Review All New Datsun GO CVT 2019

28/03/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

Review All New Datsun GO CVT 2019 - Datsun GO pertama kali diluncurkan di pasar tanah air pada tahun 2014 silam dan kala itu langsung menyasar konsumen LCGC. Mengusung harga yang sangat terjangkau dan cukup mumpuni  digunakan sebagai transportasi perkotaan, Datsun GO berhasil mendapatkan respon positif dari konsumen Indonesia. Beberapa kekurangan dari segi eksterior dan interior pada pendahulunya coba diperbaiki dan kembali diberikan beberapa penyegaran pada All New Datsun GO CVT 2019.

Foto Datsun GO 2014 warna putih

Generasi pertama Datsun GO Panca di Indonesia

Tidak hanya terlihat lebih sporty, versi terbaru ini bahkan juga menyuguhkan kenyamanan yang lebih baik dibanding versi sebelumnya dengan pilihan transmisi baru yaitu Continously Variable Transmission (CVT). All New Datsun GO CVT 2019 adalah varian yang sama dengan All New Datsun GO CVT 2018, namun dengan sedikit perbedaan.

2. EKSTERIOR ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

Dari segi tampilan luar, memang tidak terlalu banyak perubahan yang diberikan pada All New Datsun GO CVT 2019. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih detail, maka Anda bisa menemukan beberapa perbandingan yang lebih baik dari  versi sebelumnya. Memang cukup kecil, tetapi ada pembaharuan pada bagian depan All New Datsun GO CVT. Selain bagian depan, juga pada bagian spion ditambah sistem elektrik dan jauh lebih modern dibandingkan versi terdahulu.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Bagian Depan

Foto All New Datsun GO CVT 2019 tampak depan

Tampilan All New Datsun GO CVT lebih sporty dibanding versi sebelumnya

Pada bagian depan mobil All New Datsun GO CVT, beberapa perubahan yang terlihat kentara ialah di bagian bumper mobil yang telah dibekali lampu DRL (Daytime Running Light) sehingga jauh lebih modern, stylish dan bisa memberikan kualitas penerangan yang lebih baik lagi. Selain itu, bagian desain headlamp dan grill mobil juga terdapat perubahan kecil. Desain gaya racing membuat tampilan All New Datsun GO CVT versi terbaru terlihat lebih tegas dibandingkan versi sebelumnya.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Bagian Samping

Foto All New Datsun GO CVT 2019 tampak samping

Penggunaan kaca spion berwarna serupa dengan warna dasar bodi mobil memberikan kesan stylish

Bagian samping All New Datsun GO CVT memperlihatkan bentuk bodi mobil yang lebih ramping dan juga lebih keren. Penggunaan kaca spion berwarna serupa dengan warna dasar bodi mobil memberikan kesan stylish pada All New Datsun GO CVT versi terbaru ini. Bagian pelek desain racing melengkapi bagian ban yang berukuran 165/70 R14 yang membuat pesona All New Datsun GO CVT menguar dengan sempurna. Mustahil untuk menolah mobil Hatchback yang satu ini.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Bagian Belakang

Foto All New Datsun GO CVT 2019 berwarna merah tampak belakang

Ada Rear Spoiler dan Rear Scuff Plate di bagian belakang

Garis bodi pada All New Datsun GO CVT versi terbaru mampu memberikan kesan sporty dan lebih agresif pada bagian belakang mobil ini. Hal serupa juga bisa dilihat pada bagian bawah mobil yang memperlihatkan rongga-rongga kecil berwana hitam tegas yang menambah kesan prima pada mobil All New Datsun GO CVT. Tidak tanggung-tanggung, mobil All New Datsun GO CVT 2019 juga mendapatkan pembaharuan dengan dipasangnya fitur Rear Spoiler dan Rear Scuff Plate yang semakin memperlihatkan kesan elegan dan sporty secara bersamaan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

Jika pada bagian eksterior tidak terdapat perubahan yang terlalu besar, maka berbeda dengan bagian interior mobil ini. All New Datsun GO CVT diberikan beberapa perubahan yang cukup mudah terlihat dan berbeda dari generasi pertamanya terdahulu yang memilih tampil seadanya. All New Datsun GO CVT mengusung konsep interior yang jauh lebih mewah dan lebih nyaman. Selain itu, warna bagian interior mobil ini juga lebih keren karena menggunakan warna gelap yang memberikan kesan nyaman dan mewah.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Kabin

Foto kabin All New Datsun GO CVT 2019

Konfigurasi kabin All New Datsun GO CVT untuk 5 penumpang

Terdapat perubahan yang cukup signifikan di bagian kabin All New Datsun GO CVT. Dasbor mobil ini memiliki tampilan yang lebih mewah dengan fitur tachometer, speedometer, MID, Cluster instrumen yang lebih lengkap dan lainnya. Bisa dikatakan kabin pada All New Datsun GO CVT telah jauh lebih baik dibandingkan pada generasi sebelumnya yang menggunakan fitur seadanya dan terlihat lebih sempit serta jadul. Bahkan Anda bisa menjumpai beberapa bottle atau cup holder di penjuru kabin. Perubahan dimensi mengakibatkan ruang kabin pada All New Datsun GO CVT versi terbaru jauh lebih lega dan bagian depan yang agak sedikit sempit karena terdapat rem dan transmisi.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Dashboard dan Setir

