Review Datsun Go Cross CVT 2018, Masih Layak Disebut Mobil LCGC?

24/05/2018 Ryan Sugandy Review Datsun

Setelah melalui penantian panjang,akhirnya Datsun Go Cross akhirnya resmi rilis di Indonesia. Varian tertinggi dari Datsun Go ini sebenarnya sudah ditampilkan sejak tahun 2016 lalu di Indonesia, tetapi untuk rilisnya baru dilakukan tahun ini. Dengan mengusung teknologi CVT dari Nissan, Datsun Go Cross CVT 2018 berusaha meningkatkan image mereka dari pasar mobil LCGC ke pasar mobil MPV. Apakah usaha ini akan berhasil untuk menganggkat citra mobil Datsun? Ini review Datsun Go Cross CVT 2018.

1. PENGANTAR

Review Datsun Go Cross CVT 2018 - Pertama kali hadir dalam ajang GIIAS 2016, Datsu Go Cross cukup menarik perhatian para pengunjung booth Datsun. Pasalnya mobil besutan mereka yaitu Datsun Go dan Datsung Go+ Panca cukup laris di pasaran mobil LCGC pada masa tersebut.

Kehadiran Datsun Go Cross memang cukup ditunggu karena pasar mobil di sini sudah merasa cukup bosan dengan Datsun Go+ dan juga Datsun Go Panca. Dengan tampilan crossover yang lebih gagah dibandingkan veris standarnya, Datsun Go Cross CVT 2018 nampak menjanjikan untuk digunakan di jalan raya. Berikut ini review Datsun Go Cross CVT 2018 dari mobilmo.com.

2. EKSTERIOR

  • Desain Crossover Sporty

Tampilan mobil Datsun Go Cross CVT 2018 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Tampilan Datsun Go Cross CVT 2018

Desain bagian eksterior, mobil ini benar-benar berusaha mengubah imagenya sebagai pemain di pasar mobil LCGC. Berbagai tambahan garnish di bagian eksterior ditambahkan untuk membuat mobi ini terkesan lebih berbeda.

Perubahan terbesar bisa kita rasakan di bagian wajah dan juga di bagian samping mobil ini. Selain itu untuk meningkatkan kesan crossovernya, mobil ini mengalami penambahan ground clearance hingga 200 mm.

Untuk penambahan-penambahan ini memang terkesan menjanjikan, tetapi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh dalam hal impresi berkendara untuk penumpang.

  • Desain bagian depan

Tampilan sisi depan mobil Datsun Go Cross CVT 2018 berwarna kuning

Sisi depan dengan garnish chrome

Di bagian depan, terdapat garnish chrome yang cukup besar di bagian grill serta aksen yang sangat sporty di bagan front bumper. Selain itu di bagian headlamp juga sudah menggunakan lampu proyektor dan daylight running light yang dinamis.

  • Desain bagian samping

Desian sisi samping mobil Datsun Go Cross CVT 2018 berwarna kuning

Sisi samping Datsun Go Cross CVT 2018

Di bagian samping kita bisa melihat penambahan aksen yang ada di sepanjang body mobil ini. Perubahan yang lain terdapat di mobil ini terdapatpada bagian velg mobil yang lebih enak untuk dilihat dibandingkan dengan versi Datsun Go sebelumnya.

  • Desain Bagian belakang

Tampilan belakang mobil Datsun Go Cross CVT 2018 berwarna kuning

Bagian belakang Datsun Go Cross CVT 2018

DI bagian belakang perubahan terjadi di bagian rear bumper dengan light reflector dan juga rear spoiler yang cukup besar.

