Review Datsun Go+ Panca 2018, Harga Terjangkau Tapi Minim Peningkatan

17/07/2018 Ryan Sugandy Review Datsun

Tahun 2018 ini, Datsun memberikan peningkatan pada line produk LCGC-nya yaitu Datsun Go+ Panca. Mobil yang memiliki konfigurasi 5+2 ini mendapatkan sedikit pembaruan di bagian eksterionya sehingga nampak lebih elegan dibandingkan versi sebelumnya. Apa saja pembaruan yang bisa kita dapatkan untuk mobil keluarga yang satu ini? Berikut ini adalah review dari Datsun Go+ Panca CVT 2018 yang baru dirilis pada bulan Mei 2018.

1. PENGANTAR

Review Datsun Go+ Panca 2018 - Hadir dalam kelas LCGC pada tahun 2018, Datsun Go+ Panca mendapatkan respon yang cukup positif untuk pasar ini. Walaupun bersaing dengan Toyota Cayla dan Daihatsu Sigra, peminat dari Datsun Go+ rupanya tidak kalah banyak dibandingkan dengan dua kendaraan tadi.

Agar konsumen tidak bosan dengan produk unggulan Datsun ini, tahun 2018 Datsun Go dan Datsun Go+ mendapatkan pembaruan di sisi eksterior dan juga interior. Walaupun minim, tampilan dari kedua mobil ini bisa dibilang cukup lebih baik daripada saat pertama kali hadir di Indonesia. Apa sajakah yang akan didapatkan konsumen dalam versi terbaru mobil ini?

2. EKSTERIOR

Desain Luar Datsun Go+ Panca 2018

Bagian Eksterior

Di bagian eksterior, Datsun Go+ mendapatkan pembaruan yang membuatnya nampak lebih elegan dan sporty dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pembaruan ini bisa kita dapatkan di bagian wajah dan juga bagian belakang mobil ini melalui seuhan-sentuhan chrome dan juga desain yang lebih modern. 

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Tampak Depan

Desain Depan Datsun Go+ Panca 2018

Desain Datsun Go+ Panca 2018 Makin Elegan

Bagian depan mobil ini mendapatkan pembaruan di bagian headlamp yang lebih dinamis serta adanya DRL light di bagian bumper depan. Selain itu, dibagian grill juga erdapat bagian chrome yang membuat mobil ini terlihat menjadi mewah. Pembaruan ini memang sangat tipis bahkan tidak terlalu disadari karena masih menggunakan desain wajah yang sama dengan generasi pertamanya.

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Tampak Samping

Desain Datsun Go+ Panca 2018

Perubahan Bagian Samping Tidak Terlalu Banyak

Dari bagian samping, tidak ada perubahan signifikan baik dari bentuk maupun tarikan body mobil. Perbedaan hanya terdapat pada bagian electric mirro juga desain dari velgnya yang sekarang lebik baik.

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Tampak Belakang

Tampilan Belakang Datsun Go+ Panca 2018

Nampak Sedikit Sporty Dibandingkan Pendahulunya

Untuk desain bagian belakang, mobil ini mendapatkan sedikit pembaruan di bagian rear bumper dengan adanya air outtake yang membuatnya menjadi lebih sporty. Tambahan lainnya di bagian ini adalah adanya sentuhan chrome di bgaian tengah. Tetapi secara keseluruhan desainnya masih tetap mengadopsi bentuk yang lama.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR

Bagian Dalam Datsun Go+ Panca 2018

Bagian Dalam Datsun Go+ Panca 2018

Perubahan yang cukup menyenangkan yang ditawarkan oleh mobil ini terdapat pada bagian interior mobil yang menjadi lebih baik. Walaupun masih menggunakan material yang sama dengan versi sebelumnya, bagian interior di versi kali ini nampak lebih mewah.

Bagian interior mobil ini menggunakan warna 2 tone yang cukup elegan Kabar baiknya lagi adalah hilangnya sambungan di barian kursi depan. Peningkatan ini tentunya membuat Datsun GO+ Panca CVT menjadi  lebih nyaman dan juga terlihat lebih elegan dibandingkan versi sebelumnya.

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Dashboard

Bagian Dashboard Datsun Go+ Panca 2018

Dashboard Lebih Mewah 

Perubahan terbesar yang bisa kitatemukan terdapat di bagian dashboard yang menggunakan headunit 2din yang cukup canggih. Tetapi sayagnya untu pengaturan AC masih menggunakan desain yang sama dengan versi lama.

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Setir

Bagian Setir Datsun Go+ Panca 2018

Tidak Ada Perubahan di Bagian Setir

Bagian setir tidak ada perubahan baik dari segi desain maupun fitur. Masih sama dengan tipe sebelumnya.

