian grille aksen warna hitam serta kuning yang membuat tampilannya lebih sporty dan unik. Memang bagian ini tampak seperti sdarang lebah, namun dengan dipadukan penggunaan frame yang memakai kelir hitam yang dibuat di sekeliling grille nya membuat tampilannya terlihat begitu sporty. Sementara di bagian lampu utama tampilannya cukup baik dan untuk DRL lokasinya ditempatkan dengan posisi vertikal

Review Datsun GO Live 2018 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping dan belakang Datsun GO Live 2018

Sebuah hatchback dengan desain sporty

Sementara di bagian samping mobil Datsun GO Live 2018 menggunakan pelek ukuran 15 inci. Untuk desainnya menggunakan heksagonal yang dibuat selaras dengan bagian depan yakni pemberian aksen warna kuning. Bahkan pada car door guard juga diberikan aksen kuning sehingga membuat mobil besutan Datsun ini tampil berbeda dengan kendaraan lain.

Review Datsun GO Live 2018 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Datsun GO Live 2018

Ada aksen kuning membuatnya selaras dengan bodi pada bagian belakangnya

Berlanjut ke bagian belakang, pada bagian bumper telah diberikan under guard dengan aksen warna kuning. Hanya saja untuk yang menarik perhatian adalah di bagian spoilernya yang didesain dengan gaya balap yang juga menggunakan warna kuning. Dari segi ukuran sangatlah pas dengan dimensi dari kendaraan sehingga membuat tampilan mobil jadi lebih sporty. Ada pula emblem dan juga badge yang menggunakan aksen warna hitam, sebagai mobil perkotaan adanya hal tersebut membuat tampilan lebih modern.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR DATSUN GO LIVE 2018

Ketika masuk ke bagian interior akan disuguhkan tampilan yang berbeda dengan mobil lain. Tema yang diusung adalah sporty dengan kursi dan kemudi tampak gelap dan hanya sedikit menggunakan warna abu-abu. Bagian kabinnya juga tampak senada dengan eksterior dengan perpaduan warna kuning.

Review Datsun GO Live 2018 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Datsun GO Live 2018

Desainnya sama dengan milik datsun GO standar

Untuk bagian dashboard Datsun GO Live 2018 menggunakan desain yang dibuat sama dengan milik Datsun GO standar. Hanya saja pihak Datsun memberikan motif karbon di beberapa titik, alhasil tampilan jadi lebih sporty di dalam GO Live. Untuk menekan harga penjualan, bahan material yang digunakan adalah plastik. Sementara pada bagian ini ada head unit 2DIN dengan penggunaan layar sentuk yang mempunyai ukuran 6,75 inci. Yang mana head unit tersebut bisa disambungkan dengan smartphone sehingga menambah kenyamanan selama berkendara.

Sementara untuk kemudinya perbedaannya hanya terdapat pada penggunaan warnanyya saja untuk varian standar. Akan tetapi jika melihat bagian speedometer akan selaras dengan jok dan kemudinya berkat penggunaan warna kuning yang diberikan pada panel instrument yang dimiliki. Bahkan selain tampilan, pengemudi juga lebih mudah melihat jarum panel instrumennya.

Review Datsun GO Live 2018 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Datsun GO Live 2018

Warna seatbelt membuatnya tampil beda

Kalau melihat bagian interior ada hal yang menarik yakni bagian kursinya. Hal tersebut berkat penggunaan pola jahit yang diberi warna kuning yang menjadikan tampilan interior senada dengan eksteriornya. Bahkan di bagian seatbelt juga memakai warna kuning sehingga saat pengemudi dan penumpang menggunakannya akan terasa lebih menarik.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR DATSUN GO LIVE 2018

Jika membahas tentang fitur, sebenarnya Datsun GO Live 2018 tidak begitu banyak mempunyai fitur canggih. Untuk fitur yang diberikan adalah Follow Me Home System yang dapat memberikan penerangan saat berasa di garasi mobil karena bisa memberikan penerangan buat pemilik sampai depan pintu rumah. Sedangkan untuk memberikan keselamatan hanya diberikan single airbag untuk pengemudi saja. Namun masih ada fitur lain untuk keamanan yakni Immobilizer yang berguna untuk meminimalisir terjadinya pencurian kendaraan.