>>> Jika Anda adalah penggemar mobil Suzuki Ertiga dan ingin tahu lebih jelas tentang versi terbarunya. Klik sini untuk dapat informasi terlengkap

3. INTERIOR

  • Ruang Cukup Nyaman

Gambar bagian kabin mobil Datsun Go Cross CVT 2018 dengan kursi berwarna hitam

Ruang kabin Datsun Go Cross CVT 2018

Untuk bagian interior, mobil ini menggunakan material dari plastik dan juga fabric. Perubahan di bagian dalam memang tidak terlalu terasa kecuali dibagian dahsboard dan juga headunit yang digunakan oleh mobil ini.

Hal ini disebabkan mobil ini masih menggunakan base yang sama dengan mobil Dastun Go Panca. Bahkan untuk bagian kursi pun masih menggunakan desain yang sama hanya diganti pola kainnya saja. Satu hal yang cukup diapresiasi adalah peningkatan peredaman kabin yang lebih baik dibandingkan dengan versi LCGC-nya.

  • Desain bagian dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Datsun Go Cross CVT 2018

Dashboard tetap sama dengan versi sebelumnya

Secara desain, untuk bagian dashboard tidak terlalu berbeda dibandingkan versi sebelumnya. Peningkatan terbesar berada di bagian headunitnya yang  sudah menggunakan headunit 2 din yang cukup canggih di kelasnya.

  • Desain bagian setir

Gambar bagian setir mobil Datsun Go Cross CVT 2018

Setir Dasun GO Cross CVT 2018

Untuk bagian setir tidak ada perubahan signifikan dan masih tidak bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

  • Desain kursi

Bagian kursi mobil Datsun Go Cross CVT 2018

Kursi Datsun Go Cross CVT 2018

Desain kursi di mobil ini masih menggunakan desain yang sama dengan versi sebelumnya hanya materialnya saja yang diganti.

  • Ruang bagasi

Ruang bagasi mobil Datsun Go Cross CVT 2018

Bagasi Datsun Go Cross CVT 2018 cukup besar untuk meneruh barang-barang

Bagian bagasi mobil ini cukup besar dan bisa memuat barang yang cukup banyak. Bila Anda menginginkan kapasitas yang lebih besar maka Anda bisa melipat kursi di baris ketiga lebih mudah.

>>> Toyota luncurkan model terbarunya yaitu C-HR 2018. Apa perubahan mobil ini dari versi sebelumnya? Klik sini untuk memcari jawaban sendiri

4. FITUR

Dari sisi fitur Datsun Go Cross CVT 2018 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:

  • Fitur keselamatan

Mobil ini sudah dilengkapi dengan safety air bag untuk penumpang serta sudah memiliki stabilty control sehingga Anda lebih aman untuk berkendara. Selain kedua fitur tersebut, mobil ini memiliki, brake assist,3 pointer seatbelt, headlight otomatis dan traction control. Untuk keamanan mobil ini menggunakan immobilizer.

  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan, mobil ini menggunakan headunit 6.25 inci yang bisa dibilang sudah cukup mumpuni untuk saat ini. Headunit ini bisa terkoneksi dengan smartphone dan juga memainkan msuik dari berbagai sumber seperti AUX dan juga CD.

>>> Mau pesan mobil Datsun Go Cross CVT 2018, klik sini yuk

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Datsun Go Cross CVT 2018

Mesin DOHC 1200cc 3 silinder

Untuk bagian dapur pacu, Datsun Go Cross CVT 2018 menggunakan mesin DOHC 1.200 cc 3 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 78 ps dengan torsi maksimum 104 Nm. Secara tenaga memang kita tidak bisa berharap banyak untuk mobil ini, tetapi bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya mobil ini sudah lebih baik.

Sementara di bagian kaki-kaki mobil ini menggunakan suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Multi Link Suspension di bagian belakang. Untuk velgnya sendiri menggunakan ukuran 15 inci yang sekarang nampak lebih sesuai dibandingkan versi Go Panca. 

>>> Untuk cek harga mobil baik baru maupun bekas di Indonesia, klik sini

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Datsun Go Cross CVT 2018.

