Review Datsun GO 2016 : Mobil LCGC Harga Terjangkau Hemat BBM

20/01/2020| Abdul

1. PENGANTAR DATSUN GO 2016

Di daerah perkotaan semakin padat kendaraan yang berlalu lalang di jalan. Apalagi saat pagi dan sore hari, tentunya hal tersebut membuat seseorang ingin mempunyai kendaraan yang nyaman dan bisa diandalkan seperti soal bahan bakar. Jika begitu Datsun GO 2016 bisa menjadi salah satu yang dapat diandalkan.

Selain soal bahan bakar, Datsun GO juga menjadi salah satu kendaraan yang fleksibel untuk melintasi jalanan perkotaan yang sering kali mengalami kemacetan. Walaupun menggunakan konsep Green Car, tapi mobil ini tidak dapat diremehkan dalam hal kebandelan dan tenaganya saat melaju di jalanan.

Untuk lebih jelasnya mengenai mobil ini, mari kita simak ulasannya mengenai spesifikasi Datsun GO 2016 :

2. EKSTERIOR DATSUN GO 2016

Review Datsun GO 2016 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Datsun Go 2016

Nampak depan begitu sporty dengan desain aerodinamis

Kita mulai informasinya dari bagian depan, yang mana mobil besutan Datsun ini akan membuat kita mengingat akan Honda Jazz. Desain yang diberikan tampak atraktif dan terlihat maskulin. Hal tersebut berkat penggunaan headlamp yang dibuat catchy dan didesain sedikit memanjang. Pada bagian grille juga terlihat atraktif dan aerodinamis pada sisi tengahnya. Apalagi ada tambahan list dengan aksen chrome untuk membuat tampilan depannya lebih mewah.

Berlanjut ke bagian bawahnya, terdapat lubang pada bumper yang membuatnya terkesan begitu aerodinamis. Bahkan untuk membuatnya lebih menarik diberikan lampu senja yang dan diberi aksen warna black dop pada rumahnya.

Review Datsun GO 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Datsun Go 2016

Tampak samping lebih sporty dengan adanya spoiler belakang

Berlanjut pembahasan ke bagian samping Datsun GO 2016, yang mana di bagian ini mempunyai guratan tegas meskipun tipis yang diberikan pada bawah pintu. Ditambah lagi terdapat garis yang dimulai dari headlamp sampai ke bagian lampu belakang yang menjadikan tampilan samping terkesan dinamis. Sementara di bagian spion menggunakan aksen two tone colour sehingga dapat memberikan warna tambahan agar terkesan lebih menarik.

Review Datsun GO 2016 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Datsun Go 2016

Tampak belakang menggunakan desain yang sederhana

Pada bagian belakang diberikan lekukan yang tampak biasa saja dan tidak terlalu menonjol. Untuk stop lamp yang digunakan pun terbilang standar, namun hal tersebut tidaklah masalah. Apalagi mobil besutan Datsun tersebut masuk dalam segmen LCGC yang konsepnya tidak terlalu atraktif, tujuannya adalah untuk  menekan biaya produksi sehingga harganya bisa lebih terjangkau.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR DATSUN GO 2016

Datsun GO 2016 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Datsun Go 2016

Dashboard sederhana dengan head unit klasik

Untuk bagian dashboard Datsun GO 2016 dibuat minimalis berkat penggunaan panel multifungsi yang ditata dengan rapi. Sebagai sebuah mobil LCGC, mobil ini belum mempunyai head unit yang belum modern. Pihak Datsun hanya memberikan model biasa yang dapat digunakan untuk mengoperasikan MP3 dan juga CD. Sedangkan di bagian atasnya diberikan 2 buah rongga AC yang didesain dengan model yang menarik.

Menuju ke bagian kemudi, desainnya menggunakan 3 palang dan tidak ada tombol di bagian ini. Di bagian belakang kemudi juga tidak dapat berharap banyak seperti mobil zaman sekarang. Hanya saja bisa memberikan informasi mengenai jarak tempuh, konsumsi bahan bakar dan lainnya seputar kendaraan.

 Datsun GO 2016 : Bagian Kursi

gambar ini menunjukkan jok mobil Datsun Go 2016

Jok bagian kedua punya ruang kaki dan kepala lapang

Mari kita lanjutkan ke bagian kursi, soal kenyamanan cukup mumpuni dengan kapasitas 5 penumpang. Desainnya tampak selaras pada setiap kursi meskipun model bagian depan dan belakang sedikit berbeda. Pada kursi belakang belum ada fitur untuk pengaturan, hanya saja soal ruang kaki dan kepala terbilang lapang.