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Kursi

Desain Kursi Depan Datsun Go+ Panca 2018

Desain Tetap Sama Dengan Versi Sebelumnya

Desain kursi masih sama dengan ruang keala dan kaki yang juga tidak berubah. Perubahan hanya terletak dari warna material yang digunakan untuk versi ini.

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Bagasi

Desain Bagasi Datsun Go+ Panca 2018

Bagian Kursi Bisa Dilipat Untuk Bagasi

Bagian bagasi tidakterlalu jauh berbeda sebenarnya, tetapi di versi kali ini Datsun memberikan jargon ‘Smart Cargo Solution’ untuk kemudaha konfigurasinya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Dari sisi fitur sebuah mobil, Datsun Go+ Panca CVT 2018 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Fitur keselamatan

Bagian keselamatan dari mobil ini bisa dibilang masih cukup minim untuk sebuah mobil keluarga. Mobil ini hanya menawarkan satu buah airbag di bagian supir dan juga three point safety belt untuk penumpang lainnya. Sementara di bagian pengereman masih menggunakan sistem drum untuk rem bagian belakang.

  • Review Datsun Go+ Panca 2018: Fitur hiburan

Peningkatan yang cukup signifikan bisa terlihat dari headunit ang saat ini digunakan untuk Datsun Go+ CVT 2018. Mobil ini sekarang menggunakan headunit 2din yang cukup canggih danbisa terkoneksi dengan smartphone menggunakan bluetooth. Headunit ini cukup mewah dibandingkan dengan fitur hiburan dengan mobil sejenis yang ada di pasaran.

>>> Klik sini untuk simak review mobil lainnya

5. OPERASI

Bagian Mesin Datsun Go+ CVT 2018

Mesin Tidak Mendapatkan Pembaruan

Mobil ini masih menggunakan mesin 1.200 CC 3 silinder dengan sistem transmisi CVT. Kemampuan mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 67 ps dengan torsi maksimal hingga 104 Nm. Mesin ini merupakan mesinyang sama dengan tipe Datsun Go+ sebelumnya.

Untuk bagian suspensi, mobil ini masih mengandalkan suspensi McPherson Strut dan juga Torsion Beam untuk suspensi bagian depan dan belakang. Secara umum, bagian ini sama sekali tidak mendapatkan peningkatan yang cukup berarti selain peningkatan dibagian transimisnya yang menggunakan sistem CVT.

>>> Honda Brio 2017: Edisi Facelift Mobil Kompak Honda

6. SPESIFIKASI

Berikut ini spesifikasi dari Datsun Go+ Panca CVT 2018.

SPESIFIKASI DATSUN GO+ PANCA CVT 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.636 mm x 1.507 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC

Kapasitas Silinder

1.200 cc

Daya Maksimum

67 PS / 5.000 Rpm

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

KAKI-KAKI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

165/70 R14

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Harga terjangkau

Datsun Go+ tidak memiliki varian matik

Bagian interior dan eksterior mendapatkan peningkatan

Peningkatan kurang maksimal di bagian fitur

Kabin lebih kedap dibandingkan dengan generasi pertama

Bagian kolong kendaraan masih terasa agak berisik bila dibandingkan dengan rivalnya

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga dari Datsun Go+ Panca CVT 2018 untuk pasaran di Indonesia.

TIPE

HARGA

All New Datsun Go+ D MT

Rp. 112,380,000

All New Datsun Go+ A MT

Rp. 119,990,000

All New Datsun Go+ T MT

Rp. 128,990,000

All New Datsun Go+ T-Style MT

Rp. 133,990,000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Jadi apakah mobil ini untuk Anda? Secara umum, mobil ini mengalami penigatan dari segi tampilan  eksterior dan juga bagian interior. Banyak yang memuji bagian dalam mobil ini sekarang lebih baik dan juga mesin menjadi sedikit lebih ramah di telinga (peredamannya cukup membaik).

Tetapi, secara keseluruhan dari segi teknologi dan juga peranti keselamatan aktif maupun pasif mobil ini masih sama saja dengan versi sebelumnya. Hal yang mungkin membuat mobil ini menjadi sedikit lebih baik adalah head-unitnya yang lebih canggih dibandingkan dengan mobil sejenis di kelas LCGC.

Jadi, mungkin bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan dan ingin memiliki sebuah mobil yang tidak terlalu canggih dan hemat di kantong, maka mobil ini bisa menjadi pilihan Anda.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Review Jeep Gladiator 2019
    Review Jeep Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019
    Review Nissan Padli Nurdin

    Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    10/12/2018

    Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

  • Review Chevrolet Blazer 2019
    Review Chevrolet Arfian Alamsyah

    Review Chevrolet Blazer 2019

    08/12/2018

    Nama Blazer bukan hanya besar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan negara di dunia, nama Blazer memiliki reputasi yang harum. Dan inilah versi terbaru dari Chevrolet Blazer yang kami bungkus dalam bentuk sebuah review Chevrolet Blazer 2019.