Foto dashboard dan setir All New Datsun GO CVT 2019

Seluruh tombol operasi di dashboard mudah dijangkau

Ada beberapa peningkatan pada bagian dashboard mobil, yakni telah ada head unit yang diklaim lebih canggih dibandingkan headunit dashboard All New Datsun GO CVT generasi sebelumnya. Hanya saja, untuk komponen pengaturan AC masih menggunakan tipe blower dan tidak perubahan berarti untuk salah satu fitur kenyamanan ini.

Sedangkan pada bagian setir, All New Datsun GO CVT sama sekali tidak mengalami perubahan apapun, baik dari segi desain hingga fungsi setir yang masih fixed dan tidak mendapatkan pembaharuan. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan kenyamanan saat menggenggam setir yang cocok dengan porsi tubuh pengendara. Tidak hanya itu saja, proses manuver juga akan semakin lancar karena sistem Electronic Power Steering yang ada pada bagian kemudi setir.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Kursi / Jok

Foto kursi All New Datsun GO CVT 2019

Jok All New Datsun GO CVT punya motif menarik, tapi belum ada perubahan di bagian headrest

Untuk bagian kursi All New Datsun GO CVT, terdapat beberapa perubahan pada bagian lapisan jok kursi sehingga memberikan tampilan yang lebih baik dan juga jauh lebih nyaman digunakan. Kekurangan bagian jok terdapat pada bagian headrestnya yang masih belum mengalami pembaharuan dan hal ini cukup mengganggu berdasarkan pengalaman beberapa pengendara.

Sebagai salah satu mobil Hatcback, All New Datsun GO CVT mampu mengangkut hingga 5 orang penumpang sekaligus dengan ruang bangku belakang yang lebih lega. Kualitas kursi juga lumayan empuk dan telah dibalut menggunakan materil kain yang bagus. Cukup mumpuni sebagai mobil yang masuk dalam kategori hatcback.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Bagasi

Foto bagasi All New Datsun GO CVT 2019

Bagasi All New Datsun GO CVT, bukan untuk angkutan barang keluarga besar

Bagian bagasi mobil All New Datsun GO CVT versi terbaru mendapatkan penyegaran yang cukup besar. Di mana bagian bagasi terlihat menyuguhkan permukaan yang jauh lebih besar dan lebih dalam jika dibandingkan bentuk bagasi pada Datsun GO versi sebelumnya. Bahkan bagasi All New Datsun GO CVT diklaim mampu menampung hingga 3 tas berukuran besar, tentu saja fakta ini akan sangat menguntungkan penumpang yang sering melakukan aktivitas pada di perkotaan dan membutuhkan segudang peralatan dan perlengkapan penunjang kegiatan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

Bisa dikatakan fitur pada All New Datsun GO CVT 2019 tidak mendapatkan begitu banyak perubahan jika melihat fitur pada Datsun GO versi sebelumnya. Hanya saja, semua fitur yang melengkapi performa All New Datsun GO CVT versi terbaru ini sudah cukup mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh penumpang dan pengendara yang ada di dalam mobil.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Fitur Keselamatan

Foto kursi belakang All New Datsun GO CVT 2019

All New Datsun GO CVT sudah dilengkapi sabuk pengaman di semua kursi

Membahas aspek keselamatan, bisa dikatakan All New Datsun GO CVT telah menghadirkan fitur keselamatan yang cukup mumpuni. Telah ada Front Airbag sehingga membantu meminimalisir potensi pengendara untuk menderita cidera saat terjadinya kecelakaan yang tidak bisa diprediksi waktunya. Selain itu, pada bangku All New Datsun GO CVT juga telah ada Sealbelt 3P dengan Pretensioner yang dilengkapi 2 3P ELR dan 2P yang membuat kegiatan mengemudi jauh lebih mudah dan aman.

Review All New Datsun GO CVT 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Fitur Hiburan pada All New Datsun GO CVT 2019

Fitur hiburan menambah kenyamanan pengendara

Dari segi fitur kenyamanan, All New Datsun GO CVT 2019 telah dilengkapi AC, kabin yang lega, dashboard dan kursi yang nyaman digunakan. Untuk aspek hiburannya sendiri. All New Datsun GO CVT 2019 mengandalkan panel head unit berkelas yang mampu mendukung pengoperasian musik dan video. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang lumayan mengesankan untuk mobil berkapasitas 5 orang. Selain itu, fitur audio juga sudah mendukung format modern seperti AM/FM, USB, MP3, AUX, Bluetooth hingga Smartphone Connection.