Datsun Go 2016 : Bagian Bagasi

Saat melihat bagasi Datsun GO 2016 akan tampak keluasan yang bisa digunakan membawa barang bawaan seperti tas dan lainnya. Bahkan tanpa melipat kursi pun bagasi sudah luas.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR DATSUN GO 2016

Sebagai mobil dengan harga terjangkau, fitur Datsun GO 2016 yang disediakan tergolong kurang. Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk fitur hiburan telah diberikan head unit biasa yang dapat dipakai untuk mengoperasikan MP3 dan CD. Jika dibandingkan dengan para kompetitornya memang untuk Datsun GO masih kalah.

Gambar ini menunjukkan head unit yang dimiliki Datsun Go 2016

Fitur hiburan hanya MP3 dan CD

Sementara untuk mendukung keselamatan seobat tidak akan menemukan sistem pengereman ABS dan lainnya. Bahkan dari segi rangka terbilang masih memakai material yang standar. Hanya saja telah diberikan airbag yang ditujukan untuk pengemudi, itupun untuk varian tertingginya saja.

>>> Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

5. OPERASI DATSUN GO 2016

gambar ini menunjukkan mesin mobil Datsun Go 2016

Sebagai mobil LCGC mesin yang dimiliki sangat bertenaga

Pada bagian performa, mesin Datsun GO 2016 yang digunakan berkode HR12DE. Dengan mengandalkan mesin tersebut tenaganya cukup besar dan terbilang menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki. Kapasitas mesinnya adalah 1.198 cc dan dapat menghasilkan tenaga maksimal 68 Ps serta torsinya mencapai 104 Nm. Mesin tersebut disalurkan menuju ke bagian roda dengan memakai transmisi manual 5 percepatan.

>>> Review Datsun Go CVT 2018, Sedikit Lebih Baik Dibandingkan Generasi Pertama

6. SPESIFIKASI DATSUN GO 2016

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Datsun GO 2016 :

DIMENSI

Panjang

3.765 mm

Lebar

1.635 mm

Tinggi

1.485 mm

Berat Kosong

785 kg

Ground Clearance

170 mm

MESIN

Tipe

HR12DE

Kapasitas Mesin

1,198 cc

Tenaga Maksimum

68 ps / 5.000 rpm

Torsi Maksimum

104 Nm/ 4.000 rpm

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Manual

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Mc Pherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Ban

175/60 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DATSUN GO 2016

Pandangan mengenai keunggulan dan kekurangan memang berbeda – beda. Nah berikut ini pandangan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Datsun GO 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Konsumsi bahan bakar tergolong irit sehingga mengurangi pengeluaran

Desain pada dashboard terbilang sederhana

Pihak Datsun memberikan desain sporty sehingga tampilannya lebih menarik

Fitur keselamatan yang diberikan sangatlah kurang, apalagi jika dibandingkan dengan mobil zaman sekarang

Bagasi yang terdapat pada mobil LCGC Datsun ini tergolong luas

 

8. DAFTAR HARGA DATSUN GO 2016

Sekarang sudah memasuki tahun 2020, tentunya untuk keluaran tahun 2016 hanya bisa didapatkan dalam kondisi bekas. Untuk harga bekas Datsun GO 2016 berkisar mulai Rp. 75 juta sampai Rp. 100 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi dan juga wilayah tempat membeli mobil.

9. VIDEO DATSUN GO 2016

10. KESIMPULAN DATSUN GO 2016

Datsun GO 2016 merupakan sebuah mobil LCGC yang mempunyai harga terjangkau. Selain itu, jika ingin lebih hemat pengeluaran bisa memilih mobil ini karena konsumsinya terbilang hemat BBM. Apabila Sobat ingin membeli sebuah mobil yang tampak beda dan dinamis bisa membeli mobil besutan Datsun satu ini. Apalagi kapasitas bagasinya cukup mumpuni sehingga bisa bepergian dengan membawa barang yang diinginkan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

    31/01/2020| Abdul

    Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

    Kehadiran Datsun GO Live unruk memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang berjiwa muda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan tampilan mobil yang bisa membuat pemiliknya lebih percaya diri dan bergaya. Untuk lebih jelasnya mengenai mbil ini, kami berikan informasinya mengenai review Datsun GO Live 2018.

  • Review Datsun GO 2016 : Mobil LCGC Harga Terjangkau Hemat BBM

    20/01/2020| Abdul

    Review Datsun GO 2016 : Mobil LCGC Harga Terjangkau Hemat BBM

    Datsun GO 2016 merupakan salah satu mobil dalam segmen Green car yang mempunyai harga kompetitif. Selain itu, konsumsi bahan bakar yang hemat menjadi salah satu alasan mengapa mobil ini tersebut bisa dibawa ke garasi rumah. Lantas bagaimana spek dan keunggulan yang dimiliki? Mari kita simak ulasannya dalam review Datsun GO 2016.

International