Spesifikasi Datsun Cross CVT 2018

Dimensi

Panjang

3995 mm

Lebar

1670 mm

Tinggi

1560 mm

Jarak sumbu roda

2450 mm

Ground clearance

200 mm

Mesin

Tipe mesin

1.2L DOHC in-line 3-Cylinder

Kapasitas mesin

1.198 cc

Tenaga maksimum

78 PS pada 6000 rpm

Torsi maksimum

104 Nm pada 4400 rpm

Transmisi

Tipe transmisi

MT / CVT

Tenaga Maksimal (MT / CVT)

68 Ps @5000 rpm / 78 Ps @ 6000rpm

Torsi Maksimal (MT /CVT )

104 Nm @4000 rpm / 104Nm @4400 rpm

Velg & Ban

Ukuran ban

175/65

Ukuran pelek

R15

Jenis ban

Radial

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Datsun Go Cross CVT 2018 yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Basisnya masih sama dengan Datsun Go Panca

Kualitas build masih seadanya

Sistem CVT yang digunakan sangat nyaman

Tidak ada perubahan signifikan di bagian interior

Stability control sangat sesuai

 

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Datsun Go Cross CVT 2018 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya.

Harga Datsun Cross

Tipe

Harga

Datsun Cross CVT

Rp 175.000.000,-

Datsun Cross Manual

Rp 165.00.000,-

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Secara penampilan, Datsun Go Cross CVT 2018 memang nampak lebih baik dibandingkan dengan saudaranya, Datsun Go Panca. Tampilan crossover yang garang membuat mobil ini nampak menjanjikan. Selain itu, penggunaan CVT dan juga assist control di mobil ini juga banyak mendapatkan pujian karena benar-benar fungsional dan membuat mobil ini terasa berbeda dibandingkan dengan versi LCGC-nya.

Tetapi, bila dibandingkan untuk bagian interior dan juga kuailtas build, mobil ini tidak jauh berbeda dengan versi LCGC. Dengan mengeluarka biaya yang tidak jauh berbeda Anda sudah bisa mendapatkan Sigra kelas tertinggi atau Mitsubishi Xpander kelas paling rendah. Tetapi pilihan kembali ada di tangan Anda tentunya. 

Dapatkan berbagai macam informasi terbaru mengenai mobil Datsun Go Cross CVT 2018 di situs cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Preview Chevrolet Orlando Redline 2019
    Review Chevrolet Padli Nurdin

    Preview Chevrolet Orlando Redline 2019

    19/10/2018

    Orlando Redline merupakan salah satu lini produksi Chevrolet yang bersaing di segmen MPV yang sangat sibuk beberapa tahun belakang. Dengan pasar yang dipenuhi pesaing-pesaing langganan mobil terlaris seperti Xpander dan Avanza, Chevrolet memang membutuhkan tenaga lebih untuk mengambil konsumen. Maka dari itu Chevrolet Orlando Redline 2019 dikeluarkan.

  • Preview Mercedes-Benz C300 AMG 2019
    Review Mercedes-Benz Padli Nurdin

    Preview Mercedes-Benz C300 AMG 2019

    17/10/2018

    Akhirnya Mercedes-Benz C-CLass mendapatkan pembaharuan dengan datangnya Mercedes-Benz C300 AMG 2019 yang mendapatkan peningkatan segala aspek, mulai dari teknologi yang bejibun, tampilan dalam yang lebih nyaman, hingga mesin lebih efisien, meskipun mengorbankan kecepatan.

  • Review dan Test Drive Toyota All New Prius PHV 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review dan Test Drive Toyota All New Prius PHV 2019

    12/10/2018

    Hati ini merasa senang bukan main ketika mendapat tawaran untuk melakukan review dan test drive Toyota All New Prius PHV 2019. Tim Mobilmo.com langsung meluncur ke kawasan Depok, Jawa Barat guna mengetes mobil ini lebih jauh.