>>> Lihat Juga, Review Datsun Go CVT 2018, Sedikit Lebih Baik Dibandingkan Generasi Pertama

5. OPERASI DATSUN GO LIVE 2018

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Datsun GO Live 2018

Mesin menggunakan transmisi manual dan otomatis CVT

Berlanjut ke bagian performa kendaraan, Datsun GO Live 2018 dibekali mesi 1.200 cc berkonigurasi dengan 3 silinder. Dengan mengandalkan mesin tersebut dipadukan transmisi manual 5 percepatan bisa menghasilkan tenaga maksimal 68 hp. Sementara untuk penggunaan transmisi otomatis dengan teknologi CVT tenaga yang dihasilkan berbeda yaitu 78 hp. Kalau soal torsi keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu 104 Nm.

>>> Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

6. SPESIFIKASI DATSUN GO LIVE 2018

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Datsun GO Live 2018 agar lebih jelas dalam melihat informasinya :

DIMENSI

Panjang

3.788 mm

Lebar

1.636 mm

Tinggi

1.507 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

1.200 cc

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / CVT

Daya Maksimum

68 PS / 5.000 Rpm (Tipe Manual)

78 PS / 6.000 Rpm (Tipe CVT)

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm (Tipe Manual)

104 Nm / 4.400 Rpm (Tipe CVT)

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / CVT

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

HANDLING

Ukuran Ban

165/70 R15

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DATSUN GO LIVE 2018

Soal keunggulan yang dimiliki dan juga kelemahan sebenarnya tergantung presepsi masing-masing. Untuk kali ini kami akan memberikan informasinya menegnai kelebihan dan kekurangan Datsun GO Live 2018 menurut pandangan kami.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai tampilan eksterior yang lebih eksklusif dengan desain yang sporty dibandingkan dengan tipe standar dan tampak beda dengan para rivalnya

Peredaman kurang karena terdapat suara yang cenderung berisik, untuk asalnya di bagian bawah kendaraan

Pada bagian seatbelt terlihat menarik dengan warna yang beda dari biasanya, bahkan tidak hanya tampilan saja tapi juga untuk keselamatan

Suspensi yang diberikan oleh Datsun terbilang keras

Mobil terlihat proporsional dengan dimensi bodi yang dimiliki dan tampilannya juga lebih baik berkat penggunaan pelek dengan ukuran 14 inci

Pada baris belakang belum diberikan headrest sehingga terasa ada yang kurang saat duduk di belakang

8. DAFTAR HARGA DATSUN GO LIVE 2018

Saatnya masuk ke bagian harga, yang mana untuk banderol yang ditawarkan terbilang terjangkau. Untuk harga Datsun GO Live 2018 dilansir dari laman resmi Datsun adalah :

TIPE MOBIL

HARGA MOBIL

All New Datsun GO Live 2018 M/T

Rp. 138.990.000

All New Datsun GO Live 2018 CVT

Rp. 154.240.000

9. VIDEO DATSUN GO LIVE 2018

10. KESIMPULAN DATSUN GO LIVE 2018

Mobil dengan desain menarik serta mempunyai tampilan yang sporty membuatnya patut untuk dipertimbangkan. Apalagi bagi Sobat yang masih berjiwa muda bisa memilihnya dan rasakan kenyamanan di dalam Datsun GO Live 2018 serta membuat rasa percaya diri mengalami peningkatan.

Sebagai tambahan informasi, di tahun 2018 lalu Datsun terbilang sangat agresif. Bagaimana tidak? sudah tercatat 3 kali produknya diluncurkan  di awal tahun seperti Cross. Setelah itu diikuti oleh Datsun GO & GO+ yang memakai transmisi CVT. Sementara untuk Datsun GO Live dihadirkan pada ajang bergengsi GIIAS 2018.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

    31/01/2020| Abdul

    Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

    Kehadiran Datsun GO Live unruk memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang berjiwa muda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan tampilan mobil yang bisa membuat pemiliknya lebih percaya diri dan bergaya. Untuk lebih jelasnya mengenai mbil ini, kami berikan informasinya mengenai review Datsun GO Live 2018.

  • Review Datsun GO 2016 : Mobil LCGC Harga Terjangkau Hemat BBM

    20/01/2020| Abdul

    Review Datsun GO 2016 : Mobil LCGC Harga Terjangkau Hemat BBM

    Datsun GO 2016 merupakan salah satu mobil dalam segmen Green car yang mempunyai harga kompetitif. Selain itu, konsumsi bahan bakar yang hemat menjadi salah satu alasan mengapa mobil ini tersebut bisa dibawa ke garasi rumah. Lantas bagaimana spek dan keunggulan yang dimiliki? Mari kita simak ulasannya dalam review Datsun GO 2016.

International