>>> Di Dunia, Hanya Cross Model Matic Datsun Yang Sudah CVT

5. OPERASI ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

Foto transmisi Datsun GO CVT 2019

Transmisi CVT All New Datsun GO CVT membuat akselerasi lebih halus

Bagian mesin All New Datsun GO CVT 2019 masih mengandalkan mesin 1.200 CC 3 silinder dengan memanfaatkan sistem transmisi CVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 78 Ps (77 Hp) / 6.000 Rpm dan mampu menghasilkan torsi maksimal hingga mencapai 104 Nm. Performa mesin seperti ini bisa dikatakan sudah lumayan mumpuni terlebih untuk mobil kategori ini. All New Datsun GO CVT bahkan diklaim mampu menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mobil LCGC.

Pada bagian suspensi, All New Datsun GO CVT ini telah menggunakan McPherson Strut di bagian depan dan menggunakan suspensi Torsion Beam di bagian belakang mobil. Sedangkan di bagian velg, digunakan velg berukuran 14 inci.

6. SPESIFIKASI ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

DIMENSI

Panjang

3.788 mm

Lebar

1.636 mm

Tinggi

1.507 mm

MESIN

Jenis

3 Cylinder inline, DOHC

Isi silinder

1.200 cc

Daya maksimum

78 Ps (77 Hp) @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

104 Nm @ 4.400 rpm

Fuel

Petrol

Transmisi

Continously Variable Transmission (CVT)

KAKI-KAKI

Suspensi depan

McPherson Strut

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

165/70 R14

7. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Menawarkan harga terjangkau

Masih belum dilengkapi varian matic

Desain eksterior yang lebih modern, sporty dan lebih agresif

Build quality pada mobil masih seadanya dan tidak mengalami pembaharuan berarti sehingga suara dari luar masih terasa jelas di bagian kabin

Bagian interior yang lebih lega dan mewah

Headrest paten, tidak bisa dinaik-turunkan

8. DAFTAR HARGA ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

Seperti ditulis di depan, All New Datsun GO CVT 2019 ini adalah varian yang sama dengan All New Datsun GO CVT 2018, namun dengan sedikit perbedaan. Perbedaannya terletak pada harga jual yang Rp 3 juta lebih mahal dari saat diluncurkan 7 Mei 2018 lalu. Berikut daftar harga All New Datsun GO CVT (OTR Jakarta) yang kami kutip dari situs resmi Datsun Indonesia pada akhir Maret 2019.

TIPE

HARGA

Datsun GO A - CVT

Rp 129.490.000

Datsun GO T - CVT

Rp 141.640.000

Datsun GO T-ACTIVE CVT

Rp 145.240.000

9. VIDEO ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

10. KESIMPULAN ALL NEW DATSUN GO CVT 2019

Foto Datsun GO CVT 2019 berwarna merah tampak depan

Harga All New Datsun GO CVT tidak terlalu menguras kantong

Pengemudi perkotaan pada umumnya menginginkan mobil dengan dimensi kecil, fitur canggih dan memberikan kenyamanan saat berkendara. Kini semua kebutuhan tersebut bisa diperoleh dengan menggunakan All New Datsun GO CVT 2019, yakni mobil terbaik yang tahu betul keinginannya masyarakat urban. Harga kompetitif, fitur mumpuni dan teknologi modern, sudah saatnya mengandalkan All New Datsun GO CVT sebagai transportasi keluarga Anda.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 09/07/2018 | Ryan Sugandy

    Review Datsun Go CVT 2018, Sedikit Lebih Baik Dibandingkan Generasi Pertama

    Datsun Go merupakan salah satu mobil LCGC yang cukup mengejutkan karena cukup kompetitif di kelas ini ketika pertama kali diluncurkan. Sayangnya, dalam masalahbentukan mobil ini memang tampil seadanya. Tetapi, di tahun 2018 ini Datsun Go mendapatkan sedikit penyegaran agar konsumen Indonesia tidak bosan dengan produk yang satu ini. Apa saja perubahan yang ditawarkan oleh Datsun Go CVT 2018? Simak ulasannya di sini.

  • 24/05/2018 | Ryan Sugandy

    Review Datsun Go Cross CVT 2018, Masih Layak Disebut Mobil LCGC?

    Setelah melalui penantian panjang,akhirnya Datsun Go Cross akhirnya resmi rilis di Indonesia. Varian tertinggi dari Datsun Go ini sebenarnya sudah ditampilkan sejak tahun 2016 lalu di Indonesia, tetapi untuk rilisnya baru dilakukan tahun ini. Dengan mengusung teknologi CVT dari Nissan, Datsun Go Cross CVT 2018 berusaha meningkatkan image mereka dari pasar mobil LCGC ke pasar mobil MPV. Apakah usaha ini akan berhasil untuk menganggkat citra mobil Datsun? Ini review Datsun Go Cross CVT 2018.

  • 18/09/2017 | Mobilmo.com

    Daftar Harga Datsun Go Panca Special Version

    LCGC Car , Datsun Go Panca Special Versin officially introduced in Bandung on Thursday 26 January 2017 ago. Because this car is a limited edition Datsun car product , Datsun only market the car as much as 300 units only.